Soal Anggaran Komputer, PSI Dilaporkan Lagi ke BK DPRD DKI?
Kasus Harley, Komisi VI Dukung Erick Thohir Pecat Semua Direktur Garuda!
Soal Gibran Maju Pilwakot Solo, PD Nilai Reputasi Jokowi akan Kena Dampaknya?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
 
21-08-2018 07:51:49 - Dibaca 12.907 Kali
 
 
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menanggapi tudingan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan soal utang pemerintah. Menurut Sri Mulyani, pembayaran pokok utang tahun 2018 sebesar Rp 396 triliun dihitung berdasarkan posisi utang per akhir Desember 2017.

Dari jumlah tersebut, 44 persen adalah utang yang dibuat pada periode sebelum era Presiden Jokowi. "Ketua MPR saat ini adalah bagian dari kabinet saat itu," ujar Sri Mulyani, seperti dikutip dari status akun Facebook resminya, Senin, 20 Agustus 2018.

Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional seperti diketahui pernah menjabat Menteri kehutanan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia mengemban jabatan itu selama sekitar lima tahun dari 22 Oktober 2009 – 1 Oktober 2014.


Unggahan Sri mulyani di media sosial itu adalah jawaban atas kritik yang dilontarkan Zulkifli dalam pidato sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Kamis pekan lalu, 16 Agustus 2018. Waktu itu, ia menyampaikan bahwa besar pembayaran pokok utang Pemerintah yang jatuh tempo tahun 2018 sebesar Rp 400 triliun. Pada sore harinya, Sri Mulyani menanggapi bahwa pemerintah selama ini sangat hati-hati dalam mengelola utang.

Zulkifli menyebut angka itu tidak wajar. Pasalnya, menurut dia, angka tersebut tujuh kali lebih besar dari dana desa dan enam kali lebih besar dari anggaran kesehatan. Sementara, Sri Mulyani menilai pernyataan Zulkifli bermuatan politis dan menyesatkan.

Sri Mulyani lantas menjelaskan bahwa 31,5 persen pembayaran pokok utang adalah untuk instrumen Surat Perbendaharaan Negara atau Surat Perbendaharaan Negara Syariah yang bertenor di bawah satu tahun dan merupakan instrumen untuk mengelola arus kas. "Pembayaran utang saat ini adalah kewajiban yang harus dipenuhi dari utang masa lalu, mengapa baru sekarang diributkan," ujarnya.

Setelah Zulkifli melontarkan kritik dengan perbandingan, Sri Mulyani berusaha menjawab tudingan itu dengan perbandingan jumlah pembayaran pokok utang dengan anggaran kesehatan dan anggaran Dana Desa.

Sri Mulyani menjelaskan, jumlah pembayaran pokok utang Indonesia tahun 2009 adalah Rp 117,1 triliun, sedangkan anggaran kesehatan adalah Rp 25,6 triliun. Jadi perbandingan pembayaran pokok utang dan anggaran kesehatan adalah 4,57 kali lipat.

Pada tahun 2018, pembayaran pokok utang adalah Rp 396 triliun sedangkan anggaran kesehatan adalah Rp 107,4 triliun, atau perbandingannya turun 3,68 kali. Artinya, ujar bekas Direktur Bank Dunia itu, rasio yang baru tersebut sudah menurun dalam sembilan tahun sebesar 19,4 persen.

Bahkan, di tahun 2019, Sri Mulyani berujar anggaran kesehatan meningkat menjadi Rp 122 triliun atau sebesar 4,77 kali anggaran tahun 2009, dan rasionya mengalami penurunan jauh lebih besar lagi, yakni 26,7 persen. Pada periode tahun depan, anggaran kesehatan tidak hanya untuk dana yang dialokasikan ke Kementerian Kesehatan, tapi juga untuk program peningkatan kesehatan masyarakat lainnya, termasuk dana alokasi khusus Kesehatan dan Keluarga Berencana.

"Mengapa pada saat Ketua MPR ada di kabinet dulu tidak pernah menyampaikan kekhawatiran kewajaran perbandingan pembayaran pokok utang dengan anggaran kesehatan, padahal rasionya lebih tinggi dari sekarang?" ujar Sri Mulyani. "Jadi ukuran kewajaran yang disebut Ketua MPR sebenarnya apa?"

Hingga berita ini ditulis, status Sri Mulyani itu sudah ditanggapi oleh 1.500 komenter oleh netizen dan di-share sebanyak 7.700 kali. Sejak lima jam yang lalu diunggah hingga kini sudah ada 10 ribu orang yang membubuhkan tanda emoji terhadap status tersebut.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Sri Mulyani: Utang 396 T Dibuat Saat Zulkifli Hasan jadi Menteri
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- NASIONAL -
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Berantas Radikalisme di BUMN, Mahfud Md Beri Masukan ke Erick Thohir!

(05-12-2019 12:36:42 - Dibaca 258 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Gandeng Didi Kempot Sebar Nilai Pancasila, Jokowi Diapresiasi Komisi X DPR!

(04-12-2019 07:07:55 - Dibaca 221 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Terkait Ledakan Granat di Monas, Jokowi Perintahkan Usut Tuntas!

(03-12-2019 11:17:42 - Dibaca 1.156 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Soal Billy Mambrasar, Ini Respons Bijak Presiden Jokowi!

(02-12-2019 16:36:23 - Dibaca 353 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Soal SKT FPI, PBNU Minta Pemerintah Lihat Perbuatannya Jangan Terkecoh dengan Surat!

(30-11-2019 16:18:32 - Dibaca 706 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Hasil Survei Sebut Masyarakat Cenderung Tak Dukung Reuni 212!

(30-11-2019 06:49:02 - Dibaca 616 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?

(29-11-2019 19:04:36 - Dibaca 135 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Izin FPI Masih Terkendala dengan Visi NKRI Bersyariah!

(28-11-2019 15:37:45 - Dibaca 415 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Habiburokhman Minta Agnez Mo Tak Dihakimi Usai Tonton Video Utuh!

(27-11-2019 11:00:53 - Dibaca 241 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Agnez Mo Ngaku Tak Berdarah Indonesia, Ini Tanggapan Santai Jubir Jokowi!

(27-11-2019 10:47:37 - Dibaca 194 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!

(27-11-2019 10:12:49 - Dibaca 163 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Sindir Anies, Mendagri Tito Sebut Jakarta Kayak Kampung Dibanding Shanghai!

(26-11-2019 13:02:59 - Dibaca 1.188 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Soal Anggaran Komputer, PSI Dilaporkan Lagi ke BK DPRD DKI?

(08-12-2019 08:52:33 - Dibaca 250 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Kasus Harley, Komisi VI Dukung Erick Thohir Pecat Semua Direktur Garuda!

(08-12-2019 08:37:01 - Dibaca 251 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Soal Gibran Maju Pilwakot Solo, PD Nilai Reputasi Jokowi akan Kena Dampaknya?

(08-12-2019 07:14:23 - Dibaca 157 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Zulhas Minta Kader Tak Jualan Surga dan Neraka di Pemilu Karena Sudah Tak Laku?

(07-12-2019 21:56:47 - Dibaca 317 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Tak Suka Zulhas Dukung Jokowi Tanpa Syarat, Ini Sindiran Amien Rais!

(07-12-2019 17:33:51 - Dibaca 152 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Rebutan Jadi Tuan Rumah Kongres, Rakernas PAN Ricuh?

(07-12-2019 17:28:46 - Dibaca 187 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
PKL Hingga Bajaj Kuasai Trotoar, Tanah Abang Tambah Semrawut!

(07-12-2019 17:24:55 - Dibaca 712 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Anggaran Komputer Rp 128,9 M BPRD Jadi Polemik, Ini Kata Anies!

(07-12-2019 15:04:46 - Dibaca 449 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Irjen Listyo Sigit Ditunjuk Kapolri Jadi Kabareskrim!

(06-12-2019 12:44:42 - Dibaca 168 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Polri Tegaskan Tak Ada Kriminalisasi di Kasus Jafar Shodiq!

(06-12-2019 09:04:22 - Dibaca 210 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Inilah Salah Satu Daratan di Bumi yang Tidak Dihuni Oleh Ular!

(06-12-2019 07:35:40 - Dibaca 413 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Penyelundupan Harley-Davidson Dirut Garuda, Ini Kronologinya!

(05-12-2019 16:57:03 - Dibaca 439 Kali)

Zulhas Minta Kader Tak Jualan Surga dan Neraka di Pemilu Karena Sudah Tak Laku?
Tak Suka Zulhas Dukung Jokowi Tanpa Syarat, Ini Sindiran Amien Rais!
Rebutan Jadi Tuan Rumah Kongres, Rakernas PAN Ricuh?

TERPOPULER

1. Soal Remisi Ahok, Ini Tanggapan Menarik Warga Jabodetabek!

2. Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017

3. Soal Gaji Fantastis TGUPP, Anies Sebut Ada Rumusnya, Rumus dari mana?

4. Pendiri PAN Ini Sebut Fadli Zon Tak Ada Prestasi Kecuali Nyinyir!

5. Anies Sebut Bakal Geser Rumah Warga di Jati Padang, Geser sama Gusur apa bedanya?

6. Mengapa Anies Ngotot TGUPP Tak Mau Pakai Dana Operasional Gubernur?

7. Lihat Rumah di Kali Pulo Jatipadang, Anies Geleng-geleng, Warganya Tertawa!

8. Sandi Akan Bangun Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Sindiran Brilian Erick Thohir!

9. Akrabnya Sandi dan Lulung, Cukur Bareng hingga Tinjau PKL, Ada apa?

10. Peneliti Intelijen Sebut Peserta Alumni 212 Mayoritas Pendukung Prabowo!




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.