Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!



loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
 
04-01-2019 11:16:12 - Dibaca 142 Kali
 
 
Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyelidiki transaksi divestasi saham PT Freeport Indonesia yang dilakukan Pemerintahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Tidak hanya KPK, permintaan juga ia sampaikan kepada BPK.

Permintaan yang disampaikan melalui akun twitternya tersebut disampaikan untuk membuktikan transaksi yang dilakukan oleh pemerintah tersebut benar-benar bebas korupsi atau tidak. Fadli mengatakan transaksi pembelian 51,23 persen saham Freeport Indonesia menelan dana sampai dengan Rp56,1 triliun. Nilai itu dianggap cukup besar.

Ia khawatir transaksi yang cukup besar tersebut di kemudian hari menjadi skandal besar, seperti yang pernah terjadi dalam pemberian Surat Keterangan Lunas (SKL) bagi Bank Bali menjelang Pemilu 2004 lalu. Apalagi sepanjang pengamatannya, transaksi divestasi yang dilakukan pemerintah selama ini tidak konsisten dan transparan.

"Menteri Luhut Pandjaitan pernah menyatakan di @DPR_RI bahwa kontrak PTFI akan dibiarkan habis baru kemudian diurus. Tapi kenyataannya kan lain," katanya seperti dikutip dari akun twitternya, Jumat (4/1).


Pemerintah menjelang pergantian tahun berhasil menyelesaikan proses divestasi saham Freeport Indonesia. Dalam divestasi tersebut, mereka menggelontorkan dana sekitar Rp56 triliun.

Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu mengatakan divestasi saham Freeport tersebut merupakan kado terindah pemerintah buat masyarakat Indonesia di penutupan 2018. Jokowi mengatakan menggengam 51 persen saham Freeport Indonesia bukan pekerjaan mudah. Pemerintahannya perlu bernegoisasi selama 3,5 tahun agar mayoritas saham Freeport Indonesia bisa digenggam.

Dalam negoisasi selama 3,5 tahun tersebut, Jokowi mengatakan Freeport sempat keberatan dengan keinginan pemerintahannya agar mereka mau mendivestasikan mayoritas saham mereka ke Indonesia. Freeport menyatakan hanya mau mendivestasikan 30 persen sahamnya.

"Tapi saya tolak. Kita (Indonesia) harus mendapatkan hak kelola mayoritas 51 persen," katanya seperti dikutip dari akun Facebooknya, Senin (31/12).

Jokowi ngotot karena Indonesia selama ini hanya menikmati bagi hasil pengolahan Tambang Freeport kecil. Meskipun sudah menggenggam mayoritas saham Freeport, Fadli menilai itu semua bukan kemenangan untuk Indonesia.

Ia menilai justru kemenangan didapatkan Freeport Indonesia. Fadli mengatakan kewajiban mendivestasikan 51 persen saham Freeport merupakan tuntutan Kontrak Karya II dan juga UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Sesuai dengan undang-undang, Freeport baru bisa mengajukan perpanjangan kontrak pada 2019. Tapi, sebelum waktu tersebut datang, Pemerintahan Jokowi sudah memberikan perpanjangan kontrak kepada PT Freeport Indonesia berbentuk Izin Usaha Pertambangan Khusus dan membeli saham mereka.

"Itu sebabnya sy heran, knp hari ini muncul framing seolah pembelian 51 persen saham Freeport yg menggunakan duit utangan itu dianggap sbg kemenangan perundingan pihak kita," katanya.

Fadli mengatakan framing kemenangan yang disampaikan pemerintah dalam proses divestasi saham Freeport merupakan pembodohan. Menurutnya semua pihak perlu mendalami masalah divestasi saham Freeport agar tak terus terjebak dalam pembodohan tersebut.

Ada lima masalah utama yang menurutnya perlu didalami. Antara lain, pertama, basis legalitas perundingan yang menurutnya telah melenceng dari UU Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Kedua, kewajiban hukum Freeport paska proses divestasi. Fadli mengatakan setelah PT Inalum menjadi pemegang saham mayoritas Freeport Indonesia, semua masyarakat harus selalu mengikuti upaya pemerintah dalam menagih kewajiban hukum yang harus ditunaikan Freeport sebelum pembelian mayoritas saham Freeport selesai.

Kewajiban hukum tersebut salah satunya berkaitan dengan pembangunan smelter yang nilai investasinya US$2,6 miliar. "Siapa yg membiayai? Apakah investasi pembangunan smelter itu, yg mestinya telah dilakukan Freeport sejak 2009 silam, jg akan dibiayai menggunakan uang US$3,85 miliar," katanya.

Kewajiban hukum lain , soal pembayaran denda Rp460 miliar atas penggunaan hutan lindung yang dilakukan Freeport tanpa izin.
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki Divestasi Saham Freeport
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!

(01-02-2019 09:55:40 - Dibaca 144 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Soal Bea Masuk Perikanan RI, Menteri Susi Minta Jepang Hapus Tanpa Syarat!

(29-01-2019 12:59:50 - Dibaca 216 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Diolok Prabowo Soal Sri Mulyani Menteri Pencetak Utang, Ini Respon Tegas Kemenkeu!

(28-01-2019 09:23:39 - Dibaca 2.240 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Eka Tjipta Meninggal Dunia, Inilah Penerus Kerajaan Bisnisnya!

(28-01-2019 08:39:51 - Dibaca 212 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!

(10-01-2019 07:17:27 - Dibaca 99 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay

(04-01-2019 11:09:02 - Dibaca 103 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Tim Jokowi Sebut Sandiaga Bohong Soal Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Faktanya!

(02-01-2019 15:28:39 - Dibaca 473 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Ini Daftar Pekerjaan yang Bakal Bersinar di Tahun Babi Tanah!

(02-01-2019 08:09:30 - Dibaca 760 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Jokowi Resmikan Bandara Baru di Morowali Sulawesi Tengah!

(24-12-2018 09:31:38 - Dibaca 200 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Ini Suasana Saat Jokowi Bagikan 6.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Jambi!

(16-12-2018 16:40:14 - Dibaca 254 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Juni 2019, Tol Palembang-Lampung Diperkirakan Terhubung!

(16-12-2018 10:41:45 - Dibaca 199 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!

(20-03-2019 09:19:40 - Dibaca 512 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?

(20-03-2019 08:33:19 - Dibaca 387 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(19-03-2019 09:16:55 - Dibaca 488 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela

(19-03-2019 09:02:17 - Dibaca 128 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!

(18-03-2019 15:20:54 - Dibaca 699 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

(18-03-2019 15:09:19 - Dibaca 257 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Habibburakhman Sindir Romi di Areal Debat Cawapres, Mengapa?

(17-03-2019 19:37:49 - Dibaca 152 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Penyebar Berita Skimming Kerabat Prabowo Bakal Dipolisikan BPN?

(17-03-2019 19:20:45 - Dibaca 516 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Survei SMRC Sebut Gap Elektabilitas 01 dan 02 Makin Lebar!

(17-03-2019 19:13:26 - Dibaca 401 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Survei SMRC Ungkap Mayoritas Responden Tak Percaya Hoaks soal Jokowi!

(17-03-2019 19:07:36 - Dibaca 429 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Kerabat Prabowo Kena Kasus Skimming, Ini Kata Gerindra!

(17-03-2019 16:49:39 - Dibaca 417 Kali)

Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?
Diduga Skimming BCA, Kerabat Prabowo Ditangkap Polisi!

(17-03-2019 16:43:35 - Dibaca 401 Kali)

Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

3. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

4. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

5. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

6. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

7. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?

8. Anies Sebut Desain Trotoar era Ahok Cuma Indah di Mata tapi Tak Indah di Hati, Apa maksudnya?

9. Mangkir Dari Panggilan Pertama, Bawaslu DKI Panggil Ulang Fadli Zon dan Neno Soal Munajat 212!

10. Anak Amien Rais ini Sebut Semua yang Dikatakan Ayahnya Berdasarkan Data, Data dari mana?




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.