Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Jakarta
 
Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
 
14-09-2021 09:33:05 - Dibaca 916 Kali
 
 
Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Ilustrasi Banjir. (Foto : J Lloa/Pixabay)
 
 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menetapkan DKI Jakarta sebagai salah satu wilayah dengan status level siaga banjir selama tiga hari, mulai dari 13-15 September 2021.

BMKG memprediksi akan ada cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir atau tanah longsor. Level siaga ditetapkan berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak oleh BMKG.

Total ada empat Provinsi berstatus siaga bencana. Selain Jakarta, BMKG turut mencatat Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur dalam daftar ini.

"Potensi dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang dan atau tanah longsor dari cuaca ekstrem hingga tiga hari ke depan yakni tanggal 15 September 2021 untuk level siaga berada di wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur," kata Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan tertulis, Selasa (14/9).

Dalam analisisnya, BMKG mengatakan bahwa fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin mulai terpantau aktif di wilayah Indonesia hingga sepekan ke depan.

Diketahui, fenomena tersebut merupakan dinamika atmosfer yang mengindikasikan potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah aktif yang dilewatinya.


Menurut BMKG, prakiraan cuaca hujan di sekitar wilayah Indonesia juga terpantau berdasarkan tingginya kelembaban udara hingga sepekan ke depan di beberapa wilayah.

"Suhu muka laut dan anomali suhu muka laut juga terpantau masih hangat di sebagian besar perairan di Indonesia, yang mendukung peningkatan suplai uap air sebagai sumber pembentukan awan-awan hujan. Kondisi tersebut juga didukung oleh masih tingginya kelembaban udara," jelas dia.

Oleh sebab itu, kata dia, setidaknya akan terdapat 27 Provinsi di wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat dan dapat disertai kilat atau petir hingga nagin kencang pada periode 133 hingga 20 September 2021.

BMKG mengingatkan agar masyarakat dapat waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode seminggu mendatang. Beberapa bencana alam juga diprediksi dapat terjadi akibat cuaca ekstrem.

"berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," tandasnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- JAKARTA -
Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Anies Usul WNA Pencari Suaka Divaksin COVID, Kemenkes Tegaskan WNI Prioritas!

(11-08-2021 07:37:46 - Dibaca 866 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Soal Kelebihan Bayar Gaji PNS, Ini Pembelaan Wagub DKI!

(07-08-2021 06:23:10 - Dibaca 988 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Anies Setop Bayar Formula E, Bagaimana Nasib Duit yang Sudah Disetor?

(05-08-2021 17:50:18 - Dibaca 1.386 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Ini Lokasi Samsat Keliling di Jakarta dan Sekitarnya Hari Ini

(17-07-2021 09:27:00 - Dibaca 721 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
1 Juta Warga DKI Dapat Bansos Tunai Rp600.000, Ini Jadwal Pencairannya

(15-07-2021 07:09:45 - Dibaca 696 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Anies Marah saat Sidak Kantor Bandel WFO di Jakarta?

(06-07-2021 13:06:47 - Dibaca 688 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Pemprov DKI Surati Dubes Minta Sumbangan Covid-19..???

(02-07-2021 08:06:31 - Dibaca 734 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
DKI Pecah Rekor Covid-19 Harian, 224 di Antaranya Balita

(21-06-2021 08:34:32 - Dibaca 1.163 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
DKI Pecah Rekor Covid-19 Tiga Hari Beruntun?

(20-06-2021 07:53:40 - Dibaca 904 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Corona di DKI Menggila, Anies Bakal Bubarkan Kerumunan di Atas 5 Orang?

(18-06-2021 20:34:53 - Dibaca 829 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Hanya Buang Anggaran, Pakar Tata Kota Ini Minta Pagar Beton Jalur Sepeda Dibongkar!

(17-06-2021 08:37:08 - Dibaca 880 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Soal Pembongkaran Jalur Sepeda, Bike To Work Sebut Lawan UU?

(17-06-2021 08:29:32 - Dibaca 668 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 1.507 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 1.593 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 1.585 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 1.421 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 1.520 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 1.427 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 957 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 805 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 1.012 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.303 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 1.107 Kali)

Waspada! BMKG Tetapkan Wilayah DKI Jakarta Siaga Banjir
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 1.182 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER

1. Semprot Neno Warisman yang Ajak Publik Boikot Indomaret, Inul: Hatinya Setan!

2. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

3. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

4. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

5. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

8. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.