Quartararo Tak Berkutik Lawan Ducati di Kualifikasi MotoGP San Marino?
Pos Indonesia Buka Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMA, Cek Syaratnya Disini!
Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!

loading...
 

Sarangberita.com > Nasional
 
Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
 
16-07-2018 20:45:46 - Dibaca 5.044 Kali
 
 
Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
detik.com
 
 
Proses akuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) sebanyak 51% mendapat kritik dan dianggap pencitraan pemerintah di tahun politik. Sentimen negatif ini di antaranya datang dari mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier dan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

Presiden Joko Widodo pun menjawab 'serangan' tersebut. Jokowi menegaskan proses mencapai kesepakatan dengan pihak Freeport tidak mudah dan memakan waktu.

"Ini kan namanya proses itu mesti pertama-tama harus Head of Agreement, nanti ditindaklanjuti ke-2, ke-3. Tapi kesepakatan itu perlu saya sampaikan ya, ini proses panjang hampir 3,5 tahun, hampir 4 tahun kita lakukan dan alot sekali," ujar Jokowi di gedung akademi bela negara NasDem, Jl Pancoran Timur II, Jakarta Selatan, Senin (16/7/2018).

Menurutnya, proses pengambilalihan saham PT Freeport yang memakan waktu panjang ini perlu disyukuri. Penandatanganan HoA merupakan kemajuan yang juga perlu disyukuri.

Jokowi berharap tidak ada sentimen negatif terkait pengambilalihan saham PT Freeport.

"Jangan malah sudah ada kemajuan ada yang ngomong miring-miring," ungkapnya.

Sebelumnya, eks Menkeu Fuad Bawazier menilai penandatanganan HoA sebagai pencitraan. Menurutnya, HoA hanya deklarasi politik karena baru sekadar perjanjian yang mengikat kedua belah pihak.

"Jadi bagi yang mengerti bisnis dan hukum, HoA ini sebenarnya hanya sebuah deklarasi politik alias belum ada hasil atau perjanjian yang mengikat antara kedua belah pihak, tapi rupanya pemerintah perlu pencitraan untuk mendongkrak Jkw di tahun politik ini," ujar Fuad dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/7) lalu.

Menurutnya, Kontrak Karya tambang Freeport akan berakhir 2021 dan baru bisa dirundingkan dan diputuskan dua tahun sebelum berakhir atau tahun 2019. Fuad mengatakan seharusnya bersabar karena bisa dan berhak memiliki saham 51% itu tanpa harus membeli pada 2021 atau setelah itu.

"Sebab ibaratnya negara membeli barangnya sendiri karena sebenarnya thn 2021 izin penambangannya akan habis. Lagi pula selain pemerintah Indonesia juga tidak akan ada pihak lain yang bersedia atau berani membeli saham PTFI," tutur Fuad yang pernah menjabat Dirjen Pajak itu.

Sementara, Amien menyinggung pemerintah yang baru saja menyepakati akuisisi 51% saham PTFI. Menurut Amien, hal itu hanya sebuah kebohongan. Namun Amien tidak mau melanjutkan ucapannya soal Freeport itu.

"Seolah-olah kita sudah senang karena Freeport kembali ke tangan Ibu Pertiwi. Buat saya, itu hanya, maaf, bohong-bohongan, karena operasional masih mereka, semuanya masih mereka. Gitu," kata Amien di lokasi acara di aula Masjid Al-Furqon, Jakarta Pusat, Sabtu, (14/7).

Pemerintah telah menandatangani Head of Agreement (HoA) proses divestasi 51% saham PTFI di Kementerian Keuangan, Kamis (12/7). Penandatanganan dilakukan CEO Freeport McMoRan inc, Richard Adkerson dengan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum.

Freeport McMoRan (FCX--kode saham di New York Stock Exchange) adalah induk PTFI. Sementara Inalum adalah BUMN yang akan membeli 51% saham. Setelah nanti proses divestasi terjadi, maka porsi 51% saham PTFI beralih ke Inalum, dan 49% sisanya dipegang Freeport McMoRan.

Terkait hal ini, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, belum mau komentar jauh menanggapi kesepakatan akuisisi 51% saham Freeport.

"Ya saya kan belum begitu jelas isi dari perjanjian, kita lihat nanti hasilnya gimana," kata Prabowo usai halalbihalal Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia di Aula Masjid Al-Furqan, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (14/7).
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Jokowi Jawab Serangan Prabowo-Amien Soal Freeport
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Soal Novel dkk Segera Diberhentikan KPK, Ini Respons Tegas Jokowi!

(15-09-2021 20:30:29 - Dibaca 718 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Perhatian! Mulai Hari Ini Naik KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

(11-09-2021 08:58:30 - Dibaca 349 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Kabar Baik! Kasus Covid-19 RI Turun 47% Pekan Ini

(04-09-2021 20:09:30 - Dibaca 340 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!

(18-08-2021 09:44:03 - Dibaca 526 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Ini Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi, Sang Komandan Upacara Penurunan Bendera HUT ke-76 RI

(18-08-2021 08:37:52 - Dibaca 484 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!

(13-08-2021 15:42:30 - Dibaca 757 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Gerah dengan Suap Perizinan, Jokowi: Ada Aparat Tak Bersih Lapor Saya!

(09-08-2021 11:55:37 - Dibaca 921 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Soekarno Sempat Tergila-gila dengan Mien Hessels, Nekat Melamar dan Ditolak Mentah-Mentah!

(07-08-2021 09:25:01 - Dibaca 403 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!

(05-08-2021 17:13:19 - Dibaca 832 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Mutasi TNI: Mayjen Agus Subiyanto Jadi Pangdam Siliwangi, Brigjen Tri Budi Danpaspampres

(03-08-2021 17:24:59 - Dibaca 552 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Blusukan Jokowi ke Apotek Dikritik, Ini Respons Tegas Ngabalin!

(26-07-2021 19:57:59 - Dibaca 538 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Terawan Klaim Vaksin Nusantara Mampu Selesaikan Pandemi Covid

(23-07-2021 14:41:24 - Dibaca 437 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Quartararo Tak Berkutik Lawan Ducati di Kualifikasi MotoGP San Marino?

(18-09-2021 22:11:30 - Dibaca 333 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Pos Indonesia Buka Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMA, Cek Syaratnya Disini!

(18-09-2021 17:33:35 - Dibaca 387 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!

(17-09-2021 14:53:29 - Dibaca 247 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Dovizioso Pakai Yamaha di MotoGP 2021, Ini Respons Penasaran Rossi!

(17-09-2021 07:44:50 - Dibaca 387 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Koruptor Rp120 Miliar Bank Mandiri Ditangkap di Bandung Setelah Buron 15 Tahun!

(17-09-2021 06:57:11 - Dibaca 730 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Bejat! Gadis di Bawah Umur Ini Diperkosa Ayah dan Kakak Kandung

(16-09-2021 17:27:47 - Dibaca 446 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Jadi Tersangka Korupsi, Alex Noerdin Ditahan Kejagung!

(16-09-2021 16:19:04 - Dibaca 348 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana

(16-09-2021 10:24:49 - Dibaca 402 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Emerson Yuntho: Valentino Rossi Tak Mungkin Dapat SIM C di Indonesia!

(16-09-2021 09:19:25 - Dibaca 418 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!

(16-09-2021 06:10:47 - Dibaca 956 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Hujan Es Guyur Banjarnegara...?

(16-09-2021 05:58:53 - Dibaca 301 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Soal Novel dkk Segera Diberhentikan KPK, Ini Respons Tegas Jokowi!

(15-09-2021 20:30:29 - Dibaca 718 Kali)

Dovizioso Pakai Yamaha di MotoGP 2021, Ini Respons Penasaran Rossi!
Koruptor Rp120 Miliar Bank Mandiri Ditangkap di Bandung Setelah Buron 15 Tahun!
Bejat! Gadis di Bawah Umur Ini Diperkosa Ayah dan Kakak Kandung

TERPOPULER

1. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

2. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

3. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?