Gokil! 6 Orang Indonesia Ini Punya Nama yang Unik
Soal Cairan yang Diduga Bakar Kejagung, Ini Kata Peneliti LIPI!
Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir 1,5 Meter?

 
loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
 
18-09-2020 19:32:38 - Dibaca 338 Kali
 
 
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Sumber Foto : cnbcindonesia.com
 
loading...
 
Dampak pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sudah dirasakan langsung oleh pengusaha di sektor restoran. Akibat adanya aturan larangan dine in atau makan di tempat, banyak restoran yang memilih untuk menutup tempatnya sekalian. Dampaknya ratusan ribu pekerja harus dirumahkan.

"Dari teman-teman yang di mal Langsung tutup saja, nggak terima take away. Mana ada orang masuk mal naik ke atas, cuma take away, nggak ada. Langsung tutup saja. Jadi beberapa nggak operation sama sekali," kata Wakil Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) bidang Restoran Emil Arifin kepada CNBC Indonesia, Jumat (18/9).
 
 


Jika harus memaksakan untuk tetap beroperasi tetap bisa, namun biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan pendapatan yang dihasilkan. Pasalnya, berkaca pada PSBB pertama kalinya pada April lalu, penjualan hanya menyentuh di angka 10% dari kondisi normal. Sementara beban yang harus dibayar yakni mulai upah karyawan hingga beban operasional yang bertambah.

"Kalau restoran dibentuk sama orang untuk dine in. Supaya merasakan desainnya, ambience interior sedemikian rupa nyaman. Kalau nggak dibuka abis deh," katanya.

Meski telah dikurangi oleh beban lain, namun biaya untuk sewa juga tak kalah berat. Bagi restoran yang sekaligus membayar untuk sistem tahunan itu menjadi beban yang harus ditanggung di tengah pendapatan yang lesu.


"Itu yang jadi masalah dengan tempat penyewaan. Kalau stand alone di jalan-jalan, tidak di mal udah risiko bayar sewa sekali 3 tahun atau sekali 5 tahun. Tiga bulan nggak dibuka risiko dia. Kalau di mal bayar tiap bulan dispute lagi dengan mal," sebutnya.

Emil sempat mengungkapkan ada ratusan ribu pegawai restoran harian yang terdampak oleh pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Tidak diizinkannya dine-in atau makan di tempat diprediksi bakal menurunkan angka penjualan sehingga pegawai kena dampak, kena kebijakan dirumahkan oleh perusahaan.

"Yang kena dampak langsung dari pekerja restoran adalah sekitar 400.000-an pekerja harian dirumahkan, jika mereka perkirakan PSBB ini panjang. Mereka akan pergi ke daerah sekitar DKI Jakarta. Ini akan berdampak ke daerah Bodetabek. Kemungkinan besar dalam mencari pekerjaannya mereka tertular Covid akibatnya yang terkena Kasus Covid malah bertambah," kata Emil, Kamis (17/9).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul: Pilih Tutup Gerai, Restoran Rumahkan 400 Ribu Karyawan
 
Sumber : cnbcindonesia.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Amankan Libur Panjang, Polda Metro Jaya Terjunkan 749 Personel!

(24-10-2020 19:06:13 - Dibaca 77 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Anies Ingin 7 Infrastruktur DKI Didanai Utang Dana PEN?

(23-10-2020 17:31:34 - Dibaca 213 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Penanggulangan Banjir, DKI Anggarkan Rp780 Miliar Untuk Pembebasan Lahan?

(22-10-2020 18:57:52 - Dibaca 109 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Imbas Demo Omnibus Law Hari Ini, TransJakarta Alihkan Rute!

(22-10-2020 10:17:04 - Dibaca 88 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Antisipasi Demo Ricuh, DKI Siagakan 30 Ambulans?

(20-10-2020 15:37:50 - Dibaca 94 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Empat Wilayah Ini Diterjang Banjir Gegara Hujan Deras Guyur Jakarta!

(19-10-2020 19:30:07 - Dibaca 166 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Pemprov DKI Dinilai Pimpinan DPRD Tak Serius Menangani Banjir!

(19-10-2020 19:24:31 - Dibaca 157 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Ahli UI Sebut Narasi Anies soal Banjir Menyesatkan, Ini Kata Wagub DKI!

(19-10-2020 19:04:36 - Dibaca 246 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Ahli UI Sebut Narasi Anies Soal Banjir Menyesatkan!

(19-10-2020 18:59:24 - Dibaca 386 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Puluhan Warga Bantaran Dipindah ke Rusun Karena Kali Rawa Rengas Akan Dinormalisasi?

(19-10-2020 14:09:01 - Dibaca 99 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Ada 3 Ruas Jalan di Jakarta Barat Masih Tergenang Air!

(17-10-2020 10:22:29 - Dibaca 124 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Ini Kata Anies Soal Banyak Pelajar Ikut Demo Tolak Omnibus Law

(15-10-2020 10:34:55 - Dibaca 204 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Gokil! 6 Orang Indonesia Ini Punya Nama yang Unik

(25-10-2020 10:07:55 - Dibaca 10 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Soal Cairan yang Diduga Bakar Kejagung, Ini Kata Peneliti LIPI!

(25-10-2020 08:01:27 - Dibaca 70 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir 1,5 Meter?

(25-10-2020 07:54:06 - Dibaca 76 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Polda Riau Tembak Oknum Polisi yang Jadi Kurir Sabu-sabu 16 Kg!

(24-10-2020 20:33:37 - Dibaca 189 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Soal Kompol IZ yang Jadi Kurir Sabu, Ini Respons Tegas Kapolda Riau!

(24-10-2020 20:23:58 - Dibaca 118 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Keluarga Gus Nur Minta Keadilan Bisa Ditegakkan?

(24-10-2020 19:14:32 - Dibaca 338 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Amankan Libur Panjang, Polda Metro Jaya Terjunkan 749 Personel!

(24-10-2020 19:06:13 - Dibaca 77 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Putra Kedua Raja Brunei Darussalam Meninggal Dunia!

(24-10-2020 18:34:38 - Dibaca 354 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Unik! Nama Perempuan di Kota Probolinggo Ini Patah Hati?

(24-10-2020 18:25:19 - Dibaca 106 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi Saat Perut Masih Kosong dan Rasakan 5 Manfaat Ini pada Tubuh Anda!

(24-10-2020 17:47:26 - Dibaca 415 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Palestina Kecam Kesepakatan Normalisasi Hubungan Sudan-Israel

(24-10-2020 10:05:22 - Dibaca 70 Kali)

Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
Sudan dan Israel Sepakat Normalisasi Hubungan?

(24-10-2020 09:58:48 - Dibaca 69 Kali)

Polda Riau Tembak Oknum Polisi yang Jadi Kurir Sabu-sabu 16 Kg!
Soal Kompol IZ yang Jadi Kurir Sabu, Ini Respons Tegas Kapolda Riau!
Keluarga Gus Nur Minta Keadilan Bisa Ditegakkan?

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.