Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?



loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
 
10-01-2019 07:17:27 - Dibaca 69 Kali
 
 
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Memasuki tahun 2019, PLN mengaliri listrik ke Sarae Ruma dan Desa Pusu yang berada di Kabupaten Bima, NTB. Dengan terlistrikinya dua desa tersebut, kini seluruh desa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah teraliri listrik.

"Alhamdulillah, sebelum tahun berganti, 100 persen desa telah berhasil teraliri listrik," ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Rudi Purnomoloka dalam keterangan tertulis, Rabu (2/1/2019).

"Tantangan terbesar adalah akses ke lokasi, perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Tapi Alhamdulillah sebelum 2019 sudah berhasil kami listriki," tutur Rudi.

"Tantangan terbesar adalah akses ke lokasi, perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Tapi Alhamdulillah sebelum 2019 sudah berhasil kami listriki," tutur Rudi.


Desa Sarae Ruma memiliki total 171 kepala keluarga (kk) dan Desa Pusu sebanyak 170 kk. Pada tahap awal, sebanyak 24 kepala keluarga di Desa Sarae ruma dan 37 kk di Desa Pusu telah berhasil dialiri listrik dan menjadi pelanggan PLN.

Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani. Hadirnya listrik diharapkan dapat memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat di dua desa tersebut, seperti munculnya usaha-usaha pengolahan hasil perikanan dan pertanian.

"Karena itu, kehadiran listrik PLN ini juga diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sarae Ruma dan Desa Pusu," ujar Rudi.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi NTB Muhammad Husni menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas capaian 100 persen desa berlistrik.

"Atas nama Pemprov NTB saya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya yang telah dilakukan oleh PLN atas capaian 100% desa berlistrik di NTB. Saya harap capaian ini dapat terus dipertahankan seiring dinamika pembangunan di tahun mendatang," ucap Husni

Untuk melistriki Desa Sarae Ruma, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 3,86 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah sepanjang 1,64 kms, dan 2 Gardu Distribusi berkapasitas 100 kilo Volt Ampere (kVA) dan 160 kVA dengan nilai investasi Rp 1,4 miliar.

Sementara untuk Desa Pusu, JTM yang dibangun sepanjang 4,73 kms, JTR sepanjang 1,69 kms dan 2 gardu distribusi berkapasitas 50 kVA dan 100 kVA dengan nilai investasi Rp 1,8 miliar. Sehingga total biaya yang dikeluarkan untuk melistirk dua desa ini sebesar Rp 3,2 miliar.

Seluruh dana yang digunakan untuk pembangunan listrik desa ini berasal dari anggaran PLN.

Dengan teralirinya seluruh desa di NTB, selanjutnya melalui program listrik desa, PLN akan terus melistriki dusun-dusun yang belum terlistriki. Pada tahun 2019, PLN menargetkan dapat melistriki 44 Dusun terpencil di NTB. Hingga bulan November 2018, rasio elektrifikasi di Provinsi NTB telah mencapai 91,3 persen.

PLN menargetkan rasio elektrifikasi di NTB meningkat menjadi 97,5 persen pada tahun 2019 dan 100 persen pada tahun 2020.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: PLN: 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?

(04-01-2019 11:16:12 - Dibaca 96 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay

(04-01-2019 11:09:02 - Dibaca 71 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Tim Jokowi Sebut Sandiaga Bohong Soal Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Faktanya!

(02-01-2019 15:28:39 - Dibaca 445 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Ini Daftar Pekerjaan yang Bakal Bersinar di Tahun Babi Tanah!

(02-01-2019 08:09:30 - Dibaca 717 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Jokowi Resmikan Bandara Baru di Morowali Sulawesi Tengah!

(24-12-2018 09:31:38 - Dibaca 174 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Ini Suasana Saat Jokowi Bagikan 6.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Jambi!

(16-12-2018 16:40:14 - Dibaca 230 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Juni 2019, Tol Palembang-Lampung Diperkirakan Terhubung!

(16-12-2018 10:41:45 - Dibaca 168 Kali)

 
- BERITA LAIN -
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 34 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 216 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?

(18-01-2019 09:45:09 - Dibaca 125 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!

(18-01-2019 09:38:20 - Dibaca 393 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!

(18-01-2019 08:54:08 - Dibaca 2.254 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

(18-01-2019 08:50:04 - Dibaca 427 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Ini Gaji Fantastis Pejabat Korup RI yang Prabowo Sebut Gajinya Rendah!

(18-01-2019 08:38:14 - Dibaca 1.341 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Pernyataan Tajam Prabowo ini Langsung Dijawab Tegas Jokowi!

(18-01-2019 08:19:20 - Dibaca 261 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
BPN Tak Percayai Hasil Survei Charta Politika yang Unggulkan Jokowi, Mengapa?

(17-01-2019 09:32:24 - Dibaca 314 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Jokowi Unggul Hampir 20% di Survei, Ini Respon Positif PDIP!

(17-01-2019 09:27:00 - Dibaca 354 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Jokowi Unggul Jauh di Survei Tebaru Charta Politika!

(17-01-2019 09:23:29 - Dibaca 1.186 Kali)

PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!
Soal Kebijakan Pangan, Gerindra Sebut Jokowi Abai Undang-Undang?

(17-01-2019 05:37:23 - Dibaca 59 Kali)

Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

TERPOPULER