Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?



loading...

Sarangberita.com > Internasional
 
3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
 
09-11-2018 09:13:54 - Dibaca 347 Kali
 
 
3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Sumber Foto : tempo.co
 
loading...
 
Arab Saudi melarang hampir 3 juta warga Palestina pemegang paspor sementara Yordania dan kawasan sekitar untuk pergi Haji dan Umrah, dengan menghentikan penerbitan visa bagi warga Palestina.

Langkah ini merupakan bagian dari kebijakan baru Arab Saudi untuk menghentikan penerbitan visa untuk Haji dan Umrah ke warga Palestina di Yordania, Lebanon, Yerusalem Timur, dan, terakhir, bagi warga Palestina yang tinggal di Israel, yang memiliki dokumen perjalanan sementara yang dikeluarkan oleh Yordania atau Lebanon. Kebijakan baru ini mulai berlaku efektif sejak 12 September, seperti dilaporkan Middle East Eye, 8 November 2018.

Langkah Arab Saudi ini akan berdampak pada 2,94 juta warga Palestina di seluruh negara yang disebutkan, yang tidak memiliki akses ke bentuk dokumen perjalanan lainnya yang memungkinkan mereka pergi ke Arab Saudi, di mana jutaan umat Muslim melakukan perjalanan setiap tahun untuk berziarah ke kota suci Mekah dan Madinah.


Beberapa agen perjalanan yang diwawancara Middle East Eye di Israel, Yerusalem Timur dan Yordania mengatakan bahwa mereka diberitahu oleh Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Yordania bahwa kedutaan Arab Saudi di Amman, Yordania, mengatakan kepada mereka untuk tidak mengajukan permohonan visa bagi siapa saja yang ingin melakukan perjalanan ke Mekah untuk pemilik paspor sementara Yordania

Sumber di pemerintahan Yordania yang akrab dengan urusan diplomatik negaranya mengatakan, keputusan Arab Saudi adalah bagian dari perjanjian bilateral dengan Israel untuk menghapus identitas kewarganegaraan Palestina dan hak pengungsi untuk kembali ke negara asalnya.

"Arab Saudi menekan Yordania untuk naturalisasi para pengungsi Palestina di Yordania, Yerusalem Timur, dan sekarang pengungsi Palestina di Israel. Hal yang sama bisa terjadi di Lebanon. Kemudian, Anda tidak akan memiliki masalah pengungsi Palestina," kata sumber tersebut.

Saud Abu Mahfouz, seorang anggota parlemen Yordania, mengatakan bahwa mereka telah meminta menteri dalam negeri Yordania dan menteri Wakaf untuk mengirim komite ke Riyadh untuk menegosiasikan mengubah kebijakan, dan meminta Raja Salman untuk campur tangan.

"Keputusan ini mempengaruhi setiap orang Arab dan Muslim yang memiliki hak untuk beribadah. Kami telah mendengar keluhan tentang hal ini sejak tahun lalu, dan kami terkejut menemukan hampir 200 perusahaan travel di Yordania tidak dapat mengeluarkan visa elektronik untuk Umrah dari kedutaan Saudi untuk orang Palestina," kata Abu Mahfouz.

Sebelum 1978, selama tiga puluh tahun lamanya warga Palestina di Israel tidak dapat pergi Haji dan Umrah. Akhirnya almarhum raja Yordania, Hussein bin Talal, berkoordinasi dengan Liga Arab untuk mengeluarkan kebijakan kartu perjalanan bagi warga Palestina-Israel untuk menunaikan haji.

Setelah tahun 2000, Departemen Urusan Sipil dan Paspor Yordania di Amman mulai mengeluarkan paspor sementara, bukan kartu perjalanan yang berlaku selama satu tahun dengan biaya 50 Dinar Yordania atau sekitar Rp 1 juta.

Arab Saudi dan mayoritas negara Arab tidak mengakui paspor Israel. Pemilik paspor sementara Yordania adalah alat untuk memfasilitasi ibadah Haji dan Umrah ke Mekah bagi warga Palestina-Israel pemegang paspor Israel.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Arab Saudi Larang Hampir 3 Juta Warga Palestina Berhaji dan Umrah
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- INTERNASIONAL -
3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Tiga Warga Malaysia Ditangkap Polisi Karena Hina Mantan Raja di Medsos!

(09-01-2019 20:16:18 - Dibaca 143 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Tsunami Selat Sunda, Israel Sampaikan Belasungkawa!

(25-12-2018 09:14:34 - Dibaca 124 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Paus Fransiskus Sampaikan Belasungkawa Atas Jatuhnya Pesawat Lion Air!

(30-10-2018 10:30:45 - Dibaca 144 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Kanada Legalkan Ganja, Ratusan Warga Antre Beli!

(18-10-2018 11:27:36 - Dibaca 542 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Pidato 'Game of Thrones' Jokowi Tuai Pujian dari Tokoh-tokoh Internasional!

(13-10-2018 06:24:38 - Dibaca 1.109 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Jepang Jadi Negara Dengan Paspor Terkuat di Dunia!

(11-10-2018 20:08:26 - Dibaca 325 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Presiden Korsel Hingga Putin Ucapkan Belasungkawa Atas Gempa Palu!

(30-09-2018 17:32:29 - Dibaca 328 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Orangtua Kebanyakan Main Ponsel, Anak-anak di Jerman ini Demo!

(14-09-2018 21:08:40 - Dibaca 191 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Wow! Paduan Suara Indonesia Sabet Juara Kompetisi di Italia

(17-07-2018 06:32:36 - Dibaca 278 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Lima Negara Ini Didaulat Sebagai Negara Terkuat di Dunia, Siapa saja?

(12-07-2018 10:34:50 - Dibaca 288 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Kalahkan Raja Arab Saudi, Inilah Jumlah Kekayaan Sultan Brunei!

(10-07-2018 07:12:24 - Dibaca 310 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!

(18-06-2018 18:52:57 - Dibaca 354 Kali)

 
- BERITA LAIN -
3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 33 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 214 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?

(18-01-2019 09:45:09 - Dibaca 124 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!

(18-01-2019 09:38:20 - Dibaca 390 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!

(18-01-2019 08:54:08 - Dibaca 2.234 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

(18-01-2019 08:50:04 - Dibaca 426 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Ini Gaji Fantastis Pejabat Korup RI yang Prabowo Sebut Gajinya Rendah!

(18-01-2019 08:38:14 - Dibaca 1.330 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Pernyataan Tajam Prabowo ini Langsung Dijawab Tegas Jokowi!

(18-01-2019 08:19:20 - Dibaca 260 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
BPN Tak Percayai Hasil Survei Charta Politika yang Unggulkan Jokowi, Mengapa?

(17-01-2019 09:32:24 - Dibaca 314 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Jokowi Unggul Hampir 20% di Survei, Ini Respon Positif PDIP!

(17-01-2019 09:27:00 - Dibaca 354 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Jokowi Unggul Jauh di Survei Tebaru Charta Politika!

(17-01-2019 09:23:29 - Dibaca 1.186 Kali)

3 Juta Warga Palestina Dilarang Arab Saudi Berhaji dan Umrah, Mengapa?
Soal Kebijakan Pangan, Gerindra Sebut Jokowi Abai Undang-Undang?

(17-01-2019 05:37:23 - Dibaca 59 Kali)

Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

TERPOPULER