Jokowi Tegaskan Darurat Sipil Disiapkan Bila Keadaan Abnormal!
Soal Lockdown, Jokowi: Kita Tak Meniru Negara Lain Begitu Saja!
Kabar Gembira! 4 Pasien Corona di Rumah Sakit Semarang Sembuh!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
 
19-03-2020 14:23:18 - Dibaca 3.044 Kali
 
 
Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Istana Kepresidenan menolak pesan kejut yang dikirimkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke masyarakat. Menurut Istana di masa pandemi virus Corona (COVID-19) ini, rakyat tidak ingin kebijakan berefek kejut.

Kebijakan yang memiliki pesan efek kejut yang dimaksud adalah kebijakan terkait transportasi yang dikeluarkan Anies pada 15 Maret 2020 lalu. Anies kala itu membatasi transportasi massal seperti TransJakarta, MRT dan LRT.

Akibatnya, pada keesokan harinya antrean luar biasa pada moda transportasi tersebut pun tak terelakkan. Alih-alih social distancing demi mencegah penyebaran virus Corona, justru kerumunan yang didapatkan akibat pembatasan transportasi publik itu.


Pada rapat teknis percepatan penanganan COVID-19 yang disiarkan di channel YouTube Pemprov DKI Jakarta, Senin (16/3), Anies mengungkap alasannya melakukan pembatasan. Dia mengatakan ingin memberi 'efek kejut' kepada masyarakat dalam menghadapi virus Corona.

"Tadi pagi kendaraan umum dibatasi secara ekstrem, apa sih tujuannya? Tujuannya, mengirimkan 'pesan kejut' kepada seluruh penduduk Jakarta bahwa kita berhadapan dengan kondisi ekstrem. Jadi, ketika orang antre panjang, 'Oh iya COVID-19 itu bukan fenomena di WA (WhatsApp, red) yang jauh di sana. Ini ada di depan mata kita.' Kalau kita tidak kirim pesan efek kejut ini penduduk di kota ini masih tenang-tenang saja, yang tidak tenang ini siapa yang menyadari ini," kata Anies.

Malam harinya, Anies pun mencabut kebijakannya. Pencabutan pembatasan transportasi massal itu dilakukan pasca Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar transportasi publik tetap disediakan.

"Sesuai arahan Presiden terkait penyelenggaraan kendaraan umum massal untuk masyarakat, maka kami kembali menyelenggarakan dengan frekuensi tinggi untuk penyelenggaraan kendaraan umum di Jakarta," kata Anies di Balai Kota, Jakarta.

loading...

Kebijakan Anies membatasi transportasi publik yang telah dianulir itu pun menuai sindiran dari pihak Istana Kepresidenan. Jubir Presiden Fadjroel Rachman meminta jangan sampai ada lagi kebijakan 'efek kejut".

Fadjroel mengatakan kebijakan yang ada haruslah rasional. Kebijakan itu juga tak boleh melenceng dari kebijakan Presiden Jokowi.

"Dalam situasi pandemi COVID-19 sekarang, tak boleh ada kebijakan coba-coba yang tak terukur. Publik tak memerlukan kebijakan 'efek kejut', tapi kebijakan rasional dan terukur yang memadukan kepemimpinan organisasi, kepemimpinan operasional, dan kepemimpinan informasi terpusat sebagaimana yang ditunjukkan Presiden Joko Widodo sebagai 'panglima perang' melawan pandemi COVID-19," kata Fadjroel lewat keterangan tertulis, Rabu (18/3/2020).

Fadjroel menambahkan Jokowi saat ini sudah memutuskan kebijakan pembatasan sosial. Kebijakan ini mengimbau masyarakat seminimal mungkin beraktivitas di luar rumah.

"Presiden Joko Widodo memutuskan kebijakan pembatasan sosial (social distancing) berdasarkan UU No: 6/2018 sebagai respons atas kedaruratan kesehatan masyarakat. Bahwa benar menurut UU tersebut dimungkinkan adanya karantina wilayah (lockdown) tetapi kehati-hatian mempertimbangkan keselamatan dan kehidupan publik tetap menjadi prioritas dalam memutuskan kebijakan publik," ujar Fadjroel.

"Presiden Joko Widodo tidak memilih kebijakan karantina wilayah, tetapi memilih kebijakan pembatasan sosial," imbuhnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Istana Menolak Pesan Kejut Ala Anies Baswedan
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Anies Sebut Memaksa Berkumpul Saat Pandemi Corona Akan Disanksi?

(23-03-2020 14:46:22 - Dibaca 322 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Update Corona di Jakarta: 304 Positif, 21 Sembuh, 29 Meninggal!

(22-03-2020 13:10:32 - Dibaca 240 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Perumahan di Kalideres Jakbar Banjir 40 Cm Akibat Hujan Deras!

(22-03-2020 11:11:29 - Dibaca 178 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
7 RW di Jakarta Tergenang Banjir Gegara Curah Hujan Tinggi!

(20-03-2020 17:16:34 - Dibaca 286 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Bahas COVID-19 di Jakarta, Anies Kumpulkan Wali Kota dan Camat?

(19-03-2020 14:41:26 - Dibaca 309 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Jumlah Pasien Positif Corona di DKI 208 Orang, 17 Meninggal!

(19-03-2020 12:34:13 - Dibaca 303 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Anies Minta Guru Mengajar dari Rumah Selama Sekolah Diliburkan?

(17-03-2020 14:58:56 - Dibaca 367 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
DPRD Sebut Kebijakan Anies Soal Corona Picu Penumpukan Penumpang!

(16-03-2020 14:01:46 - Dibaca 434 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Sejumlah Guru DKI Masih Belum Tahu Metode Belajar Jarak Jauh Ala Anies?

(15-03-2020 13:19:14 - Dibaca 306 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Pemprov DKI Tutup Sekolah dan Tunda Ujian Nasional-Ujian Sekolah!

(14-03-2020 14:08:35 - Dibaca 317 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Anies Minta Warga Kurangi Bergandengan Tangan Untuk Cegah Corona!

(14-03-2020 09:55:00 - Dibaca 357 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Ancol, Ragunan hingga Monas Ditutup Pemprov DKI Selama Dua Pekan!

(13-03-2020 19:55:39 - Dibaca 268 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Jokowi Tegaskan Darurat Sipil Disiapkan Bila Keadaan Abnormal!

(31-03-2020 16:49:57 - Dibaca 177 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Soal Lockdown, Jokowi: Kita Tak Meniru Negara Lain Begitu Saja!

(31-03-2020 16:46:09 - Dibaca 227 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Kabar Gembira! 4 Pasien Corona di Rumah Sakit Semarang Sembuh!

(31-03-2020 16:32:01 - Dibaca 135 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Update Corona 31 Maret: 1.528 Kasus, 81 Sembuh, 136 Meninggal!

(31-03-2020 16:17:13 - Dibaca 187 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!

(31-03-2020 09:49:25 - Dibaca 187 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Cegah Corona, Forum Putera Lamongan Minta Perantau Tak Mudik!

(31-03-2020 09:40:30 - Dibaca 63 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Istana Tolak Permintaan Anies Soal Karantina Wilayah Jakarta!

(31-03-2020 09:31:19 - Dibaca 1.314 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Update Corona 29 Maret: 1.285 Kasus, 64 Sembuh, 114 Meninggal!

(29-03-2020 15:48:25 - Dibaca 2.160 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Tutup Jalan Keluar-Masuk Jakarta, Polda Metro Siapkan Simulasi!

(29-03-2020 15:44:09 - Dibaca 503 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Kebijakan Lockdown India Berujung Kacau!

(29-03-2020 15:38:28 - Dibaca 5.875 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Jokowi Diminta MUI Segera Lockdown Total Indonesia?

(29-03-2020 13:33:25 - Dibaca 967 Kali)

Pesan Kejut Ala Anies Baswedan Ditolak Istana!
Jalani Swab Test, SBY Negatif Corona!

(29-03-2020 13:26:07 - Dibaca 194 Kali)

Update Corona 31 Maret: 1.528 Kasus, 81 Sembuh, 136 Meninggal!
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Cegah Corona, Forum Putera Lamongan Minta Perantau Tak Mudik!

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia

3. Mendagri Tegaskan Pesan Jokowi ke Anies: Lockdown Jakarta Kewenangan Pusat!

4. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

5. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

6. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

7. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

8. Kebijakan Lockdown India Berujung Kacau!

9. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

10. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.