Messi dan Ronaldo Kompak Mandul Gol?
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

loading...
 

Sarangberita.com > Finance
 
Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
 
16-09-2021 10:24:49 - Dibaca 595 Kali
 
 
Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
 
 
Pedagang warung tegal (warteg) berkesempatan menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Apa yang dibahas?

Mereka menyampaikan beberapa keluhan yang dialami, mulai dari kurangnya biaya hidup hingga kelilit utang akibat pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah dalam pertemuan kami dengan Bapak Presiden Joko Widodo pada hari Rabu, 15 September 2021 di Istana Negara, bersama asosiasi pedagang lainnya, Presiden telah mendengarkan keluhan kami dan akan segera merealisasikan tuntutan kami Kowantara," kata Ketua Koperasi Warteg Nusantara (Kowantara) Mukroni, dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9/2021).

Mukroni merinci apa saja keluhan yang disampaikan kepada Jokowi. Pertama mengenai perlunya stimulus biaya hidup sehari-hari mulai dari listrik, air, telepon, hingga sembako.

"Stimulus biaya hidup sehari-hari rakyat kecil harus disubsidi, seperti listrik, air, telepon sembako dan yg menyangkut hajat hidup rakyat kecil karena mereka yang kena imbas pandemi adalah rakyat bawah alias rakyat kecil," tuturnya.

Kedua, pedagang warteg mengeluhkan akibat pandemi mereka kelilit utang. Hal itu menyebabkan para pengusaha sulit mendapatkan modal lagi untuk melanjutkan usahanya.


"UMKM terutama warteg-warteg sekarang dililit kredit macet akibat pandemi dan ini mengakibatkan sulitnya untuk mendapatkan pembiayaan untuk melangsungkan usahanya," ujarnya.

Untuk itu, Mukroni meminta kepada Jokowi agar meniadakan cicilan pinjaman bagi pelaku usaha kecil di beberapa tempat kredit. Misal kredit kendaraan bermotor di bank, hingga di Pegadaian. Permintaan peniadaan cicilan itu diminta untuk satu tahun ke depan.

"Peniadaan cicilan pinjaman pelaku usaha rakyat kecil UMKM dan Sektor Informal di Leasing Kendaraan Bermotor Roda Dua dan Roda Empat di Bank, dan di Lembaga Keuangan Non Perbankkan Multifinance, Pegadaian dan atau sejenisnya, baik milik pemerintah maupun swasta dalam negeri ataupun swasta asing hingga satu (1) tahun ke depan," ungkapnya.






Kemudian, pengusaha warteg juga meminta pemutihan BI Checking dan bunga tertunggak yang ditanggung pengusaha warteg yang terdampak pandemi. Pemutihan itu diminta untuk tunggakan lebih dari 1 tahun 4 bulan sejak Maret 2020.

Pengusaha juga meminta agar bisa dimudahkan dalam akses modal. Jadi, pengusaha meminta adanya pelonggaran persyaratan, baik dari Kredit Usaha Rakyat (KUR), LPDB KUMKM RI, Program Kemitraan BUMN/BUMD, Lembaga Pembiayaan Kementerian, serta Lembaga Keuangan Pemerintah lainnya.

Mengenai bantuan PKL-warung Rp 1,2 juta yang direncanakan pemerintah, disebut juga dibahas dalam pertemuan Jokowi dengan pengusaha warteg. Dikatakan Jokowi akan secara resmi meluncurkan bantuan itu akhir September ini.

"Ya dibahas, Presiden menjanjikan akhir bulan nanti dilaunching dan dikawal dari asosiasi pedagang kaki lima dan warung," imbuhnya kepada detikcom.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana, Apa yang Dibahas?
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- FINANCE -
Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Luar Biasa! Sri Mulyani Kembali Raih Penghargaan Internasional

(13-10-2021 05:48:42 - Dibaca 607 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Omelan Risma soal Bansos Dianggap Andre Rosiade Pencitraan Drama Korea?

(10-09-2021 06:50:02 - Dibaca 749 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom, Ini Kritik Said Didu!

(30-05-2021 17:57:40 - Dibaca 731 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Waduh! Tabungan Nasabah Rp128 Juta Hilang dari Rekening Bank?

(24-05-2021 09:41:35 - Dibaca 422 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Orang Terkaya RI Kini Sudah Berubah, Siapa orangnya?

(04-04-2021 11:30:06 - Dibaca 994 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Diisukan Jadi Kadrun, Ini Respons Susi!

(04-02-2021 22:11:35 - Dibaca 596 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Diduga Bermasalah, Ahok Selidiki 2 Kontrak LNG Pertamina!

(12-01-2021 22:41:25 - Dibaca 826 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Bakal Jadi Walkot Solo, Berapa Harta Kekayaan Gibran?

(21-12-2020 23:48:59 - Dibaca 1.307 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Golden Truly Gunung Sahari Tutup!

(02-12-2020 13:22:14 - Dibaca 441 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Ini Sederet Bisnis Nikita Mirzani yang Sebut Habib Tukang Obat!

(17-11-2020 13:39:31 - Dibaca 581 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Daripada Mundur Ahok Lebih Pilih Dipecat dari Jabatannya, Mengapa?

(15-11-2020 08:07:17 - Dibaca 951 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Ini Dia 10 Mata Uang Terkuat di Dunia!

(12-11-2020 13:37:15 - Dibaca 574 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Messi dan Ronaldo Kompak Mandul Gol?

(25-10-2021 06:24:28 - Dibaca 243 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!

(21-10-2021 11:30:14 - Dibaca 301 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

(21-10-2021 11:11:33 - Dibaca 442 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?

(19-10-2021 20:19:44 - Dibaca 628 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?

(19-10-2021 13:21:55 - Dibaca 1.534 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

(19-10-2021 13:04:52 - Dibaca 803 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!

(17-10-2021 09:35:53 - Dibaca 528 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Ini Jadwal Final Piala Thomas Indonesia Vs China Nanti Malam!

(17-10-2021 09:25:03 - Dibaca 848 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Ini Harga Ban Tanpa Udara yang Diperkirakan Bakal Dipasarkan 2024!

(14-10-2021 12:33:22 - Dibaca 970 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Ini Daftar Profesi Manusia yang Terancam Punah, Digantikan Robot?

(14-10-2021 11:47:00 - Dibaca 615 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?

(13-10-2021 06:57:07 - Dibaca 931 Kali)

Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana
Luar Biasa! Sri Mulyani Kembali Raih Penghargaan Internasional

(13-10-2021 05:48:42 - Dibaca 607 Kali)

JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.