Polisi Ciduk Remaja di Sulsel Usai Cabuli Anak di Bawah Umur di Kuburan?
Keji! Saksi Mata Ungkap Detik-detik Kekejaman Teroris MIT Poso Penggal Warga
Tak Terima Ditegur Majikan, Seorang ART Tega Aniaya Majikan?

 
loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
 
09-04-2018 12:51:47 - Dibaca 5.116 Kali
 
 
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
tempo.co
 
loading...
 
Calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said dan Ida Fauziah meluncurkan saweranjateng.id untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi membantu biaya kampanye yang dianggap mahal.

"Saya bukan orang yang punya uang, selama ini biaya kampanye saya dari saweran. Ini juga untuk menghindari korupsi" kata Sudirman saat kegiatan deklarasi politik saweran di Hotel Patrajasa, Ahad 8 April 2018.

Sudirman mengaku senang ada relawan yang berinisiatif dengan kegiatan Gasebu (gerakan Rp 10.000). "Kami mengetuk kerelaan warga, tidak ada paksaan. Kami bereksperimen semoga ada respons yang baik," ujarnya.
 
 


Ia menjelaskan, nantinya hasil saweran itu akan dipakai untuk membiayai kampanye dalam pemenangannya. Selain itu, juga akan digunakan untuk mendanai perjalanan dan sosialisasi bersama relawan, pengadaan alat peraga kampanye (APK) dan biaya operasional kampanye yang dilakukan relawan. Dia menegaskan, hasil saweran itu tidak akan digunakan untuk orientasi pribadi, tetapi untuk kepentingan masyarakat dan relawannya.

Sudirman membantah bahwa dirinya maju pemilihan gubernur Jawa Tengah tanpa dibiayai partai pengusungnya. Dia juga menampik soal uang yang dimilikinya sudah habis untuk pencalonannya ini. Ia menegaskan dirinya bukan pengusaha kaya yang bisa mengeluarkan uang sewaktu-waktu.

"Habis ya dicari lagi (dana kampanye). Kalau ini berhasil maka akan menjadi contoh bagi daerah lain," katanya. Menurut dia, politik tidak dilihat sebagai cara untuk mengincar jabatan tetapi pengabdian. "Kalau politik memperoleh jabatan dengan berbagai cara, apalagi korupsi, maka akan membatalkan niatnya."

Komandan Relawan Sudirman-Ida, Arie Sadewo mengatakan peluncuran saweranjateng.id baru dilakukan karena menunggu momentum yang tepat. Kata dia, Sudirman bukan orang kaya yang bisa membiayai kampanye politiknya sendiri.

"Rakyat membiayai kampanye untuk kampanye pemimpinnya, bukan pemimpin yang kampanye membiayai rakyatnya," ujarnya.

Dia pun menjelaskan Gasebu adalah istilah. Semua orang bisa menyumbang semampunya sesuai dengan aturan dari Komisi Pemilihan Umum. "Kami sudah konsultasikan yang terbaik gimana batas maksimal boleh nyumbang sesuai aturan," kata Arie.

Apabila strategi mendapatkan sumbangan itu mendapat respons masyarakat, Arie mengatakan, hal itu akan menjadi salah satu sarana pendidikan politik yang baik. Artinya, Sudirman Said melakukan kontrak sosial dengan masyarakat luas, ketimbang melaksanakan kontrak implisit dengan orang tertentu.

"Jangan sampai ada transaksi diam-diam, malah bahaya itu, nanti ada kepentingan tertentu," tutur Arie. Sebagai transparansi, dia melanjutkan, akan diaudit akuntan publik dan jika memungkinkan hasilnya akan dipublikasikan berapa dana yang masuk. "Berikutnya, sawerannya bisa untuk membiayai kepemimpinan daerah, semua sektor. Ini untuk kebaikan kok," ujar Arie.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Sudirman Said-Ida Fauziah Luncurkan Saweran Jateng untuk Kampanye
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- POLITIK -
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
PD Sindir Moeldoko Tak Minta Maaf ke SBY di Lebaran 2021???

(16-05-2021 16:53:24 - Dibaca 240 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Malam-malam Anies dan Zulkifli Hasan Bertemu, Mau Bahas Apa?

(14-05-2021 08:54:42 - Dibaca 331 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Ngabalin Jawab Kritik Anwar Abbas Soal 'Otak Sungsang'!

(14-05-2021 07:35:35 - Dibaca 901 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Novel Nilai Penonaktifan 75 Pegawai KPK Tak Wajar???

(12-05-2021 08:55:04 - Dibaca 521 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Direktur Pusako Menduga ada Dendam Pribadi Firli di Balik Penonaktifan Novel Baswedan Dkk?

(12-05-2021 07:47:12 - Dibaca 608 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Wakil Ketua Komisi III Minta KPK Prioritaskan Novel Baswedan dkk Jadi PPPK???

(12-05-2021 07:34:19 - Dibaca 1.130 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Mardani PKS Sebut Pemerintah Masih Amburadul Tangani COVID-19???

(11-05-2021 19:26:28 - Dibaca 571 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Mardani PKS Mau Bawa Polemik TWK 75 Pegawai KPK ke Komisi II DPR? Buat apa?

(10-05-2021 18:37:48 - Dibaca 282 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Soal 75 Pegawai Tak Lolos Tes, ICW Prediksi Perkara Kakap Mandek?

(10-05-2021 11:12:58 - Dibaca 250 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
PKS Ingin Presidential Threshold Dipangkas Jadi 10 Persen, Buat apa?

(08-05-2021 21:41:59 - Dibaca 447 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Dede Yusuf Kritik Pemerintah Soal SKB 3 Menteri Seragam Sekolah?

(08-05-2021 08:21:25 - Dibaca 817 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Adu Mulut Edy dan Bobby, Soal Kesawan Sampai Isolasi?

(07-05-2021 08:04:56 - Dibaca 402 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Polisi Ciduk Remaja di Sulsel Usai Cabuli Anak di Bawah Umur di Kuburan?

(18-05-2021 21:50:05 - Dibaca 74 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Keji! Saksi Mata Ungkap Detik-detik Kekejaman Teroris MIT Poso Penggal Warga

(18-05-2021 16:23:44 - Dibaca 254 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Tak Terima Ditegur Majikan, Seorang ART Tega Aniaya Majikan?

(18-05-2021 15:15:40 - Dibaca 91 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Diserang OTK di Yahukimo Papua, Satu Anggota TNI Gugur!

(18-05-2021 14:51:39 - Dibaca 426 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Air Hidup: Penjagaan Malaikat Tuhan

(18-05-2021 10:13:29 - Dibaca 129 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Waduh! Pengelola Centro Dinyatakan Pailit?

(18-05-2021 09:54:51 - Dibaca 111 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Soal Guru Ngaji Perkosa Murid di Masjid Bekasi, PBNU Minta Dihukum Berat!

(18-05-2021 09:43:01 - Dibaca 653 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Jaksa Tuntut Rizieq 2 Tahun Penjara Kasus Kerumunan Petamburan?

(17-05-2021 21:00:10 - Dibaca 508 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Eric Clapton Ungkap Reaksi Parah Vaksin AstraZeneca Pada Dirinya!

(17-05-2021 20:49:21 - Dibaca 173 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Polisi Amankan Pengemudi Mobil yang Pakai Plat Nomor Dinas Polri Palsu

(17-05-2021 16:28:39 - Dibaca 193 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Kronologi Tahanan BNN Sumut Kabur: Siram Air Cabai dan Keroyok Petugas?

(17-05-2021 14:45:26 - Dibaca 108 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Lima Tahanan BNN Sumut Kabur Bersenjatakan Air Cabai?

(17-05-2021 14:38:17 - Dibaca 132 Kali)

Diserang OTK di Yahukimo Papua, Satu Anggota TNI Gugur!
Air Hidup: Penjagaan Malaikat Tuhan
Waduh! Pengelola Centro Dinyatakan Pailit?

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN BOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE
POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.