Ini Kata PAN Soal Zulkifli Disoraki Mahasiswa Saat Promo Prabowo-Sandi!
AHY Tuding Ada Kejanggalan Saat Deklarasi Kampanye Damai KPU, Ini Jawaban Tegas KPU!
Buni Yani Sebut Prabowo Harus Menang Agar Dirinya Tak Dipenjara? Apa maksudnya?



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
 
12-09-2018 12:35:11 - Dibaca 425 Kali
 
 
Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewujudkan keinginan Presiden Jokowi menjadikan Sungai Ciliwung mirip sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Anies akan segera membereskan masalah lingkungan di Sungai Ciliwung.

"(Sungai Ciliwung) Kita harus bereskan," kata Anies di Balai Kota Jakarta Pusat, Rabu (12/9).

Anies mengatakan, selama tiga tahun terakhir sungai di Jakarta mengalami pencemaran berat sekitar 61 persen. Menurut dia, selama tahun 2014, 2015, dan 2017, sungai-sungai di Jakarta mengalami pencemaran berat.

"Sungai yang tercemar ringan dari 23 persen turun menjadi 12 persen. Sungai yang tercemar sedang turun dari 44 persen tahun 2014 menjadi 17 persen di tahun 2017. Jadi yang tercemar sedang dan tercemar ringan itu turun, tercemar berat dari 32 persen menjadi 61 persen. Jadi yang sedang dan ringan itu menjadi berat, bukan turun lalu hilang," jelas Anies.


Dia mengatakan bahwa saat ini Pemprov DKI tengah menyusun dan menyiapkan solusi mengatasi permasalahan di sungai Ciliwung. Anies ingin membuat sungai tak hanya terlihat indah, tapi juga mengurangi pencemaran di Jakarta.

"Jadi PR-nya itu, karena itu yang akan kita lakukan, adalah membangun sungai sehingga menjadi ekosistem yang alamiah lagi. Kalau alamiah lagi, dia pun bisa dihidupi oleh satwa-satwa, itu adalah indikasi paling sederhana. Kalau satwa bisa berada di sungai artinya sungai itu sehat, bersih. Nah itulah yang disebut sebagai sungai yang alamiah, sungai-sungai natural. Kita akan dorong kesana," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyusuri Sungai Cheongyechoen di sela-sela kunjungannya di Seoul, Korea Selatan, Selasa 11 September 2018.

Jokowi begitu terkesan melihat Sungai Cheongyecheon yang sangat bersih. Ia pun bermimpi agar Sungai Ciliwung yang membelah Kota Jakarta, bisa sebersih Cheongyecheon.

"Ini sebuah sungai di kota yang bersih sekali, Sungai Cheongyechoen, sebuah inspirasi bagus. Kalau di Jakarta ada Ciliwung jadi bersih seperti ini, wooo...dan itu bisa," kata Jokowi usai menyusuri Sungai Cheongyecheon.

Menurut Jokowi, pada 2003, kondisi Sungai Cheongyechong hampir sama dengan Ciliwung.

"Tetapi dikerjakan dalam waktu dua tahun tiga bulan, sungainya jadi sangat bersih lagi. Seperti zaman dahulu kala," ujar Jokowi.
 
Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul: Tak hanya Emil, Anies akan buat Ciliwung sekeren sungai di Seoul
 
Sumber : merdeka.com
 
 
 
 
 
- JAKARTA -
Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Pengajuan Modal Pipanisasi PAM Ditolak DPRD DKI, Ini Kata Anies!

(21-09-2018 20:24:47 - Dibaca 470 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Anies Pastikan Program Pemprov DKI Tak Terganggu Walau Sendiri, Program apa?

(21-09-2018 17:10:02 - Dibaca 1.153 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
M Taufik Ngotot Mau Jadi Wagub DKI, Ini Kata PKS!

(21-09-2018 06:37:04 - Dibaca 898 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Tanah Abang Tambah Semrawut, PKL Penuhi Trotoar Dekat Stasiun!

(19-09-2018 20:02:33 - Dibaca 4.142 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Terkait Perombakan Pejabat DKI Oleh Anies, KASN Surati Jokowi!

(19-09-2018 07:17:33 - Dibaca 467 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
DPRD DKI Tolak Anggaran Rp 3,9 M Sertifikasi Pendamping OK OCE!

(17-09-2018 20:41:58 - Dibaca 1.302 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
PKS Ogah Kasih Kursi Wagub DKI, Ini Kata M Taufik!

(17-09-2018 19:30:47 - Dibaca 876 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Gerindra Tarik Semua Caleg Eks Koruptor Kecuali M Taufik, Mengapa?

(16-09-2018 20:07:16 - Dibaca 539 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Meski Dikecam ICW Gerindra Tetap Ajukan M Taufik Jadi Wagub DKI!

(13-09-2018 20:08:26 - Dibaca 2.534 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Bencana Banjir Masih Jadi Ancaman Jakarta!

(13-09-2018 10:50:45 - Dibaca 213 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Pemprov DKI Pakai Program Pemerintah Pusat Untuk Modal Peserta OK OCE?

(13-09-2018 10:41:13 - Dibaca 308 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Bukan Hanya Gerai OK OCE Sepi Tapi Gudangnya Pun Tutup! Bangkrutkah?

(12-09-2018 18:53:31 - Dibaca 1.122 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Ini Kata PAN Soal Zulkifli Disoraki Mahasiswa Saat Promo Prabowo-Sandi!

(25-09-2018 16:18:34 - Dibaca 1.219 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
AHY Tuding Ada Kejanggalan Saat Deklarasi Kampanye Damai KPU, Ini Jawaban Tegas KPU!

(25-09-2018 16:11:49 - Dibaca 610 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Buni Yani Sebut Prabowo Harus Menang Agar Dirinya Tak Dipenjara? Apa maksudnya?

(25-09-2018 14:05:35 - Dibaca 265 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Soal Isu Skandal Sandiaga, Ini Kata Bawaslu!

(25-09-2018 13:44:10 - Dibaca 731 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Muncul Situs Skandal Sandiaga, Ini Tudingan Fadli Zon!

(25-09-2018 13:37:43 - Dibaca 1.543 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Sandiaga Sebut Dukungan PAN adalah Kode Kemenangan dari Langit? Langit mana?

(24-09-2018 15:36:54 - Dibaca 871 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Pilpres 2019, Ini 4 Sindiran Amien Rais!

(24-09-2018 12:00:03 - Dibaca 556 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Ini Jawaban Tegas KPK Soal Ancaman Amien Rais!

(24-09-2018 11:53:48 - Dibaca 2.320 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Fadli Zon Minta Publik Curigai Dana Awal Kampanye Jokowi-Ma'ruf, Apa maksudnya?

(24-09-2018 11:37:31 - Dibaca 1.111 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Para Kepala Daerah Kompak Dukung Jokowi, Ini Alasannya!

(24-09-2018 09:09:53 - Dibaca 939 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Sandiaga Peragakan Wajah Sedih Soal Dana Awal Kampanye Rp 2 M, Buat apa?

(24-09-2018 07:51:50 - Dibaca 1.072 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Fadli Zon Tuding Projo Lakukan Provokasi Dalam Acara Kampanye Damai KPU?

(23-09-2018 23:39:46 - Dibaca 633 Kali)

Soal Isu Skandal Sandiaga, Ini Kata Bawaslu!
Muncul Situs Skandal Sandiaga, Ini Tudingan Fadli Zon!
Sandiaga Sebut Dukungan PAN adalah Kode Kemenangan dari Langit? Langit mana?

TERPOPULER

1. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

2. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

3. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

4. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

5. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?