Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
 
07-12-2018 17:52:11 - Dibaca 164 Kali
 
 
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Jakarta berada di posisi ketiga dari urutan paling bawah dalam Indeks Kota Toleran 2018 versi Setara Institute. Ketua Setara Institute Hendardi memberi penjelasan kenapa Jakarta berada di urutan buncit.

Hendardi menjelaskan, ada sejumlah penyebab kenapa DKI Jakarta tidak mudah menjadi kota toleran. Jakarta menjadi pusat pemerintahan, sehingga berbagai macam dinamika politik ada di sini.

"Itu yang menyebabkan apapun, Jakarta tidak mudah menjadi kota yang toleran. Kendati begitu tetapi bukan tidak ada pemimpin yang berusaha menjadikan Jakarta sebagai kota yang sangat heterogen ini menjadi kota yang juga sangat toleran. Namun masih ada banyak hambatan macem macem," kata Hendardi di Hotel Ashley, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).


Jakarta menurut Hendardi cukup sulit menjadi kota yang toleran. Dalam penelitian Setara Institut, lanjut Hendardi, sejumlah wilayah di Jawa Barat juga demikian. Bogor dan Depok juga masuk dalam 10 kota dengan skor toleransi terendah.

"Anda tahu lah aksi-aksi dengan berpolitik identitas itu masih sering terjadi di Jakarta dan juga di Jawa Barat. Dalam penelitian kami bukan sekadar toleransi tapi memang mendapat raport merah dari beberapa tahun yang lalu," ujarnya.

"Jawa Barat secara umum. Kami setiap tahun juga melakukan penilaian-penilaian terhadap pluralisme, kebebasan beragama, keyakinan dan sebagimanya dan juga politik identitas memang Jakarta dan Jawa Barat daerah yang rawan saya kira. Selalu menjadi perhatian kita," sambung Hendardi.

Kembali ke soal Jakarta, Hendardi menyebut momen Pilpres dan Pilkada juga berpengaruh penting kenapa ibu kota sulit masuk dalam daftar kota toleran.

"Apalagi pilkada 2017 itu sangat berpengaruh di indeks tolerensi di Jakarta. Dan belum lagi berbagai reuni-reuni. Itu punya pengaruh terhadap indeks toleransi. Apalagi ada tampilan kekerasan dalam konteks politik identitas dalam agama atau suku dan sebagainya," jelasnya.

Berikut indeks kota toleran versi Setara Institute:

1. Singkawang, 6.513
2. Kota Salatiga, 6.447
3. Pematang Siantar, 6.280
4. Kota Manado, 6.030
5. Ambon, 5.960
6. Kota Bekasi, 5.890
7. Kota Kupang, 5.857
8. Kota Tomohon, 5.833
9. Binjai Sumatera Utara, 5.830
10 Kota Surabaya, 5.823

Sementara itu, Jakarta ada di posisi ketiga dari urutan paling bawah. Jakarta ada di atas Banda Aceh dan Tanjung Balai.

Berikut 10 kota dengan skor toleransi terendah
85. Sabang, 3.757
86. Medan, 3.710
87. Makassar, 3.637
88. Bogor, 3.533
89. Depok, 2.490
90. Padang, 3.450
91. Cilegon, 3.420
92. Jakarta, 2.880
93. Banda Aceh, 2.830
94. Tanjung Balai, 2.817
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Terendah, Ini Penjelasan Setara
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Jumlah Anggota TGUPP Tak Lagi Dibatasi di Pergub Baru Anies, Mengapa?

(11-03-2019 10:23:34 - Dibaca 82 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
DPRD DKI Ini Pertanyakan Soal TGUPP Ala Anies! Apa Kontribusinya?

(09-03-2019 16:06:35 - Dibaca 192 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!

(09-03-2019 15:59:02 - Dibaca 52 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Anies akan Lapor ke Rakyat Soal Penolakan Ketua DPRD DKI Jual Saham PT Delta, Rakyat yang mana?

(07-03-2019 17:47:09 - Dibaca 351 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Pernah Kritik Ahok Soal Dana KLB, Ternyata Anies Bangun JPO Juga Pakai Dana KLB! Apa maksudnya?

(01-03-2019 09:52:36 - Dibaca 340 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Rencana Anies Kucurkan APBD Lewat Ormas Didukung Gerindra, Mengapa?

(16-02-2019 09:13:11 - Dibaca 485 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Sandiaga Klaim OK OCE Ciptakan 65.000 UMKM, PDIP: Fakta di Lapangan Tidak Ada!

(15-02-2019 10:48:47 - Dibaca 319 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Green Peace Sebut Tingkat Polusi di DKI Tinggi, Ini Kata Anies!

(15-02-2019 10:26:02 - Dibaca 85 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Ibu ini Protes Dishub DKI Soal Razia Parkir Liar yang Tak Adil!

(30-01-2019 13:48:35 - Dibaca 134 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Sejumlah Jalan di Jakarta Tergenang Air, Kok bisa?

(25-01-2019 09:56:04 - Dibaca 342 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Ada 370 Kasus DBD di DKI, Ini Kata Gubernur Anies!

(23-01-2019 19:51:21 - Dibaca 201 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Hari Ini Bawaslu Bogor Putuskan Laporan Pose Dua Jari Anies!

(11-01-2019 12:12:04 - Dibaca 186 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!

(20-03-2019 09:19:40 - Dibaca 510 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?

(20-03-2019 08:33:19 - Dibaca 385 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(19-03-2019 09:16:55 - Dibaca 488 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela

(19-03-2019 09:02:17 - Dibaca 128 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!

(18-03-2019 15:20:54 - Dibaca 699 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

(18-03-2019 15:09:19 - Dibaca 257 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Habibburakhman Sindir Romi di Areal Debat Cawapres, Mengapa?

(17-03-2019 19:37:49 - Dibaca 152 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Penyebar Berita Skimming Kerabat Prabowo Bakal Dipolisikan BPN?

(17-03-2019 19:20:45 - Dibaca 515 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Survei SMRC Sebut Gap Elektabilitas 01 dan 02 Makin Lebar!

(17-03-2019 19:13:26 - Dibaca 400 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Survei SMRC Ungkap Mayoritas Responden Tak Percaya Hoaks soal Jokowi!

(17-03-2019 19:07:36 - Dibaca 429 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Kerabat Prabowo Kena Kasus Skimming, Ini Kata Gerindra!

(17-03-2019 16:49:39 - Dibaca 417 Kali)

Jakarta Masuk Daftar Kota Toleransi Paling Rendah Ketiga, Mengapa?
Diduga Skimming BCA, Kerabat Prabowo Ditangkap Polisi!

(17-03-2019 16:43:35 - Dibaca 401 Kali)

Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

3. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

4. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

5. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

6. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

7. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?

8. Anies Sebut Desain Trotoar era Ahok Cuma Indah di Mata tapi Tak Indah di Hati, Apa maksudnya?

9. Mangkir Dari Panggilan Pertama, Bawaslu DKI Panggil Ulang Fadli Zon dan Neno Soal Munajat 212!

10. Anak Amien Rais ini Sebut Semua yang Dikatakan Ayahnya Berdasarkan Data, Data dari mana?




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.