Soal Kisruh KPK, Bambang Widjojanto Ragukan Komitmen Penguasa?
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie
Karangan Bunga Berjejer di Rumah Duka BJ Habibie!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
 
21-08-2019 06:02:33 - Dibaca 577 Kali
 
 
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Ketua Koalisi Pejalan Kaki, Ahmad Safrudin mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mematuhi putusan Mahkamah Agung yang memenangkan gugatan dari dua politikus Partai Solidaritas Indonesia soal fasilitas trotoar yang bersih dari pedagang kaki lima (PKL).

MA sebelumnya memenangkan gugatan politikus PSI William Aditya dan Zico Leonard terhadap Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Dua anggota DPRD DKI terpilih PSI itu menggugat pasal 25 tentang kewenangan Gubernur DKI Jakarta memberikan izin trotoar dan jalan sebagai tempat usaha PKL.

Putusan MA mengamanatkan bahwa Perda nomor 8 tahun 2017 pasal 1 tidak memiliki kekuatan hukum tetap dan tidak berlaku.


Salah satu kegiatan di atas trotoar yang banyak disoroti ialah kegiatan jual beli yang dilakukan PKL di trotoar Tanah Abang dan kegiatan jual beli PKL di sejumlah lokasi sementara (Loksem).

"Loksem harus segera dipindahkan ke lokasi tetap atas biaya APBD," kata Safrudin kepada CNNIndonesia.com, Selasa (20/8).

Loksem ialah lokasi sementara PKL yang nantinya dipindahkan ke tempat permanen. DKI memiliki sejumlah loksem di Ibu Kota dan beberapa di antaranya berdiri di atas trotoar.

Sejauh ini Safrudin mengatakan banyak kepentingan warga yang diambil dari atas trotoar. Beberapa di antaranya ialah banyak lahan parkir, etalase restoran dan jalur sepeda motor.

loading...

"Ada juga yang menempatkan material bangunan, diokupasi barrier pengamanan kedutaan negara lain pos jaga istana dan lain-lain," lanjut dia.

Safrudin menegaskan dengan putusan MA tersebut, harusnya menjadi dasar Gubernur Anies untuk menindak para pelanggar aturan. Ia menegaskan Gubernur harus memprioritaskan kepentingan pejalan kaki.

"Dengan keputusan MA adalah saatnya Gubernur menertibkan trotoar dari berbagai kepentingan yang tak sejalan dengan kepentingan pejalan kaki," kata dia.

William sendiri selaku penggugat berharap Anies bisa membereskan PKL di Tanah Abang menindaklanjuti putusan MA tersebut. Menurutnya kebijakan Anies membuka Tanah Abang untuk PKL hanya diperuntukkan bagi sekelompok orang.

"Kebijakan ini jelas sangat tidak layak karena mengorbankan kepentingan lebih besar yakni pejalan kaki. Jika sekarang Gubernur melegalkan PKL di jalanan akan semakin kacau dan hancur," kata dia.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Kalah Gugatan, Anies Didesak Bersihkan Trotoar dari PKL
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Tak Ada Perubahan Pasca Ahok, PDIP Buka Peluang Calonkan Risma Jadi DKI 1

(20-08-2019 21:03:24 - Dibaca 549 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Pemprov DKI Tiru Risma Boyong Bunga Tabebuya, Mengapa?

(20-08-2019 20:53:49 - Dibaca 182 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Anies Mau Datangkan Ahli Asing Daripada Kirim Siswa ke Jerman, Mengapa?

(20-08-2019 06:59:20 - Dibaca 208 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Sopir Taksi online Demo Anies Soal Ganjil Genap!

(19-08-2019 12:21:57 - Dibaca 346 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Atasi Polusi, Anies Galakkan Penanaman Bugenvil?

(19-08-2019 08:43:28 - Dibaca 257 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Mudahkan Tamu Asing, Anies Sediakan Peta Berstandar Internasional?

(14-08-2019 08:28:12 - Dibaca 289 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Anies Instruksikan PNS Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi, Mengapa?

(13-08-2019 16:02:43 - Dibaca 194 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Jakarta Tempati Puncak Kota Paling Polusi Sedunia Versi AirVisual Sabtu Pagi Ini!

(10-08-2019 09:38:07 - Dibaca 243 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Anies Bolehkan Jual Hewan Kurban di Trotoar, Mengapa?

(09-08-2019 20:54:15 - Dibaca 282 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Soal 'Jatah Kurban' Camat Matraman, Ini Kata Anies!

(07-08-2019 19:13:32 - Dibaca 242 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Jakarta Kembali ke Papan Atas Polusi Udara Setelah Listrik Pulih!

(07-08-2019 09:03:40 - Dibaca 216 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Atasi Polusi, Anies Instruksikan Naikkan Tarif Parkir?

(02-08-2019 11:05:31 - Dibaca 643 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Soal Kisruh KPK, Bambang Widjojanto Ragukan Komitmen Penguasa?

(16-09-2019 07:00:01 - Dibaca 559 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie

(12-09-2019 07:00:03 - Dibaca 314 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Karangan Bunga Berjejer di Rumah Duka BJ Habibie!

(12-09-2019 06:53:48 - Dibaca 195 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Kena Serangan Jantung, Eks Laskar Jihad Jafar Umar Thalib Meninggal Dunia!

(25-08-2019 18:41:56 - Dibaca 878 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Lulung Sebut Akan Tetap Terima Pin Emas, Mengapa?

(25-08-2019 18:32:37 - Dibaca 347 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Dituding Zulhas Cari Popularitas Soal Pin Emas, Ini Jawaban Brilian PSI!

(25-08-2019 18:26:59 - Dibaca 262 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Zulhas Kritik Soal PSI Tolak Pin Emas DPRD, Apa maksudnya?

(25-08-2019 18:21:06 - Dibaca 274 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Kuasa Hukum Rizieq Bangga Milad FPI Dihadiri Anies?

(25-08-2019 13:32:50 - Dibaca 452 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Ketegangan Kembali Terjadi di Hong Kong, Polisi Berhadapan dengan Demonstran!

(24-08-2019 16:22:11 - Dibaca 257 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Densus Amankan Busur dan Anak Panah dari Rumah Terduga Teroris di Kota Blitar!

(24-08-2019 16:17:32 - Dibaca 295 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Ramai Soal Pin Emas, Pin Anggota DPRD Lamongan Ini Terbuat dari Kuningan!

(24-08-2019 14:42:10 - Dibaca 261 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Disindir Rizieq Soal Gaji, Ini Jawaban Brilian BPIP Bentukan Jokowi!

(24-08-2019 14:34:38 - Dibaca 267 Kali)

Kena Serangan Jantung, Eks Laskar Jihad Jafar Umar Thalib Meninggal Dunia!
Lulung Sebut Akan Tetap Terima Pin Emas, Mengapa?
Dituding Zulhas Cari Popularitas Soal Pin Emas, Ini Jawaban Brilian PSI!

TERPOPULER

1. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

2. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

3. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?