Pemprov DKI Masih Belum Bisa Legalkan Becak Beroperasi, Mengapa?
Calon Menteri Jokowi, Viktor Laiskodat Disebut Paket Komplet!
Viktor Laiskodat Sudah Pamit ke Masyarakat NTT Karena Dikabarkan Jadi Menteri?



loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
 
31-03-2019 21:16:55 - Dibaca 910 Kali
 
 
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Calon Presiden Prabowo Subianto menyebut bahwa Freeport McMoran melaporkan untung sebesar 81 persen dari kepemilikan sahamnya di PT Freeport Indonesia kepada The New York Stock Exchange (NYSE). Pernyataan itu disampaikan saat mengomentari pengambilalihan 51 persen saham Freeport Indonesia oleh Pemerintahan Jokowi.

Menurut Prabowo, langkah pemerintah tersebut etok-etok alias pura-pura. "Freeport ya memang sesuai kontrak jatuh ke kita. Tapi, sadar tidak Freeport melaporkan di NYSE keuntungannya 81 persen ke mereka. Jadi, 51 persen saham itu agak etok-etok," ujarnya dalam debat capres tadi malam, Sabtu (30/3).

Benarkah demikian?

Mengutip investors.fcx.com, Freeport McMoran meraup laba bersih yang diatribusikan dengan saham sebesar US$140 juta pada kuartal keempat tahun lalu. Kendati mencatat laba, jumlahnya justru rontok 86 persen dibanding perolehan pada periode yang sama tahun sebelumnya, yakni US$1,04 miliar.


Perlambatan pertumbuhan laba karena total pendapatan Freeport McMoran juga melorot 26 persen pada kuartal keempat tahun lalu menjadi US$3,68 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu US$5,04 miliar.

Freeport McMoran sendiri telah menyelesaikan transaksi dilusi saham Freeport Indonesia dengan Pemerintah Indonesia pada 21 Desember 2018 lalu. Indonesia melalui PT Inalum resmi menggenggam 51 persen saham Freeport Indonesia dengan membayar US$3,85 miliar.

Sayangnya, proyeksi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan laba Freeport Indonesia pada tahun ini akan merosot lebih dari 50 persen dikarenakan transisi operasional dari tambang terbuka Grasberg ke tambang bawah tanah yang dilakukan perusahaan.

"Dari prognosa Inalum, laba sebelum beban bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) turun dari tahun lalu US$4 miliar menjadi satu koma (miliar dolar AS)," jelas Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono, awal Januari 2019 lalu.

loading...

Menurut Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Yunus Saefulhak, laba Freeport Indonesia turun sejalan dengan melemahnya produksi perusahaan. Pada tahun lalu, produksi konsentrat tembaga hanya 2,1 juta ton. Sebanyak 1,3 juta ton di antaranya untuk ekspor dan 800 ribu ton sisanya dimurnikan di dalam negeri.

Akibat proyeksi laba yang melempem, Inalum selaku induk usaha menuturkan bahwa Freeport Indonesia tidak akan membayar dividen pada 2019 dan 2020. "Kami tidak akan bagi dividen dua tahun. 2021 mulai ada sedikit (dividen) dan 2022 besar, 2023 anteng (stabil)," kata Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin.

Richard C Adkerson dalam rilis mengatakan selama tahun lalu, timnya mencapai hasil operasi yang kuat. "Kami berhasil membangun kemitraan baru dengan Pemerintah Indonesia, yang melindungi nilai jangka panjang kami di Grasberg," imbuh dia.

Namun, memasuki tahun ini, Freeport McMoran, lanjut Adkerson, akan memprioritaskan peningkatan produksi dari aset bawah tanah di Grasberg, melanjutkan produktivitas dan biaya manajemen, memajukan proyek Lone Star, termasuk menentukan pertumbuhan di masa depan.

"Meskipun, ketidakpastian pasar baru-baru ini, kami tetap percaya diri pada fundamental dan prospek jangka panjang," tandasnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Fakta soal Freeport Untung 81 Persen ala Prabowo
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Sandi Ingin Beli Kembali Saham Indosat, Ini Respon Brilian Erick Thohir!

(23-03-2019 10:26:18 - Dibaca 2.024 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!

(01-02-2019 09:55:40 - Dibaca 356 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Soal Bea Masuk Perikanan RI, Menteri Susi Minta Jepang Hapus Tanpa Syarat!

(29-01-2019 12:59:50 - Dibaca 404 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Diolok Prabowo Soal Sri Mulyani Menteri Pencetak Utang, Ini Respon Tegas Kemenkeu!

(28-01-2019 09:23:39 - Dibaca 2.502 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Eka Tjipta Meninggal Dunia, Inilah Penerus Kerajaan Bisnisnya!

(28-01-2019 08:39:51 - Dibaca 526 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!

(10-01-2019 07:17:27 - Dibaca 238 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?

(04-01-2019 11:16:12 - Dibaca 276 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay

(04-01-2019 11:09:02 - Dibaca 245 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Tim Jokowi Sebut Sandiaga Bohong Soal Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Faktanya!

(02-01-2019 15:28:39 - Dibaca 602 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Ini Daftar Pekerjaan yang Bakal Bersinar di Tahun Babi Tanah!

(02-01-2019 08:09:30 - Dibaca 893 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Jokowi Resmikan Bandara Baru di Morowali Sulawesi Tengah!

(24-12-2018 09:31:38 - Dibaca 308 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Ini Suasana Saat Jokowi Bagikan 6.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Jambi!

(16-12-2018 16:40:14 - Dibaca 366 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Pemprov DKI Masih Belum Bisa Legalkan Becak Beroperasi, Mengapa?

(18-10-2019 20:49:54 - Dibaca 16 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Calon Menteri Jokowi, Viktor Laiskodat Disebut Paket Komplet!

(18-10-2019 20:31:36 - Dibaca 60 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Viktor Laiskodat Sudah Pamit ke Masyarakat NTT Karena Dikabarkan Jadi Menteri?

(18-10-2019 14:59:37 - Dibaca 303 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Said Aqil Klaim Ada Pihak yang Ingin NU Hancur Sebelum 2024! Siapa?

(18-10-2019 09:20:25 - Dibaca 173 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
KPK Kritik Etika Anggota DPR Mulan, Ini Kata Gerindra!

(18-10-2019 09:16:04 - Dibaca 190 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
UU KPK Bernomor 19/2019 Resmi Berlaku?

(18-10-2019 09:04:01 - Dibaca 89 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Jokowi Panggil Adian Napitupulu Menjelang Pengumuman Menteri!

(18-10-2019 08:59:17 - Dibaca 1.010 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
BW Sebut KPK Resmi Dihabisi di Era Presiden Jokowi, Apa maksudnya?

(17-10-2019 20:54:00 - Dibaca 509 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Kritik FPI, Munarman Minta Moeldoko Belajar Ngaji?

(17-10-2019 20:36:13 - Dibaca 458 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Keluar Dari Polda Metro, Ini Komentar Vicky Nitinegoro!

(17-10-2019 20:27:42 - Dibaca 135 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Terkait Kasus Ninoy Karundeng, Polisi Benarkan Ada Dokter yang Ditangkap!

(17-10-2019 11:50:03 - Dibaca 221 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Massa Pendukung dan Banser Datangi PN Surabaya Jelang Vonis Gus Nur!

(17-10-2019 10:49:08 - Dibaca 491 Kali)

Said Aqil Klaim Ada Pihak yang Ingin NU Hancur Sebelum 2024! Siapa?
KPK Kritik Etika Anggota DPR Mulan, Ini Kata Gerindra!
UU KPK Bernomor 19/2019 Resmi Berlaku?

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.