Gedung Bawaslu Berantakan Akibat Amukan Massa 22 Mei!
Massa di Jatibaru Lempar Petasan ke Helikopter Pemadam Api!
Ini Respons BPN Soal JK Sarankan yang Kalah Temui Pemenang!



loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
 
10-01-2019 07:17:27 - Dibaca 137 Kali
 
 
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Memasuki tahun 2019, PLN mengaliri listrik ke Sarae Ruma dan Desa Pusu yang berada di Kabupaten Bima, NTB. Dengan terlistrikinya dua desa tersebut, kini seluruh desa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah teraliri listrik.

"Alhamdulillah, sebelum tahun berganti, 100 persen desa telah berhasil teraliri listrik," ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Rudi Purnomoloka dalam keterangan tertulis, Rabu (2/1/2019).

"Tantangan terbesar adalah akses ke lokasi, perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Tapi Alhamdulillah sebelum 2019 sudah berhasil kami listriki," tutur Rudi.

"Tantangan terbesar adalah akses ke lokasi, perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Tapi Alhamdulillah sebelum 2019 sudah berhasil kami listriki," tutur Rudi.


Desa Sarae Ruma memiliki total 171 kepala keluarga (kk) dan Desa Pusu sebanyak 170 kk. Pada tahap awal, sebanyak 24 kepala keluarga di Desa Sarae ruma dan 37 kk di Desa Pusu telah berhasil dialiri listrik dan menjadi pelanggan PLN.

Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani. Hadirnya listrik diharapkan dapat memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat di dua desa tersebut, seperti munculnya usaha-usaha pengolahan hasil perikanan dan pertanian.

"Karena itu, kehadiran listrik PLN ini juga diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sarae Ruma dan Desa Pusu," ujar Rudi.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi NTB Muhammad Husni menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas capaian 100 persen desa berlistrik.

"Atas nama Pemprov NTB saya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya yang telah dilakukan oleh PLN atas capaian 100% desa berlistrik di NTB. Saya harap capaian ini dapat terus dipertahankan seiring dinamika pembangunan di tahun mendatang," ucap Husni

Untuk melistriki Desa Sarae Ruma, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 3,86 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah sepanjang 1,64 kms, dan 2 Gardu Distribusi berkapasitas 100 kilo Volt Ampere (kVA) dan 160 kVA dengan nilai investasi Rp 1,4 miliar.

Sementara untuk Desa Pusu, JTM yang dibangun sepanjang 4,73 kms, JTR sepanjang 1,69 kms dan 2 gardu distribusi berkapasitas 50 kVA dan 100 kVA dengan nilai investasi Rp 1,8 miliar. Sehingga total biaya yang dikeluarkan untuk melistirk dua desa ini sebesar Rp 3,2 miliar.

Seluruh dana yang digunakan untuk pembangunan listrik desa ini berasal dari anggaran PLN.

Dengan teralirinya seluruh desa di NTB, selanjutnya melalui program listrik desa, PLN akan terus melistriki dusun-dusun yang belum terlistriki. Pada tahun 2019, PLN menargetkan dapat melistriki 44 Dusun terpencil di NTB. Hingga bulan November 2018, rasio elektrifikasi di Provinsi NTB telah mencapai 91,3 persen.

PLN menargetkan rasio elektrifikasi di NTB meningkat menjadi 97,5 persen pada tahun 2019 dan 100 persen pada tahun 2020.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: PLN: 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!

(31-03-2019 21:16:55 - Dibaca 630 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Sandi Ingin Beli Kembali Saham Indosat, Ini Respon Brilian Erick Thohir!

(23-03-2019 10:26:18 - Dibaca 1.866 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!

(01-02-2019 09:55:40 - Dibaca 196 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Soal Bea Masuk Perikanan RI, Menteri Susi Minta Jepang Hapus Tanpa Syarat!

(29-01-2019 12:59:50 - Dibaca 257 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Diolok Prabowo Soal Sri Mulyani Menteri Pencetak Utang, Ini Respon Tegas Kemenkeu!

(28-01-2019 09:23:39 - Dibaca 2.307 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Eka Tjipta Meninggal Dunia, Inilah Penerus Kerajaan Bisnisnya!

(28-01-2019 08:39:51 - Dibaca 281 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?

(04-01-2019 11:16:12 - Dibaca 170 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay

(04-01-2019 11:09:02 - Dibaca 138 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Tim Jokowi Sebut Sandiaga Bohong Soal Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Faktanya!

(02-01-2019 15:28:39 - Dibaca 499 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Ini Daftar Pekerjaan yang Bakal Bersinar di Tahun Babi Tanah!

(02-01-2019 08:09:30 - Dibaca 799 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Jokowi Resmikan Bandara Baru di Morowali Sulawesi Tengah!

(24-12-2018 09:31:38 - Dibaca 227 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Ini Suasana Saat Jokowi Bagikan 6.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Jambi!

(16-12-2018 16:40:14 - Dibaca 285 Kali)

 
- BERITA LAIN -
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Gedung Bawaslu Berantakan Akibat Amukan Massa 22 Mei!

(23-05-2019 09:32:56 - Dibaca 274 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Massa di Jatibaru Lempar Petasan ke Helikopter Pemadam Api!

(22-05-2019 14:12:16 - Dibaca 54 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Ini Respons BPN Soal JK Sarankan yang Kalah Temui Pemenang!

(22-05-2019 09:07:40 - Dibaca 294 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Soal Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Fadli Zon Siap Jamin?

(21-05-2019 16:32:39 - Dibaca 359 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Menang, Ini Respon Bijak Dedi Mulyadi!

(21-05-2019 13:49:55 - Dibaca 464 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!

(21-05-2019 13:43:28 - Dibaca 321 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Polri Sebut Aksi 22 Mei Bukan Aksi Spontan!

(21-05-2019 13:38:11 - Dibaca 306 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019 Jadi Perhatian Media Asing!

(21-05-2019 10:15:40 - Dibaca 602 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Cuma Bawa Print Out Media Online, Bawaslu Tolak Laporan Kubu 02!

(20-05-2019 21:10:05 - Dibaca 546 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Polisi Gagalkan Warga Ikut Aksi 22 Mei, Ini Kata Sandiaga!

(20-05-2019 20:58:00 - Dibaca 720 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Lieus Sungkharisma Ditetapkan Polisi Jadi Tersangka Makar!

(20-05-2019 16:54:38 - Dibaca 517 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Diremehkan BPN Prabowo Terkait Pilpres, Ini Respon Ketua MK!

(18-05-2019 11:02:23 - Dibaca 803 Kali)

Soal Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Fadli Zon Siap Jamin?
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Menang, Ini Respon Bijak Dedi Mulyadi!
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!

TERPOPULER

1. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

2. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

3. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

4. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

5. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

6. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

7. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

8. Fadli Zon Minta Pemerintah Tak Buru-buru Libatkan TNI Soal Terorisme, Mengapa?

9. Fadli Zon Minta Jokowi Tak Sebar Hoax RUU Terorisme, Apa maksudnya?

10. Sandiaga Minta JK Lepas Anies Untuk Dampingi Prabowo di Pilpres 2019




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.