Sandiaga Prihatin dengan Nasib Ahmad Dhani, Mengapa?
Ini Reaksi Tegas Jokowi Soal Berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf!
Ini Pesan Bijak Gibran Soal Belajar Memaafkan Bukalapak!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
 
01-12-2018 17:12:06 - Dibaca 178 Kali
 
 
Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Sumber Foto : tribunnews.com
 
loading...
 
Beda sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terhadap pelanggaran tata ruang di sejumlah lokasi di ibu kota dianggap tak mengejutkan. Namun tetap saja beda sikap itu sangat disesalkan.

Beda sikap tergambar untuk kebijakan Anies di lokasi longsor di perumahan di Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Anies mempertanyakan perizinan dan menyatakan akan membongkari rumah-rumah di sana karena berdiri di zona hijau.

Sikap itu bertolak belakang untuk permukiman di sejumlah bantaran kali seperti Bukit Duri di Jakarta Selatan dan Kampung Lodan di Jakarta Utara. Pun dengan permukiman di atas tanah milik negara seperti Kampung Akuarium, Jakarta Utara.


"Di Kampung Akuarium dan Bukit Duri, gubernur terikat janji kontrak politik dengan warga di sana untuk tidak menggusur," kata pengamat perkotaan, Nirwono Joga, saat dihubungi, Kamis 29 November 2018.

Sedangkan di kawasan Kalisari untuk rumah-rumah yang disebut Anies 'cukup berada', kata Joga, tak ada beban moral untuk sang gubernur bertindak tegas. Padahal, dia menambahkan, seorang gubernur semestinya tidak boleh berbeda sikap jika ingin menerapkan kebijakan.

"Seharusnya gubernur sama tegasnya dengan seluruh permukiman yang melanggar tata ruang," katanya sambil menambahkan, "Apalagi jika permukiman itu berada di zona hijau."

Joga menyebut setiap bantaran sungai adalah juga zona hijau. Zona itu layak dipertahankan tanpa bangunan berdiri di atasnya. Fungsinya, pengaman, penyerap dan peredam luapan air sungai, serta memberi ruang habitat satwa liar tepi sungai.

"Termasuk mencegah longsor jika tebing ditanami pepohonan," ucapnya. Namun, menurut Joga, di Jakarta banyak kawasan bantaran yang beralih fungsi menjadi hunian yang menyebabkan wilayah tersebut rawan banjir dan longsor.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Permukiman Melanggar Aturan, Beda Sikap Anies Disesalkan
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- JAKARTA -
Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Rencana Anies Kucurkan APBD Lewat Ormas Didukung Gerindra, Mengapa?

(16-02-2019 09:13:11 - Dibaca 357 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Sandiaga Klaim OK OCE Ciptakan 65.000 UMKM, PDIP: Fakta di Lapangan Tidak Ada!

(15-02-2019 10:48:47 - Dibaca 232 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Green Peace Sebut Tingkat Polusi di DKI Tinggi, Ini Kata Anies!

(15-02-2019 10:26:02 - Dibaca 64 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Ibu ini Protes Dishub DKI Soal Razia Parkir Liar yang Tak Adil!

(30-01-2019 13:48:35 - Dibaca 117 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Sejumlah Jalan di Jakarta Tergenang Air, Kok bisa?

(25-01-2019 09:56:04 - Dibaca 318 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Ada 370 Kasus DBD di DKI, Ini Kata Gubernur Anies!

(23-01-2019 19:51:21 - Dibaca 182 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Hari Ini Bawaslu Bogor Putuskan Laporan Pose Dua Jari Anies!

(11-01-2019 12:12:04 - Dibaca 165 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Forum Warga Sebut KJP Plus Era Anies Melenceng Dari Tujuan Awal, Kok bisa?

(11-01-2019 08:54:53 - Dibaca 503 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Anies Klaim Serapan Anggaran DKI 2018 Lebih Berkualitas, Benarkah?

(02-01-2019 07:53:57 - Dibaca 106 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Rumah DP Rp 0 Hingga OK OCE Ala Anies Tuai Kritik Ketua F-PDIP DPRD!

(27-12-2018 21:36:27 - Dibaca 381 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Anies Segel Reklame Tsamara PSI, Mengapa?

(27-12-2018 21:26:52 - Dibaca 632 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Ini Kata Bawaslu Soal Anies Salam 2 Jari Saat Jam Kerja!

(18-12-2018 09:47:45 - Dibaca 243 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Sandiaga Prihatin dengan Nasib Ahmad Dhani, Mengapa?

(16-02-2019 17:46:20 - Dibaca 36 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Ini Reaksi Tegas Jokowi Soal Berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf!

(16-02-2019 14:28:31 - Dibaca 719 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Ini Pesan Bijak Gibran Soal Belajar Memaafkan Bukalapak!

(16-02-2019 14:01:30 - Dibaca 192 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Temui Jokowi di Istana, Bos Bukalapak Sampaikan Maaf!

(16-02-2019 11:59:23 - Dibaca 495 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Telah Menghina NU, Said Aqil Tegaskan Ahmad Dhani Bukan Warga NU Lagi!

(16-02-2019 11:53:01 - Dibaca 333 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
PA 212 Sebut Berlebihan, Ini Respon Tegas Takmir Masjid Agung Semarang!

(16-02-2019 10:07:07 - Dibaca 462 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
TKN Jokowi Sebut Pidato Prabowo Klise, Ini Pembelaan BPN!

(16-02-2019 09:19:47 - Dibaca 29 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Rencana Anies Kucurkan APBD Lewat Ormas Didukung Gerindra, Mengapa?

(16-02-2019 09:13:11 - Dibaca 357 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Sandiaga Klaim OK OCE Ciptakan 65.000 UMKM, PDIP: Fakta di Lapangan Tidak Ada!

(15-02-2019 10:48:47 - Dibaca 232 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Green Peace Sebut Tingkat Polusi di DKI Tinggi, Ini Kata Anies!

(15-02-2019 10:26:02 - Dibaca 64 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
Ada Kalajengking Berkeliaran di Kabin Pesawat Lion Air! Kok bisa?

(15-02-2019 10:16:48 - Dibaca 135 Kali)

Ini Beda Sikap Anies Soal Permukiman Melanggar Aturan! Kok Bisa?
PA 212 Ragukan Kekuatan Politik Ahok, Ini Komentar Tegas PDIP!

(15-02-2019 08:54:25 - Dibaca 206 Kali)

Temui Jokowi di Istana, Bos Bukalapak Sampaikan Maaf!
Telah Menghina NU, Said Aqil Tegaskan Ahmad Dhani Bukan Warga NU Lagi!
PA 212 Sebut Berlebihan, Ini Respon Tegas Takmir Masjid Agung Semarang!

TERPOPULER

1. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

2. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

3. Akhirnya Anies Lanjutkan Program Ahok Untuk Normalisasi Sungai bukan Naturalisasi...

4. Ini Jawaban Fadli Zon atas Pertanyan Mentri Susi Tentang Keberhasilannya!

5. Akhirnya Taufik Minta Sandiaga Lanjutkan Program Normalisasi Ahok!

6. Petani Bawang yang Nangis ke Sandi Ternyata Anggota KPU Periode Lalu?