Setneg Sebut Revitalisasi Monas Belum Ada Izin dari Komisi Pengarah!
Pabrik Bihun Bercampur Kecoa di Sumsel Digerebek Polisi!
Ketua DPR Puan Maharani Perintahkan DKI Kembalikan Monas Sedia Kala!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
 
27-06-2019 15:13:16 - Dibaca 334 Kali
 
 
Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Situs penyedia peta polusi udara online, AirVisual, menyatakan bahwa kualitas udara di Jakarta tidak sehat. Pemprov DKI punya pendapat berbeda.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan data yang disampaikan AirVisual berbeda dengan Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Data milik DKI menunjukkan hasilnya tak setinggi data Airvisual.

"Di lokasi pemantauan SPKU milik DKI hasil pengukurannya tidak setinggi data AirVisual, sehingga tidak dapat dikatakan seluruh wilayah Jakarta kualitas udaranya buruk sepanjang waktu," kata Andono melalui keterangan tertulis, Kamis (27/6/2019).

Andono mengatakan SKPU berada di beberapa wilayah di DKI Jakarta. Data berbeda ditunjukkan alat milik pemerintah dengan SKPU.

SKPU tersebar di wilayah Jakarta, yaitu di Bundaran HI, Kelapa Gading, dan Jagakarsa. Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) menyebut Jakarta dalam kategori Sedang di seluruh Ibu Kota pada Selasa (25/6).


Berdasarkan data hasil pengukuran parameter PM 2.5 pada hari Selasa (25/6) pukul 08.00 WIB, di SPKU DKI 1 (Bundaran HI) konsentrasinya sebesar 94,22 ug/m3, DKI 2 (Kelapa Gading) sebesar 103,81 ug/m3, dan DKI 3 (Jagakarsa) sebesar 112,86 ug/m3.

Andono mengatakan alat yang dimiliki KLHK berbeda dengan milik AirVisual. Standar AirVisual dinilai lebih tinggi dibanding milik pemerintah.

"Indeks Kualitas Udara di Indonesia belum mengunakan parameter PM 2.5, namun, nilai konsentrasi PM 2.5 sudah diatur sebesar 65 ug/m3 per 24 jam. Standar ini sedikit lebih tinggi dari standar US EPA sebesar 40 ug/m3," ujar Andono.

Andono mengatakan banyak faktor yang menyebabkan kualitas udara di Jakarta menurun. Salah satunya, debu akibat proyek pembangunan di DKI Jakarta.

"Debu akibat berbagai proyek pembangunan tersebut turut menurunkan kualitas udara di Jakarta, hal ini cukup wajar sebagai kota metropolitan yang sedang giat membangun," ungkapnya.

loading...

Andono mengimbau masyarakat ikut berperan untuk meningkatkan kualitas udara. Dia meminta masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi ke transportasi umum.

"Masyarakat juga dapat turut berperan serta dalam memperbaiki kualitas udara Jakarta melalui langkah mudah, yaitu menggunakan transportasi umum, menggiatkan berjalan kaki, dan bersepeda," ujar Andono.

Sebelumnya, berdasarkan data di situs maupun aplikasi AirVisual pada Selasa (25/6) pukul 10.00 WIB, nilai air quality index (AQI) Jakarta adalah 168. Jakarta ada di posisi kedua setelah Lahore, Pakistan. Kualitas udara di Jakarta dinyatakan 'unhealthy'. Nilai AQI Jakarta juga sempat mencapai angka 216 atau masuk ke kategori 'very unhealthy'.

AQI adalah indeks yang dipakai AirVisual untuk mengukur tingkat keparahan polusi udara di sebuah kota. Indeks ini mempertimbangkan 6 polutan utama yaitua PM2.5, PM10, karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, dan ozon di permukaan tanah. Enam polutan utama itu dikalkulasikan menjadi angka AQI. Rentang nilai AQI adalah 0-500. Semakin tinggi nilai AQI maka semakin tinggi tingkat polusi udara.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Pemprov DKI Bantah Kualitas Udara Seluruh Jakarta Buruk Sepanjang Waktu
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Setneg Sebut Revitalisasi Monas Belum Ada Izin dari Komisi Pengarah!

(22-01-2020 21:49:10 - Dibaca 56 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
DPRD Minta Revitalisasi Monas Disetop Karena Belum Dapat Izin Setneg, Dinas Cipta Karya Ngadu ke Anies?

(22-01-2020 20:42:12 - Dibaca 198 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Soal Integrasi Transportasi Indonesia, Anies Sentil Kebijakan Pemerintah?

(22-01-2020 20:30:34 - Dibaca 216 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Soal Rekam Jejak Kontraktor Revitalisasi Monas, Ini Kata Pemprov DKI!

(21-01-2020 19:52:34 - Dibaca 387 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
e-Budgeting Smart ala Anies Katanya Sudah Siap Digunakan Pada APBD DKI 2021?

(21-01-2020 19:03:45 - Dibaca 181 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Usai Hujan Guyur Jakarta, Genangan Terlihat di Sebagian Daerah!

(18-01-2020 09:00:20 - Dibaca 313 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Warga Angkut Barang-barang Karena Banjir Rendam Kawasan Duri Kepa Jakbar!

(18-01-2020 08:31:03 - Dibaca 473 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Untuk Pengeras Suara Peringatan Dini Banjir, BPBD DKI Anggarkan Rp4 Miliar?

(16-01-2020 16:59:28 - Dibaca 588 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Gerindra DKI Tolak Pansus Banjir Karena Dianggap Politisasi Derita Warga?

(16-01-2020 16:19:32 - Dibaca 197 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Taufik Tuding Massa Kontra Anies Dibayar Rp100 Ribu, Ini Respons Tegas Dewi Tanjung!

(15-01-2020 11:41:22 - Dibaca 1.018 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Bela Anies, Fahira Idris Klaim Massanya Lebih Paham DKI?

(14-01-2020 09:45:25 - Dibaca 563 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Anies Diprotes Warga Karena Terapkan Parkir Paralel dan PKL di Sabang!

(13-01-2020 20:50:55 - Dibaca 226 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Setneg Sebut Revitalisasi Monas Belum Ada Izin dari Komisi Pengarah!

(22-01-2020 21:49:10 - Dibaca 56 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Pabrik Bihun Bercampur Kecoa di Sumsel Digerebek Polisi!

(22-01-2020 21:42:44 - Dibaca 106 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Ketua DPR Puan Maharani Perintahkan DKI Kembalikan Monas Sedia Kala!

(22-01-2020 21:14:48 - Dibaca 1.589 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
DPRD Minta Revitalisasi Monas Disetop Karena Belum Dapat Izin Setneg, Dinas Cipta Karya Ngadu ke Anies?

(22-01-2020 20:42:12 - Dibaca 198 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Belum Dapat Izin Setneg, DPRD DKI Minta Revitalisasi Monas Dihentikan!

(22-01-2020 20:38:12 - Dibaca 124 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Soal Integrasi Transportasi Indonesia, Anies Sentil Kebijakan Pemerintah?

(22-01-2020 20:30:34 - Dibaca 216 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Eks Dosen IPB Abdul Basith Didakwa Terlibat Pembuatan Bom Molotov!

(22-01-2020 20:24:57 - Dibaca 61 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Ini Kata Pemkot Surabaya Terkait Surat Edaran RW di Surabaya Soal Iuran Nonpribumi!

(21-01-2020 20:16:30 - Dibaca 301 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Soal Iuran Nonpribumi yang Viral, Ini Isi Surat Edarannya!

(21-01-2020 20:01:33 - Dibaca 276 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Soal Rekam Jejak Kontraktor Revitalisasi Monas, Ini Kata Pemprov DKI!

(21-01-2020 19:52:34 - Dibaca 387 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
Mahfud Md Sebut 660 WNI Diduga Terlibat Terorisme Lintas Batas!

(21-01-2020 19:11:54 - Dibaca 143 Kali)

Soal Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Bantahan Pemprov DKI!
e-Budgeting Smart ala Anies Katanya Sudah Siap Digunakan Pada APBD DKI 2021?

(21-01-2020 19:03:45 - Dibaca 181 Kali)

DPRD Minta Revitalisasi Monas Disetop Karena Belum Dapat Izin Setneg, Dinas Cipta Karya Ngadu ke Anies?
Belum Dapat Izin Setneg, DPRD DKI Minta Revitalisasi Monas Dihentikan!
Soal Integrasi Transportasi Indonesia, Anies Sentil Kebijakan Pemerintah?

TERPOPULER