Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!



loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
 
31-03-2019 21:16:55 - Dibaca 1.146 Kali
 
 
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Calon Presiden Prabowo Subianto menyebut bahwa Freeport McMoran melaporkan untung sebesar 81 persen dari kepemilikan sahamnya di PT Freeport Indonesia kepada The New York Stock Exchange (NYSE). Pernyataan itu disampaikan saat mengomentari pengambilalihan 51 persen saham Freeport Indonesia oleh Pemerintahan Jokowi.

Menurut Prabowo, langkah pemerintah tersebut etok-etok alias pura-pura. "Freeport ya memang sesuai kontrak jatuh ke kita. Tapi, sadar tidak Freeport melaporkan di NYSE keuntungannya 81 persen ke mereka. Jadi, 51 persen saham itu agak etok-etok," ujarnya dalam debat capres tadi malam, Sabtu (30/3).

Benarkah demikian?

Mengutip investors.fcx.com, Freeport McMoran meraup laba bersih yang diatribusikan dengan saham sebesar US$140 juta pada kuartal keempat tahun lalu. Kendati mencatat laba, jumlahnya justru rontok 86 persen dibanding perolehan pada periode yang sama tahun sebelumnya, yakni US$1,04 miliar.


Perlambatan pertumbuhan laba karena total pendapatan Freeport McMoran juga melorot 26 persen pada kuartal keempat tahun lalu menjadi US$3,68 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu US$5,04 miliar.

Freeport McMoran sendiri telah menyelesaikan transaksi dilusi saham Freeport Indonesia dengan Pemerintah Indonesia pada 21 Desember 2018 lalu. Indonesia melalui PT Inalum resmi menggenggam 51 persen saham Freeport Indonesia dengan membayar US$3,85 miliar.

Sayangnya, proyeksi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan laba Freeport Indonesia pada tahun ini akan merosot lebih dari 50 persen dikarenakan transisi operasional dari tambang terbuka Grasberg ke tambang bawah tanah yang dilakukan perusahaan.

"Dari prognosa Inalum, laba sebelum beban bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) turun dari tahun lalu US$4 miliar menjadi satu koma (miliar dolar AS)," jelas Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono, awal Januari 2019 lalu.

loading...

Menurut Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Yunus Saefulhak, laba Freeport Indonesia turun sejalan dengan melemahnya produksi perusahaan. Pada tahun lalu, produksi konsentrat tembaga hanya 2,1 juta ton. Sebanyak 1,3 juta ton di antaranya untuk ekspor dan 800 ribu ton sisanya dimurnikan di dalam negeri.

Akibat proyeksi laba yang melempem, Inalum selaku induk usaha menuturkan bahwa Freeport Indonesia tidak akan membayar dividen pada 2019 dan 2020. "Kami tidak akan bagi dividen dua tahun. 2021 mulai ada sedikit (dividen) dan 2022 besar, 2023 anteng (stabil)," kata Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin.

Richard C Adkerson dalam rilis mengatakan selama tahun lalu, timnya mencapai hasil operasi yang kuat. "Kami berhasil membangun kemitraan baru dengan Pemerintah Indonesia, yang melindungi nilai jangka panjang kami di Grasberg," imbuh dia.

Namun, memasuki tahun ini, Freeport McMoran, lanjut Adkerson, akan memprioritaskan peningkatan produksi dari aset bawah tanah di Grasberg, melanjutkan produktivitas dan biaya manajemen, memajukan proyek Lone Star, termasuk menentukan pertumbuhan di masa depan.

"Meskipun, ketidakpastian pasar baru-baru ini, kami tetap percaya diri pada fundamental dan prospek jangka panjang," tandasnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Fakta soal Freeport Untung 81 Persen ala Prabowo
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!

(30-05-2020 07:46:27 - Dibaca 100 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
AirAsia Rumahkan 873 Pegawai Karena Dihantam Corona!

(29-05-2020 15:21:35 - Dibaca 120 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Agen Penjual Reksa Dana Diancam Pidana Oleh Sinarmas!

(28-05-2020 13:38:52 - Dibaca 282 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Usai Lebaran, Harga Emas Antam Naik Jadi Rp917 Ribu per Gram!

(26-05-2020 09:53:57 - Dibaca 166 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Minta Penyaluran Dipercepat, Jokowi Ngegas soal BLT!

(18-05-2020 12:48:06 - Dibaca 513 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Usai Lebaran, Dunia Usaha Siap Sambut New Normal Ekonomi!

(18-05-2020 10:59:59 - Dibaca 425 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
KAI Siapkan Protokol New Normal Untuk Calon Penumpang Kereta!

(18-05-2020 09:45:56 - Dibaca 205 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
THR Pensiunan PNS Bakal Cair Besok!

(14-05-2020 10:13:00 - Dibaca 375 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
13 BUMD Diminta Pemprov DKI Pangkas dan Tunda THR?

(13-05-2020 11:13:13 - Dibaca 190 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Maskapai Citilink Kembali Buka Layanan Penerbangan Domestik Jumat Ini!

(08-05-2020 07:52:18 - Dibaca 278 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Menkeu Sri Mulyani Sebut Corona Sapu Bersih Ekonomi Dunia Dalam 3 Bulan!

(02-05-2020 08:07:11 - Dibaca 701 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Penerbangan Domestik Terakhir Hari Ini Sebelum Ditutup!

(24-04-2020 10:00:40 - Dibaca 312 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?

(30-05-2020 11:30:42 - Dibaca 259 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona

(30-05-2020 10:41:30 - Dibaca 144 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!

(30-05-2020 08:03:54 - Dibaca 415 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!

(30-05-2020 07:50:39 - Dibaca 135 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!

(30-05-2020 07:46:27 - Dibaca 100 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

(29-05-2020 15:25:35 - Dibaca 545 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
AirAsia Rumahkan 873 Pegawai Karena Dihantam Corona!

(29-05-2020 15:21:35 - Dibaca 120 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
New Normal, Tangsel Bakal Buka Rumah Ibadah Awal Juni!

(29-05-2020 15:15:29 - Dibaca 162 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
New Normal, Ini yang Bakal Diterapkan Hotel-Hotel Dunia!

(29-05-2020 12:09:32 - Dibaca 146 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Perhatian! Sensus Penduduk Online Berakhir Besok

(28-05-2020 13:42:11 - Dibaca 379 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Agen Penjual Reksa Dana Diancam Pidana Oleh Sinarmas!

(28-05-2020 13:38:52 - Dibaca 282 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Video: Seekor Bayi Jerapah Diberi Nama Corona!

(28-05-2020 13:32:29 - Dibaca 145 Kali)

Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.