Tanah Abang Tambah Semrawut, PKL dan Parkir Liar Kuasai Trotoar!
Ini Kata Sandiaga Soal Sambutan Amien yang Bernada Politis di Balai Kota
Waketum Gerindra ini Tuding Isu SARA Jokowi yang Produksi, Apa maksudnya?



Sarangberita.com > Jakarta
 
Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
 
11-01-2018 08:06:50 - Dibaca 7.765 Kali
 
 
Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Sumber Foto : tempo.co
 
Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyarankan Gubernur DKi Jakarta Anies Baswedan membuat aturan baru setelah peraturan gubernur zaman Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tentang pelarangan sepeda motor di Jalan MH Thamrin dicabut oleh putusan Mahkamah Agung.

Menurut Refly, peraturan baru diperlukan agar kesemrawutan di jalanan tak terjadi setelah pencabutan pergub Ahok. "Cabut aturan yang lama, dan buat aturan baru yang lebih tidak diskriminatif," katanya kepada Tempo pada Rabu, 10 Januari 2018.

Refly menyatakan, putusan hukum tidak boleh diabaikan. Pendapat Refly bertolak belakang dengan kemauan Kepolisian hingga Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementeriian Perhubungan agar pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempertahankan Pergub Ahok tentang pelarangan sepeda motor di Jalan MH Thamrin.


"Bahaya, Lama-lama orang enggak patuh dengan putusan hukum dan menganggap putusan hukum bisa diabaikan," tutur Refly. "Apalagi kalau yang mengabaikannya pemerintah."

MA mengabulkan permohonan Yuliansah Hamid dan Diki Iskandar pada Senin, 8 Januari 2018 untuk membatalkan Peraturan Gubernur DKI Nomor 195 Tahun 2014 terkait dengan pembatasan lalu lintas sepeda motor di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Dalam putusannya yang dikutip dari salinan putusan, Ketua Majelis Hakim Agung Irfan Fachruddin menyatakan Pasal 1 dan Pasal 3 Pergub DKI Nomor 195 Tahun 2014 bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, yaitu Pasal 133 Ayat 1 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 11 UU Hak Asasi Manusia, serta Pasal 5 dan 6 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

Pergub Ahok tadi juga dinyatakan tidak memiliki hukum mengikat. Majelis Hakim memerintahkan Panitera MA mengirimkan petikan putusan kepada Percetakan Negara untuk dicantumkan dalam berita negara.

"Menghukum termohon untuk membayar biaya perkara sebesar Rp 1 juta," ucapnya.

Pihak termohon yang dimaksud adalah Gubernur DKI Jakarta yang diwakili Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Di sisi lain, Refly menyesalkan mengapa perkara pergub Ahok ini masuk ke ranah pengadilan. Refly berpendapat, peraturan itu berada di lingkup administrasi di bawah Gubernur Anies Baswedan yang bisa dilakukan revisi. Kendati demikian, dia tidak memungkiri bahwa masyarakat yang merasa dirugikan oleh pergub Ahok tak punya pilihan lain selain mengubahnya lewat pengadilan.

Refly pun menilai, terkadang putusan hukum tidak melihat aspek sosiologis yang ada di lapangan. "Kadang-kadang putusannya terlalu popular," ujarnya mengomentari putusan MA atas pergub Ahok.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Pergub Ahok Dicabut, Anies Baswedan Diminta Bikin Aturan Baru
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
- JAKARTA -
Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Tanah Abang Tambah Semrawut, PKL dan Parkir Liar Kuasai Trotoar!

(25-04-2018 15:19:49 - Dibaca 183 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Ini Kata Sandiaga Soal Sambutan Amien yang Bernada Politis di Balai Kota

(25-04-2018 13:12:18 - Dibaca 82 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Pergub Skema Biaya Rumah Nol Rupiah Belum Rampung Juga, Ini Pengakuan Sandi!

(24-04-2018 12:45:19 - Dibaca 145 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Balai Kota DKI Dipakai Untuk Bahas Pilpres, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(23-04-2018 12:35:08 - Dibaca 406 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Ni Luh Djelantik Daftar Caleg PSI Karena Ahok?

(23-04-2018 08:17:52 - Dibaca 290 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Wagub DKI Sebut Sampah di Kolong Tol Pelabuhan Sudah Ada Sejak Orde Baru, Benarkah?

(22-04-2018 11:30:14 - Dibaca 1.877 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Rizal Ramli Sebut Jakarta Sekarang Lebih Tenang dan Sejuk daripada Sebelumnya, Apa maksudnya?

(20-04-2018 19:29:55 - Dibaca 366 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Mahasiswa Maroko ini Sebut Anies Super Gubernur? Benarkah?

(20-04-2018 12:01:36 - Dibaca 217 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Taufik Minta Anies-Sandi Segera Rombak Birokrasi DKI, Mengapa?

(18-04-2018 20:35:20 - Dibaca 864 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Anies Akan Beri Kuliah Umum Saat di Maroko, Mau bicara tentang apa?

(17-04-2018 16:07:38 - Dibaca 2.606 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Ada Mobil Dinas Pelat 'RF' Terobos Ganjil Genap, Ini yang terjadi...

(16-04-2018 11:33:14 - Dibaca 619 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Anies akan Kembalikan Kampung Akuarium Seperti Semula, Seperti apa?

(14-04-2018 20:35:42 - Dibaca 144 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Tanah Abang Tambah Semrawut, PKL dan Parkir Liar Kuasai Trotoar!

(25-04-2018 15:19:49 - Dibaca 183 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Ini Kata Sandiaga Soal Sambutan Amien yang Bernada Politis di Balai Kota

(25-04-2018 13:12:18 - Dibaca 82 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Waketum Gerindra ini Tuding Isu SARA Jokowi yang Produksi, Apa maksudnya?

(24-04-2018 19:02:48 - Dibaca 289 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Anies Diramal Amien Rais Bakal Jadi Penyelamat Negeri, Negeri apa?

(24-04-2018 18:43:23 - Dibaca 895 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Pergub Skema Biaya Rumah Nol Rupiah Belum Rampung Juga, Ini Pengakuan Sandi!

(24-04-2018 12:45:19 - Dibaca 145 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Polisi Kerahkan 140 Personel Untuk Amankan Sidang Vonis Setya Novanto!

(24-04-2018 11:10:47 - Dibaca 74 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Insiden Van Tabrak Pejalan Kaki di Toronto Tewaskan 10 Orang!

(24-04-2018 10:59:25 - Dibaca 88 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Ini Prediksi Fahri Hamzah Soal Pilpres 2019 Terhadap Jokowi! Benarkah?

(24-04-2018 09:32:34 - Dibaca 248 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Ratna Sarumpaet Dibuat Malu Warganet Karena Sindir Gibran!

(23-04-2018 20:50:08 - Dibaca 1.237 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Fadli Zon Sebut Pembagian Sembako dan Sertifikat Jokowi Tidak Sesuai Prosedur, Benarkah?

(23-04-2018 19:18:02 - Dibaca 269 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Balai Kota DKI Dipakai Untuk Bahas Pilpres, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(23-04-2018 12:35:08 - Dibaca 406 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Demokrat Sebut Program Pro Rakyat Era SBY Kurang Dapat Perhatian Jokowi, Benarkah?

(23-04-2018 09:04:32 - Dibaca 167 Kali)

Anies Diramal Amien Rais Bakal Jadi Penyelamat Negeri, Negeri apa?
Pergub Skema Biaya Rumah Nol Rupiah Belum Rampung Juga, Ini Pengakuan Sandi!
Polisi Kerahkan 140 Personel Untuk Amankan Sidang Vonis Setya Novanto!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

3. Anies Sebut Gaji Ketua KPK DKI Rp 41 juta Sudah Sesuai Aturan, Aturan dari mana?

4. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

5. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

6. Soal Remisi Ahok, Ini Tanggapan Menarik Warga Jabodetabek!

7. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

8. Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017

9. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

10. Dulu Sering Kritik Ahok, Sekarang Mereka Sering Membela, Mengapa?



JAKARTA       KESEHATAN       NASIONAL       LIFESTYLE       POLITIK       TRAVEL       INTERNASIONAL       OTOMOTIF       TEKNOLOGI       VIDEO       SEKOLAH       SPORT       INSPIRATION      

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.