Faldo Sebut Prabowo-Sandi Bakal Sulit Menang di MK, Ini Sindiran BPN!
Walhi Nilai Penerbitan IMB Lahan Reklamasi Oleh Anies Janggal dan Dipaksakan!
108 Halaman Pleidoi Bakal Dibacakan Ratna Sarumpaet di Sidang Besok!



loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
 
31-03-2019 21:16:55 - Dibaca 678 Kali
 
 
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Calon Presiden Prabowo Subianto menyebut bahwa Freeport McMoran melaporkan untung sebesar 81 persen dari kepemilikan sahamnya di PT Freeport Indonesia kepada The New York Stock Exchange (NYSE). Pernyataan itu disampaikan saat mengomentari pengambilalihan 51 persen saham Freeport Indonesia oleh Pemerintahan Jokowi.

Menurut Prabowo, langkah pemerintah tersebut etok-etok alias pura-pura. "Freeport ya memang sesuai kontrak jatuh ke kita. Tapi, sadar tidak Freeport melaporkan di NYSE keuntungannya 81 persen ke mereka. Jadi, 51 persen saham itu agak etok-etok," ujarnya dalam debat capres tadi malam, Sabtu (30/3).

Benarkah demikian?

Mengutip investors.fcx.com, Freeport McMoran meraup laba bersih yang diatribusikan dengan saham sebesar US$140 juta pada kuartal keempat tahun lalu. Kendati mencatat laba, jumlahnya justru rontok 86 persen dibanding perolehan pada periode yang sama tahun sebelumnya, yakni US$1,04 miliar.


Perlambatan pertumbuhan laba karena total pendapatan Freeport McMoran juga melorot 26 persen pada kuartal keempat tahun lalu menjadi US$3,68 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu US$5,04 miliar.

Freeport McMoran sendiri telah menyelesaikan transaksi dilusi saham Freeport Indonesia dengan Pemerintah Indonesia pada 21 Desember 2018 lalu. Indonesia melalui PT Inalum resmi menggenggam 51 persen saham Freeport Indonesia dengan membayar US$3,85 miliar.

Sayangnya, proyeksi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan laba Freeport Indonesia pada tahun ini akan merosot lebih dari 50 persen dikarenakan transisi operasional dari tambang terbuka Grasberg ke tambang bawah tanah yang dilakukan perusahaan.

"Dari prognosa Inalum, laba sebelum beban bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) turun dari tahun lalu US$4 miliar menjadi satu koma (miliar dolar AS)," jelas Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono, awal Januari 2019 lalu.

loading...

Menurut Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Yunus Saefulhak, laba Freeport Indonesia turun sejalan dengan melemahnya produksi perusahaan. Pada tahun lalu, produksi konsentrat tembaga hanya 2,1 juta ton. Sebanyak 1,3 juta ton di antaranya untuk ekspor dan 800 ribu ton sisanya dimurnikan di dalam negeri.

Akibat proyeksi laba yang melempem, Inalum selaku induk usaha menuturkan bahwa Freeport Indonesia tidak akan membayar dividen pada 2019 dan 2020. "Kami tidak akan bagi dividen dua tahun. 2021 mulai ada sedikit (dividen) dan 2022 besar, 2023 anteng (stabil)," kata Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin.

Richard C Adkerson dalam rilis mengatakan selama tahun lalu, timnya mencapai hasil operasi yang kuat. "Kami berhasil membangun kemitraan baru dengan Pemerintah Indonesia, yang melindungi nilai jangka panjang kami di Grasberg," imbuh dia.

Namun, memasuki tahun ini, Freeport McMoran, lanjut Adkerson, akan memprioritaskan peningkatan produksi dari aset bawah tanah di Grasberg, melanjutkan produktivitas dan biaya manajemen, memajukan proyek Lone Star, termasuk menentukan pertumbuhan di masa depan.

"Meskipun, ketidakpastian pasar baru-baru ini, kami tetap percaya diri pada fundamental dan prospek jangka panjang," tandasnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Fakta soal Freeport Untung 81 Persen ala Prabowo
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Sandi Ingin Beli Kembali Saham Indosat, Ini Respon Brilian Erick Thohir!

(23-03-2019 10:26:18 - Dibaca 1.891 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Soal Tempe, Indonesia Siap Ekspor ke Arab Saudi!

(01-02-2019 09:55:40 - Dibaca 230 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Soal Bea Masuk Perikanan RI, Menteri Susi Minta Jepang Hapus Tanpa Syarat!

(29-01-2019 12:59:50 - Dibaca 281 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Diolok Prabowo Soal Sri Mulyani Menteri Pencetak Utang, Ini Respon Tegas Kemenkeu!

(28-01-2019 09:23:39 - Dibaca 2.337 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Eka Tjipta Meninggal Dunia, Inilah Penerus Kerajaan Bisnisnya!

(28-01-2019 08:39:51 - Dibaca 340 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
PLN Klaim 100% Pelosok Desa di NTB Sudah Dialiri Listrik!

(10-01-2019 07:17:27 - Dibaca 161 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Soal Divestasi Saham Freeport, Fadli Zon Minta KPK dan BPK Selidiki?

(04-01-2019 11:16:12 - Dibaca 186 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
CIMB Niaga dan BNI Jalin Kerjasama dengan WeChat Pay

(04-01-2019 11:09:02 - Dibaca 160 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Tim Jokowi Sebut Sandiaga Bohong Soal Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Faktanya!

(02-01-2019 15:28:39 - Dibaca 514 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Ini Daftar Pekerjaan yang Bakal Bersinar di Tahun Babi Tanah!

(02-01-2019 08:09:30 - Dibaca 810 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Jokowi Resmikan Bandara Baru di Morowali Sulawesi Tengah!

(24-12-2018 09:31:38 - Dibaca 241 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Ini Suasana Saat Jokowi Bagikan 6.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Jambi!

(16-12-2018 16:40:14 - Dibaca 302 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Faldo Sebut Prabowo-Sandi Bakal Sulit Menang di MK, Ini Sindiran BPN!

(17-06-2019 21:33:49 - Dibaca 303 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Walhi Nilai Penerbitan IMB Lahan Reklamasi Oleh Anies Janggal dan Dipaksakan!

(17-06-2019 21:27:57 - Dibaca 122 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
108 Halaman Pleidoi Bakal Dibacakan Ratna Sarumpaet di Sidang Besok!

(17-06-2019 21:21:11 - Dibaca 98 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Said Aqil Sindir Seorang Wakil Ketua DPR yang Suka Bikin Dirinya Sakit Perut!

(17-06-2019 21:11:29 - Dibaca 217 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Jumlah Saksi di Sidang Gugatan Pilpres Dibatasi, Ini Kritik BPN Prabowo!

(17-06-2019 21:05:28 - Dibaca 114 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!

(16-06-2019 19:02:46 - Dibaca 258 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Ngutip Tanpa Izin, BPN Sebut Profesor Australia Tak Penting?

(15-06-2019 17:53:09 - Dibaca 260 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Jokowi Kembali Bagi-bagi Sepeda Selepas Pilpres!

(15-06-2019 17:48:45 - Dibaca 114 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Terkait FPI Demo di MK, Ini Sindiran TKN ke Prabowo!

(15-06-2019 17:44:00 - Dibaca 825 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
Sapa Warga Bali, Jokowi Naik Mobil Pawai Bersama Iriana dan Jan Ethes!

(15-06-2019 17:37:10 - Dibaca 181 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
BPN Baru Persoalkan Status Ma'ruf Amin, Ini Sindiran Demokrat!

(13-06-2019 12:44:28 - Dibaca 817 Kali)

Prabowo Sebut Freeport Untung 81 Persen, Ini Faktanya!
KPU Dituding Prabowo Gelembungkan 22 Jutaan Suara untuk Jokowi, Ini Respon Tegas TKN!

(13-06-2019 12:39:19 - Dibaca 444 Kali)

Said Aqil Sindir Seorang Wakil Ketua DPR yang Suka Bikin Dirinya Sakit Perut!
Jumlah Saksi di Sidang Gugatan Pilpres Dibatasi, Ini Kritik BPN Prabowo!
Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!

TERPOPULER

1. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

8. Kunker ke Amerika, Sandiaga Harap Bisa Temukan Solusi Urai Macet Jakarta?

9. Sandiaga dan Prabowo Tak Hadir di Pemakaman Ani Yudhoyono, Mengapa?

10. Ani Yudhoyono Meninggal Dunia




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.