Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
 
07-12-2018 17:52:11 - Dibaca 130 Kali
 
 
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Jakarta berada di posisi ketiga dari urutan paling bawah dalam Indeks Kota Toleran 2018 versi Setara Institute. Ketua Setara Institute Hendardi memberi penjelasan kenapa Jakarta berada di urutan buncit.

Hendardi menjelaskan, ada sejumlah penyebab kenapa DKI Jakarta tidak mudah menjadi kota toleran. Jakarta menjadi pusat pemerintahan, sehingga berbagai macam dinamika politik ada di sini.

"Itu yang menyebabkan apapun, Jakarta tidak mudah menjadi kota yang toleran. Kendati begitu tetapi bukan tidak ada pemimpin yang berusaha menjadikan Jakarta sebagai kota yang sangat heterogen ini menjadi kota yang juga sangat toleran. Namun masih ada banyak hambatan macem macem," kata Hendardi di Hotel Ashley, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).


Jakarta menurut Hendardi cukup sulit menjadi kota yang toleran. Dalam penelitian Setara Institut, lanjut Hendardi, sejumlah wilayah di Jawa Barat juga demikian. Bogor dan Depok juga masuk dalam 10 kota dengan skor toleransi terendah.

"Anda tahu lah aksi-aksi dengan berpolitik identitas itu masih sering terjadi di Jakarta dan juga di Jawa Barat. Dalam penelitian kami bukan sekadar toleransi tapi memang mendapat raport merah dari beberapa tahun yang lalu," ujarnya.

"Jawa Barat secara umum. Kami setiap tahun juga melakukan penilaian-penilaian terhadap pluralisme, kebebasan beragama, keyakinan dan sebagimanya dan juga politik identitas memang Jakarta dan Jawa Barat daerah yang rawan saya kira. Selalu menjadi perhatian kita," sambung Hendardi.

Kembali ke soal Jakarta, Hendardi menyebut momen Pilpres dan Pilkada juga berpengaruh penting kenapa ibu kota sulit masuk dalam daftar kota toleran.

"Apalagi pilkada 2017 itu sangat berpengaruh di indeks tolerensi di Jakarta. Dan belum lagi berbagai reuni-reuni. Itu punya pengaruh terhadap indeks toleransi. Apalagi ada tampilan kekerasan dalam konteks politik identitas dalam agama atau suku dan sebagainya," jelasnya.

Berikut indeks kota toleran versi Setara Institute:

1. Singkawang, 6.513
2. Kota Salatiga, 6.447
3. Pematang Siantar, 6.280
4. Kota Manado, 6.030
5. Ambon, 5.960
6. Kota Bekasi, 5.890
7. Kota Kupang, 5.857
8. Kota Tomohon, 5.833
9. Binjai Sumatera Utara, 5.830
10 Kota Surabaya, 5.823

Sementara itu, Jakarta ada di posisi ketiga dari urutan paling bawah. Jakarta ada di atas Banda Aceh dan Tanjung Balai.

Berikut 10 kota dengan skor toleransi terendah
85. Sabang, 3.757
86. Medan, 3.710
87. Makassar, 3.637
88. Bogor, 3.533
89. Depok, 2.490
90. Padang, 3.450
91. Cilegon, 3.420
92. Jakarta, 2.880
93. Banda Aceh, 2.830
94. Tanjung Balai, 2.817
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Terendah, Ini Penjelasan Setara
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Hari Ini Bawaslu Bogor Putuskan Laporan Pose Dua Jari Anies!

(11-01-2019 12:12:04 - Dibaca 131 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Forum Warga Sebut KJP Plus Era Anies Melenceng Dari Tujuan Awal, Kok bisa?

(11-01-2019 08:54:53 - Dibaca 470 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Anies Klaim Serapan Anggaran DKI 2018 Lebih Berkualitas, Benarkah?

(02-01-2019 07:53:57 - Dibaca 81 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Rumah DP Rp 0 Hingga OK OCE Ala Anies Tuai Kritik Ketua F-PDIP DPRD!

(27-12-2018 21:36:27 - Dibaca 345 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Anies Segel Reklame Tsamara PSI, Mengapa?

(27-12-2018 21:26:52 - Dibaca 615 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Ini Kata Bawaslu Soal Anies Salam 2 Jari Saat Jam Kerja!

(18-12-2018 09:47:45 - Dibaca 230 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Sejumlah Titik di Jaksel Sempat Tergenang Karena Hujan Deras!

(13-12-2018 20:31:51 - Dibaca 112 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Pemprov DKI Anggarkan Rp 1,5 Miliar Untuk Perbaiki Tujuh JPO!

(12-12-2018 16:10:22 - Dibaca 73 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Kali Mampang Meluap, Jalan Kemang Utara 9 Jakarta Selatan Banjir!

(10-12-2018 16:28:37 - Dibaca 223 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Crane Proyek Turap Jatuh di Kemayoran, Siapa yang Bertanggungjawab?

(07-12-2018 07:47:51 - Dibaca 163 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Naikkan Tarif Parkir, Anies Harap Warga Pindah ke Transportasi Massal!

(04-12-2018 20:55:52 - Dibaca 147 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Rawa Terate Cakung Jaktim Terendam Banjir 1 Meter, Kok bisa?

(03-12-2018 20:50:59 - Dibaca 171 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 33 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 214 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?

(18-01-2019 09:45:09 - Dibaca 124 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!

(18-01-2019 09:38:20 - Dibaca 390 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!

(18-01-2019 08:54:08 - Dibaca 2.234 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

(18-01-2019 08:50:04 - Dibaca 427 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Ini Gaji Fantastis Pejabat Korup RI yang Prabowo Sebut Gajinya Rendah!

(18-01-2019 08:38:14 - Dibaca 1.330 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Pernyataan Tajam Prabowo ini Langsung Dijawab Tegas Jokowi!

(18-01-2019 08:19:20 - Dibaca 260 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
BPN Tak Percayai Hasil Survei Charta Politika yang Unggulkan Jokowi, Mengapa?

(17-01-2019 09:32:24 - Dibaca 314 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Jokowi Unggul Hampir 20% di Survei, Ini Respon Positif PDIP!

(17-01-2019 09:27:00 - Dibaca 354 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Jokowi Unggul Jauh di Survei Tebaru Charta Politika!

(17-01-2019 09:23:29 - Dibaca 1.186 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Soal Kebijakan Pangan, Gerindra Sebut Jokowi Abai Undang-Undang?

(17-01-2019 05:37:23 - Dibaca 59 Kali)

Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

TERPOPULER