Soal RUU HIP, PKS Sebut Pemerintah Bersikap Plin Plan dan Tidak Jelas?
Dukcapil Bela Lurah Grogol Selatan Soal KTP Kilat Djoko Tjandra?
50 Juta Warga Afrika Terancam Masuk Jurang Kemiskinan Ekstrem Gegara Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
 
30-05-2020 07:46:27 - Dibaca 213 Kali
 
 
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Sumber Foto : cnbcindonesia.com
 
loading...
 
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan lima fase pembukaan tatanan kehidupan baru (new normal) bidang perdagangan. Ia memastikan mal dan aktivitas perdagangan lain mulai dibuka di Juni 2020.

"Seluruh elemen di bidang perdagangan kini mulai bersiap. Kementerian Perdagangan telah mempersiapkan Exit Strategy COVID-19 dengan membuka aktivitas perdagangan. Tahapan tersebut terdiri dari lima fase dengan persyaratan yang berbeda tergantung tingkat kerentanan terhadap potensi penyebaran COVID-19," kata Agus dalam siaran pers resmi di situs Kemendag, seperti dikutip Sabtu (30/5/2020).

"Penerapan pembukaan aktivitas perdagangan khususnya di tempat-tempat usaha yang menggerakkan roda perekonomian bangsa ini akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 mendatang dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dan pengawasan serta evaluasi secara menyeluruh."
 
 


Dijelaskan Agus, Exit Strategi COVID-19 Kementerian Perdagangan ini akan dilakukan dengan membuka aktivitas perdagangan secara bertahap dan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, pembatasan jam dan kapasitas operasional, pengaturan jumlah kunjungan dan pembatasan waktu sirkulasi pengunjung, serta penyusunan SOP di tempat-tempat kegiatan perdagangan melalui mitigasi risiko.

Ada 5 (lima) tahapan yang disusun Kementerian Perdangangan. Pertimbangan penerapan setiap fase sangat tergantung pada kondisi daerah atau wilayah dengan parameter tingkat penularan di tempat kegiatan masing-masing atau wilayah, tingkat kedisiplinan masyarakat dan pelaku usaha, serta kesiapan Tim Evaluasi dan Pengawasan yang dilaksanakan oleh Gugus Tugas COVID-19 pusat dan daerah serta Pemerintah Daerah.

Pembukaan aktivitas perdagangan dapat dilaksanakan di daerah atau wilayah zona hijau dengan angka reproduksi virus kategori Rt<1. Saat ini ada sekitar lebih dari 100 daerah zona hijau (kabupaten/kota) di 8 provinsi (Aceh, Riau, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Jambi, DKI Jakarta, Bali, dan Kepulauan Riau).


Kondisi ini bisa bertambah atau berkurang tergantung tingkat kepatuhan dari seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan yang telah diterapkan. Evaluasi dan penentuan status wilayah tersebut ditetapkan oleh GUGUS TUGAS COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Daerah setempat.

"Saat ini daerah yang siap dibuka adalah Semarang, Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Barat yang berada di sekitar Jakarta dengan kontribusi ekonomi yang signifikan. Hal itu berdasarkan hasil Analisis Trend (KSP) dan analisis per kelurahan yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat," imbuh Agus.

Jenis aktivitas perdagangan yang akan mulai dibuka dalam 'new normal', meliputi pasar rakyat, toko swalayan (minimarket, supermarket, hypermarket, Department Store), restoran/rumah makan/warung makan, kafe, toko obat farmasi dan alat kesehatan, mall atau pusat perbelanjaan,restoran di Rest Area, alon/Spa, tempat hiburan/pariwisata.

"Pembukaan aktivitas perdagangan itu disesuaikan dengan fasenya. Pada fase tertentu misalnya pusat perbelanjaan baru bisa dibuka, dengan jam operasional dan jumlah pengunjung yang dibatasi secara bergilir setiap tiga jam," katanya.

Untuk memperkuat implementasi pembukaan aktivitas perdagangan ini Kementerian Perdagangan telah menyiapkan Surat Edaran (SE) Menteri Perdagangan No. 12 Tahun 2020 tanggal 28 Mei 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan di Sektor Perdagangan.

Di dalam SE tersebut diatur SOP Protokol Kesehatan Pasar Rakyat, Ritel Modern, Toko Swalayan, Supermarket,Hypermart, Pusat Perbelanjaan/Department Store, Restoran/Rumah Makan/Warung Makan dan Kafe, Toko Obat/Farmasi dan Alat Kesehatan, Restoran di rest area diperbolehkan secara terbatas, Salon/Spa, Tempat Hiburan/Pariwisata dan Tempat Hiburan tertentu seperti Kebun Binatang, Museum, Galeri Seni serta Pedagang Kaki Lima (PKL) dan aktivitas perdagangan lainnya seperti warteg.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul: Mendag Pastikan Mal Buka Juni 2020, Ini Persiapannya
 
Sumber : cnbcindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Maskapai Sriwijaya Tak Bisa Hindari Pangkas Pekerja!

(06-07-2020 12:19:42 - Dibaca 106 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Hanya dalam Hitungan Minggu, Virus Corona Runtuhkan Bisnis Airbnb!

(03-07-2020 18:06:45 - Dibaca 143 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Pizza Hut Indonesia Sebut Tak Ada Afiliasi dengan Waralaba Bangkrut di AS!

(03-07-2020 11:11:50 - Dibaca 133 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Isu Soal Reshuffle Semakin Liar, Ahok dan AHY Disebut Bakal Masuk Kabinet?

(02-07-2020 13:43:42 - Dibaca 857 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!

(28-06-2020 19:56:41 - Dibaca 1.595 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Tak Hanya Mobil, Sepeda Motor Mau Banting Harga Juga?

(20-06-2020 10:55:08 - Dibaca 443 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Lotteria Resmi Tutup per 29 Juni Setelah 9 Tahun Hadir di Indonesia

(20-06-2020 08:44:36 - Dibaca 288 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Resmi Ditunjuk Jadi Direktur Telkom, Fajrin Janji Dengar Keluhan Pelanggan?

(20-06-2020 08:19:43 - Dibaca 370 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Pada Kuartal I 2020, PLN Catat Rugi Rp38,87 T?

(15-06-2020 16:53:52 - Dibaca 285 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Sejumlah Mal Jakarta Dibuka, Pengelola Jamin Protokol Kesehatan!

(15-06-2020 09:00:15 - Dibaca 174 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Ini Respons Ahok Soal Direksi Pertamina Dipangkas Erick!

(13-06-2020 12:43:03 - Dibaca 1.679 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Akhir Pekan Ini Rupiah Perkasa di Posisi Rp14.075 per Dolar AS!

(05-06-2020 09:28:12 - Dibaca 540 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Soal RUU HIP, PKS Sebut Pemerintah Bersikap Plin Plan dan Tidak Jelas?

(08-07-2020 13:50:49 - Dibaca 42 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Dukcapil Bela Lurah Grogol Selatan Soal KTP Kilat Djoko Tjandra?

(08-07-2020 11:28:43 - Dibaca 61 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
50 Juta Warga Afrika Terancam Masuk Jurang Kemiskinan Ekstrem Gegara Corona?

(08-07-2020 11:23:52 - Dibaca 114 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Gegara Gowes Tak Berjilbab, Rombongan Pesepeda di Aceh Minta Maaf!

(07-07-2020 10:03:12 - Dibaca 110 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Pemkab Bogor Gelar Rapid Test ke Warga yang Nonton Rhoma Irama Manggung

(07-07-2020 09:59:25 - Dibaca 87 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Ini Penampakan Hotel Berlapis Emas di Vietnam!

(07-07-2020 09:41:52 - Dibaca 129 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Fantastic Four Badminton Resmi Berakhir Usai Lin Dan Nyatakan Pensiun!

(06-07-2020 13:35:05 - Dibaca 79 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Soal KTP Djoko Tjandra, Kuasa Hukum Akui Dibuat di Kelurahan Grogol?

(06-07-2020 13:29:46 - Dibaca 84 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Djoko Tjandra Bikin e-KTP Kurang dari Sejam?

(06-07-2020 13:25:00 - Dibaca 80 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Ledakan di Menteng, Labfor Polri Teliti Kandungan Bahan Peledak!

(06-07-2020 13:05:00 - Dibaca 126 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Maskapai Sriwijaya Tak Bisa Hindari Pangkas Pekerja!

(06-07-2020 12:19:42 - Dibaca 106 Kali)

Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Kecewa Soal PPDB DKI, Balai Kota Anies Dibanjiri Karangan Bunga!

(06-07-2020 12:14:24 - Dibaca 1.350 Kali)

Gegara Gowes Tak Berjilbab, Rombongan Pesepeda di Aceh Minta Maaf!
Pemkab Bogor Gelar Rapid Test ke Warga yang Nonton Rhoma Irama Manggung
Ini Penampakan Hotel Berlapis Emas di Vietnam!

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?

10. Gerindra Klaim Kinerja DKI Tetap Baik Walau Anies-Sandi Sibuk Pilpres, Benarkah?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.