Sekda Sebut Formula E di Monas Biar Beken Dunia-Akhirat, Ini Kritik DPRD!
Soal RUU Ketahanan Keluarga, PKS Minta Jangan Ada yang Sinis?
Eks Presiden ISIS Indonesia Sebut Siap Tampung WNI Eks ISIS yang Pulang, Apa maksudnya?



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
 
14-01-2019 17:33:00 - Dibaca 4.328 Kali
 
 
Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan ada kewajiban yang harus dipenuhi jika Prabowo Subianto berencana mengundurkan diri sebagai capres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyebut hal itu telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Djoko Santoso menyatakan Prabowo bakal mengundurkan diri sebagai capres jika terjadi banyak kecurangan selama Pilpres 2019 berlangsung.

"Kami belum berkomentar tapi yang pasti segala sesuatu sudah diatur dalam UU Nomor 7 tahun 2017," ujar Wahyu di kantor KPU, Jakarta, Senin (14/1).


Merujuk dari UU No 7 tahun 2017 Pasal 229 Ayat (1) butir f, setiap pasangan calon wajib menyerahkan surat pernyataan tidak akan mengundurkan diri sebagai pasangan calon.

Kemudian pada Pasal 236 ayat (2), paslon atau salah seorang dari paslon dilarang mengundurkan diri jika sudah ditetapkan sebagai peserta Pilpres 2019 oleh KPU. Sejauh ini, KPU telah menetapkan Jokowi-Ma'ruf sebagai paslon nomor urut 01 dan Prabowo-Sandi sebagai paslon nomor urut 02.

Lalu pada Pasal 552 Ayat (1), setiap capres dan cawapres yang dengan sengaja mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai peserta pilpres sampai dengan pemungutan suara putaran pertama akan dikenakan hukuman.

"Dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp50.000.000.000,00 (lima puluh miliar rupiah)," mengutip bunyi Pasal 552 Ayat (1) UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Pada Pasal 553 Ayat (1) setiap capres dan cawapres yang dengan sengaja mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai peserta pilpres sampai dengan pemungutan suara putaran kedua juga akan dikenakan hukuman.

"Dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling banyak Rp100.000.000.000,00 (seratus miliar rupiah)," mengutip bunyi Pasal 553 Ayat (1) UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

"Jadi hak dan kewajiban paslon setelah ditetapkan sebagai peserta pemilu itu ada hak dan kewajiban," ujar Wahyu.

Sebelumnya, melalui pemberitaan di sejumlah media massa, Djoko Santoso mengatakan Prabowo bakal mengundurkan diri sebagai capres atau peserta Pilpres 2019. Djoko mengaku bakal mendukung Prabowo jika itu benar-benar akan dilakukan.

Langkah itu akan diambil jika kecurangan marak terjadi selama rangkaian Pilpres 2019 berjalan. Salah satu potensi kecurangan yang dilihat Djoko yakni soal penyandang disabilitas mental yang diperbolehkan mencoblos.
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Prabowo Terancam Pidana Penjara dan Denda jika Mundur Capres
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Soal RUU Ketahanan Keluarga, PKS Minta Jangan Ada yang Sinis?

(22-02-2020 12:20:30 - Dibaca 156 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Terkait Aksi 212, Ini Dia Rentetan Suara-suara Kontroversial Orator!

(22-02-2020 10:58:09 - Dibaca 438 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
RUU Ketahanan Keluarga Ditolak Pemerintah, Ini Respons Pengusul!

(22-02-2020 09:17:18 - Dibaca 242 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
GP Ansor Nilai Omnibus Law Cipta Kerja Merupakan RUU yang Tidak Jujur!

(18-02-2020 19:14:37 - Dibaca 117 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Ormas Minta MKD Beri Sanksi Berat ke Andre Rosiade!

(15-02-2020 07:19:56 - Dibaca 407 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Beri Kursi ke Hatta Rajasa, Zulkifli Masih Pikir-pikir untuk Besannya?

(13-02-2020 08:42:49 - Dibaca 389 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Kaca Pecah dan Kepala Kader Bocor Akibat Ricuh Kongres PAN!

(11-02-2020 16:00:32 - Dibaca 1.154 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Kembali Ricuh, Peserta Kongres PAN Saling Lempar Kursi!

(11-02-2020 12:51:25 - Dibaca 1.454 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Belum Resmi Dibuka, Kongres PAN Sudah Ricuh?

(10-02-2020 14:44:28 - Dibaca 790 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Jokowi Dikritik Fadli Zon Karena Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS!

(07-02-2020 15:54:44 - Dibaca 2.003 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
PKB Nilai WNI Eks ISIS Pantas Dipulangkan Jika Bertobat?

(05-02-2020 19:36:31 - Dibaca 270 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
GNPF Ulama Safari ke Parpol Jelang Pilkada Kota Medan, Mau apa?

(05-02-2020 17:21:59 - Dibaca 208 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Sekda Sebut Formula E di Monas Biar Beken Dunia-Akhirat, Ini Kritik DPRD!

(22-02-2020 12:35:39 - Dibaca 136 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Soal RUU Ketahanan Keluarga, PKS Minta Jangan Ada yang Sinis?

(22-02-2020 12:20:30 - Dibaca 156 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Eks Presiden ISIS Indonesia Sebut Siap Tampung WNI Eks ISIS yang Pulang, Apa maksudnya?

(22-02-2020 11:46:46 - Dibaca 341 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Melly Goeslaw dan Vidi Aldiano Gelar Tribute Ashraf Sinclair!

(22-02-2020 11:17:05 - Dibaca 99 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Ini Respons Polisi Soal Orator di Aksi 212 Teriak 'Jatuhkan Jokowi'!

(22-02-2020 11:12:08 - Dibaca 941 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Terkait Aksi 212, Ini Dia Rentetan Suara-suara Kontroversial Orator!

(22-02-2020 10:58:09 - Dibaca 438 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Dua Tersangka Begal Bekasi Berhasil Diciduk Polisi!

(22-02-2020 09:23:39 - Dibaca 112 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
RUU Ketahanan Keluarga Ditolak Pemerintah, Ini Respons Pengusul!

(22-02-2020 09:17:18 - Dibaca 242 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Terkait Corona, KBRI Korsel Imbau Turis RI Tak kunjungi Daegu!

(21-02-2020 19:47:09 - Dibaca 76 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Ahok Dituduh Korupsi oleh Orator Aksi 212, Ini Respons Tegas BUMN!

(21-02-2020 19:42:49 - Dibaca 1.898 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Jalan Medan Merdeka Barat Dibuka Kembali Usai Aksi 212 Bubar!

(21-02-2020 19:38:15 - Dibaca 132 Kali)

Berencana Mundur Capres, Ini Ancaman Pidana dan Denda Buat Prabowo!
Bantu Paramedis Lawan Corona, Bintang Ip Man Ini Sumbang Rp1,7 Miliar!

(21-02-2020 19:32:21 - Dibaca 78 Kali)

Melly Goeslaw dan Vidi Aldiano Gelar Tribute Ashraf Sinclair!
Ini Respons Polisi Soal Orator di Aksi 212 Teriak 'Jatuhkan Jokowi'!
Terkait Aksi 212, Ini Dia Rentetan Suara-suara Kontroversial Orator!

TERPOPULER

1. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

2. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

3. Jokowi Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS!

4. Petani Bawang yang Nangis ke Sandi Ternyata Anggota KPU Periode Lalu?

5. Ini Jawaban Fadli Zon atas Pertanyan Mentri Susi Tentang Keberhasilannya!

6. Akhirnya Anies Lanjutkan Program Ahok Untuk Normalisasi Sungai bukan Naturalisasi...

7. Akhirnya Taufik Minta Sandiaga Lanjutkan Program Normalisasi Ahok!

8. Polisi Berhasil Ciduk Netizen Penghina Risma di Bogor!