Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Ngutip Tanpa Izin, BPN Sebut Profesor Australia Tak Penting?
Jokowi Kembali Bagi-bagi Sepeda Selepas Pilpres!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
 
07-12-2018 17:52:11 - Dibaca 213 Kali
 
 
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Jakarta berada di posisi ketiga dari urutan paling bawah dalam Indeks Kota Toleran 2018 versi Setara Institute. Ketua Setara Institute Hendardi memberi penjelasan kenapa Jakarta berada di urutan buncit.

Hendardi menjelaskan, ada sejumlah penyebab kenapa DKI Jakarta tidak mudah menjadi kota toleran. Jakarta menjadi pusat pemerintahan, sehingga berbagai macam dinamika politik ada di sini.

"Itu yang menyebabkan apapun, Jakarta tidak mudah menjadi kota yang toleran. Kendati begitu tetapi bukan tidak ada pemimpin yang berusaha menjadikan Jakarta sebagai kota yang sangat heterogen ini menjadi kota yang juga sangat toleran. Namun masih ada banyak hambatan macem macem," kata Hendardi di Hotel Ashley, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).


Jakarta menurut Hendardi cukup sulit menjadi kota yang toleran. Dalam penelitian Setara Institut, lanjut Hendardi, sejumlah wilayah di Jawa Barat juga demikian. Bogor dan Depok juga masuk dalam 10 kota dengan skor toleransi terendah.

"Anda tahu lah aksi-aksi dengan berpolitik identitas itu masih sering terjadi di Jakarta dan juga di Jawa Barat. Dalam penelitian kami bukan sekadar toleransi tapi memang mendapat raport merah dari beberapa tahun yang lalu," ujarnya.

"Jawa Barat secara umum. Kami setiap tahun juga melakukan penilaian-penilaian terhadap pluralisme, kebebasan beragama, keyakinan dan sebagimanya dan juga politik identitas memang Jakarta dan Jawa Barat daerah yang rawan saya kira. Selalu menjadi perhatian kita," sambung Hendardi.

Kembali ke soal Jakarta, Hendardi menyebut momen Pilpres dan Pilkada juga berpengaruh penting kenapa ibu kota sulit masuk dalam daftar kota toleran.

"Apalagi pilkada 2017 itu sangat berpengaruh di indeks tolerensi di Jakarta. Dan belum lagi berbagai reuni-reuni. Itu punya pengaruh terhadap indeks toleransi. Apalagi ada tampilan kekerasan dalam konteks politik identitas dalam agama atau suku dan sebagainya," jelasnya.

Berikut indeks kota toleran versi Setara Institute:

1. Singkawang, 6.513
2. Kota Salatiga, 6.447
3. Pematang Siantar, 6.280
4. Kota Manado, 6.030
5. Ambon, 5.960
6. Kota Bekasi, 5.890
7. Kota Kupang, 5.857
8. Kota Tomohon, 5.833
9. Binjai Sumatera Utara, 5.830
10 Kota Surabaya, 5.823

Sementara itu, Jakarta ada di posisi ketiga dari urutan paling bawah. Jakarta ada di atas Banda Aceh dan Tanjung Balai.

Berikut 10 kota dengan skor toleransi terendah
85. Sabang, 3.757
86. Medan, 3.710
87. Makassar, 3.637
88. Bogor, 3.533
89. Depok, 2.490
90. Padang, 3.450
91. Cilegon, 3.420
92. Jakarta, 2.880
93. Banda Aceh, 2.830
94. Tanjung Balai, 2.817
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Terendah, Ini Penjelasan Setara
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
TKN Minta Kubu 02 Buktikan Tak Terlibat Kasus Rencana Pembunuhan Wiranto Cs!

(12-06-2019 09:09:27 - Dibaca 352 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Disindir Tak Support Polisi, Ini Kata Anies!

(25-05-2019 21:20:12 - Dibaca 623 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Anies Masih Bicara Naturalisasi Untuk Cegah Banjir!

(02-05-2019 12:56:00 - Dibaca 245 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Anies Sebut Banjir di Jakarta Jumlahnya Kecil?

(28-04-2019 15:56:35 - Dibaca 462 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Warga Cililitan Mengungsi ke Pinggir Jalan Akibat Banjir 3 Meter

(26-04-2019 12:36:10 - Dibaca 526 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Soal Banjir yang Rendam Jakarta, Ini Kata Anies!

(26-04-2019 12:30:05 - Dibaca 406 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Bukan LRT Penyebab Banjir Kalimalang, Tapi Pompa yang Kurang!

(09-04-2019 20:14:16 - Dibaca 250 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Warga Jakarta Bersorak Saat Anies Singgung Ahok di Peresmian MRT!

(24-03-2019 18:24:34 - Dibaca 1.234 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!

(23-03-2019 16:26:22 - Dibaca 296 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Jumlah Anggota TGUPP Tak Lagi Dibatasi di Pergub Baru Anies, Mengapa?

(11-03-2019 10:23:34 - Dibaca 153 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
DPRD DKI Ini Pertanyakan Soal TGUPP Ala Anies! Apa Kontribusinya?

(09-03-2019 16:06:35 - Dibaca 263 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!

(09-03-2019 15:59:02 - Dibaca 120 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!

(16-06-2019 19:02:46 - Dibaca 225 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Ngutip Tanpa Izin, BPN Sebut Profesor Australia Tak Penting?

(15-06-2019 17:53:09 - Dibaca 257 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Jokowi Kembali Bagi-bagi Sepeda Selepas Pilpres!

(15-06-2019 17:48:45 - Dibaca 107 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Terkait FPI Demo di MK, Ini Sindiran TKN ke Prabowo!

(15-06-2019 17:44:00 - Dibaca 807 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Sapa Warga Bali, Jokowi Naik Mobil Pawai Bersama Iriana dan Jan Ethes!

(15-06-2019 17:37:10 - Dibaca 167 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
BPN Baru Persoalkan Status Ma'ruf Amin, Ini Sindiran Demokrat!

(13-06-2019 12:44:28 - Dibaca 811 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
KPU Dituding Prabowo Gelembungkan 22 Jutaan Suara untuk Jokowi, Ini Respon Tegas TKN!

(13-06-2019 12:39:19 - Dibaca 441 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Soal Uang 15 Ribu SGD dari Habil Marati ke Kivlan, Ini Pernyataan Polisi!

(12-06-2019 09:28:32 - Dibaca 364 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
TKN Minta Kubu 02 Buktikan Tak Terlibat Kasus Rencana Pembunuhan Wiranto Cs!

(12-06-2019 09:09:27 - Dibaca 352 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Tuntutan Prabowo di MK: Minta Menang 52 Persen dari Jokowi?

(11-06-2019 22:04:53 - Dibaca 945 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Bantah Terlibat Kerusuhan 22 Mei, Jubir Sebut Fauka dan Dahlia Tidak Masuk Struktur BPN?

(11-06-2019 21:55:59 - Dibaca 295 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Ahmad Dhani Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Kata Fadli Zon!

(11-06-2019 21:46:27 - Dibaca 333 Kali)

Terkait FPI Demo di MK, Ini Sindiran TKN ke Prabowo!
Sapa Warga Bali, Jokowi Naik Mobil Pawai Bersama Iriana dan Jan Ethes!
BPN Baru Persoalkan Status Ma'ruf Amin, Ini Sindiran Demokrat!

TERPOPULER

1. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

8. Kunker ke Amerika, Sandiaga Harap Bisa Temukan Solusi Urai Macet Jakarta?

9. Sandiaga dan Prabowo Tak Hadir di Pemakaman Ani Yudhoyono, Mengapa?

10. Ani Yudhoyono Meninggal Dunia




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.