Soal RUU HIP, PKS Sebut Pemerintah Bersikap Plin Plan dan Tidak Jelas?
Dukcapil Bela Lurah Grogol Selatan Soal KTP Kilat Djoko Tjandra?
50 Juta Warga Afrika Terancam Masuk Jurang Kemiskinan Ekstrem Gegara Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Ekonomi
 
Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
 
28-06-2020 19:56:41 - Dibaca 1.596 Kali
 
 
Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahja Purnama alias Ahok buka-bukaan soal caranya memberantas mafia migas di Indonesia. Ahok bicara sebetulnya mafia migas itu merupakan orang dalam.

Mereka melakukan perjanjian kontrak impor migas menjadi kontrak yang pendek tidak panjang. Hal ini menurutnya membebani neraca perdagangan. Padahal harusnya, sebagai konsumen besar Pertamina bisa memiliki harga tawar tinggi.

"Itu (mafia migas) kan cuma istilah, menurut saya itu oknum di dalam. Banyak sekali kontrak nggak dibuat jangka panjang. Padahal kan, sebagai konsumen besar bangsa Indonesia, seharusnya kita bargaining gitu," ujar Ahok dalam acara bincang-bincang bersama Andy. F Noya, dikutip Minggu (28/6/2020).
 
 


Menurut Ahok, harusnya Pertamina bisa menekan para importir untuk membuat kontrak jangka panjang dan harga murah. Selama ini, dia menilai Pertamina mengimpor migas dengan mahal dan menjual terlalu murah sehingga prinsip ekonomi tidak bisa berjalan.

"Saya bisa neken dong supplier pemasok saya bisa minta jangka panjang kontaknya, dan harga lebih murah. Kita selama ini beli yang mahal jual murah, nggak sesuai prinsip ekonomi, ini terbalik," ungkap Ahok.

Ahok menyebutkan bahwa kini dia meminta direksi Pertamina melakukan restrukturisasi perusahaan. Kini Pertamina membentuk subholding, dengan harapan semua orang bisa membeli saham Pertamina dan mengawasi kinerja perusahaan secara terbuka.

"Maka kita selesaikan restrukturisasi. Kita turunkan ke subholding kita harapkan rakyat, pegawai, Pertamina, bisa beli sahamnya kemudian kita pelototin," papar Ahok.


Menurutnya mengawasi Pertamina tidak mudah, apalagi perusahaan pelat merah ini memiliki anak dan cucu usaha hingga ratusan jumlahnya.

Ahok juga bercerita, ada cucu perusahaan yang sempat membuat dia sedikit kesal. Dari kisahnya, cucu perusahaan itu diminta menjelaskan soal investasi kilang namun dijawab tak perlu izin Ahok untuk hal tersebut.

"Ketika dipanggil cucu perusahaan jawabnya enteng aja. Kenapa invest sekian kilang berapa puluh juta dolar, jawabnya enteng aja, kami nggak perlu izin Komut kok," cerita Ahok.

"Untung gue udah lulus Mako, kalau belum udah gue timpuk itu," pungkasnya.

Ahok menyebutkan dirinya mau menjadi komut demi membantu pemerintah untuk mengurangi defisit neraca berjalan Indonesia. Dia menyebut Pertamina memiliki pemasukan hingga sepertiga APBN, untuk itu harus diawasi dengan baik.

"Ya saya pikir untuk bantu kurangi defisit neraca berjalan kita, Pertamina ini revenuenya aja Rp 800 triliun, sepertiga APBN Indonesia. Jadi perusahaan Rp 800 triliun harus diawasi dengan baik, KPI-nya juga harus baik," sebut Ahok.

Ahok juga menyatakan indikator kinerja perusahaan (Key Performance Indicator/KPI) sering tidak diperhatikan selama ini di Pertamina. Dia mengatakan Pertamina pasti untung, namun kalau dibanding perusahaan dengan kapasitas yang sama dari luar negeri Pertamina masih kalah.

Petronas dari Malaysia misalnya, sudah bertengger di peringkat 150 pada perusahaan Fortune Global, sementara Pertamina cuma di posisi 175.

"KPI ini sering nggak diperhatikan, nggak ada kewajiban untung berapa, merem juga untung, persoalannya Petronas untung berapa, lu untung berapa. Kita masuk 175 Fortune Global, nah Petronas 150 bos. Kita harus bandingkan best practice yang setara dari negara lain," ungkap Ahok.

Kemudian Ahok juga mengatakan dia ingin menambahkan portofolio untuk dirinya sendiri. Dia menyebut Pertamina menjadi perusahaan paling besar yang pernah mempekerjakannya.

"Kedua buat portofolio saya kan, saya nggak pernah kerja di perusahaan begitu besar. Konglomerat terhebat juga nggak sebesar itu duitnya. Sekarang saya ditugasi jadi chairman untuk kontrol uang begitu banyak," papar Ahok.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Bicara Mafia Migas, Ahok: Itu Oknum di Dalam
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Maskapai Sriwijaya Tak Bisa Hindari Pangkas Pekerja!

(06-07-2020 12:19:42 - Dibaca 107 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Hanya dalam Hitungan Minggu, Virus Corona Runtuhkan Bisnis Airbnb!

(03-07-2020 18:06:45 - Dibaca 143 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Pizza Hut Indonesia Sebut Tak Ada Afiliasi dengan Waralaba Bangkrut di AS!

(03-07-2020 11:11:50 - Dibaca 133 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Isu Soal Reshuffle Semakin Liar, Ahok dan AHY Disebut Bakal Masuk Kabinet?

(02-07-2020 13:43:42 - Dibaca 858 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Tak Hanya Mobil, Sepeda Motor Mau Banting Harga Juga?

(20-06-2020 10:55:08 - Dibaca 443 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Lotteria Resmi Tutup per 29 Juni Setelah 9 Tahun Hadir di Indonesia

(20-06-2020 08:44:36 - Dibaca 288 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Resmi Ditunjuk Jadi Direktur Telkom, Fajrin Janji Dengar Keluhan Pelanggan?

(20-06-2020 08:19:43 - Dibaca 370 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Pada Kuartal I 2020, PLN Catat Rugi Rp38,87 T?

(15-06-2020 16:53:52 - Dibaca 285 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Sejumlah Mal Jakarta Dibuka, Pengelola Jamin Protokol Kesehatan!

(15-06-2020 09:00:15 - Dibaca 174 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Ini Respons Ahok Soal Direksi Pertamina Dipangkas Erick!

(13-06-2020 12:43:03 - Dibaca 1.679 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Akhir Pekan Ini Rupiah Perkasa di Posisi Rp14.075 per Dolar AS!

(05-06-2020 09:28:12 - Dibaca 540 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!

(30-05-2020 07:46:27 - Dibaca 213 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Soal RUU HIP, PKS Sebut Pemerintah Bersikap Plin Plan dan Tidak Jelas?

(08-07-2020 13:50:49 - Dibaca 54 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Dukcapil Bela Lurah Grogol Selatan Soal KTP Kilat Djoko Tjandra?

(08-07-2020 11:28:43 - Dibaca 74 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
50 Juta Warga Afrika Terancam Masuk Jurang Kemiskinan Ekstrem Gegara Corona?

(08-07-2020 11:23:52 - Dibaca 114 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Gegara Gowes Tak Berjilbab, Rombongan Pesepeda di Aceh Minta Maaf!

(07-07-2020 10:03:12 - Dibaca 110 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Pemkab Bogor Gelar Rapid Test ke Warga yang Nonton Rhoma Irama Manggung

(07-07-2020 09:59:25 - Dibaca 87 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Ini Penampakan Hotel Berlapis Emas di Vietnam!

(07-07-2020 09:41:52 - Dibaca 131 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Fantastic Four Badminton Resmi Berakhir Usai Lin Dan Nyatakan Pensiun!

(06-07-2020 13:35:05 - Dibaca 79 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Soal KTP Djoko Tjandra, Kuasa Hukum Akui Dibuat di Kelurahan Grogol?

(06-07-2020 13:29:46 - Dibaca 85 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Djoko Tjandra Bikin e-KTP Kurang dari Sejam?

(06-07-2020 13:25:00 - Dibaca 80 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Ledakan di Menteng, Labfor Polri Teliti Kandungan Bahan Peledak!

(06-07-2020 13:05:00 - Dibaca 126 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Maskapai Sriwijaya Tak Bisa Hindari Pangkas Pekerja!

(06-07-2020 12:19:42 - Dibaca 107 Kali)

Ahok Buka-bukaan Soal Cara Berantas Mafia Migas di Indonesia!
Kecewa Soal PPDB DKI, Balai Kota Anies Dibanjiri Karangan Bunga!

(06-07-2020 12:14:24 - Dibaca 1.358 Kali)

Gegara Gowes Tak Berjilbab, Rombongan Pesepeda di Aceh Minta Maaf!
Pemkab Bogor Gelar Rapid Test ke Warga yang Nonton Rhoma Irama Manggung
Ini Penampakan Hotel Berlapis Emas di Vietnam!

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?

10. Gerindra Klaim Kinerja DKI Tetap Baik Walau Anies-Sandi Sibuk Pilpres, Benarkah?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.