Sekda Sebut Formula E di Monas Biar Beken Dunia-Akhirat, Ini Kritik DPRD!
Soal RUU Ketahanan Keluarga, PKS Minta Jangan Ada yang Sinis?
Eks Presiden ISIS Indonesia Sebut Siap Tampung WNI Eks ISIS yang Pulang, Apa maksudnya?



loading...

Sarangberita.com > Internasional
 
Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
 
30-10-2019 12:58:54 - Dibaca 154 Kali
 
 
Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Sumber Foto : idntimes.com
 
loading...
 
Peneliti dari yayasan pemerhati lingkungan Nexsus3, Yuyun Hikamawati, menilai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama ini tak memiliki standar taman ramah anak.

Hal ini diungkapkan Yuyun menyusul ditemukannya penggunaan cat yang mengandung timbal di 32 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Cat bertimbal bisa memicu keracunan dan menghambat tumbuh kembang anak.

"Standar ramah anak dan lingkungannya gak ada," kata Yuyun saat dihubungi, Selasa (29/10).


1. Pemerintah tak perhatikan bahan kimia dalam mainan anak

Menurut Yuyun, pemerintah saat ini belum memperhatikan bahan kimia yang terkandung dalam fasilitas bermain anak, dan hanya mendefinisikan taman ramah anak sebagai taman yang bisa digunakan untuk anak.

"Mungkin terbatas pada kriteria taman ramah anak, tapi mungkin kriterianya terbatas pada 'oh ini bisa dipakai untuk anak mainannya'," pungkas dia.

2. Penggunaan cat bertimbal bukan salah Pemprov DKI Jakarta

Yuyun menjelaskan, penggunaan cat bertimbal ini bukan kesalahan Pemprov DKI, karena informasi yang dimiliki pemerintah dari pihak berwenang terkait bahan kimia dalam cat cukup terbatas.

Sementara itu, sosialisasi bahaya penggunaan cat bertimbal juga tak dilakukan, sehingga hal ini juga berimbas pada ketidaktahuan masyarakat.

"Sebenarnya KLHK dan Kemenperin tuh sudah tahu dari 2012, tapi karena lobi industri cat dan coating di Indonesia kuat, mereka gak mau diregulasi, tetap mau berbisnis seperti biasa. Jadi kalau dikasih aturan, baru mereka takut bangkrut," papar Yuyun.

loading...

3. Anies segera tindaklanjuti soal cat bertimbal

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, akan menindaklanjuti temuan cat berbahan timbal di sejumlah fasilitas di taman yang ada di Ibu Kota.

Anies akan mengedarkan surat larangan penggunaan cat berbahan timbal tersebut. "Harusnya sudah ditindaklanjuti," ucap Anies, Senin (28/10).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di idntimes.com dengan judul: Pemprov DKI Jakarta Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak
 
Sumber : idntimes.com
 
 
 
 
- INTERNASIONAL -
Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Terkait Corona, KBRI Korsel Imbau Turis RI Tak kunjungi Daegu!

(21-02-2020 19:47:09 - Dibaca 76 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
China Hancurkan Uang Tunai Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona!

(18-02-2020 20:04:04 - Dibaca 196 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Hebat! Bocah 5 Tahun di AS Ini Berhasil Selamatkan Keluarganya dari Kebakaran

(15-02-2020 16:40:20 - Dibaca 147 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Kapal Pesiar Jepang Berpenumpang 174 Orang Positif Virus Corona!

(12-02-2020 15:08:15 - Dibaca 438 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Dipisah dari Tahanan Lain, Reynhard Sinaga Dikurung di Sel Maximum Security!

(04-02-2020 20:15:36 - Dibaca 563 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Pejabat Kesehatan China Dipecat Gegara Tak Bisa Jawab Pertanyaan Terkait Corona!

(31-01-2020 12:55:20 - Dibaca 217 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Pantai California Dipenuhi Ribuan 'Ikan Penis' yang Terdampar!

(15-12-2019 09:24:26 - Dibaca 2.401 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Inilah Salah Satu Daratan di Bumi yang Tidak Dihuni Oleh Ular!

(06-12-2019 07:35:40 - Dibaca 729 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Pengamat Politik Asing Ini Soroti Pengangkatan Ahok Jadi Komut Pertamina!

(24-11-2019 11:31:58 - Dibaca 663 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Jokowi Bahas Perdamaian Palestina Saat Bertemu Sekjen PBB!

(03-11-2019 09:39:28 - Dibaca 322 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Jokowi Bakal Bawa Isu Pembangunan Infrastruktur Indo-Pasific di KTT ASEAN Bangkok!

(02-11-2019 07:48:46 - Dibaca 240 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Ma'ruf Amin Tiba di Jepang Hadiri Penobatan Kaisar Naruhito Didampingi Retno!

(21-10-2019 20:02:40 - Dibaca 980 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Sekda Sebut Formula E di Monas Biar Beken Dunia-Akhirat, Ini Kritik DPRD!

(22-02-2020 12:35:39 - Dibaca 135 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Soal RUU Ketahanan Keluarga, PKS Minta Jangan Ada yang Sinis?

(22-02-2020 12:20:30 - Dibaca 156 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Eks Presiden ISIS Indonesia Sebut Siap Tampung WNI Eks ISIS yang Pulang, Apa maksudnya?

(22-02-2020 11:46:46 - Dibaca 337 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Melly Goeslaw dan Vidi Aldiano Gelar Tribute Ashraf Sinclair!

(22-02-2020 11:17:05 - Dibaca 99 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Ini Respons Polisi Soal Orator di Aksi 212 Teriak 'Jatuhkan Jokowi'!

(22-02-2020 11:12:08 - Dibaca 916 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Terkait Aksi 212, Ini Dia Rentetan Suara-suara Kontroversial Orator!

(22-02-2020 10:58:09 - Dibaca 430 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Dua Tersangka Begal Bekasi Berhasil Diciduk Polisi!

(22-02-2020 09:23:39 - Dibaca 112 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
RUU Ketahanan Keluarga Ditolak Pemerintah, Ini Respons Pengusul!

(22-02-2020 09:17:18 - Dibaca 240 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Terkait Corona, KBRI Korsel Imbau Turis RI Tak kunjungi Daegu!

(21-02-2020 19:47:09 - Dibaca 76 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Ahok Dituduh Korupsi oleh Orator Aksi 212, Ini Respons Tegas BUMN!

(21-02-2020 19:42:49 - Dibaca 1.892 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Jalan Medan Merdeka Barat Dibuka Kembali Usai Aksi 212 Bubar!

(21-02-2020 19:38:15 - Dibaca 131 Kali)

Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?
Bantu Paramedis Lawan Corona, Bintang Ip Man Ini Sumbang Rp1,7 Miliar!

(21-02-2020 19:32:21 - Dibaca 78 Kali)

Melly Goeslaw dan Vidi Aldiano Gelar Tribute Ashraf Sinclair!
Ini Respons Polisi Soal Orator di Aksi 212 Teriak 'Jatuhkan Jokowi'!
Terkait Aksi 212, Ini Dia Rentetan Suara-suara Kontroversial Orator!

TERPOPULER

1. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

2. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

3. Jokowi Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS!

4. Petani Bawang yang Nangis ke Sandi Ternyata Anggota KPU Periode Lalu?

5. Ini Jawaban Fadli Zon atas Pertanyan Mentri Susi Tentang Keberhasilannya!

6. Akhirnya Anies Lanjutkan Program Ahok Untuk Normalisasi Sungai bukan Naturalisasi...

7. Akhirnya Taufik Minta Sandiaga Lanjutkan Program Normalisasi Ahok!

8. Polisi Berhasil Ciduk Netizen Penghina Risma di Bogor!