Soal Larangan Umrah Arab Saudi, Mahfud Ikut Kena Imbas!
Anies Enggan Tanggapi Tuntutan Mundur Dirinya, Mengapa?
68 WNI di Diamond Princess Bakal Dijemput Pakai Pesawat!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
 
21-08-2019 06:02:33 - Dibaca 856 Kali
 
 
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Ketua Koalisi Pejalan Kaki, Ahmad Safrudin mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mematuhi putusan Mahkamah Agung yang memenangkan gugatan dari dua politikus Partai Solidaritas Indonesia soal fasilitas trotoar yang bersih dari pedagang kaki lima (PKL).

MA sebelumnya memenangkan gugatan politikus PSI William Aditya dan Zico Leonard terhadap Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Dua anggota DPRD DKI terpilih PSI itu menggugat pasal 25 tentang kewenangan Gubernur DKI Jakarta memberikan izin trotoar dan jalan sebagai tempat usaha PKL.

Putusan MA mengamanatkan bahwa Perda nomor 8 tahun 2017 pasal 1 tidak memiliki kekuatan hukum tetap dan tidak berlaku.


Salah satu kegiatan di atas trotoar yang banyak disoroti ialah kegiatan jual beli yang dilakukan PKL di trotoar Tanah Abang dan kegiatan jual beli PKL di sejumlah lokasi sementara (Loksem).

"Loksem harus segera dipindahkan ke lokasi tetap atas biaya APBD," kata Safrudin kepada CNNIndonesia.com, Selasa (20/8).

Loksem ialah lokasi sementara PKL yang nantinya dipindahkan ke tempat permanen. DKI memiliki sejumlah loksem di Ibu Kota dan beberapa di antaranya berdiri di atas trotoar.

Sejauh ini Safrudin mengatakan banyak kepentingan warga yang diambil dari atas trotoar. Beberapa di antaranya ialah banyak lahan parkir, etalase restoran dan jalur sepeda motor.

loading...

"Ada juga yang menempatkan material bangunan, diokupasi barrier pengamanan kedutaan negara lain pos jaga istana dan lain-lain," lanjut dia.

Safrudin menegaskan dengan putusan MA tersebut, harusnya menjadi dasar Gubernur Anies untuk menindak para pelanggar aturan. Ia menegaskan Gubernur harus memprioritaskan kepentingan pejalan kaki.

"Dengan keputusan MA adalah saatnya Gubernur menertibkan trotoar dari berbagai kepentingan yang tak sejalan dengan kepentingan pejalan kaki," kata dia.

William sendiri selaku penggugat berharap Anies bisa membereskan PKL di Tanah Abang menindaklanjuti putusan MA tersebut. Menurutnya kebijakan Anies membuka Tanah Abang untuk PKL hanya diperuntukkan bagi sekelompok orang.

"Kebijakan ini jelas sangat tidak layak karena mengorbankan kepentingan lebih besar yakni pejalan kaki. Jika sekarang Gubernur melegalkan PKL di jalanan akan semakin kacau dan hancur," kata dia.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Kalah Gugatan, Anies Didesak Bersihkan Trotoar dari PKL
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Anies Enggan Tanggapi Tuntutan Mundur Dirinya, Mengapa?

(27-02-2020 13:31:37 - Dibaca 330 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Anies Sebut Banjir Jakarta Sudah Surut 100 Persen?

(26-02-2020 21:18:46 - Dibaca 142 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Soal Undangan Rapat Banjir di DPR, Anies: Saya Kirim Wakil, Bukan Tak Hadir!

(26-02-2020 18:57:53 - Dibaca 122 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Warga Terdampak Banjir Jakarta Mulai Terserang Penyakit!

(26-02-2020 18:18:37 - Dibaca 79 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Cawagub Riza Patria Sebut Banjir Bukan Cuma Tanggung Jawab Anies?

(26-02-2020 18:14:37 - Dibaca 247 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Usai Kadis Perumahan, Ini Kepala BPBD DKI Jakarta Subejo Juga Mengundurkan Diri?

(26-02-2020 18:10:08 - Dibaca 161 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Spanduk Berisi Sindiran ke Anies untuk Mundur Terbentang di Menteng!

(26-02-2020 18:02:14 - Dibaca 514 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Fraksi Gerindra Bandingkan Kehadiran Anies-Jokowi Saat Rapat Banjir di DPR!

(26-02-2020 14:17:18 - Dibaca 504 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Kadis Perumahan DKI Mundur dan Lebih Pilih Jadi Anggota TGUPP, Mengapa?

(26-02-2020 14:04:58 - Dibaca 78 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Rumah Sakit di Rawangun Kebanjiran, Kamar Mayat Ikut Terendam!

(25-02-2020 19:02:01 - Dibaca 94 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Kebijakan Revitalisasi Anies di Cikini Dikritik Karena Jakarta Banjir Terus!

(25-02-2020 18:56:45 - Dibaca 136 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
DPRD DKI PDIP Sebut Baru di Zaman Anies Rumah Sakit Kebanjiran!

(25-02-2020 18:43:34 - Dibaca 157 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Soal Larangan Umrah Arab Saudi, Mahfud Ikut Kena Imbas!

(27-02-2020 15:32:23 - Dibaca 152 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Anies Enggan Tanggapi Tuntutan Mundur Dirinya, Mengapa?

(27-02-2020 13:31:37 - Dibaca 330 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
68 WNI di Diamond Princess Bakal Dijemput Pakai Pesawat!

(27-02-2020 13:00:46 - Dibaca 70 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!

(27-02-2020 12:54:17 - Dibaca 223 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Soal Arab Saudi Setop Visa Umrah, Ini Respons Jokowi!

(27-02-2020 12:26:29 - Dibaca 227 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Pengerjaan Sodetan Kali Ciliwung Penangkal Banjir DKI Mandek Tanpa Lanjutan, Mengapa?

(27-02-2020 12:23:51 - Dibaca 151 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Meski WNI Sudah Miliki Visa Umrah, Saudi Tetap Lakukan Pengangguhan!

(27-02-2020 12:17:26 - Dibaca 70 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Soal Sering Ditawari Penggemuk Badan di Instagram, Ini Pengakuan Jokowi!

(27-02-2020 12:10:53 - Dibaca 103 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Polisi Tetapkan Vitalia Sesha dan Kekasih Jadi Tersangka dan Resmi Ditahan!

(27-02-2020 11:44:29 - Dibaca 101 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Warga Indonesia di Luar Negeri 'Dibuat Malu' Soal Berita Berenang Sebabkan Kehamilan?

(27-02-2020 10:35:43 - Dibaca 216 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Tak Hanya Umrah, Arab Saudi Juga Hentikan Kunjungan ke Masjid Nabawi!

(27-02-2020 10:25:16 - Dibaca 92 Kali)

Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Soal Kasus Kartu Kredit, Polisi Panggil Tyas Mirasih dan Gisel!

(26-02-2020 21:30:10 - Dibaca 114 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Soal Arab Saudi Setop Visa Umrah, Ini Respons Jokowi!
Pengerjaan Sodetan Kali Ciliwung Penangkal Banjir DKI Mandek Tanpa Lanjutan, Mengapa?

TERPOPULER

1. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

2. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

3. Jokowi Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS!

4. Petani Bawang yang Nangis ke Sandi Ternyata Anggota KPU Periode Lalu?

5. Ini Jawaban Fadli Zon atas Pertanyan Mentri Susi Tentang Keberhasilannya!

6. Akhirnya Anies Lanjutkan Program Ahok Untuk Normalisasi Sungai bukan Naturalisasi...

7. Akhirnya Taufik Minta Sandiaga Lanjutkan Program Normalisasi Ahok!

8. Polisi Berhasil Ciduk Netizen Penghina Risma di Bogor!