Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
 
12-09-2018 12:35:11 - Dibaca 443 Kali
 
 
Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewujudkan keinginan Presiden Jokowi menjadikan Sungai Ciliwung mirip sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Anies akan segera membereskan masalah lingkungan di Sungai Ciliwung.

"(Sungai Ciliwung) Kita harus bereskan," kata Anies di Balai Kota Jakarta Pusat, Rabu (12/9).

Anies mengatakan, selama tiga tahun terakhir sungai di Jakarta mengalami pencemaran berat sekitar 61 persen. Menurut dia, selama tahun 2014, 2015, dan 2017, sungai-sungai di Jakarta mengalami pencemaran berat.

"Sungai yang tercemar ringan dari 23 persen turun menjadi 12 persen. Sungai yang tercemar sedang turun dari 44 persen tahun 2014 menjadi 17 persen di tahun 2017. Jadi yang tercemar sedang dan tercemar ringan itu turun, tercemar berat dari 32 persen menjadi 61 persen. Jadi yang sedang dan ringan itu menjadi berat, bukan turun lalu hilang," jelas Anies.


Dia mengatakan bahwa saat ini Pemprov DKI tengah menyusun dan menyiapkan solusi mengatasi permasalahan di sungai Ciliwung. Anies ingin membuat sungai tak hanya terlihat indah, tapi juga mengurangi pencemaran di Jakarta.

"Jadi PR-nya itu, karena itu yang akan kita lakukan, adalah membangun sungai sehingga menjadi ekosistem yang alamiah lagi. Kalau alamiah lagi, dia pun bisa dihidupi oleh satwa-satwa, itu adalah indikasi paling sederhana. Kalau satwa bisa berada di sungai artinya sungai itu sehat, bersih. Nah itulah yang disebut sebagai sungai yang alamiah, sungai-sungai natural. Kita akan dorong kesana," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyusuri Sungai Cheongyechoen di sela-sela kunjungannya di Seoul, Korea Selatan, Selasa 11 September 2018.

Jokowi begitu terkesan melihat Sungai Cheongyecheon yang sangat bersih. Ia pun bermimpi agar Sungai Ciliwung yang membelah Kota Jakarta, bisa sebersih Cheongyecheon.

"Ini sebuah sungai di kota yang bersih sekali, Sungai Cheongyechoen, sebuah inspirasi bagus. Kalau di Jakarta ada Ciliwung jadi bersih seperti ini, wooo...dan itu bisa," kata Jokowi usai menyusuri Sungai Cheongyecheon.

Menurut Jokowi, pada 2003, kondisi Sungai Cheongyechong hampir sama dengan Ciliwung.

"Tetapi dikerjakan dalam waktu dua tahun tiga bulan, sungainya jadi sangat bersih lagi. Seperti zaman dahulu kala," ujar Jokowi.
 
Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul: Tak hanya Emil, Anies akan buat Ciliwung sekeren sungai di Seoul
 
Sumber : merdeka.com
 
 
 
 
 
- JAKARTA -
Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!

(13-11-2018 11:47:57 - Dibaca 252 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

(13-11-2018 10:51:33 - Dibaca 366 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Proyek Skybridge Tanah Abang Kembali Molor, Ini Kata Anies!

(13-11-2018 07:32:36 - Dibaca 225 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Anies Disebut Terlalu Asyik dengan TGUPP Sehingga Serapan APBD Rendah!

(12-11-2018 19:22:35 - Dibaca 132 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Hadapi Musim Banjir, Anies Uji Coba Program Vertical Drainage?

(12-11-2018 15:31:28 - Dibaca 203 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Banjir 50 Cm Kepung Kampung Melayu!

(12-11-2018 11:42:01 - Dibaca 173 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Sejumlah Lokasi Terendam Banjir Karena Air Kali Ciliwung Meluap!

(12-11-2018 10:24:04 - Dibaca 203 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Anies Blusukan ke Cipinang Melayu Malam-malam, Mau apa?

(12-11-2018 10:20:06 - Dibaca 125 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Kebayoran Lama dan Pondok Pinang Tergenang Setinggi 10-20 Cm!

(09-11-2018 09:26:43 - Dibaca 104 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
PKS Tolak Fit and Proper Test Cawagub DKI, Mengapa?

(07-11-2018 19:28:41 - Dibaca 248 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Keponakan Prabowo Sambangi Balai Kota DKI, Mau apa?

(07-11-2018 17:16:08 - Dibaca 252 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Taufik: Saya Legowo Tak Jadi Calon Wagub DKI! Benarkah?

(07-11-2018 16:16:58 - Dibaca 129 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 389 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?

(13-11-2018 18:02:36 - Dibaca 102 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 277 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?

(13-11-2018 11:58:05 - Dibaca 368 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!

(13-11-2018 11:47:57 - Dibaca 252 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

(13-11-2018 10:51:33 - Dibaca 366 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Kubu Prabowo Sebut Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan RI Masih Tertinggal Jauh?

(13-11-2018 10:46:18 - Dibaca 184 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Libatkan Ratna Sarumpaet, Ini Cerita Lengkap Penipuan Duit Raja Rp 23 T!

(13-11-2018 10:36:35 - Dibaca 264 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Setengah Hati Demokrat Dukung Prabowo-Sandi, Mengapa?

(13-11-2018 09:18:52 - Dibaca 284 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Aksi Bela Tauhid Dilaporkan ke KPAI Karena Melibatkan Anak!

(13-11-2018 09:14:10 - Dibaca 156 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Fadli Zon Minta Jokowi Setop Pencitraan, Apa maksudnya?

(13-11-2018 07:43:58 - Dibaca 343 Kali)

Anies Sebut 3 Tahun Terakhir Sungai DKI Alami Pencemaran Berat, Benarkah?
Proyek Skybridge Tanah Abang Kembali Molor, Ini Kata Anies!

(13-11-2018 07:32:36 - Dibaca 225 Kali)

Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

6. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

7. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

8. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

9. Anies Ingin Rencana Untuk Jakarta Dalam Bentuk Gerakan, Bukan Program! Apa Maksudnya?