Messi dan Ronaldo Kompak Mandul Gol?
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

loading...
 

Sarangberita.com > Jakarta
 
Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
 
14-09-2021 09:33:05 - Dibaca 616 Kali
 
 
Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Ilustrasi Banjir. (Foto : J Lloa/Pixabay)
 
 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menetapkan DKI Jakarta sebagai salah satu wilayah dengan status level siaga banjir selama tiga hari, mulai dari 13-15 September 2021.

BMKG memprediksi akan ada cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir atau tanah longsor. Level siaga ditetapkan berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak oleh BMKG.

Total ada empat Provinsi berstatus siaga bencana. Selain Jakarta, BMKG turut mencatat Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur dalam daftar ini.

"Potensi dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang dan atau tanah longsor dari cuaca ekstrem hingga tiga hari ke depan yakni tanggal 15 September 2021 untuk level siaga berada di wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur," kata Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan tertulis, Selasa (14/9).

Dalam analisisnya, BMKG mengatakan bahwa fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin mulai terpantau aktif di wilayah Indonesia hingga sepekan ke depan.

Diketahui, fenomena tersebut merupakan dinamika atmosfer yang mengindikasikan potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah aktif yang dilewatinya.


Menurut BMKG, prakiraan cuaca hujan di sekitar wilayah Indonesia juga terpantau berdasarkan tingginya kelembaban udara hingga sepekan ke depan di beberapa wilayah.

"Suhu muka laut dan anomali suhu muka laut juga terpantau masih hangat di sebagian besar perairan di Indonesia, yang mendukung peningkatan suplai uap air sebagai sumber pembentukan awan-awan hujan. Kondisi tersebut juga didukung oleh masih tingginya kelembaban udara," jelas dia.

Oleh sebab itu, kata dia, setidaknya akan terdapat 27 Provinsi di wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat dan dapat disertai kilat atau petir hingga nagin kencang pada periode 133 hingga 20 September 2021.

BMKG mengingatkan agar masyarakat dapat waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode seminggu mendatang. Beberapa bencana alam juga diprediksi dapat terjadi akibat cuaca ekstrem.

"berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," tandasnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Anies Usul WNA Pencari Suaka Divaksin COVID, Kemenkes Tegaskan WNI Prioritas!

(11-08-2021 07:37:46 - Dibaca 621 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Soal Kelebihan Bayar Gaji PNS, Ini Pembelaan Wagub DKI!

(07-08-2021 06:23:10 - Dibaca 740 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Anies Setop Bayar Formula E, Bagaimana Nasib Duit yang Sudah Disetor?

(05-08-2021 17:50:18 - Dibaca 999 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Ini Lokasi Samsat Keliling di Jakarta dan Sekitarnya Hari Ini

(17-07-2021 09:27:00 - Dibaca 483 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
1 Juta Warga DKI Dapat Bansos Tunai Rp600.000, Ini Jadwal Pencairannya

(15-07-2021 07:09:45 - Dibaca 469 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Anies Marah saat Sidak Kantor Bandel WFO di Jakarta?

(06-07-2021 13:06:47 - Dibaca 475 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Pemprov DKI Surati Dubes Minta Sumbangan Covid-19..???

(02-07-2021 08:06:31 - Dibaca 464 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
DKI Pecah Rekor Covid-19 Harian, 224 di Antaranya Balita

(21-06-2021 08:34:32 - Dibaca 895 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
DKI Pecah Rekor Covid-19 Tiga Hari Beruntun?

(20-06-2021 07:53:40 - Dibaca 711 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Corona di DKI Menggila, Anies Bakal Bubarkan Kerumunan di Atas 5 Orang?

(18-06-2021 20:34:53 - Dibaca 644 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!

(17-06-2021 08:37:08 - Dibaca 611 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Soal Pembongkaran Jalur Sepeda, Bike To Work Sebut Lawan UU?

(17-06-2021 08:29:32 - Dibaca 527 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Messi dan Ronaldo Kompak Mandul Gol?

(25-10-2021 06:24:28 - Dibaca 244 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!

(21-10-2021 11:30:14 - Dibaca 301 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

(21-10-2021 11:11:33 - Dibaca 442 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?

(19-10-2021 20:19:44 - Dibaca 628 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?

(19-10-2021 13:21:55 - Dibaca 1.534 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

(19-10-2021 13:04:52 - Dibaca 803 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!

(17-10-2021 09:35:53 - Dibaca 530 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Ini Jadwal Final Piala Thomas Indonesia Vs China Nanti Malam!

(17-10-2021 09:25:03 - Dibaca 849 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Ini Harga Ban Tanpa Udara yang Diperkirakan Bakal Dipasarkan 2024!

(14-10-2021 12:33:22 - Dibaca 970 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Ini Daftar Profesi Manusia yang Terancam Punah, Digantikan Robot?

(14-10-2021 11:47:00 - Dibaca 615 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?

(13-10-2021 06:57:07 - Dibaca 931 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Luar Biasa! Sri Mulyani Kembali Raih Penghargaan Internasional

(13-10-2021 05:48:42 - Dibaca 607 Kali)

JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.