Jokowi Bakal Tampil Beda di Pidato Sidang Tahunan MPR!
Mudahkan Tamu Asing, Anies Sediakan Peta Berstandar Internasional?
Bupati Jepara Minta Keringanan Hukuman atas Hukuman 4 Tahun Bui!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
 
09-03-2019 15:59:02 - Dibaca 157 Kali
 
 
Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Sumber Foto : kompas.com
 
loading...
 
Sejumlah orangtua siswa melaporkan adanya pungutan liar ( pungli) formulir Kartu Jakarta Pintar ( KJP) di SMK Taman Sakti, Kalideres, Jakarta Barat.

Para orangtua siswa melapor ke Dinas Pendidikan DKI dan Wali Kota Jakarta Barat melalui surat tertanggal 4 Maret 2019.

Dalam surat aduan tersebut disebutkan bahwa pihak sekolah meminta dana Rp 100.000 kepada semua siswa terkait formulir KJP.

Menurut para orangtua siswa, kepala sekolah menjelaskan bahwa dana tersebut digunakan untuk uang kopi petugas Dinas Pendidikan Kecamatan Kalideres dan sejumlah hal lain yang mempercepat pengurusan.


"Kami semua para orangtua murid sangat tidak setuju dengan pungutan biaya tersebut karena tidak diatur dalam SK Gubernur Tahun 2018 dan tidak ada biaya untuk formulir KJP," tulis para orangtua murid dalam surat aduan.

Tanggapan Sudin Pendidikan

Mengenai hal ini, Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat Tajuddin Nur yang dihubungi Kompas.com pada Jumat (8/3/2019) membenarkan kejadian tersebut.

Ia mengaku sudah menghubungi kepala sekolah terkait dan meminta keterangannya.

Soal dugaan keterlibatan petugas dinas dalam kasus pungli ini, ia mengatakan bahwa hal itu akan dituntaskan berdasarkan hasil penyelidikan.

Tajuddin mengatakan, pihaknya akan mengusut tuntas kasus ini.

loading...

Ia juga meminta semua pengawas sekolah mengawasi dan mengecek kembali pelaksanaan KJP sebagai langkah antisipasi adanya penyimpangan.

"Sekolah yang bersangkutan akan kami proses sampai tuntas. Untuk sekolah lain saya minta semua pengawas sekolah cek kembali pelaksanaan KJP untuk langkah antisipasi dan mengambil langkah tindakan jika ada sekolah yang menyalahi prosedur," ujar Tajuddin.

Wali Kota geram

Menanggapi kejadian ini, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi geram dan akan melakukan tindakan tegas.

"Kami tak melihat sekolah, tetapi KJP-nya, kenapa dijadikan pungli? Ini enggak akan saya biarkan!" kata Rustam.

Adapun KJP merupakan program Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan bantuan dana pendidikan sebesar Rp 240.000 setiap bulan untuk warga Jakarta tidak mampu.

Bantuan diberikan hingga warga tersebut selesai menjalankan pendidikan sampai tingkat SMA/SMK.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Seputar Pungli Formulir KJP yang Diungkapkan Orangtua Siswa SMK di Jakbar
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Mudahkan Tamu Asing, Anies Sediakan Peta Berstandar Internasional?

(14-08-2019 08:28:12 - Dibaca 186 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Anies Instruksikan PNS Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi, Mengapa?

(13-08-2019 16:02:43 - Dibaca 148 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Jakarta Tempati Puncak Kota Paling Polusi Sedunia Versi AirVisual Sabtu Pagi Ini!

(10-08-2019 09:38:07 - Dibaca 176 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Anies Bolehkan Jual Hewan Kurban di Trotoar, Mengapa?

(09-08-2019 20:54:15 - Dibaca 218 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Soal 'Jatah Kurban' Camat Matraman, Ini Kata Anies!

(07-08-2019 19:13:32 - Dibaca 167 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Jakarta Kembali ke Papan Atas Polusi Udara Setelah Listrik Pulih!

(07-08-2019 09:03:40 - Dibaca 154 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Atasi Polusi, Anies Instruksikan Naikkan Tarif Parkir?

(02-08-2019 11:05:31 - Dibaca 581 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Jokowi Sarankan Anies Perbanyak Bus Listrik Untuk Kurangi Polusi DKI!

(01-08-2019 12:29:42 - Dibaca 165 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Dikritik Soal Sampah Jakarta, Ini Kata Anies!

(31-07-2019 10:52:45 - Dibaca 183 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Pemerintah Bisa Dipidana Kalau Abaikan Polusi Udara Jakarta!

(30-07-2019 20:45:32 - Dibaca 155 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Anies Tak Datang, Panitia Festival Condet: Padahal Kami Menangkan Anies 85%!

(30-07-2019 07:50:47 - Dibaca 505 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Soal Usul Risma Kelola Sampah DKI, Ini Kata Gerindra!

(30-07-2019 07:30:37 - Dibaca 250 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Jokowi Bakal Tampil Beda di Pidato Sidang Tahunan MPR!

(16-08-2019 06:55:06 - Dibaca 118 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Mudahkan Tamu Asing, Anies Sediakan Peta Berstandar Internasional?

(14-08-2019 08:28:12 - Dibaca 186 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Bupati Jepara Minta Keringanan Hukuman atas Hukuman 4 Tahun Bui!

(14-08-2019 08:18:23 - Dibaca 136 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Korban Penipuan CPNS di Malang Ini Berharap Uang 75 Jutanya Kembali!

(13-08-2019 20:57:51 - Dibaca 163 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!

(13-08-2019 20:36:01 - Dibaca 256 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Anies Instruksikan PNS Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi, Mengapa?

(13-08-2019 16:02:43 - Dibaca 148 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!

(12-08-2019 17:47:27 - Dibaca 723 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Alasan Banyak yang Hina Amien Rais, Penghina Mbah Moen Ini Ngaku Benci NU!

(12-08-2019 17:37:25 - Dibaca 597 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Jakarta Tempati Puncak Kota Paling Polusi Sedunia Versi AirVisual Sabtu Pagi Ini!

(10-08-2019 09:38:07 - Dibaca 176 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Dua Akun Facebook Dilaporkan ke Polisi Karena Hina Almarhum Mbah Moen!

(10-08-2019 06:56:04 - Dibaca 710 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Anies Bolehkan Jual Hewan Kurban di Trotoar, Mengapa?

(09-08-2019 20:54:15 - Dibaca 218 Kali)

Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!
Taruna Keturunan Prancis Ini Kena Isu Tak Nasionalis!

(08-08-2019 08:12:46 - Dibaca 583 Kali)

Korban Penipuan CPNS di Malang Ini Berharap Uang 75 Jutanya Kembali!
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!