Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!



loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
 
01-02-2019 09:55:40 - Dibaca 145 Kali
 
 
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Produk lauk pauk khas Indonesia, tempe mulai merambah pasar ekspor sejak tahun lalu. Makanan berbahan dasar kedelai itu juga ditargetkan bisa masuk ke pasar Arab Saudi.

Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin mengungkapkan pengrajin tempe telah mengekspor produknya ke Korea Selatan, Hongkong dan Malaysia sejak pertengahan 2018 lalu.

Setelah enam bulan, menurut dia, pengrajin tempe telah berhasil mengirim 20-30 kontainer tempe ke tiga negara tujuan ekspor itu. Adapun setiap kontainer memuat kurang lebih 20 ton tempe.

Aip menjelaskan pengrajin bisa menjual tempe dengan harga dua kali lipat lewat ekspor. Saat ini, harga tempe di dalam negeri berkisar Rp15 ribu-Rp20 ribu per kilogram (kg) di dalam negeri. Sedangkan jika diekspor, pengrajin tempe bisa mematok harga Rp40 ribu-Rp 50 ribu per kg.

"Jadi kalau satu kontainer pengrajin bisa mendapatkan kurang lebih Rp800 juta sampai Rp1 miliar. Jadi diharapkan bisa meningkatkan kesejahteran pengrajin tempe," kata Aip kepada CNNIndonesia.com, Kamis (31/1).


Melihat peluang tersebut, maka pengrajin tempe akan mempeluas pasar ekpor. Aip mengatakan negara yang menjadi target pasar ekspor selanjutnya adalah Arab Saudi. Alasannya, Arab Saudi menawarkan pasar yang menjanjikan lantaran adanya masyarakat yang hendak melaksanaan ibadah umroh dan haji.

"Satu tahun yang berangkat umroh lebih dari 1 juta orang dan yang berangkat naik haji di atas 200 ribu orang. Jadi itu pasar yang besar, selama 40 hari mereka tinggal di sana dan pada umumnya mereka minta makanan tempe," papar Aip.

Aip menuturkan kebutuhan kedelai di Indonesia mencapai lebih dari 2 juta ton setiap tahunnya. Per 1 kg kedelai itu, lanjutnya, bisa menghasilkan 1,8 kg tempe. Dengan perhitungan itu, maka pengrajin tempe bisa menghasilkan kurang lebih 4-5 juta ton tempe tahu per tahun. Jumlah itu, kata Aip, setara dengan kebutuhan konsumsi dalam negeri.

Meskipun pengrajin telah menyasar pasar ekspor, ia memastikan masyarakat tidak akan kekurangan ketersediaan tempe. Tempe yang diekspor juga harus memenuhi aturan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Namun demikian, bukan berarti ekspor tempe selalu mulus. Aip memaparkan kendala ekspor tempe yaitu ancaman busuk di dalam kontainer akibat lamanya proses di pabean.

"Ada pengalaman ekspor Korea, karena ini bahan makanan maka pemeriksan di sana ketat sakali butuh satu minggu. Jadi begitu keluar (pabean) minggu kedua sudah busuk. Akhirnya kami rugi," ujarnya.

Untuk itu, sebagai pihak fasilitator Gakoptindo akan mengajukan bantuan dari pemerintah, baik dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Agama, dan pemangku kepentingan terkait.

Dalam kesempatan yang berbeda, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pemerintah akan mendorong ekspor tempe ini lewat penyediaan teknologi pangan. Dengan demikian, tempe ekspor tersebut bisa awet sehingga mengurangi risiko busuk di kontainer.

"Kami akan bicara lagi dan kami mau dorong," kata Enggar.
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Indonesia Siap Ekspor Tempe ke Arab Saudi
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Soal Bea Masuk Perikanan RI, Menteri Susi Minta Jepang Hapus Tanpa Syarat!

(29-01-2019 12:59:50 - Dibaca 216 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Diolok Prabowo Soal Sri Mulyani Menteri Pencetak Utang, Ini Respon Tegas Kemenkeu!

(28-01-2019 09:23:39 - Dibaca 2.240 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Eka Tjipta Meninggal Dunia, Inilah Penerus Kerajaan Bisnisnya!

(28-01-2019 08:39:51 - Dibaca 212 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!

(10-01-2019 07:17:27 - Dibaca 100 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?

(04-01-2019 11:16:12 - Dibaca 142 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay

(04-01-2019 11:09:02 - Dibaca 103 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Tim Jokowi Sebut Sandiaga Bohong Soal Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Faktanya!

(02-01-2019 15:28:39 - Dibaca 473 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Ini Daftar Pekerjaan yang Bakal Bersinar di Tahun Babi Tanah!

(02-01-2019 08:09:30 - Dibaca 761 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Jokowi Resmikan Bandara Baru di Morowali Sulawesi Tengah!

(24-12-2018 09:31:38 - Dibaca 201 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Ini Suasana Saat Jokowi Bagikan 6.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Jambi!

(16-12-2018 16:40:14 - Dibaca 254 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Juni 2019, Tol Palembang-Lampung Diperkirakan Terhubung!

(16-12-2018 10:41:45 - Dibaca 199 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!

(20-03-2019 09:19:40 - Dibaca 514 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?

(20-03-2019 08:33:19 - Dibaca 392 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(19-03-2019 09:16:55 - Dibaca 488 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela

(19-03-2019 09:02:17 - Dibaca 128 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!

(18-03-2019 15:20:54 - Dibaca 699 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

(18-03-2019 15:09:19 - Dibaca 257 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Habibburakhman Sindir Romi di Areal Debat Cawapres, Mengapa?

(17-03-2019 19:37:49 - Dibaca 152 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Penyebar Berita Skimming Kerabat Prabowo Bakal Dipolisikan BPN?

(17-03-2019 19:20:45 - Dibaca 516 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Survei SMRC Sebut Gap Elektabilitas 01 dan 02 Makin Lebar!

(17-03-2019 19:13:26 - Dibaca 401 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Survei SMRC Ungkap Mayoritas Responden Tak Percaya Hoaks soal Jokowi!

(17-03-2019 19:07:36 - Dibaca 429 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Kerabat Prabowo Kena Kasus Skimming, Ini Kata Gerindra!

(17-03-2019 16:49:39 - Dibaca 417 Kali)

Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!
Diduga Skimming BCA, Kerabat Prabowo Ditangkap Polisi!

(17-03-2019 16:43:35 - Dibaca 401 Kali)

Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

3. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

4. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

5. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

6. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

7. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?

8. Anies Sebut Desain Trotoar era Ahok Cuma Indah di Mata tapi Tak Indah di Hati, Apa maksudnya?

9. Mangkir Dari Panggilan Pertama, Bawaslu DKI Panggil Ulang Fadli Zon dan Neno Soal Munajat 212!

10. Anak Amien Rais ini Sebut Semua yang Dikatakan Ayahnya Berdasarkan Data, Data dari mana?




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.