Soal RUU HIP, PKS Sebut Pemerintah Bersikap Plin Plan dan Tidak Jelas?
Dukcapil Bela Lurah Grogol Selatan Soal KTP Kilat Djoko Tjandra?
50 Juta Warga Afrika Terancam Masuk Jurang Kemiskinan Ekstrem Gegara Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Internasional
 
Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
 
20-05-2020 17:39:50 - Dibaca 190 Kali
 
 
Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Bangunan Masjid Sancaklar yang berada di Buyukcekmece, Istanbul, Turki, seakan terpendam di dalam tanah. Hanya bebatuan bertingkat yang terlihat dari luar.

Masjid Sancaklar menjadi salah satu masjid kebanggaan Turki, selain deretan masjid lain yang sudah lebih dulu populer di dunia, seperti Masjid Biru atau Masjid Sultanahmet, Masjid Kocatepe, dan Masjid Abdülhamid Han.

Arsitekturnya yang unik membuat Masjid Sancaklar ramai pengunjung, baik yang datang untuk beribadah maupun untuk mengagumi rancangannya.
 
 


"Yang paling saya sukai dari masjid ini adalah kesederhanaannya, itu fitur utamanya," kata Ali Elmaci, imam masjid, seperti yang dikutip dari AP pada Rabu (20/5).

"Banyak orang yang baru pertama kali datang tidak menyadari kalau ada masjid di sini. Suatu hari ada seorang pria yang duduk-duduk di tangga. Ia sangat kaget begitu diberitahu ada masjid di sebelahnya," lanjutnya.

Di tengah pandemi virus corona, Masjid Sancaklar tetap ramai oleh jemaah - yang sebagian besar datang mengenakan masker dan menjaga jarak.

Turki telah memberlakukan jam malam pada akhir pekan dan liburan nasional, alih-alih penutupan penuh, yang dikhawatirkan berdampak pada runtuhnya perekonomian negara.

loading...

Masjid Sancaklar membuka pintunya pada Januari 2014. Arsiteknya, Emre Arolat, memenangkan Penghargaan RIBA (Institut Kerajaan Arsitek Inggris) dalam kategori bergengsi International Excellence pada tahun 2018.

Arolat menggambarkan ciptaannya sebagai ruang 'murni' yang memungkinkan jemaah memusatkan perhatian pada hubungan mereka dengan Sang Maha Pencipta.

"Masjid Sancaklar amat berbeda dengan masjid yang dibangun di era Ottoman. Masjid ini sengaja dibangun sederhana, seperti filosofinya. Tidak ada dekorasi yang berlebihan. Strukturnya juga mengikuti alam di sekitarnya yang berbukit," kata Arolat.

Ini adalah proyek masjid pertama Arolat. Dia mengatakan butuh tiga tahun untuk menyelesaikan konsep hingga konstruksi.

Masjid ini dibangun dengan dua bahan utama: beton dan batu. Satu-satunya hiasan di dalamnya hanyalah karpet buatan tangan perajin di Turki.

Ugur Tanyeli, seorang sejarawan arsitektur, mengatakan Sancaklar "mengundang kita untuk memikirkan kembali konsep masjid, atau gagasan masjid".

"Strukturnya bahkan tidak memiliki eksterior. Tidak juga memiliki menara dan balkon," katanya.

Masjid Sancaklar telah dirancang sedemikian rupa sehingga untuk pertama kalinya meski masih terpisah, wanita bisa salat setingkat dengan pria.

"Di sini, pria dan wanita bisa beribadah secara berdampingan walau tetap terpisah. Saya bisa mengatakan konsep ini mewakili sudut pandang baru; sebuah eksperimen menuju kesetaraan gender di dunia Islam yang tidak ada di tempat lain," kata Tanyeli.

Muslim di seluruh dunia sedang bersiap untuk merayakan Idul Fitri menandai akhir bulan suci Ramadhan.

Langkah-langkah ketat untuk membendung virus corona membuat banyak orang tidak akan dapat merayakan Lebaran dengan ibadah di masjid atau berkumpul dengan keluarganya.

Pada hari Senin (18/5) Presiden Recep Tayyip Erdogan mengumumkan jam malam empat hari selama liburan Idul Fitri di seluruh 81 provinsi Turki.

Turki biasanya merayakan Idul Fitri selama tiga hari. Idul Fitri tahun ini jatuh 24-26 Mei. Penguncian akan dimulai 23 Mei.

Erdogan mengumumkan bahwa masjid akan dibuka kembali untuk salat dua hari mulai tanggal 29 Mei, yang akan dilakukan dalam aturan jarak sosial.

Kementerian Kesehatan Turki mengumumkan 31 kasus kematian baru akibat virus corona hingga Senin, terendah sejak akhir Maret.

Turki memiliki 151.615 kasus virus corona, dengan total 4.199 kematian hingga Rabu (20/5).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Dibangun Tak Mewah, Masjid di Turki Ajarkan Kesederhanaan
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- INTERNASIONAL -
Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
50 Juta Warga Afrika Terancam Masuk Jurang Kemiskinan Ekstrem Gegara Corona?

(08-07-2020 11:23:52 - Dibaca 114 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Pemilu AS 2020, Kanye West Sebut Ingin Calonkan Diri Jadi Presiden?

(05-07-2020 11:19:45 - Dibaca 165 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Kawasan Timur Tengah Disebut Berada di Ambang Kritis?

(02-07-2020 13:23:52 - Dibaca 400 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Gegara Corona, Perusahaan Sirkus Bangkrut dan PHK 3.500 Karyawan!

(02-07-2020 12:42:00 - Dibaca 151 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Diduga Depresi, Artis Tiktok Cantik Ini Meninggal Bunuh Diri?

(28-06-2020 12:44:39 - Dibaca 880 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Miliarder Perempuan Misterius ini Punya Hobi Koleksi Mobil Mewah dan Masih Jomblo?

(28-06-2020 12:15:47 - Dibaca 211 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Mengerikan! Lebih dari 30% Pilot di Negara Ini Miliki Lisensi Palsu

(28-06-2020 10:25:02 - Dibaca 249 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Jack Ma Terdepak dari Posisi Orang Terkaya Nomor Dua di China?

(25-06-2020 09:02:30 - Dibaca 251 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Arab Saudi Hampir Diserang 3 Rudal Balistik

(23-06-2020 09:36:16 - Dibaca 365 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Tertinggi Kedua di Dunia, Brasil Catat 1 Juta Kasus Corona!

(20-06-2020 10:51:48 - Dibaca 317 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Obat Dexamethasone Disebut Bisa Kurangi Risiko Kematian Pasien Corona?

(17-06-2020 09:45:13 - Dibaca 272 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Soal Warga Kulit Hitam AS Rayshard Brooks yang Tewas, Ini Kronologisnya!

(14-06-2020 23:53:18 - Dibaca 264 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Soal RUU HIP, PKS Sebut Pemerintah Bersikap Plin Plan dan Tidak Jelas?

(08-07-2020 13:50:49 - Dibaca 44 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Dukcapil Bela Lurah Grogol Selatan Soal KTP Kilat Djoko Tjandra?

(08-07-2020 11:28:43 - Dibaca 64 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
50 Juta Warga Afrika Terancam Masuk Jurang Kemiskinan Ekstrem Gegara Corona?

(08-07-2020 11:23:52 - Dibaca 114 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Gegara Gowes Tak Berjilbab, Rombongan Pesepeda di Aceh Minta Maaf!

(07-07-2020 10:03:12 - Dibaca 110 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Pemkab Bogor Gelar Rapid Test ke Warga yang Nonton Rhoma Irama Manggung

(07-07-2020 09:59:25 - Dibaca 87 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Ini Penampakan Hotel Berlapis Emas di Vietnam!

(07-07-2020 09:41:52 - Dibaca 129 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Fantastic Four Badminton Resmi Berakhir Usai Lin Dan Nyatakan Pensiun!

(06-07-2020 13:35:05 - Dibaca 79 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Soal KTP Djoko Tjandra, Kuasa Hukum Akui Dibuat di Kelurahan Grogol?

(06-07-2020 13:29:46 - Dibaca 84 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Djoko Tjandra Bikin e-KTP Kurang dari Sejam?

(06-07-2020 13:25:00 - Dibaca 80 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Ledakan di Menteng, Labfor Polri Teliti Kandungan Bahan Peledak!

(06-07-2020 13:05:00 - Dibaca 126 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Maskapai Sriwijaya Tak Bisa Hindari Pangkas Pekerja!

(06-07-2020 12:19:42 - Dibaca 106 Kali)

Ajarkan Kesederhanaan, Masjid di Turki Dibangun Tak Mewah!
Kecewa Soal PPDB DKI, Balai Kota Anies Dibanjiri Karangan Bunga!

(06-07-2020 12:14:24 - Dibaca 1.357 Kali)

Gegara Gowes Tak Berjilbab, Rombongan Pesepeda di Aceh Minta Maaf!
Pemkab Bogor Gelar Rapid Test ke Warga yang Nonton Rhoma Irama Manggung
Ini Penampakan Hotel Berlapis Emas di Vietnam!

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?

10. Gerindra Klaim Kinerja DKI Tetap Baik Walau Anies-Sandi Sibuk Pilpres, Benarkah?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.