Setelah Abdul Somad Klarifikasi, MUI Berharap Kontroversi Berhenti?
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Risma Temui Mahasiswa Papua dan Nyanyi Lagu 'Tanah Papua'



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
 
27-06-2019 15:13:16 - Dibaca 168 Kali
 
 
Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Situs penyedia peta polusi udara online, AirVisual, menyatakan bahwa kualitas udara di Jakarta tidak sehat. Pemprov DKI punya pendapat berbeda.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan data yang disampaikan AirVisual berbeda dengan Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Data milik DKI menunjukkan hasilnya tak setinggi data Airvisual.

"Di lokasi pemantauan SPKU milik DKI hasil pengukurannya tidak setinggi data AirVisual, sehingga tidak dapat dikatakan seluruh wilayah Jakarta kualitas udaranya buruk sepanjang waktu," kata Andono melalui keterangan tertulis, Kamis (27/6/2019).

Andono mengatakan SKPU berada di beberapa wilayah di DKI Jakarta. Data berbeda ditunjukkan alat milik pemerintah dengan SKPU.

SKPU tersebar di wilayah Jakarta, yaitu di Bundaran HI, Kelapa Gading, dan Jagakarsa. Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) menyebut Jakarta dalam kategori Sedang di seluruh Ibu Kota pada Selasa (25/6).


Berdasarkan data hasil pengukuran parameter PM 2.5 pada hari Selasa (25/6) pukul 08.00 WIB, di SPKU DKI 1 (Bundaran HI) konsentrasinya sebesar 94,22 ug/m3, DKI 2 (Kelapa Gading) sebesar 103,81 ug/m3, dan DKI 3 (Jagakarsa) sebesar 112,86 ug/m3.

Andono mengatakan alat yang dimiliki KLHK berbeda dengan milik AirVisual. Standar AirVisual dinilai lebih tinggi dibanding milik pemerintah.

"Indeks Kualitas Udara di Indonesia belum mengunakan parameter PM 2.5, namun, nilai konsentrasi PM 2.5 sudah diatur sebesar 65 ug/m3 per 24 jam. Standar ini sedikit lebih tinggi dari standar US EPA sebesar 40 ug/m3," ujar Andono.

Andono mengatakan banyak faktor yang menyebabkan kualitas udara di Jakarta menurun. Salah satunya, debu akibat proyek pembangunan di DKI Jakarta.

"Debu akibat berbagai proyek pembangunan tersebut turut menurunkan kualitas udara di Jakarta, hal ini cukup wajar sebagai kota metropolitan yang sedang giat membangun," ungkapnya.

loading...

Andono mengimbau masyarakat ikut berperan untuk meningkatkan kualitas udara. Dia meminta masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi ke transportasi umum.

"Masyarakat juga dapat turut berperan serta dalam memperbaiki kualitas udara Jakarta melalui langkah mudah, yaitu menggunakan transportasi umum, menggiatkan berjalan kaki, dan bersepeda," ujar Andono.

Sebelumnya, berdasarkan data di situs maupun aplikasi AirVisual pada Selasa (25/6) pukul 10.00 WIB, nilai air quality index (AQI) Jakarta adalah 168. Jakarta ada di posisi kedua setelah Lahore, Pakistan. Kualitas udara di Jakarta dinyatakan 'unhealthy'. Nilai AQI Jakarta juga sempat mencapai angka 216 atau masuk ke kategori 'very unhealthy'.

AQI adalah indeks yang dipakai AirVisual untuk mengukur tingkat keparahan polusi udara di sebuah kota. Indeks ini mempertimbangkan 6 polutan utama yaitua PM2.5, PM10, karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, dan ozon di permukaan tanah. Enam polutan utama itu dikalkulasikan menjadi angka AQI. Rentang nilai AQI adalah 0-500. Semakin tinggi nilai AQI maka semakin tinggi tingkat polusi udara.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Pemprov DKI Bantah Kualitas Udara Seluruh Jakarta Buruk Sepanjang Waktu
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!

(21-08-2019 06:02:33 - Dibaca 449 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Tak Ada Perubahan Pasca Ahok, PDIP Buka Peluang Calonkan Risma Jadi DKI 1

(20-08-2019 21:03:24 - Dibaca 438 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Pemprov DKI Tiru Risma Boyong Bunga Tabebuya, Mengapa?

(20-08-2019 20:53:49 - Dibaca 101 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Anies Mau Datangkan Ahli Asing Daripada Kirim Siswa ke Jerman, Mengapa?

(20-08-2019 06:59:20 - Dibaca 126 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Sopir Taksi online Demo Anies Soal Ganjil Genap!

(19-08-2019 12:21:57 - Dibaca 242 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Atasi Polusi, Anies Galakkan Penanaman Bugenvil?

(19-08-2019 08:43:28 - Dibaca 181 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Mudahkan Tamu Asing, Anies Sediakan Peta Berstandar Internasional?

(14-08-2019 08:28:12 - Dibaca 211 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Anies Instruksikan PNS Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi, Mengapa?

(13-08-2019 16:02:43 - Dibaca 160 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Jakarta Tempati Puncak Kota Paling Polusi Sedunia Versi AirVisual Sabtu Pagi Ini!

(10-08-2019 09:38:07 - Dibaca 187 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Anies Bolehkan Jual Hewan Kurban di Trotoar, Mengapa?

(09-08-2019 20:54:15 - Dibaca 226 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Soal 'Jatah Kurban' Camat Matraman, Ini Kata Anies!

(07-08-2019 19:13:32 - Dibaca 174 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Jakarta Kembali ke Papan Atas Polusi Udara Setelah Listrik Pulih!

(07-08-2019 09:03:40 - Dibaca 157 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Setelah Abdul Somad Klarifikasi, MUI Berharap Kontroversi Berhenti?

(22-08-2019 06:23:59 - Dibaca 1.562 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!

(21-08-2019 06:02:33 - Dibaca 449 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Risma Temui Mahasiswa Papua dan Nyanyi Lagu 'Tanah Papua'

(21-08-2019 05:53:33 - Dibaca 1.511 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Tak Ada Perubahan Pasca Ahok, PDIP Buka Peluang Calonkan Risma Jadi DKI 1

(20-08-2019 21:03:24 - Dibaca 438 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Pemprov DKI Tiru Risma Boyong Bunga Tabebuya, Mengapa?

(20-08-2019 20:53:49 - Dibaca 101 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Dosen Untar ini Bisa Selesaikan 13 Gelar Langsung, Bagaimana caranya?

(20-08-2019 08:15:40 - Dibaca 172 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Gudang Peluru Milik Polda Metro Jaya Terbakar!

(20-08-2019 07:05:11 - Dibaca 155 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Anies Mau Datangkan Ahli Asing Daripada Kirim Siswa ke Jerman, Mengapa?

(20-08-2019 06:59:20 - Dibaca 126 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Pemicu Rusuh Manokwari Adalah Insiden Surabaya-Malang!

(19-08-2019 13:46:47 - Dibaca 509 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Sopir Taksi online Demo Anies Soal Ganjil Genap!

(19-08-2019 12:21:57 - Dibaca 242 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Tiga Polisi di Papua Terluka Akibat Demo di Manokwari!

(19-08-2019 12:16:34 - Dibaca 195 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Ceramahnya Dianggap Menghina Salib, Ini Klarifikasi Abdul Somad!

(19-08-2019 10:38:31 - Dibaca 480 Kali)

Tak Ada Perubahan Pasca Ahok, PDIP Buka Peluang Calonkan Risma Jadi DKI 1
Pemprov DKI Tiru Risma Boyong Bunga Tabebuya, Mengapa?
Dosen Untar ini Bisa Selesaikan 13 Gelar Langsung, Bagaimana caranya?

TERPOPULER

1. Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

2. GNR Balik Arah Dukung Jokowi, Ini Kata PAN!

3. Gerindra Tuding Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games Pencitraan, Apa maksudnya?

4. Ratna Sarumpaet Serang Kiai Ma'ruf Amin, Ini Respon Tegas GP Ansor!

5. Roy Suryo Bicara Soal Asian Games 2018 Sebagai Ajang Pencitraan Politik?

6. Neno Ditolak, Fadli Zon Minta Kapolda Riau Dicopot, Apa maksudnya?

7. Ketum PPP Ungkap Cawapres Jokowi Mengarah ke Mahfud Md!

8. Fadli Zon Langsung Hapus Pollingnya Sendiri Karena Jokowi Menang!

9. Ini Deretan Kepala Daerah yang Balik Arah Dukung Jokowi!

10. Sandiaga Sarankan Cari Daerah Lain Buat Aksi 2019GantiPresiden, Daerah mana?




HUKUM & KRIMINAL EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.