Sandiaga Prihatin dengan Nasib Ahmad Dhani, Mengapa?
Ini Reaksi Tegas Jokowi Soal Berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf!
Ini Pesan Bijak Gibran Soal Belajar Memaafkan Bukalapak!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
 
09-07-2018 07:18:11 - Dibaca 485 Kali
 
 
Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Sumber Foto : tempo.co
 
loading...
 
Sebanyak 41 dari 100 masjid kantor pemerintahan di Jakarta terindikasi paham radikal. Hasil ini didapat dari penelitian Lembaga Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M) dan Rumah Kebangsaan.

"Dari hasil survei, menunjukkan angka yang mengejutkan. Dari 100 masjid, 41 masjid terindikasi paham radikal," ujar Agus Muhammad, selaku koordinator penelitian, di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Ahad, 8 Juli 2018.

Agus menjelaskan, penelitian ini dilakukan pada sejumlah masjid di kementerian sebanyak 35 masjid, di BUMN 37 masjid, dan di lembaga negara sebanyak 28 masjid. Penelitian dilakukan pada 29 September-21 Oktober 2017, dengan merekam secara audio dan video khotbah Jumat selama periode tersebut.


Hasilnya, Agus melanjutkan, 41 masjid yang terindikasi radikal terdiri atas 21 masjid di BUMN, 12 masjid di kementerian, dan 8 masjid di lembaga negara.

Agus mengatakan, dalam penelitian ini, paham radikal yang dimaksud adalah paham yang menganggap satu kelompok paling benar dan kelompok lain salah, mudah mengkafirkan orang lain, berpaham intoleransi, cenderung memaksakan keyakinan pada orang lain, dan menganggap demokrasi produk kafir serta membolehkan segala cara atas nama negara.

Selain itu, Agus melanjutkan, dalam penelitian ini, terindikasi radikalisme tersebut dibagi dalam tiga kategori. Kategori rendah artinya secara umum cukup moderat tapi berpotensi radikal. Lalu kategori sedang, yaitu tingkat radikalisme cenderung tinggi. Sedangkan kategori tinggi artinya adanya provokasi untuk melakukan tindakan intoleran.

Agus menambahkan, dari 41 masjid yang terindikasi radikal, 17 masjid berada dalam kategori tinggi, 17 di kategori sedang, dan 7 masjid di kategori rendah.

Agus menilai hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masjid yang dikelola oleh pemerintahan masih rentan oleh terindikasi oleh paham radikalisme. "Ini berarti belum ada pengawasan dan pengelolaan yang serius oleh pemerintah untuk mengawasi seruan agama yang disampaikan di masjid-masjid pemerintahan," ujarnya.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Penelitian Sebut 41 Masjid Pemerintahan Terpapar Paham Radikal
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- JAKARTA -
Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Rencana Anies Kucurkan APBD Lewat Ormas Didukung Gerindra, Mengapa?

(16-02-2019 09:13:11 - Dibaca 357 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Sandiaga Klaim OK OCE Ciptakan 65.000 UMKM, PDIP: Fakta di Lapangan Tidak Ada!

(15-02-2019 10:48:47 - Dibaca 232 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Green Peace Sebut Tingkat Polusi di DKI Tinggi, Ini Kata Anies!

(15-02-2019 10:26:02 - Dibaca 64 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Ibu ini Protes Dishub DKI Soal Razia Parkir Liar yang Tak Adil!

(30-01-2019 13:48:35 - Dibaca 117 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Sejumlah Jalan di Jakarta Tergenang Air, Kok bisa?

(25-01-2019 09:56:04 - Dibaca 318 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Ada 370 Kasus DBD di DKI, Ini Kata Gubernur Anies!

(23-01-2019 19:51:21 - Dibaca 182 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Hari Ini Bawaslu Bogor Putuskan Laporan Pose Dua Jari Anies!

(11-01-2019 12:12:04 - Dibaca 165 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Forum Warga Sebut KJP Plus Era Anies Melenceng Dari Tujuan Awal, Kok bisa?

(11-01-2019 08:54:53 - Dibaca 503 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Anies Klaim Serapan Anggaran DKI 2018 Lebih Berkualitas, Benarkah?

(02-01-2019 07:53:57 - Dibaca 106 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Rumah DP Rp 0 Hingga OK OCE Ala Anies Tuai Kritik Ketua F-PDIP DPRD!

(27-12-2018 21:36:27 - Dibaca 381 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Anies Segel Reklame Tsamara PSI, Mengapa?

(27-12-2018 21:26:52 - Dibaca 632 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Ini Kata Bawaslu Soal Anies Salam 2 Jari Saat Jam Kerja!

(18-12-2018 09:47:45 - Dibaca 243 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Sandiaga Prihatin dengan Nasib Ahmad Dhani, Mengapa?

(16-02-2019 17:46:20 - Dibaca 36 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Ini Reaksi Tegas Jokowi Soal Berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf!

(16-02-2019 14:28:31 - Dibaca 719 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Ini Pesan Bijak Gibran Soal Belajar Memaafkan Bukalapak!

(16-02-2019 14:01:30 - Dibaca 192 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Temui Jokowi di Istana, Bos Bukalapak Sampaikan Maaf!

(16-02-2019 11:59:23 - Dibaca 499 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Telah Menghina NU, Said Aqil Tegaskan Ahmad Dhani Bukan Warga NU Lagi!

(16-02-2019 11:53:01 - Dibaca 333 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
PA 212 Sebut Berlebihan, Ini Respon Tegas Takmir Masjid Agung Semarang!

(16-02-2019 10:07:07 - Dibaca 464 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
TKN Jokowi Sebut Pidato Prabowo Klise, Ini Pembelaan BPN!

(16-02-2019 09:19:47 - Dibaca 29 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Rencana Anies Kucurkan APBD Lewat Ormas Didukung Gerindra, Mengapa?

(16-02-2019 09:13:11 - Dibaca 357 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Sandiaga Klaim OK OCE Ciptakan 65.000 UMKM, PDIP: Fakta di Lapangan Tidak Ada!

(15-02-2019 10:48:47 - Dibaca 232 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Green Peace Sebut Tingkat Polusi di DKI Tinggi, Ini Kata Anies!

(15-02-2019 10:26:02 - Dibaca 64 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
Ada Kalajengking Berkeliaran di Kabin Pesawat Lion Air! Kok bisa?

(15-02-2019 10:16:48 - Dibaca 135 Kali)

Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!
PA 212 Ragukan Kekuatan Politik Ahok, Ini Komentar Tegas PDIP!

(15-02-2019 08:54:25 - Dibaca 206 Kali)

Temui Jokowi di Istana, Bos Bukalapak Sampaikan Maaf!
Telah Menghina NU, Said Aqil Tegaskan Ahmad Dhani Bukan Warga NU Lagi!
PA 212 Sebut Berlebihan, Ini Respon Tegas Takmir Masjid Agung Semarang!

TERPOPULER

1. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

2. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

3. Akhirnya Anies Lanjutkan Program Ahok Untuk Normalisasi Sungai bukan Naturalisasi...

4. Ini Jawaban Fadli Zon atas Pertanyan Mentri Susi Tentang Keberhasilannya!

5. Akhirnya Taufik Minta Sandiaga Lanjutkan Program Normalisasi Ahok!

6. Petani Bawang yang Nangis ke Sandi Ternyata Anggota KPU Periode Lalu?