Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

 
loading...

Sarangberita.com > Badminton
 
Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
 
25-03-2021 16:58:28 - Dibaca 586 Kali
 
 
Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Foto : Freepik
 
loading...
 
Indonesia pernah punya peran penting dalam menyelamatkan kondisi krisis yang dialami organisasi badminton dunia, BWF (Badminton World Federation) yang saat itu masih bernama IBF (International Badminton Federation).

IBF berubah nama menjadi BWF pada 2006. Di era 1970-an, organisasi badminton dunia sempat berada dalam krisis seiring berdirinya dua kekuatan yaitu IBF dan World Badminton Federation (WBF).

Dikutip dari Buku Sejarah Bulutangkis Indonesia, permasalahan di badan organisasi badminton dunia bermula ketika China ingin masuk jadi anggota IBF. China masuk dengan syarat Taiwan harus dikeluarkan dari IBF. Usul itu tidak diterima banyak anggota sehingga China gagal masuk jadi anggota IBF.

Namun di kawasan Asia, China berhasil mengeluarkan Taiwan saat menjadi anggota Konfederasi Bulutangkis Asia pada tahun 1974.
 
 


Pada tahun 1977, China berhasil menghimpun 49 suara yang setuju untuk mengeluarkan Taiwan dari IBF berbanding 32 suara yang menolak. Namun Taiwan kemudian mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi tempat kantor IBF berada. Banding diterima dan Taiwan batal keluar dari IBF.

Tak lama berselang, deklarasi WBF berdiri diumumkan. Ada 19 negara yang bergabung termasuk China, Hong Kong, Singapura, Korea Selatan, dan Thailand.

Indonesia berada dalam posisi di tengah permasalahan ini. Indonesia tak mau dikucilkan oleh negara-negara Asia karena WBF sebagian besar terdiri dari negara Asia, namun juga tak ingin keluar dari IBF karena kejuaraan seperti All England dan Piala Thomas-Uber ada di bawah kendali IBF.

Posisi Indonesia dan lobi yang bagus membuat Indonesia bisa bersikap di tengah. Salah satu contohnya, Indonesia disetujui mengikuti dua turnamen yang berlangsung bersamaan yaitu All England 1976 dan Kejuaraan Invitasi Asia 1976. Padahal All England di tahun itu tidak diikuti oleh wakil-wakil Asia.

Di tahun 1976, Rudy Hartono berhasil juara All England sedangkan Iie Sumirat dan Christian Hadinata/Ade Chandra berhasil jadi juara di Kejuaraan Invitasi Asia.


Saat Sidang Tahunan IBF digelar di Jakarta pada 1979, agenda penting digagas Indonesia yaitu menghentikan pertikaian di antara dua badan organisasi.

Indonesia mengundang 11 tokoh penting dari IBF dan WBF. Inisiatif undangan ini berasal dari Indonesia, bukan atas inisiatif IBF atau WBF. Dalam pertemuan tersebut, tercapai kesepakatan dibentuknya study group untuk menyusun agenda penyatuan dua organisasi badminton dunia. Dari Indonesia, Suharso Suhandinata dan Dick Sudirman masuk dalam tim tersebut.

Rapat di Bandung pada 1979 itu punya peran vital untuk meredam kisruh dan konflik di antara kedua organisasi badminton dunia tersebut. Perwakilan WBF, Teh Gin Sooi dari Malaysia bahkan menyebut keberadaan Indonesia jadi faktor penting di balik pertemuan itu.

"Hanya karena Indonesia kami datang," kata Teh Gin Sooi.

Kelompok study group ini terus mengadakan sejumlah pertemuan dan membahas hal-hal penting terkait penyatuan kedua organisasi. Meski sempat alot pada beberapa poin, di Maret 1981, Sidang Umum Tahunan IBF menyetujui kesepakatan-kesepakatan tersebut. Salah satu kesepakatan yang ada adalah penggunaan nama IBF karena organisasi ini lebih dulu berdiri.

Dalam ajang Piala Uber 1981 di Jepang kemudian digelar upacara penggabungan kedua organisasi yaitu Celebration of Unification. Pada 26 Mei 1981, petinggi IBF dan WBF menandatangani penyatuan tersebut.

Salah satu dampak penyatuan dua badan organisasi tersebut adalah China bisa bermain di Piala Thomas 1982. Upaya mendorong badminton bisa masuk ke Olimpiade pun jadi lebih mudah lantaran tidak ada lagi perpecahan di organisasi badminton.

Alhasil beberapa tahun kemudian, badminton menjalani debut sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Barcelona 1992.

Nama IBF terus bertahan sebelum akhirnya diputuskan berubah nama menjadi Badminton World Federation pada 2006.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Kisah Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- BADMINTON -
Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
BWF Batalkan Indonesia Masters 2021, Mengapa?

(05-04-2021 19:47:29 - Dibaca 490 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Dianggap Lebay Soal All England, Praveen Jordan Tak Terima!

(25-03-2021 08:16:26 - Dibaca 720 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Ketua NOC Indonesia Sebut BWF Masih Belum Mengaku Salah?

(25-03-2021 08:04:24 - Dibaca 340 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Febriana Tak Bisa Tes Ulang Covid-19! Kok Beda dengan All England?

(24-03-2021 10:07:14 - Dibaca 277 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Terkait Permintaan Maaf BWF, Ini Respons Tegas Marcus Gideon!

(22-03-2021 21:38:01 - Dibaca 2.089 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Negatif Covid-19, Tim Indonesia Bisa Pulang Hari Ini!

(21-03-2021 07:14:09 - Dibaca 552 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Mantap! RI Laporkan BWF ke Arbitrase Internasional Soal Kasus All England

(19-03-2021 22:20:21 - Dibaca 3.694 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Soal Indonesia Dipaksa Mundur dari All England, China Ikut Kecewa!

(19-03-2021 19:41:44 - Dibaca 4.547 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Usai Indonesia Mundur, Axelsen: All England Tak Lagi Sama!

(19-03-2021 10:36:57 - Dibaca 6.765 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Pemain Turki Neslihan Yigit Akhirnya Dinyatakan WO di All England 2021?

(18-03-2021 17:08:03 - Dibaca 874 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Ketum PBSI Ungkap Sederet Bentuk Diskriminasi Tim Indonesia di All England!

(18-03-2021 15:44:17 - Dibaca 1.615 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Kemenangan Indonesia di Babak I All England Tak Dibatalkan BWF!

(18-03-2021 09:10:50 - Dibaca 2.516 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?

(14-04-2021 08:37:11 - Dibaca 270 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air

(14-04-2021 08:25:59 - Dibaca 479 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

(14-04-2021 08:20:50 - Dibaca 190 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Kini Perpanjang SIM Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Aplikasi SINAR?

(13-04-2021 17:37:06 - Dibaca 313 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Sri Mulyani Paparkan Cara Amankan Kas Negara Dari 'Tikus Berdasi'!

(13-04-2021 17:22:15 - Dibaca 975 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Uber Buka Peluang Jasa Antar Ganja?

(13-04-2021 17:17:38 - Dibaca 147 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Timnas Indonesia Bakal Gelar TC di Jakarta Pada 1 Mei!

(13-04-2021 15:25:01 - Dibaca 224 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Kosmas Penghadang Bomber Makassar Masih Dirawat, Jari Tangan-Kaki Putus

(13-04-2021 15:17:02 - Dibaca 402 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Kisah Arpiet Coba Gabung ISIS: Jual Rumah Rp6 M, Berujung Bui

(13-04-2021 15:01:41 - Dibaca 2.128 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Perhatian! Ini Jadwal Buka Puasa Hari Pertama 13 April

(13-04-2021 14:42:10 - Dibaca 150 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!

(13-04-2021 14:30:42 - Dibaca 826 Kali)

Indonesia Pernah Selamatkan BWF dari Krisis, Ini Kisahnya!
Setelah Jadi Nama Jalan, Pangeran Arab Akan Investasi Pabrik Vaksin di RI

(13-04-2021 10:53:01 - Dibaca 655 Kali)

Kini Perpanjang SIM Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Aplikasi SINAR?
Sri Mulyani Paparkan Cara Amankan Kas Negara Dari 'Tikus Berdasi'!
Uber Buka Peluang Jasa Antar Ganja?

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?

3. Kejutan Di TPS Amien Rais, Jokowi Unggul Telak Dari Prabowo!