Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Food
 
Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
 
29-06-2021 16:30:54 - Dibaca 915 Kali
 
 
Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Ayam serapah (instagram.com/pawonkoe)
 
 
Indonesia memiliki beragam masakan olahan daging ayam yang menggugah selera. Bali menjadi salah satu wilayah dengan kuliner daging ayam yang nikmat. Gak selalu ayam betutu, ada pula ayam serapah yang lezat.

Ayam digoreng dengan baluran bumbu rempah, lalu disajikan dengan bumbu serapahan. Bumbu tersebut berupa bawang merah, serai, dan cabai yang digoreng.

Kalau kamu penasaran dengan rasanya, cobalah bikin sendiri di rumah. Bahannya gampang ditemukan, simak resep ayam serapah khas Bali berikut ini.






1. Bahan membuat ayam serapah

Bahan utama:

500 gram daging ayam pejantan
4 lembar daun jeruk, iris
2 batang seledri
3 sdt air asam jawa
1 sdt bubuk kunyit
1 sdt bubuk ketumbar
1/2 sdt bubuk jintan
lada secukupnya
garam secukupnya

Bahan serapahan:

8 siung bawang merah
5 buah cabai rawit
2 buah cabai keriting
2 batang daun bawang
1 batang serai

2. Cuci dan potong daging ayam

Sebelum diolah, bersihkan daging ayam terlebih dahulu. Cuci daging dengan air mengalir sambil diusap hingga bersih. Jika sudah, keringkan hingga tuntas.

Setelah itu, letakkan daging ayam di atas talenan. Potong-potong daging ayam menjadi beberapa bagian sama besar, kira-kira 6-8 potong. Sisihkan ke dalam wadah cukup besar.

3. Bumbui daging ayam dengan bumbu

Berikan bubuk ketumbar, bubuk jintan, bubuk kunyit, irisan daun jeruk, air asam jawa, dan garam ke dalam wadah berisi potongan ayam. Aduk seluruh daging ayam bersama bumbu tersebut hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, tunggu meresap.


4. Goreng ayam dan iris bahan serapahan

Tuang minyak ke dalam wajan dan panaskan hingga mendidih. Goreng daging ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Masukkan semua potongan daging bersama daun jeruknya juga, ya.

Sembari menunggu daging ayam matang, siapkan bahan membuat serapahannya. Iris bawang merah tipis-tipis, begitu pula dengan daun bawang dan serainya. Iris serong cabai rawit dan cabai keriting.






5. Sajikan ayam goreng dengan bumbu

Kalau ayam goreng sudah matang, segera angkat dan sisihkan. Tuang minyak dalam wajan, lalu panaskan kembali. Goreng semua bahan serapahan yang tadi sudah disiapkan hingga garing.

Setelah itu, saring bumbu serapahan dan tiriskan. Sajikan ayam goreng dengan bumbu serapahan dan nasi putih hangat.

Itulah resep mudah membuat ayam serapah khas Bali yang rasanya gurih dan segar. Daging ayam dijamin lembut, bumbu serapahnya pun nikmat. Saatnya bikin olahan daging ayam selain ayam goreng tepung.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di idntimes.com dengan judul: Resep Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih, Begini Cara Membuatnya
 
Sumber : idntimes.com
 
 
 
 
- FOOD -
Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Ini 4 Mitos dan Fakta Daging Kambing, Dari Hipertensi hingga Gairah Seks!

(18-07-2021 11:26:54 - Dibaca 1.146 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Lima Makanan Tinggi Omega 3 untuk Perkuat Imun Tubuh

(09-07-2021 06:17:25 - Dibaca 904 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Bukan Sekadar Lezat, Ini 5 Manfaat Makan Popcorn bagi Kesehatan!

(29-06-2021 15:58:42 - Dibaca 900 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Ini 12 Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol Usai Makan Besar Lebaran

(14-05-2021 08:44:41 - Dibaca 1.379 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
7 Buah Ini Tak Disarankan Disimpan di Kulkas, Ini Alasannya!

(12-05-2021 21:54:11 - Dibaca 1.475 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Ini Resep Spaghetti Aglio Olio Udang Untuk Menu Berbuka!

(02-05-2021 14:15:06 - Dibaca 962 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Resep Kue Kering Klasik Khas Lebaran: Kue Kacang

(02-05-2021 13:40:53 - Dibaca 740 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Alpukat Termasuk Buah atau Sayur?

(24-04-2021 19:33:44 - Dibaca 1.126 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Begini Cara Buat Asinan Khas Bogor yang Enak dan Segar!

(27-03-2021 15:28:23 - Dibaca 1.095 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Ini Dia 10 Makanan Terlarang di Dunia, Permen Karet hingga Hati Angsa

(08-01-2021 13:30:05 - Dibaca 645 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Sandwich Sultan! Harganya Rp 1,1 Juta dengan Isian Beef Steak

(24-12-2020 09:11:59 - Dibaca 942 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 1.507 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 1.594 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 1.586 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 1.422 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 1.520 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 1.427 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 957 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 805 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 1.012 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.303 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 1.107 Kali)

Begini Cara Membuat Ayam Serapah Khas Bali yang Gurih!
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 1.182 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER

1. Semprot Neno Warisman yang Ajak Publik Boikot Indomaret, Inul: Hatinya Setan!

2. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

3. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

4. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

5. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

8. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.