Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!



loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
 
01-02-2019 09:55:40 - Dibaca 548 Kali
 
 
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Produk lauk pauk khas Indonesia, tempe mulai merambah pasar ekspor sejak tahun lalu. Makanan berbahan dasar kedelai itu juga ditargetkan bisa masuk ke pasar Arab Saudi.

Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin mengungkapkan pengrajin tempe telah mengekspor produknya ke Korea Selatan, Hongkong dan Malaysia sejak pertengahan 2018 lalu.

Setelah enam bulan, menurut dia, pengrajin tempe telah berhasil mengirim 20-30 kontainer tempe ke tiga negara tujuan ekspor itu. Adapun setiap kontainer memuat kurang lebih 20 ton tempe.

Aip menjelaskan pengrajin bisa menjual tempe dengan harga dua kali lipat lewat ekspor. Saat ini, harga tempe di dalam negeri berkisar Rp15 ribu-Rp20 ribu per kilogram (kg) di dalam negeri. Sedangkan jika diekspor, pengrajin tempe bisa mematok harga Rp40 ribu-Rp 50 ribu per kg.

"Jadi kalau satu kontainer pengrajin bisa mendapatkan kurang lebih Rp800 juta sampai Rp1 miliar. Jadi diharapkan bisa meningkatkan kesejahteran pengrajin tempe," kata Aip kepada CNNIndonesia.com, Kamis (31/1).


Melihat peluang tersebut, maka pengrajin tempe akan mempeluas pasar ekpor. Aip mengatakan negara yang menjadi target pasar ekspor selanjutnya adalah Arab Saudi. Alasannya, Arab Saudi menawarkan pasar yang menjanjikan lantaran adanya masyarakat yang hendak melaksanaan ibadah umroh dan haji.

"Satu tahun yang berangkat umroh lebih dari 1 juta orang dan yang berangkat naik haji di atas 200 ribu orang. Jadi itu pasar yang besar, selama 40 hari mereka tinggal di sana dan pada umumnya mereka minta makanan tempe," papar Aip.

Aip menuturkan kebutuhan kedelai di Indonesia mencapai lebih dari 2 juta ton setiap tahunnya. Per 1 kg kedelai itu, lanjutnya, bisa menghasilkan 1,8 kg tempe. Dengan perhitungan itu, maka pengrajin tempe bisa menghasilkan kurang lebih 4-5 juta ton tempe tahu per tahun. Jumlah itu, kata Aip, setara dengan kebutuhan konsumsi dalam negeri.

Meskipun pengrajin telah menyasar pasar ekspor, ia memastikan masyarakat tidak akan kekurangan ketersediaan tempe. Tempe yang diekspor juga harus memenuhi aturan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Namun demikian, bukan berarti ekspor tempe selalu mulus. Aip memaparkan kendala ekspor tempe yaitu ancaman busuk di dalam kontainer akibat lamanya proses di pabean.

"Ada pengalaman ekspor Korea, karena ini bahan makanan maka pemeriksan di sana ketat sakali butuh satu minggu. Jadi begitu keluar (pabean) minggu kedua sudah busuk. Akhirnya kami rugi," ujarnya.

Untuk itu, sebagai pihak fasilitator Gakoptindo akan mengajukan bantuan dari pemerintah, baik dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Agama, dan pemangku kepentingan terkait.

Dalam kesempatan yang berbeda, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pemerintah akan mendorong ekspor tempe ini lewat penyediaan teknologi pangan. Dengan demikian, tempe ekspor tersebut bisa awet sehingga mengurangi risiko busuk di kontainer.

"Kami akan bicara lagi dan kami mau dorong," kata Enggar.
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Indonesia Siap Ekspor Tempe ke Arab Saudi
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!

(30-05-2020 07:46:27 - Dibaca 106 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
AirAsia Rumahkan 873 Pegawai Karena Dihantam Corona!

(29-05-2020 15:21:35 - Dibaca 120 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Agen Penjual Reksa Dana Diancam Pidana Oleh Sinarmas!

(28-05-2020 13:38:52 - Dibaca 283 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Usai Lebaran, Harga Emas Antam Naik Jadi Rp917 Ribu per Gram!

(26-05-2020 09:53:57 - Dibaca 167 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Minta Penyaluran Dipercepat, Jokowi Ngegas soal BLT!

(18-05-2020 12:48:06 - Dibaca 513 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Usai Lebaran, Dunia Usaha Siap Sambut New Normal Ekonomi!

(18-05-2020 10:59:59 - Dibaca 425 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
KAI Siapkan Protokol New Normal Untuk Calon Penumpang Kereta!

(18-05-2020 09:45:56 - Dibaca 205 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
THR Pensiunan PNS Bakal Cair Besok!

(14-05-2020 10:13:00 - Dibaca 375 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
13 BUMD Diminta Pemprov DKI Pangkas dan Tunda THR?

(13-05-2020 11:13:13 - Dibaca 190 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Maskapai Citilink Kembali Buka Layanan Penerbangan Domestik Jumat Ini!

(08-05-2020 07:52:18 - Dibaca 278 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Menkeu Sri Mulyani Sebut Corona Sapu Bersih Ekonomi Dunia Dalam 3 Bulan!

(02-05-2020 08:07:11 - Dibaca 701 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Penerbangan Domestik Terakhir Hari Ini Sebelum Ditutup!

(24-04-2020 10:00:40 - Dibaca 312 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?

(30-05-2020 11:30:42 - Dibaca 264 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona

(30-05-2020 10:41:30 - Dibaca 144 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!

(30-05-2020 08:03:54 - Dibaca 418 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!

(30-05-2020 07:50:39 - Dibaca 136 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!

(30-05-2020 07:46:27 - Dibaca 106 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

(29-05-2020 15:25:35 - Dibaca 545 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
AirAsia Rumahkan 873 Pegawai Karena Dihantam Corona!

(29-05-2020 15:21:35 - Dibaca 120 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
New Normal, Tangsel Bakal Buka Rumah Ibadah Awal Juni!

(29-05-2020 15:15:29 - Dibaca 162 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
New Normal, Ini yang Bakal Diterapkan Hotel-Hotel Dunia!

(29-05-2020 12:09:32 - Dibaca 146 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Perhatian! Sensus Penduduk Online Berakhir Besok

(28-05-2020 13:42:11 - Dibaca 380 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Agen Penjual Reksa Dana Diancam Pidana Oleh Sinarmas!

(28-05-2020 13:38:52 - Dibaca 283 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Video: Seekor Bayi Jerapah Diberi Nama Corona!

(28-05-2020 13:32:29 - Dibaca 145 Kali)

Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.