Boeing Digugat oleh Keluarga Korban Lion Air yang Jatuh!
HS Jadi Tersangka Pembunuhan Satu Keluarga, Ini Jejaknya!
Sinyal Tak Kompaknya Demokrat Dalam Barisan Koalisi Prabowo-Sandi!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
 
19-10-2018 17:31:09 - Dibaca 924 Kali
 
 
Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Sumber Foto : tempo.co
 
loading...
 
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meminta pemerintah DKI Jakarta untuk menghormati daerahnya sebagai mitra dan partner dalam menghadapi persoalan persampahan. Sebab, DKI selama ini membuang 7 ribu ton sampah setiap hari ke Kota Bekasi. "Ada poin-poin kerja sama dalam bentuk perjanjian. Jadi, sama-sama punya tanggung jawab," kata Rahmat, Kamis, 18 Oktober 2018.

Dalam perjanjian kerja sama pemanfatan lahan untuk tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantargebang, kata Rahmat, tak bisa hanya satu pihak yang menjalankan kewajiban. "Kota Bekasi bukan pembantunya DKI, jadi harus sama-sama menghormati," ujar Rahmat.

Menurut Rahmat, ada dua kewajiban pemerintah DKI yang harus dipenuhi. Yang pertama memberikan bantuan langsung tunai senilai Rp 900 ribu kepada 18 ribu keluarga di Bantargebang. Pemerintah DKI juga wajib membangun infrastruktur dan rehabilitasi lingkungan. "Ada kewajiban kemitraan, ini yang sudah enggak jalan," kata Rahmat.


Berdasarkan catatan Tempo, untuk pengelolaan sampah di Bantargebang, pada 2015 DKI memberikan bantuan sebesar Rp 90 miliar. Kemudian pada 2016 jumlahnya bertambah Rp 200 miliar dan 2017 menjadi Rp 250 miliar. Dana hibah ini di luar dana yang dikucurkan untuk masyarakat Bantargebang dalam bentuk bantuan tunai.

Namun tahun ini, bantuan itu belum diterima oleh Bekasi. Buntut dari mandeknya kewajiban dalam kerja sama ini, sebanyak 51 truk sampah milik DKI Jakarta diberhentikan oleh petugas Dinas Perhubungan Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani selepas keluar tol Bekasi Barat. Kejadian ini lalu memunculkan kembali polemik antara Pemprov DKI dan Pemkot Kota Bekasi terkait kerjasama pengelolaan sampah di Bantargebang.

"Antara Pemprov DKI dan Bekasi itu ada perjanjian kerja sama. Tapi, ada hak dan kewajiban DKI yang tidak dilaksanakan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Soal Sampah Ibu Kota, Wali Kota Bekasi: Kami Bukan Pembantu DKI
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
 
- JAKARTA -
Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Anies Tuding Ketua DPRD Kebanyakan Kunker, Ini Jawaban Sekwan!

(15-11-2018 21:18:33 - Dibaca 210 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Waring Rp 580 Juta di Kali Item Dibongkar, Mengapa?

(15-11-2018 15:47:01 - Dibaca 272 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Gerindra Masih Setengah Hati Serahkan Wagub DKI ke PKS, Mengapa?

(14-11-2018 19:46:59 - Dibaca 105 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!

(13-11-2018 11:47:57 - Dibaca 295 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

(13-11-2018 10:51:33 - Dibaca 430 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Proyek Skybridge Tanah Abang Kembali Molor, Ini Kata Anies!

(13-11-2018 07:32:36 - Dibaca 249 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Anies Disebut Terlalu Asyik dengan TGUPP Sehingga Serapan APBD Rendah!

(12-11-2018 19:22:35 - Dibaca 140 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Hadapi Musim Banjir, Anies Uji Coba Program Vertical Drainage?

(12-11-2018 15:31:28 - Dibaca 207 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Banjir 50 Cm Kepung Kampung Melayu!

(12-11-2018 11:42:01 - Dibaca 187 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Sejumlah Lokasi Terendam Banjir Karena Air Kali Ciliwung Meluap!

(12-11-2018 10:24:04 - Dibaca 214 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Anies Blusukan ke Cipinang Melayu Malam-malam, Mau apa?

(12-11-2018 10:20:06 - Dibaca 126 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Kebayoran Lama dan Pondok Pinang Tergenang Setinggi 10-20 Cm!

(09-11-2018 09:26:43 - Dibaca 104 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Boeing Digugat oleh Keluarga Korban Lion Air yang Jatuh!

(16-11-2018 08:50:52 - Dibaca 27 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
HS Jadi Tersangka Pembunuhan Satu Keluarga, Ini Jejaknya!

(16-11-2018 07:39:53 - Dibaca 209 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Sinyal Tak Kompaknya Demokrat Dalam Barisan Koalisi Prabowo-Sandi!

(16-11-2018 07:25:25 - Dibaca 72 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Jika Menang, Sandi akan Adopsi Kebijakan Rezim Orde Baru?

(16-11-2018 07:01:26 - Dibaca 154 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?

(15-11-2018 21:35:29 - Dibaca 376 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Anies Tuding Ketua DPRD Kebanyakan Kunker, Ini Jawaban Sekwan!

(15-11-2018 21:18:33 - Dibaca 210 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Titiek Soeharto Sebut Jokowi Bohong, Ini Respon Tegas PKB!

(15-11-2018 21:12:56 - Dibaca 508 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Titiek Soeharto Sebut Prabowo Akan Lanjutkan Program Soeharto, Ini Respon Tegas Tim Jokowi!

(15-11-2018 21:07:13 - Dibaca 730 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Waring Rp 580 Juta di Kali Item Dibongkar, Mengapa?

(15-11-2018 15:47:01 - Dibaca 272 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
LSI Sebut Pengaruh Rizieq Kalah Dibanding UAS, Ini Komentar Pengacara!

(15-11-2018 09:27:07 - Dibaca 145 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
LSI Denny JA Sebut Hanya 9,4 Persen yang Dengar Imbauan Amien Rais!

(15-11-2018 09:11:34 - Dibaca 191 Kali)

Soal Sampah, Wali Kota Bekasi Sebut Kami Bukan Pembantu DKI!
Ini Beberapa Kritik Keras Keluarga Soeharto Pada Pemerintahan Jokowi!

(15-11-2018 09:01:32 - Dibaca 451 Kali)

Jika Menang, Sandi akan Adopsi Kebijakan Rezim Orde Baru?
Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?
Anies Tuding Ketua DPRD Kebanyakan Kunker, Ini Jawaban Sekwan!

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

6. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

7. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

8. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

9. Anies Ingin Rencana Untuk Jakarta Dalam Bentuk Gerakan, Bukan Program! Apa Maksudnya?