Polisi Ciduk Remaja di Sulsel Usai Cabuli Anak di Bawah Umur di Kuburan?
Keji! Saksi Mata Ungkap Detik-detik Kekejaman Teroris MIT Poso Penggal Warga
Tak Terima Ditegur Majikan, Seorang ART Tega Aniaya Majikan?

 
loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
 
12-04-2021 17:15:17 - Dibaca 784 Kali
 
 
Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI mengalokasikan anggaran Belanja Modal pada tahun 2019 untuk program Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan. Alat-alat yang dibeli terbilang modern dengan harga yang fantastis.

Dalam hasil laporan pemeriksaan atas laporan keuangan Pemprov DKI Jakarta Tahun 2019 yang dilakukan BPK, pembayaran yang dilakukan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI kelebihan sampai Rp 6,5 miliar. Kelebihan pembayaran itu atas pengadaan empat paket mobil pemadam. Empat paket yang disebutkan itu adalah unit submersible, unit quick response, unit penanggulangan kebakaran pada sarana transportasi massal, serta unit pengurai material kebakaran.

"Hasil pemeriksaan atas pembayaran item pekerjaan diketahui bahwa harga riil pembelian barang atas empat paket pekerjaan berdasarkan bukti pembayaran lebih rendah dari harga kontrak yang telah dibayarkan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan," demikian laporan BPK, seperti dilihat, Senin (12/4/2021).
 
 


Berikut ini rincian dari BPK:

1. Unit Submersible
Harga riil: Rp 9 miliar
Nilai kontrak: Rp 9,7 miliar
selisih: Rp 761 juta

2. Unit Quick Response
Harga riil: Rp 36 miliar
Nilai kontrak: Rp 39 miliar
selisih: Rp 3,4 miliar

3. Unit Penanggulangan Kebakaran pada Sarana Transportasi Massal
Harga riil: Rp 7 miliar
Nilai kontrak: Rp 7,8 miliar
selisih: Rp 844 juta

4. Unit Pengurai Material
Harga riil: Rp 32 miliar
Nilai kontrak: Rp 33 miliar
selisih: Rp 1,4 miliar

Jika ditotal, selisihnya atau kelebihan pembayarannya adalah Rp 6,5 miliar.


Lantas, seperti apa alat yang dibeli Damkar DKI?

Dalam laporan BPK itu, dijabarkan khususnya unit pengurai material, di mana komponen yang dibeli merupakan aksesori mesin utama MVF-5 U3. Harga riil untuk pengadaan alat itu total Rp 32 miliar, sedangkan nilai kontak yang sudah dibayarkan itu Rp 33,4 miliar.

"Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat indikasi kerugian daerah minimal senilai Rp1.433.702.418,00 (Rp33.490.295.500 - Rp32.056.593.082) yang terjadi karena selisih antara penerimaan bersih perusahaan dengan pengeluaran riil perusahaan," tulis BPK.

Terkait MVF-5 U3, alat itu merupakan robot yang digunakan untuk area terowongan MRT dan LRT serta lokasi-lokasi yang berbahaya. Saat ada kebakaran di lokasi yang berbahaya, seperti pabrik bahan kimia, robot tersebut akan digunakan.

Kepala Dinas PKP DKI Jakarta Satriadi Gunawan sempat menyampaikan pihaknya membeli robot itu senilai Rp 32 miliar.

"Anggarannya Rp 37 miliar, cuma kan kontraknya 32 (Rp 32 miliar). Anggaran yang dikontrak (robot itu dibeli seharga) Rp 32 miliar," tegasnya, Kamis (13/2/2020).

Lalu ada juga LUF 60. Robot ini lebih kecil dibanding MVF-5 U3. Bentuk robot ini seperti ekskavator kecil dengan lingkaran di bagian atasnya. Untuk pengadaan alat ini, nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sebesar Rp 8,8 miliar. Sementara harga riilnya Rp 7 miliar.



Lalu setelah hasil pemeriksaan, nilai kontrak yang sudah dibayarkan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan menjadi Rp 7,8 miliar, sedangkan harga riilnya Rp 7 miliar.

Atas permasalahan tersebut Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan menyampaikan akan melakukan proses lelang lebih cermat.

"Terkait permasalahan atas penentuan HPS tidak wajar, kami menyampaikan terima kasih atas koreksinya dan akan berusaha untuk lebih cermat lagi ke depannya dalam menentukan dan menyusun HPS sesuai ketentuan yang berlaku," demikian pernyataan kepala dinas dalam dokumen BPK.

"Atas kelebihan pembayaran, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan akan menyampaikan kepada penyedia pelaksana kegiatan untuk dipertanggungjawabkan/ditindaklanjuti," lanjut dia.

BPK juga merekomendasikan kepada Gubernur DKI Anies Baswedan untuk menginstruksikan Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan mempertanggungjawabkan kelebihan pembayaran dan menyetorkannya ke kas daerah.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Pemprov DKI Sebut Tak Kenal dengan Mafia Karantina Pensiunan Disparekraf???

(29-04-2021 10:55:05 - Dibaca 325 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Anies Pamer Pembangunan DKI Jakarta ke Sekjen PBB???

(17-04-2021 21:13:07 - Dibaca 1.083 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?

(14-04-2021 08:37:11 - Dibaca 550 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

(14-04-2021 08:20:50 - Dibaca 416 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Soal Pembayaran Alat Damkar Kelebihan Rp 6,5 M, Ini Kata Pemprov DKI!

(12-04-2021 16:42:29 - Dibaca 1.040 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
BPK Temukan Kejanggalan Pembayaran Alat Damkar DKI, Kelebihan Rp 6,5 Miliar?

(12-04-2021 16:29:50 - Dibaca 1.445 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Soal Prasasti Sepeda di Jakarta, Akankah Bernasib Seperti Getih Getah dan Batu Gabion?

(10-04-2021 20:03:09 - Dibaca 3.697 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Soal Pedemo Anies, Wagub DKI: Jangan Asal Bicara!

(08-04-2021 09:15:51 - Dibaca 397 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Anies Nonaktifkan Kepala BPBJ Karena Diduga Lakukan Pelecehan Seksual?

(29-03-2021 18:13:21 - Dibaca 219 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!

(25-03-2021 19:29:08 - Dibaca 272 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Ini Alasan Anies Tak Kerahkan Robot Pemadam ke Matraman

(25-03-2021 14:52:04 - Dibaca 176 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Jakpro Masih Cari Lokasi Lain Untuk Formula E?

(23-03-2021 23:27:08 - Dibaca 345 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Polisi Ciduk Remaja di Sulsel Usai Cabuli Anak di Bawah Umur di Kuburan?

(18-05-2021 21:50:05 - Dibaca 88 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Keji! Saksi Mata Ungkap Detik-detik Kekejaman Teroris MIT Poso Penggal Warga

(18-05-2021 16:23:44 - Dibaca 259 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Tak Terima Ditegur Majikan, Seorang ART Tega Aniaya Majikan?

(18-05-2021 15:15:40 - Dibaca 100 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Diserang OTK di Yahukimo Papua, Satu Anggota TNI Gugur!

(18-05-2021 14:51:39 - Dibaca 441 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Air Hidup: Penjagaan Malaikat Tuhan

(18-05-2021 10:13:29 - Dibaca 130 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Waduh! Pengelola Centro Dinyatakan Pailit?

(18-05-2021 09:54:51 - Dibaca 114 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Soal Guru Ngaji Perkosa Murid di Masjid Bekasi, PBNU Minta Dihukum Berat!

(18-05-2021 09:43:01 - Dibaca 661 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Jaksa Tuntut Rizieq 2 Tahun Penjara Kasus Kerumunan Petamburan?

(17-05-2021 21:00:10 - Dibaca 508 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Eric Clapton Ungkap Reaksi Parah Vaksin AstraZeneca Pada Dirinya!

(17-05-2021 20:49:21 - Dibaca 174 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Polisi Amankan Pengemudi Mobil yang Pakai Plat Nomor Dinas Polri Palsu

(17-05-2021 16:28:39 - Dibaca 193 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Kronologi Tahanan BNN Sumut Kabur: Siram Air Cabai dan Keroyok Petugas?

(17-05-2021 14:45:26 - Dibaca 108 Kali)

Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M
Lima Tahanan BNN Sumut Kabur Bersenjatakan Air Cabai?

(17-05-2021 14:38:17 - Dibaca 132 Kali)

Diserang OTK di Yahukimo Papua, Satu Anggota TNI Gugur!
Air Hidup: Penjagaan Malaikat Tuhan
Waduh! Pengelola Centro Dinyatakan Pailit?

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN BOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE
POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.