Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?



loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
 
04-01-2019 11:09:02 - Dibaca 71 Kali
 
 
CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
PT Bank CIMB Niaga Tbk menyatakan sudah menjalin kerja sama di bidang sistem pembayaran berbasis QR Code dengan WeChat Pay, perusahaan dompet digital asal China. Kerja sama itu ditandai dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman (Memorandum of Understandings/MoU) antar kedua pihak.

Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan keduanya juga sudah mendapat persetujuan dari Bank Indonesia (BI) selaku regulator untuk melaksanakan uji coba (piloting) transaksi pembayaran dengan WeChat Pay di mesin EDC CIMB Niaga. Meski begitu, Lani bilang, finalisasi kerja sama bisnis baru akan ditentukan ketika uji coba selesai dilakukan selama kurang lebih enam bulan.

"Kami sedang review, kami lihat hasilnya kuartal I ini. Tapi sejauh ini berjalan baik," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (4/1).


Sayangnya, Lani belum ingin menjelaskan lebih lanjut mengenai tahapan-tahapan yang perlu dijalani kedua pihak sebelum benar-benar resmi menjalankan bisnis bersama. Ia juga masih belum mengungkap perhitungan potensi yang bisa didapat perusahaan dari kerja sama dengan WeChat Pay.

Tak hanya dengan CIMB Niaga, WeChat Pay juga menjalin kerja sama serupa dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. WeChat Pay dan BNI juga sudah sampai tahap uji coba transaksi pembayaran di toko-toko yang ada di Bali dan Manado, Sulawesi Utara.

SVP Divisi E-Banking BNI Diyah Permata Widiastuti mengatakan sejauh ini uji coba yang dilakukan keduanya berjalan cukup baik, namun belum ada keputusan akhir dari proses uji coba itu. "Pilot project sudah jalan, tapi kami tunggu sinyal dari regulator juga," ujarnya.

Meski begitu, bank pelat merah itu juga belum bisa memperkirakan berapa besar potensi transaksi dan keuntungan yang bisa didapat perseroan dari kerja sama dengan WeChat Pay.

"Kami belum bisa lihat karena traffic-nya belum masuk. Tapi kami akan dapat fee transaksi, ini ada kisarannya, bergantung variabelnya, misalnya besaran pembayaran hingga jenis merchant. Tapi yang jelas fee tidak hilang ke luar negeri," jelasnya.

Deputi Gubernur BI Sugeng mengatakan regulator sejatinya membuka pintu bagi transaksi pembayaran berbasis QR Code dari WeChat Pay yang dilakukan para wisatawan China di Tanah Air.

Namun, sesuai aturan Peraturan BI (PBI) Nomor 20/6/PBI/2018 tentang Penyelenggaraan Uang Elektronik, WeChat Pay perlu menjalin kerja sama dengan bank nasional bermodal besar atau BUKU 4. Selain itu, rekam pembayaran juga akan masuk dalam sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan dikonversikan ke rupiah.

"Kalau semua sudah settle (kerja sama), maka kami lihat legal bisnis dan masalah teknis serta bisnis proses. Nanti bank BUKU 4 akan mendaftarkan dan minta persetujuan dari BI," katanya.
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: CIMB Niaga dan BNI Finalkan Bisnis dengan WeChat Pay
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!

(10-01-2019 07:17:27 - Dibaca 68 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?

(04-01-2019 11:16:12 - Dibaca 95 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Tim Jokowi Sebut Sandiaga Bohong Soal Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Faktanya!

(02-01-2019 15:28:39 - Dibaca 444 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Ini Daftar Pekerjaan yang Bakal Bersinar di Tahun Babi Tanah!

(02-01-2019 08:09:30 - Dibaca 717 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Jokowi Resmikan Bandara Baru di Morowali Sulawesi Tengah!

(24-12-2018 09:31:38 - Dibaca 173 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Ini Suasana Saat Jokowi Bagikan 6.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Jambi!

(16-12-2018 16:40:14 - Dibaca 229 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Juni 2019, Tol Palembang-Lampung Diperkirakan Terhubung!

(16-12-2018 10:41:45 - Dibaca 167 Kali)

 
- BERITA LAIN -
CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 33 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 214 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?

(18-01-2019 09:45:09 - Dibaca 124 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!

(18-01-2019 09:38:20 - Dibaca 390 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!

(18-01-2019 08:54:08 - Dibaca 2.234 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

(18-01-2019 08:50:04 - Dibaca 426 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Ini Gaji Fantastis Pejabat Korup RI yang Prabowo Sebut Gajinya Rendah!

(18-01-2019 08:38:14 - Dibaca 1.330 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Pernyataan Tajam Prabowo ini Langsung Dijawab Tegas Jokowi!

(18-01-2019 08:19:20 - Dibaca 260 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
BPN Tak Percayai Hasil Survei Charta Politika yang Unggulkan Jokowi, Mengapa?

(17-01-2019 09:32:24 - Dibaca 314 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Jokowi Unggul Hampir 20% di Survei, Ini Respon Positif PDIP!

(17-01-2019 09:27:00 - Dibaca 354 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Jokowi Unggul Jauh di Survei Tebaru Charta Politika!

(17-01-2019 09:23:29 - Dibaca 1.186 Kali)

CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay
Soal Kebijakan Pangan, Gerindra Sebut Jokowi Abai Undang-Undang?

(17-01-2019 05:37:23 - Dibaca 59 Kali)

Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

TERPOPULER