SBY Sebut Ada Oknum BIN, Polri, TNI Tidak Netral di Pilkada, Benarkah?
Pilkada Jabar Jadi Sasaran Aksi Terduga Teroris di Depok!
Dua Terduga Teroris di Depok Ditembak Mati Polisi



Sarangberita.com > Jakarta
 
Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
 
08-06-2018 10:24:51 - Dibaca 165 Kali
 
 
Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Sumber Foto : kompas.com
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyalurkan KJP Plus bagi 124.969 penerima baru dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan siswa lama yang baru mengajukan permohonan KJP Plus untuk tahun ajaran 2018-2019.

Dengan KJP Plus, siswa kini dapat mengakses dana bantuan secara tunai dan nontunai. Sesuai Peraturan Gubernur Nomor 4 Tahun 2018, dana tunai ditujukan untuk ongkos perjalanan ke sekolah dan uang saku.

Sejak pertama diluncurkan sebagai janji kampanye Anies Baswedan-Sandiaga Uno, mekanisme tunai ini menuai kontra dari sebagian pihak.


Anggota Komisi D DPRD DKI Steven Setiabudi Musa mengingatkan bahwa sistem nontunai dijalankan karena kacaunya sistem tunai di awal program KJP. Ia khawatir kekacauan itu kembali terjadi dengan sistem penarikan tunai di KJP Plus.

"Waktu periode pertama KJP itu kan semrawut, banyak ngambil tunai, tidak terkontrol. Bahkan ada kuitansi karaoke, kuitansi bengkel, nah ketakutan kita hal itu akan terjadi lagi," kata Steven, Kamis (8/6/2018).

Steven mempertanyakan bagaimana mekanisme pengawasan di lapangan agar tidak ada penyalahgunaan.

Ia meragukan ratusan ribu penerima KJP bisa diawasi dengan baik. Dulu, Anies menjanjikan bakal ada mekanisme pengawasan yang bisa dijalankan.

Kini setelah KJP Plus diluncurkan, bagaimana mekanisme pengawasan terhadap transaksi tunai dilakukan? Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan Dinas Pendidikan DKI Nahdiana menyampaikan bahwa pihaknya sekadar mempercayakan kepada masyarakat agar menggunakan dana tunai KJP sesuai peruntukannya.

"Diperlukan pengawasan oleh semua pihak baik dari orangtua, sekolah maupun masyarakat. Di mana yang paling penting adalah kesadaran orangtua atau siswa untuk benar-benar menggunakan dana KJP Plus sesuai dengan peruntukannya," ujar dia.

Yang bisa dilakukan Dinas Pendidikan DKI, menyelidiki jika ada laporan. Dinas Pendidikan mengatakan akan memberikan sanksi sesuai peraturan gubernur jika terbukti adalah penyalahgunaan.

"Penerima KJP Plus dapat diberikan sanksi yaitu diberhentikan sebagai penerima," ujar Nahdiana.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Pengawasan Dana Tunai KJP Plus yang Dipertanyakan...
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Prabowo Sebut Dapat Data Terkait Index Harga LRT Dari Anies, Anies dapat data dari mana?

(23-06-2018 06:58:00 - Dibaca 334 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Usai Asian Games, Sandi Usulkan Wisma Atlet Dijadikan Rusun?

(20-06-2018 13:08:19 - Dibaca 465 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Mau Belajar Kemacetan, Sandiaga Akan Terbang ke Amerika?

(20-06-2018 06:48:10 - Dibaca 447 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Sandiaga Klaim DKI Sukses Jinakkan Harga Pangan Lebaran Tahun Ini, Benarkah?

(19-06-2018 19:43:59 - Dibaca 374 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Sandiaga Tuntut Kadis UMKM Berinovasi Tata PKL Kota Tua yang Semrawut

(18-06-2018 19:15:37 - Dibaca 1.326 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Video: Buaya 2,5 Meter Terlihat di Tanjung Priok!

(17-06-2018 10:39:36 - Dibaca 180 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Sandi Sebut Solusi Penampungan PKL Kota Tua Dengan Klaster, Apa maksudnya?

(16-06-2018 21:16:00 - Dibaca 120 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Kota Tua Masih Semrawut, Ini Kata Sandiaga!

(16-06-2018 20:56:09 - Dibaca 811 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Sandiaga Akan Gelar Nobar Piala Dunia, Buat apa?

(15-06-2018 21:02:25 - Dibaca 191 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

(15-06-2018 11:42:24 - Dibaca 6.263 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Rumah Dinas Disatroni Maling, Ini Kata Sandi!

(15-06-2018 07:44:41 - Dibaca 1.761 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Video Minta THR ke Pedagang Viral, Ini Klarifikasi Satpol PP DKI!

(10-06-2018 20:49:43 - Dibaca 283 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
SBY Sebut Ada Oknum BIN, Polri, TNI Tidak Netral di Pilkada, Benarkah?

(23-06-2018 18:07:39 - Dibaca 140 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Pilkada Jabar Jadi Sasaran Aksi Terduga Teroris di Depok!

(23-06-2018 16:39:13 - Dibaca 71 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Dua Terduga Teroris di Depok Ditembak Mati Polisi

(23-06-2018 16:31:55 - Dibaca 178 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Disebut Gerakan Galang Dana Prabowo Pencitraan, Ini Pembelaan Gerindra!

(23-06-2018 12:27:08 - Dibaca 112 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019

(23-06-2018 12:14:45 - Dibaca 162 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Mahasiswa Pelapor Habiburokhman Datangi Polda Metro Bawa Bukti Baru!

(23-06-2018 11:54:23 - Dibaca 233 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Siap Gulirkan Angket Iriawan, Gerindra Sebut Kami Perjuangkan Kebenaran?

(23-06-2018 11:08:34 - Dibaca 238 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
PAN Dorong Hak Angket Iriawan Agar Masyarakat Tercerahkan?

(23-06-2018 09:27:03 - Dibaca 133 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Gerindra Sebut Prabowo Tak Perlu Lapor KPK Soal 'Markup Proyek LRT', Mengapa?

(23-06-2018 09:20:27 - Dibaca 330 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Ini Jawaban Tegas Istana Soal Tudingan Markup Proyek LRT Oleh Prabowo!

(23-06-2018 08:56:15 - Dibaca 525 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Herman Hery Diduga Lakukan Pengeroyokan, Ini Kata Polisi!

(23-06-2018 08:51:22 - Dibaca 116 Kali)

Dinas Pendidikan DKI Sebut Cuma Modal Percaya Kepada Masyarakat Untuk Penggunaan Dana Tunai KJP Plus?
Anggota DPR Apresiasi Kinerja Polri dan Kemenhub Tangani Mudik Lebaran!

(23-06-2018 08:37:00 - Dibaca 100 Kali)

Disebut Gerakan Galang Dana Prabowo Pencitraan, Ini Pembelaan Gerindra!
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Mahasiswa Pelapor Habiburokhman Datangi Polda Metro Bawa Bukti Baru!

TERPOPULER

1. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

8. Lewat Tulisan Tangan, Ahok Ucapkan Selamat Idul Fitri

9. Saat Ditanya Kapan Bertemu Amien Rais, Ini Jawaban Jokowi!

10. Fahri Kritik Penggeledahan di UNRI, Ini Jawaban Tegas Polri!



JAKARTA       KESEHATAN       NASIONAL       LIFESTYLE       POLITIK       TRAVEL       INTERNASIONAL       OTOMOTIF       TEKNOLOGI       VIDEO       SEKOLAH       SPORT       INSPIRATION       PROPERTI       PERISTIWA      

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.