Polisi Ciduk Remaja di Sulsel Usai Cabuli Anak di Bawah Umur di Kuburan?
Keji! Saksi Mata Ungkap Detik-detik Kekejaman Teroris MIT Poso Penggal Warga
Tak Terima Ditegur Majikan, Seorang ART Tega Aniaya Majikan?

 
loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
 
25-03-2021 19:29:08 - Dibaca 273 Kali
 
 
Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Pengamen ondel-ondel atau ondel-ondel jalanan biasanya digerakkan remaja. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
 
loading...
 
Langit Jakarta sudah gelap saat Iqbal (12) dan Rasya (15) duduk di pinggir jalanan, Jatipadang, Jakarta Selatan, Rabu (24/3) malam. Raut lelah terlukis di wajah dua remaja itu, maklum seharian harus menari dengan ondel-ondel yang mereka bawa berkeliling di jalanan.

Di bawah sorot remang lampu jalanan, Iqbal sibuk menghitung hasil mengamen ondel-ondel hari itu saat CNNIndonesia.com temui. Lembar demi lembar ia keluarkan dari ember bekas cat tembok. Malam itu, mereka mengantongi uang receh berjumlah kira-kira Rp50 ribu.

Penghasilan tak seberapa melengkapi gelisah dan kegundahan hari itu, karena dari perbincangan di aplikasi gawai mereka baru tahu bahwa Pemprov DKI kembali menghidupkan wacana lama: melarang ondel-ondel jalanan.
 
 


Beruntungnya, hari itu mereka tak berpapasan dengan Satpol PP yang merazia ondel-ondel dan pengamen jalanan.

"Sedih sih, tapi lanjut saja selama enggak ada yang nyetop," ucap Rasya.

Iqbal mengangguk sebagai tanda sepakat dengan tuturan kalimat yang meluncur dari temannya tersebut.

Iqbal dan Rasya mengaku telah mengaspal sebagai pengamen ondel-ondel sejak dua tahun lalu. Mereka mengaku tak dilarang orang tua saat memutuskan membawa ondel-ondel ke jalanan. Bahkan, Rasya menyebut orang tuanya juga melakukan profesi serupa.

Bukan hanya itu, kata Rasya, mereka pun tergabung dalam sanggar seni budaya Betawi. Di masa ramai gelaran atau musim pesta, terkadang ada saja yang menggunakan jasa ondel-ondel dari sanggar yang menaunginya untuk memeriahkan acara.


Semula, Rasya bergabung dengan sanggar seni budaya bernama Sanggar Gotongroyong pada 2016. Di sanggar itu, kecintaan Rasya terhadap ondel-ondel mulai tumbuh.

Tiga tahun berselang, sanggar itu bubar. Rasya dan kawan-kawan kemudian sepakat untuk membangun wadah baru bagi mereka, yang diberi nama Sanggar Bintang Ragunan (SBR).

Ada 13 orang anak yang bergabung dalam sanggar itu. Semuanya aktif menjadikan ondel-ondel sebagai alat untuk mengamen.

Di sudut lain Jakarta, masih di hari yang sama, Operasi Asih-Asuh Satpol PP di Jakarta Timur menjaring seorang remaja pengamen yang menggunakan kaos bertuliskan salah satu sanggar.

CNNIndonesia.com belum sempat berbincang lebih intens dengan remaja berkaos Sanggar Rifki Betawi dengan dua wajah ondel-ondel itu karena keburu diangkut ke dalam mobil khusus Satpol PP.

"[Tolong] Bilangin emak gua," kata remaja itu ke salah satu temannya yang berada di mulut gang di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, Rabu sore.

Satpol PP DKI Jakarta Timur mengerahkan 200 petugas untuk melakukan razia. Hari itu setidaknya ada 13 rombongan ondel-ondel jalanan yang diamankan.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Nestapa Pengamen Ondel-ondel Bertahan Hidup di Jakarta
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Pemprov DKI Sebut Tak Kenal dengan Mafia Karantina Pensiunan Disparekraf???

(29-04-2021 10:55:05 - Dibaca 325 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Anies Pamer Pembangunan DKI Jakarta ke Sekjen PBB???

(17-04-2021 21:13:07 - Dibaca 1.083 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?

(14-04-2021 08:37:11 - Dibaca 550 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

(14-04-2021 08:20:50 - Dibaca 416 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M

(12-04-2021 17:15:17 - Dibaca 784 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Soal Pembayaran Alat Damkar Kelebihan Rp 6,5 M, Ini Kata Pemprov DKI!

(12-04-2021 16:42:29 - Dibaca 1.040 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
BPK Temukan Kejanggalan Pembayaran Alat Damkar DKI, Kelebihan Rp 6,5 Miliar?

(12-04-2021 16:29:50 - Dibaca 1.445 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Soal Prasasti Sepeda di Jakarta, Akankah Bernasib Seperti Getih Getah dan Batu Gabion?

(10-04-2021 20:03:09 - Dibaca 3.697 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Soal Pedemo Anies, Wagub DKI: Jangan Asal Bicara!

(08-04-2021 09:15:51 - Dibaca 397 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Anies Nonaktifkan Kepala BPBJ Karena Diduga Lakukan Pelecehan Seksual?

(29-03-2021 18:13:21 - Dibaca 219 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Ini Alasan Anies Tak Kerahkan Robot Pemadam ke Matraman

(25-03-2021 14:52:04 - Dibaca 176 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Jakpro Masih Cari Lokasi Lain Untuk Formula E?

(23-03-2021 23:27:08 - Dibaca 345 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Polisi Ciduk Remaja di Sulsel Usai Cabuli Anak di Bawah Umur di Kuburan?

(18-05-2021 21:50:05 - Dibaca 88 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Keji! Saksi Mata Ungkap Detik-detik Kekejaman Teroris MIT Poso Penggal Warga

(18-05-2021 16:23:44 - Dibaca 259 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Tak Terima Ditegur Majikan, Seorang ART Tega Aniaya Majikan?

(18-05-2021 15:15:40 - Dibaca 100 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Diserang OTK di Yahukimo Papua, Satu Anggota TNI Gugur!

(18-05-2021 14:51:39 - Dibaca 441 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Air Hidup: Penjagaan Malaikat Tuhan

(18-05-2021 10:13:29 - Dibaca 130 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Waduh! Pengelola Centro Dinyatakan Pailit?

(18-05-2021 09:54:51 - Dibaca 114 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Soal Guru Ngaji Perkosa Murid di Masjid Bekasi, PBNU Minta Dihukum Berat!

(18-05-2021 09:43:01 - Dibaca 661 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Jaksa Tuntut Rizieq 2 Tahun Penjara Kasus Kerumunan Petamburan?

(17-05-2021 21:00:10 - Dibaca 509 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Eric Clapton Ungkap Reaksi Parah Vaksin AstraZeneca Pada Dirinya!

(17-05-2021 20:49:21 - Dibaca 174 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Polisi Amankan Pengemudi Mobil yang Pakai Plat Nomor Dinas Polri Palsu

(17-05-2021 16:28:39 - Dibaca 193 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Kronologi Tahanan BNN Sumut Kabur: Siram Air Cabai dan Keroyok Petugas?

(17-05-2021 14:45:26 - Dibaca 108 Kali)

Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!
Lima Tahanan BNN Sumut Kabur Bersenjatakan Air Cabai?

(17-05-2021 14:38:17 - Dibaca 132 Kali)

Diserang OTK di Yahukimo Papua, Satu Anggota TNI Gugur!
Air Hidup: Penjagaan Malaikat Tuhan
Waduh! Pengelola Centro Dinyatakan Pailit?

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN BOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE
POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.