Messi dan Ronaldo Kompak Mandul Gol?
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

loading...
 

Sarangberita.com > Jakarta
 
Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
 
17-06-2021 08:37:08 - Dibaca 612 Kali
 
 
Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Pengamat tata kota menyebut jalur sepeda tak perlu diberi pagar pembatas, seperti yang dibangun di jalur sepeda Jalan Sudirman-MH. Thamrin, Jakarta Pusat. Ilustrasi (CNN Indonesia/ Adi Maulana)
 
 
Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Nirwono Yoga mengatakan jalur sepeda harus disediakan di jalan raya mengacu Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Namun, kata Nirwono, jalur sepeda yang dibangun tak perlu diberi pagar pembatas, seperti yang dibangun di jalur sepeda Jalan Jenderal Sudirman-MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

"Jalur sepeda sepanjang 63 km sebenarnya awal yang bagus dari target 500 km ke depan. Namun pembangunan pagar pembatas permanen (beton) seperti jalur sepeda Sudirman-Thamrin tidak diperlukan," kata Nirwono kepada CNNIndonesia.com, Rabu (16/6).

Nirwono berpendapat pagar pembatas pada jalur sepeda Sudirman-Thamrin lebih baik dibongkar. Menurutnya, pagar tersebut tak efektif untuk melindungi pesepeda dan hanya membuang-buang anggaran.

Pemprov DKI Jakarta, kata Nirwono, lebih baik memakai anggaran pagar pembatas jalur sepeda itu untuk membangun jalur-jalur sepeda di beberapa ruas jalan lainnya.

"Pagar pembatas permanen memang sebaiknya dibongkar karena tidak efektif dan pemborosan anggaran," ujarnya.

"Apalagi Monumen Sepeda juga tidak diperlukan. Lebih baik digunakan untuk membangun infrastruktur pesepeda secara menyeluruh," kata Nirwono melanjutkan.


Lebih lanjut, Nirwono menyatakan jalur sepeda harus tetap ada. Di sisi lain, kata dia, Pemprov DKI harus mengedukasi masyarakat terkait bersepeda.

"Maka yang harus dibangun dan benar adalah bagaimana mendorong masyarakat memiliki budaya bersepeda, di mana sepeda sebagai alat transporstasi aktivitas harian," katanya.

Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahadiansyah sependapat bahwa jalur sepeda harus tetap ada sebagaimana diatur dalam UU 22/2009. Meskipun demikian, ia meminta pembangunan jalur sepeda tak perlu diistimewakan.






"Tidak perlu diperlebar, diperluas, dibatasi atau dihilangkan. Jangan sampai jalur satu mengurangi hak-hak lain. Enggak perlu juga berlebihan nanti ada diskriminasi," kata Trubus kepada CNNIndonesia.com, Rabu (16/6).

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni mengusulkan pembongkaran jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku setuju atas usulan tersebut.

"Kami setuju masalah yang permanen itu dibongkar saja," kata Listyo dalam Rapat Kerja di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (16/6).

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengaku bakal mempertimbangkan semua masukan, termasuk usulan pembongkaran jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Pakar Tata Kota: Pagar Beton Jalur Sepeda Baiknya Dibongkar
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir

(14-09-2021 09:33:05 - Dibaca 616 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Anies Usul WNA Pencari Suaka Divaksin COVID, Kemenkes Tegaskan WNI Prioritas!

(11-08-2021 07:37:46 - Dibaca 621 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Soal Kelebihan Bayar Gaji PNS, Ini Pembelaan Wagub DKI!

(07-08-2021 06:23:10 - Dibaca 740 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Anies Setop Bayar Formula E, Bagaimana Nasib Duit yang Sudah Disetor?

(05-08-2021 17:50:18 - Dibaca 1.000 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Ini Lokasi Samsat Keliling di Jakarta dan Sekitarnya Hari Ini

(17-07-2021 09:27:00 - Dibaca 483 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
1 Juta Warga DKI Dapat Bansos Tunai Rp600.000, Ini Jadwal Pencairannya

(15-07-2021 07:09:45 - Dibaca 470 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Anies Marah saat Sidak Kantor Bandel WFO di Jakarta?

(06-07-2021 13:06:47 - Dibaca 476 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Pemprov DKI Surati Dubes Minta Sumbangan Covid-19..???

(02-07-2021 08:06:31 - Dibaca 465 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
DKI Pecah Rekor Covid-19 Harian, 224 di Antaranya Balita

(21-06-2021 08:34:32 - Dibaca 895 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
DKI Pecah Rekor Covid-19 Tiga Hari Beruntun?

(20-06-2021 07:53:40 - Dibaca 711 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Corona di DKI Menggila, Anies Bakal Bubarkan Kerumunan di Atas 5 Orang?

(18-06-2021 20:34:53 - Dibaca 644 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Soal Pembongkaran Jalur Sepeda, Bike To Work Sebut Lawan UU?

(17-06-2021 08:29:32 - Dibaca 528 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Messi dan Ronaldo Kompak Mandul Gol?

(25-10-2021 06:24:28 - Dibaca 244 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!

(21-10-2021 11:30:14 - Dibaca 301 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

(21-10-2021 11:11:33 - Dibaca 443 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?

(19-10-2021 20:19:44 - Dibaca 628 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?

(19-10-2021 13:21:55 - Dibaca 1.534 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

(19-10-2021 13:04:52 - Dibaca 803 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!

(17-10-2021 09:35:53 - Dibaca 530 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Ini Jadwal Final Piala Thomas Indonesia Vs China Nanti Malam!

(17-10-2021 09:25:03 - Dibaca 849 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Ini Harga Ban Tanpa Udara yang Diperkirakan Bakal Dipasarkan 2024!

(14-10-2021 12:33:22 - Dibaca 970 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Ini Daftar Profesi Manusia yang Terancam Punah, Digantikan Robot?

(14-10-2021 11:47:00 - Dibaca 615 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?

(13-10-2021 06:57:07 - Dibaca 931 Kali)

Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!
Luar Biasa! Sri Mulyani Kembali Raih Penghargaan Internasional

(13-10-2021 05:48:42 - Dibaca 607 Kali)

JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.