Sekda Sebut Formula E di Monas Biar Beken Dunia-Akhirat, Ini Kritik DPRD!
Soal RUU Ketahanan Keluarga, PKS Minta Jangan Ada yang Sinis?
Eks Presiden ISIS Indonesia Sebut Siap Tampung WNI Eks ISIS yang Pulang, Apa maksudnya?



loading...

Sarangberita.com > Internasional
 
Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
 
18-06-2018 18:52:57 - Dibaca 610 Kali
 
 
Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Sumber Foto : kompas.com
 
loading...
 
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn secara resmi menerima warisan harta kekayaan kerajaan senilai 30 miliar dolar AS atau sekitar Rp 422 triliun.

Raja yang naik tahta pada Oktober 2016 itu telah menandatangani pengambilalihan kekayaan milik kerajaan Thailand pada Sabtu (16/6/2018) lalu.

Raja Maha Vajiralongkorn menggantikan ayahnya, Bhumibol Adulyadej, yang telah mangkat, usai memerintah selama tujuh dekade, sejak 1946.

Pihak kerajaan Thailand tidak pernah mengumumkan jumlah kekayaan kerajaan secara pasti kepada publik dan dilindungi oleh hukum kerajaan dari segala bentuk pemeriksaan.

Namun para pakar memperkirakan, Dinasti Chakri, yang kini berkuasa di kerajaan Thailand, merupakan dinasti kerajaan terkaya di dunia.


Menurut majalah Forbes pada 2011, Raja Bhumibol memiliki kekayaan lebih dari 30 miliar dolar AS dan menempati peringkat teratas orang terkaya di dunia.

Pada masa Raja Bhumibol, sebagian besar kekayaan milik kerajaan tersebut dikelola oleh Biro Kekayaan Mahkota (CPB) yang tidak transparan. Namun diyakini mencakup kepemilikan properti dan investasi di perusahaan-perusahaan besar.

Namun mulai Juli tahun lalu, junta Thailand telah mengubah undang-undang kekayaan kerajaan yang berlaku sejak 69 tahun lalu dan memberikan Raja Vajiralongkorn kewenangan penuh atas CPB.

Perubahan tersebut dipandang sebagai salah satu langkah yang diambil Raja Vajiralongkorn untuk meningkatkan kewenangannya atas birokrasi di kerajaan dan kendali atas kekayaan kerajaan usai mengambil alih tahta.

Dalam amandemen undang-undang tersebut, maka seluruh aset kekayaan kerajaan akan dipindahkan dan diambil alih oleh raja, sehingga dapat dikelola dan dipergunakan berdasar kebijaksanaan raja. Demikian diumumkan dalam laman situs resmi CPB.

Dalam dokumen tak bertanggal yang dikeluarkan CPB, turut menjelaskan pemindahan seluruh kepemilikan saham CPB atas nama raja.

Biro kerajaan tersebut diketahui memiliki sejumlah investasi yang cukup besar di beberapa perusahaan terbesar Thailand, seperti Siam Commercial Bank dan Siam Cement Company.

Aset dari CPB yang sebelumnya dibebaskan dari pajak, kini dikenakan pajak sesuai dengan kehendak raja.

Di Thailand, pembahasan publik terkait keputusan kerajaan dianggap tabu karena menganut hukum lese majeste yang melihatnya sebagai tindakan penghinaan terhadap kerajaan.

Pelanggaran atas hukum ini diancam 15 tahun penjara untuk setiap pelanggaran. Seluruh media di Thailand juga harus melakukan sensor ketika memberitakan seputar kerajaan agar terhindar dari pelanggaran hukum lese majeste.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Raja Thailand Resmi Terima Warisan Rp 422 Triliun
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
- INTERNASIONAL -
Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Terkait Corona, KBRI Korsel Imbau Turis RI Tak kunjungi Daegu!

(21-02-2020 19:47:09 - Dibaca 76 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
China Hancurkan Uang Tunai Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona!

(18-02-2020 20:04:04 - Dibaca 196 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Hebat! Bocah 5 Tahun di AS Ini Berhasil Selamatkan Keluarganya dari Kebakaran

(15-02-2020 16:40:20 - Dibaca 147 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Kapal Pesiar Jepang Berpenumpang 174 Orang Positif Virus Corona!

(12-02-2020 15:08:15 - Dibaca 438 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Dipisah dari Tahanan Lain, Reynhard Sinaga Dikurung di Sel Maximum Security!

(04-02-2020 20:15:36 - Dibaca 563 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Pejabat Kesehatan China Dipecat Gegara Tak Bisa Jawab Pertanyaan Terkait Corona!

(31-01-2020 12:55:20 - Dibaca 217 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Pantai California Dipenuhi Ribuan 'Ikan Penis' yang Terdampar!

(15-12-2019 09:24:26 - Dibaca 2.402 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Inilah Salah Satu Daratan di Bumi yang Tidak Dihuni Oleh Ular!

(06-12-2019 07:35:40 - Dibaca 729 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Pengamat Politik Asing Ini Soroti Pengangkatan Ahok Jadi Komut Pertamina!

(24-11-2019 11:31:58 - Dibaca 663 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Jokowi Bahas Perdamaian Palestina Saat Bertemu Sekjen PBB!

(03-11-2019 09:39:28 - Dibaca 322 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Jokowi Bakal Bawa Isu Pembangunan Infrastruktur Indo-Pasific di KTT ASEAN Bangkok!

(02-11-2019 07:48:46 - Dibaca 240 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?

(30-10-2019 12:58:54 - Dibaca 154 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Sekda Sebut Formula E di Monas Biar Beken Dunia-Akhirat, Ini Kritik DPRD!

(22-02-2020 12:35:39 - Dibaca 136 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Soal RUU Ketahanan Keluarga, PKS Minta Jangan Ada yang Sinis?

(22-02-2020 12:20:30 - Dibaca 156 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Eks Presiden ISIS Indonesia Sebut Siap Tampung WNI Eks ISIS yang Pulang, Apa maksudnya?

(22-02-2020 11:46:46 - Dibaca 341 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Melly Goeslaw dan Vidi Aldiano Gelar Tribute Ashraf Sinclair!

(22-02-2020 11:17:05 - Dibaca 99 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Ini Respons Polisi Soal Orator di Aksi 212 Teriak 'Jatuhkan Jokowi'!

(22-02-2020 11:12:08 - Dibaca 941 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Terkait Aksi 212, Ini Dia Rentetan Suara-suara Kontroversial Orator!

(22-02-2020 10:58:09 - Dibaca 438 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Dua Tersangka Begal Bekasi Berhasil Diciduk Polisi!

(22-02-2020 09:23:39 - Dibaca 112 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
RUU Ketahanan Keluarga Ditolak Pemerintah, Ini Respons Pengusul!

(22-02-2020 09:17:18 - Dibaca 242 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Terkait Corona, KBRI Korsel Imbau Turis RI Tak kunjungi Daegu!

(21-02-2020 19:47:09 - Dibaca 76 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Ahok Dituduh Korupsi oleh Orator Aksi 212, Ini Respons Tegas BUMN!

(21-02-2020 19:42:49 - Dibaca 1.898 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Jalan Medan Merdeka Barat Dibuka Kembali Usai Aksi 212 Bubar!

(21-02-2020 19:38:15 - Dibaca 132 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Bantu Paramedis Lawan Corona, Bintang Ip Man Ini Sumbang Rp1,7 Miliar!

(21-02-2020 19:32:21 - Dibaca 78 Kali)

Melly Goeslaw dan Vidi Aldiano Gelar Tribute Ashraf Sinclair!
Ini Respons Polisi Soal Orator di Aksi 212 Teriak 'Jatuhkan Jokowi'!
Terkait Aksi 212, Ini Dia Rentetan Suara-suara Kontroversial Orator!

TERPOPULER

1. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

2. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

3. Jokowi Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS!

4. Petani Bawang yang Nangis ke Sandi Ternyata Anggota KPU Periode Lalu?

5. Ini Jawaban Fadli Zon atas Pertanyan Mentri Susi Tentang Keberhasilannya!

6. Akhirnya Anies Lanjutkan Program Ahok Untuk Normalisasi Sungai bukan Naturalisasi...

7. Akhirnya Taufik Minta Sandiaga Lanjutkan Program Normalisasi Ahok!

8. Polisi Berhasil Ciduk Netizen Penghina Risma di Bogor!