Dinilai Berbahaya, WHO Desak Indonesia Tunda Penggunaan Hydroxychloroquine?
Farid Gaban Disomasi Politikus PSI Karena Dianggap Sebar Hoaks!
Usai Salat Id di Masjid Bekasi, Satu Keluarga Terpapar Virus Corona?



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
 
09-04-2018 12:51:47 - Dibaca 4.433 Kali
 
 
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Sumber Foto : tempo.co
 
loading...
 
Calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said dan Ida Fauziah meluncurkan saweranjateng.id untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi membantu biaya kampanye yang dianggap mahal.

"Saya bukan orang yang punya uang, selama ini biaya kampanye saya dari saweran. Ini juga untuk menghindari korupsi" kata Sudirman saat kegiatan deklarasi politik saweran di Hotel Patrajasa, Ahad 8 April 2018.

Sudirman mengaku senang ada relawan yang berinisiatif dengan kegiatan Gasebu (gerakan Rp 10.000). "Kami mengetuk kerelaan warga, tidak ada paksaan. Kami bereksperimen semoga ada respons yang baik," ujarnya.


Ia menjelaskan, nantinya hasil saweran itu akan dipakai untuk membiayai kampanye dalam pemenangannya. Selain itu, juga akan digunakan untuk mendanai perjalanan dan sosialisasi bersama relawan, pengadaan alat peraga kampanye (APK) dan biaya operasional kampanye yang dilakukan relawan. Dia menegaskan, hasil saweran itu tidak akan digunakan untuk orientasi pribadi, tetapi untuk kepentingan masyarakat dan relawannya.

Sudirman membantah bahwa dirinya maju pemilihan gubernur Jawa Tengah tanpa dibiayai partai pengusungnya. Dia juga menampik soal uang yang dimilikinya sudah habis untuk pencalonannya ini. Ia menegaskan dirinya bukan pengusaha kaya yang bisa mengeluarkan uang sewaktu-waktu.

"Habis ya dicari lagi (dana kampanye). Kalau ini berhasil maka akan menjadi contoh bagi daerah lain," katanya. Menurut dia, politik tidak dilihat sebagai cara untuk mengincar jabatan tetapi pengabdian. "Kalau politik memperoleh jabatan dengan berbagai cara, apalagi korupsi, maka akan membatalkan niatnya."

Komandan Relawan Sudirman-Ida, Arie Sadewo mengatakan peluncuran saweranjateng.id baru dilakukan karena menunggu momentum yang tepat. Kata dia, Sudirman bukan orang kaya yang bisa membiayai kampanye politiknya sendiri.

"Rakyat membiayai kampanye untuk kampanye pemimpinnya, bukan pemimpin yang kampanye membiayai rakyatnya," ujarnya.

Dia pun menjelaskan Gasebu adalah istilah. Semua orang bisa menyumbang semampunya sesuai dengan aturan dari Komisi Pemilihan Umum. "Kami sudah konsultasikan yang terbaik gimana batas maksimal boleh nyumbang sesuai aturan," kata Arie.

Apabila strategi mendapatkan sumbangan itu mendapat respons masyarakat, Arie mengatakan, hal itu akan menjadi salah satu sarana pendidikan politik yang baik. Artinya, Sudirman Said melakukan kontrak sosial dengan masyarakat luas, ketimbang melaksanakan kontrak implisit dengan orang tertentu.

"Jangan sampai ada transaksi diam-diam, malah bahaya itu, nanti ada kepentingan tertentu," tutur Arie. Sebagai transparansi, dia melanjutkan, akan diaudit akuntan publik dan jika memungkinkan hasilnya akan dipublikasikan berapa dana yang masuk. "Berikutnya, sawerannya bisa untuk membiayai kepemimpinan daerah, semua sektor. Ini untuk kebaikan kok," ujar Arie.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Sudirman Said-Ida Fauziah Luncurkan Saweran Jateng untuk Kampanye
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- POLITIK -
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Tolak Gabung Partai Baru Amien Rais, PA 212 Ngaku Mereka adalah Gerakan Moral?

(16-05-2020 08:58:12 - Dibaca 699 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Sejak 5 Tahun Lalu, Hanafi Rais Sudah Tak Cocok dengan Zulkifli Hasan?

(14-05-2020 15:39:10 - Dibaca 185 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Tak Suka Disebut Sengkuni, Loyalis Amien Tuding Pro-Zulhas Cebong Biru?

(12-05-2020 10:00:10 - Dibaca 547 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Mundurnya Hanafi Menyangkut Gerbong Amien Rais dengan Zulkifli Hasan?

(07-05-2020 13:49:32 - Dibaca 266 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
DPR Fraksi PAN Kritik Pemerintah Soal Zona Merah Corona yang Tak Jelas

(27-04-2020 08:36:46 - Dibaca 291 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Mardani Nilai Kebijakan Larangan Mudik Pemerintah Amburadul dan Sudah Terlambat?

(25-04-2020 10:11:43 - Dibaca 400 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Wacana Pilkada Tak Langsung Lewat DPRD karena Corona, KPU Tak Sepakat!

(20-04-2020 13:34:19 - Dibaca 230 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Pemerintah Dinilai Tak Transparan Soal Pemilihan Mitra Prakerja?

(15-04-2020 13:37:26 - Dibaca 272 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Soal Pasal Hina Presiden, Politikus PKS Ini Sindir Jokowi!

(09-04-2020 14:28:57 - Dibaca 618 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Presiden PKS Minta Jokowi Tak Dengar Penjilat dan ABS?

(04-04-2020 08:28:54 - Dibaca 1.140 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!

(31-03-2020 09:49:25 - Dibaca 500 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Dukungan SBY kepada Jokowi Tangani Corona: Badai Belum Berlalu!

(23-03-2020 11:33:53 - Dibaca 379 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Dinilai Berbahaya, WHO Desak Indonesia Tunda Penggunaan Hydroxychloroquine?

(27-05-2020 09:44:46 - Dibaca 999 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Farid Gaban Disomasi Politikus PSI Karena Dianggap Sebar Hoaks!

(26-05-2020 12:10:57 - Dibaca 220 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Usai Salat Id di Masjid Bekasi, Satu Keluarga Terpapar Virus Corona?

(26-05-2020 11:21:54 - Dibaca 1.856 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Aplikasi Zoom Dijegal China Lewat Alibaba dan Tencent!

(26-05-2020 10:27:10 - Dibaca 173 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Disiplinkan Warga, Jokowi Kerahkan Aparat Secara Masif!

(26-05-2020 10:02:42 - Dibaca 283 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Cek Pendisiplinan di MRT, Ini Momen Anies Hampiri Jokowi dan Berbincang!

(26-05-2020 09:58:22 - Dibaca 317 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Usai Lebaran, Harga Emas Antam Naik Jadi Rp917 Ribu per Gram!

(26-05-2020 09:53:57 - Dibaca 146 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Saling Berlomba Temukan Vaksin Corona, China Paling Depan!

(25-05-2020 20:09:14 - Dibaca 439 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Vaksin Dari China Ini Sukses Hasilkan Antibodi Covid-19!

(25-05-2020 10:08:36 - Dibaca 683 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Kini Instagram Bisa Video Call 50 Orang, Ini Caranya!

(25-05-2020 09:08:50 - Dibaca 155 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Ini Panduan Bekerja di Era New Normal Saat PSBB Dari Kemenkes!

(24-05-2020 22:13:25 - Dibaca 586 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Benda Misterius Dari Langit Jatuh di Sragen...

(24-05-2020 21:42:43 - Dibaca 848 Kali)

Aplikasi Zoom Dijegal China Lewat Alibaba dan Tencent!
Disiplinkan Warga, Jokowi Kerahkan Aparat Secara Masif!
Cek Pendisiplinan di MRT, Ini Momen Anies Hampiri Jokowi dan Berbincang!

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.