BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
 
23-03-2019 16:26:22 - Dibaca 253 Kali
 
 
Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Capres petahana Joko Widodo atau Jokowi menyebut proyek Moda Raya Terpadu (MRT) merupakan keputusan politik yang dibuatnya bersama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta 2014 lalu. Proyek MRT itu kini sudah rampung untuk fase I dan akan diresmikan pada 24 Maret mendatang.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat menghadiri acara deklarasi Pengusaha Pekerjaan Pro Jokowi (Kerjo) di Istora Senayan Jakarta Selatan, Kamis 21 Maret 2019. Di hadapan para pengusaha, dia mengaku heran proyek pembangunan MRT Jakarta tertunda hingga 30 tahun.

"Apa yang ingin saya sampaikan, negara sebesar Indonesia ini masa baru punya MRT sekarang. Itu pun putusan politiknya, kita putuskan saat saya jadi Gubernur saat itu dengan Pak Ahok," kata Jokowi.

Jokowi lalu membeberkan alasan proyek MRT tertunda begitu lama. Menurut dia, pemerintah kala itu terlalu memikirkan untung rugi. Padahal, kata Jokowi, dalam membangun transportasi publik seharusnya pemerintah memperhitungkan manfaat untuk masyarakat.


"Yang namanya transportasi massal itu ya rugi. Saat itu saya dipaparkan rugi. Kalau untung rugi, itu untuk para pengusaha perusahaan. Kalau untuk negara, itungannya bukan untung dan rugi. Itungannya profit dan tak profit. Itungannya benefit," jelas dia.

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut akhirnya memutuskan pembangun MRT untuk mengurangi kemacetan di Ibu Kota. Sebab, berdasarkan kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) negara mengalami kerugian sekitar Rp 60 triliun per tahun akibat kemacetan.

"Sekarang dihitung lagi sudah Rp 100 triliun. Apa mau diteruskan? Lebih baik dipakai untuk bangun MRT, LRT benar? Itu yang namanya keputusan politik sehingga secara makro negara kita tetap untung gede," ujar Jokowi.

Dia lalu meminta para pengusaha untuk mencoba MRT dari Statiun Bundaran HI menuju Lebak Bulus. Jokowi sendiri telah menjajal MRT sebanyak dua kali.

"Saya harap yang hadir di sini mulai besok coba MRT," ucap dia.

loading...

Sebelumnya, MRT Jakarta membuka uji coba publik mulai 12-23 Maret 2019. Lintasan sepanjang 16 kilometer itu melawati sebanyak 13 stasiun.

Ke-13 stasiun itu terdiri dari tujuh stasiun lang yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Enam stasiun bawahnya yakni Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas serta Bundaran HI.

Pemprov DKI Jakarta telah mengusulkan tarif Rp 10.000 untuk MRT Jakarta rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Lebak Bulus dan Rp 6.000 untuk LRT rute Velodrome-Kelapa Gading. Namun lima hari jelang peresmian, DPRD DKI belum mengetok palu.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul: Di Depan Pengusaha, Jokowi Singgung Pembangunan MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok
 
Sumber : merdeka.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Bukan LRT Penyebab Banjir Kalimalang, Tapi Pompa yang Kurang!

(09-04-2019 20:14:16 - Dibaca 195 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Warga Jakarta Bersorak Saat Anies Singgung Ahok di Peresmian MRT!

(24-03-2019 18:24:34 - Dibaca 1.167 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Jumlah Anggota TGUPP Tak Lagi Dibatasi di Pergub Baru Anies, Mengapa?

(11-03-2019 10:23:34 - Dibaca 122 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
DPRD DKI Ini Pertanyakan Soal TGUPP Ala Anies! Apa Kontribusinya?

(09-03-2019 16:06:35 - Dibaca 231 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!

(09-03-2019 15:59:02 - Dibaca 90 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Anies akan Lapor ke Rakyat Soal Penolakan Ketua DPRD DKI Jual Saham PT Delta, Rakyat yang mana?

(07-03-2019 17:47:09 - Dibaca 377 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Pernah Kritik Ahok Soal Dana KLB, Ternyata Anies Bangun JPO Juga Pakai Dana KLB! Apa maksudnya?

(01-03-2019 09:52:36 - Dibaca 360 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Rencana Anies Kucurkan APBD Lewat Ormas Didukung Gerindra, Mengapa?

(16-02-2019 09:13:11 - Dibaca 497 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Sandiaga Klaim OK OCE Ciptakan 65.000 UMKM, PDIP: Fakta di Lapangan Tidak Ada!

(15-02-2019 10:48:47 - Dibaca 331 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Green Peace Sebut Tingkat Polusi di DKI Tinggi, Ini Kata Anies!

(15-02-2019 10:26:02 - Dibaca 103 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Ibu ini Protes Dishub DKI Soal Razia Parkir Liar yang Tak Adil!

(30-01-2019 13:48:35 - Dibaca 150 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Sejumlah Jalan di Jakarta Tergenang Air, Kok bisa?

(25-01-2019 09:56:04 - Dibaca 361 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?

(22-04-2019 06:53:40 - Dibaca 944 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!

(22-04-2019 06:45:08 - Dibaca 114 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

(22-04-2019 06:41:29 - Dibaca 65 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?

(21-04-2019 21:59:34 - Dibaca 775 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?

(21-04-2019 21:54:12 - Dibaca 193 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

(21-04-2019 21:48:39 - Dibaca 185 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Teror Bom di Perayaan Paskah, Sri Lanka Berduka!

(21-04-2019 21:39:17 - Dibaca 114 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Bambang Widjojanto Sebut Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi?

(21-04-2019 19:14:21 - Dibaca 650 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Soal Hasutan People Power, Moeldoko: Pemerintah Akan Tindak Tegas!

(20-04-2019 19:13:01 - Dibaca 744 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Warga Kampung Deret Pejompongan Potong Tumpeng Rayakan Jokowi Menang Versi QC!

(20-04-2019 18:55:22 - Dibaca 649 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Guru Ngaji Ungkap Doa yang Dilantunkan Jokowi Saat di Dalam Kakbah!

(20-04-2019 17:51:16 - Dibaca 1.863 Kali)

Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!
Saat Gibran dan Kaesang Ngetweet Soal Survei Internal

(20-04-2019 17:37:55 - Dibaca 680 Kali)

Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?