Messi dan Ronaldo Kompak Mandul Gol?
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

loading...
 

Sarangberita.com > Internasional
 
Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
 
17-09-2021 14:53:29 - Dibaca 478 Kali
 
 
Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Astronaut Nie Haisheng, Liu Boming, dan Tang Hongbo (kanan ke kiri) melambaikan tangan saat akan tinggal landas menuju stasiun luar angkasa (dok. GREG BAKER / AFP)
 
 
Tiga astronaut China kembali ke Bumi setelah menuntaskan misi berawak terlama bagi negara tersebut. Hal ini menandai pencapaian terbaru China dalam ambisi menjadi kekuatan luar angkasa utama.

Seperti dilansir AFP, Jumat (17/9/2021), kapsul yang membawa ketiga astronaut China itu berhasil mengembangkan parasut dan mendarat di gurun Gobi pada Jumat (17/9) siang, sekitar pukul 13.35 waktu setempat.

Televisi nasional China, CCTV, melaporkan bahwa para astronaut yang kembali ke Bumi dengan pesawat luar angkasa Shenzhou-12 itu dalam kondisi 'kesehatan baik' setelah menuntaskan misi selama 90 hari.

Siaran langsung momen pendaratan itu menunjukkan petugas medis dan staf pendukung dengan helikopter bergegas mendatangi lokasi pendaratan di gurun Gobi. Salah satu staf memasang bendera nasional China di dekat kapsul yang membawa para astronaut tersebut.

Dituturkan kepala perancang proyek luar angkasa berawak China, Huang Weifen, kepada CCTV bahwa para taikonaut -- sebut astronaut China -- itu akan menjalani karantina selama 14 hari sebelum kembali ke rumah masing-masing.

"Karena sistem imunitas mereka mungkin melemah setelah misi panjang," sebut Huang.


Tiga astronaut yang kembali ke Bumi ini dipimpin oleh Nie Haisheng, seorang pilot Angkatan Udara berprestasi yang telah mengikuti dua misi luar angkasa, yang didampingi oleh Liu Boming dan Tang Hongbo, yang sama-sama berasal dari militer China.

Misi 90 hari ini menjadi bagian dari program luar angkasa yang dipromosikan besar-besaran oleh China, yang diketahui telah mengirimkan kendaraan luar angkasa ke Mars dan mengirimkan kendaraan luar angkasa lainnya ke Bulan.

Peluncuran misi luar angkasa berawak pertama dalam lima tahun ini bertepatan dengan perayaan 100 tahun Partai Komunis China pada 1 Juli lalu, dan menjadi puncak dari promosi besar-besaran China.






Para astronaut China itu tinggal selama 90 hari di stasiun luar angkasa Tiangong, melakukan spacewalk dan eksperimen ilmiah.

"Penyelesaian misi ini dengan sukses... membuka jalan bagi misi rutin di masa depan dan pemanfaatan stasiun (luar angkasa China)," sebut analis independen pada GoTaikonauts, Chen Lan. GoTaikonauts fokus pada program luar angkasa China.

"Ini adalah awal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk CSS (Stasiun Luar Angkasa China)," imbuhnya.

Stasiun Luar Angkasa China yang bernama Tiangong diharapkan beroperasi selama setidaknya 10 tahun. Badan Antariksa China merencanakan total 11 peluncuran ke luar angkasa sebelum akhir tahun ini, termasuk tiga misi berawak lainnya yang akan mengantarkan dua modul laboratorium untuk memperluas Tiangong.

Otoritas China mengucurkan miliaran dolar Amerika untuk program luar angkasa yang dipimpin militer beberapa tahun terakhir, dalam upaya mengejar ketertinggalan dari Amerika Serikat (AS) dan Rusia.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: 90 Hari di Luar Angkasa, 3 Astronaut China Kembali ke Bumi
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- INTERNASIONAL -
Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Netizen Geram Gegara Bos Miss Supranational Diduga Hina Indonesia?

(07-09-2021 13:46:53 - Dibaca 542 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Operasi Gerilya Milisi Myanmar Klaim Bunuh 580 Anggota Junta

(07-09-2021 10:45:43 - Dibaca 573 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
NATO Siap Serang Taliban Jika Afghanistan Jadi Sarang Teroris

(18-08-2021 09:25:35 - Dibaca 732 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Presiden AS Kirim Pasukan Jadi 5.000 Tentara Evakuasi dari Afghanistan!

(15-08-2021 07:58:11 - Dibaca 603 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Gempa Haiti: Korban Tewas Jadi 227, Bangunan Ambruk!

(15-08-2021 07:16:34 - Dibaca 595 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Taliban Tembak Mati Pejabat Pemerintah Afghanistan di Masjid

(07-08-2021 10:05:27 - Dibaca 460 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Raja Salman bakal Hukum Warganya yang Nekat Pergi ke Indonesia?

(30-07-2021 07:37:05 - Dibaca 760 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Pemerintah Saudi Ancam Cekal 3 Tahun Warganya yang ke Indonesia?

(28-07-2021 08:47:39 - Dibaca 527 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Hindari Krisis Covid-19, Warga Australia di RI Berebut Pulang?

(28-07-2021 06:00:19 - Dibaca 419 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Arab Saudi Evakuasi Warganya Positif COVID-19 dari Indonesia

(15-07-2021 20:42:00 - Dibaca 446 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Arab Saudi Izinkan Masuk Orang yang Divaksin Sinovac dengan Syarat!

(13-07-2021 13:20:53 - Dibaca 377 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Presiden Haiti Tewas Ditembak Kelompok Tak Dikenal di Rumah

(07-07-2021 18:15:05 - Dibaca 460 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Messi dan Ronaldo Kompak Mandul Gol?

(25-10-2021 06:24:28 - Dibaca 244 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!

(21-10-2021 11:30:14 - Dibaca 301 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

(21-10-2021 11:11:33 - Dibaca 442 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?

(19-10-2021 20:19:44 - Dibaca 628 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?

(19-10-2021 13:21:55 - Dibaca 1.534 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

(19-10-2021 13:04:52 - Dibaca 803 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!

(17-10-2021 09:35:53 - Dibaca 529 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Ini Jadwal Final Piala Thomas Indonesia Vs China Nanti Malam!

(17-10-2021 09:25:03 - Dibaca 848 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Ini Harga Ban Tanpa Udara yang Diperkirakan Bakal Dipasarkan 2024!

(14-10-2021 12:33:22 - Dibaca 970 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Ini Daftar Profesi Manusia yang Terancam Punah, Digantikan Robot?

(14-10-2021 11:47:00 - Dibaca 615 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?

(13-10-2021 06:57:07 - Dibaca 931 Kali)

Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!
Luar Biasa! Sri Mulyani Kembali Raih Penghargaan Internasional

(13-10-2021 05:48:42 - Dibaca 607 Kali)

JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.