Anies Sebut Tiongkok Soal Anggaran Bambu, Ini Kritik Tegas Tsamara!
Ada Truk BBM Terbakar di Tol Cawang dan Dilaporkan ada yang Tewas!
Tak Sepakat Dengan Amien Rais, NasDem: Masa Menang Ikut Program yang Kalah?



loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
 
30-12-2018 13:13:15 - Dibaca 271 Kali
 
 
KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
KPK mengatakan bakal mempelajari penerapan pasal hukuman mati kepada para tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) oleh Kementerian PUPR. Penyebabnya ialah salah satu proyek berada di daerah bencana.

"Bagaimana ini bisa di korupsi bahkan ada di daerah yang masih bencana, kita lihat dulu. Apakah masuk kategori pasal 2 (UU Pemberantasan Tipikor) yang korupsi bencana alam yang menyengsarakan hidup orang banyak itu kalau menurut penjelasan pasal 2, itu kan memang bisa dihukum mati, kalau korupsi yang menyengsarakan orang banyak. Nanti kita pelajari dulu, kita belum bisa putuskan ke sana, nanti kalau itu kalau relevan itu," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (30/12/2018).

Dalam pasal 2 UU nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001, disebutkan:



(1) Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonornian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.
(2) Dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu, pidana mati dapat dijatuhkan.

Keadaan tertentu yang dimaksud sebagaimana ditulis dalam bagian penjelasannya ialah:

Pasal 2 ayat (2)
Yang dimaksud dengan "keadaan tertentu" dalam ketentuan ini adalah keadaan yang dapat dijadikan alasan pemberatan pidana bagi pelaku tindak pidana korupsi yaitu apabila tindak pidana tersebut dilakukan terhadap dana-dana yang diperuntukkan bagi penanggulangan keadaan bahaya, bencana alam nasional, penanggulangan akibat kerusuhan sosial yang meluas, penanggulangan krisis ekonomi dan moneter, dan pengulangan tindak pidana korupsi.

Kembali ke kasus dugaan suap proyek SPAM yang diduga dilakukan pejabat PUPR, salah satu suap itu diduga terkait pengadaan pipa HDPE di daerah bencana Donggala, Palu, Sulawesi Tengah. Wilayah tersebut merupakan lokasi bencana gempa dan tsunami beberapa waktu lalu.

"KPK mengecam keras dan sangat prihatin karena dugaan suap ini salah satunya terkait dengan proyek pembangunan SPAM di daerah bencana di Donggala, Palu, Sulawesi Tengah yang baru saja terkena bencana tsunami," ucap Saut.

KPK menetapkan 8 tersangka dalam kasus ini, yakni Anggiat Partunggul Nahot Simaremare, Kepala Satker SPAM Strategis/ PPK SPAM Lampung, Meina Woro Kustinah, PPK SPAM Katulampa, Teuku Moch Nazar, Kepala Satker SPAM Darurat, Donny Sofyan Arifin, PPK SPAM Toba 1 sebagai tersangka penerima. Kemudian, Budi Suharto, Dirut PT WKE, Lily Sundarsih, Direktur PT WKE, Irene Irma, Direktur PT TSP, dan Yuliana Enganita Dibyo, Direktur PT TSP sebagai tersangka pemberi.

Total suap yang diduga para pejabat Kementerian PUPR itu ialah Rp 5,3 miliar, USD 5 ribu dan SGD 22.100. Duit itu diduga merupakan bagian fee 10 persen dari total nilai proyek Rp 429 miliar yang didapat oleh kedua perusahaan itu.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana, KPK Pelajari Hukuman Mati
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?

(17-07-2019 19:45:36 - Dibaca 176 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Ratna Sarumpaet Ajukan Banding Kasus Hoaks!

(17-07-2019 19:41:07 - Dibaca 116 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Terbukti Terima Suap, Hakim Vonis Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan 6 Tahun Bui!

(15-07-2019 13:46:49 - Dibaca 222 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Hakim Vonis 2 Tahun Penjara, Ini Kata Ratna Sarumpaet!

(12-07-2019 08:56:47 - Dibaca 249 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Hakim Vonis Bahar bin Smith Separuh dari Tuntutan Jaksa, Mengapa?

(09-07-2019 20:16:47 - Dibaca 267 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Terkait Kasus Suap Proyek Bakamla, Inneke Koesherawati Diperiksa KPK!

(08-07-2019 12:15:34 - Dibaca 225 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Pemilik Akun Hina Jokowi Mumi Protes Karena Dikenai Pasal Tambahan!

(06-07-2019 14:32:24 - Dibaca 455 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Polisi Ciduk 9 Orang Penyerang Asrama Brimob dalam Kerusuhan 21-22 Mei!

(05-07-2019 18:11:14 - Dibaca 274 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!

(04-07-2019 20:12:29 - Dibaca 335 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Hina Jokowi Mumi, Ini Pengakuan Pemilik Akun Saat Diperiksa Polisi!

(02-07-2019 14:44:19 - Dibaca 532 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Jerat Penghina Jokowi Mumi di Medsos, Polisi Gandeng Ahli IT!

(02-07-2019 14:39:24 - Dibaca 1.195 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
KPK Tahan Tersangka yang Sempat Buron atas Kasus Suap Jaksa!

(01-07-2019 10:39:49 - Dibaca 181 Kali)

 
- BERITA LAIN -
KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Anies Sebut Tiongkok Soal Anggaran Bambu, Ini Kritik Tegas Tsamara!

(21-07-2019 10:12:24 - Dibaca 642 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Ada Truk BBM Terbakar di Tol Cawang dan Dilaporkan ada yang Tewas!

(21-07-2019 10:04:44 - Dibaca 170 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Tak Sepakat Dengan Amien Rais, NasDem: Masa Menang Ikut Program yang Kalah?

(21-07-2019 08:48:13 - Dibaca 226 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Amien Rais Minta Rekonsiliasi Porsi 55:45, Ini Respon Tegas PDIP!

(21-07-2019 08:43:37 - Dibaca 522 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Ketum PAN Klaim Amien Rais Dukung Jokowi, Ini Protes Hanafi Rais!

(20-07-2019 10:30:52 - Dibaca 186 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Soal Pemindahan Ibu Kota, Ahok: Mudah-mudahan Pak Jokowi Pilih Kaltim!

(19-07-2019 05:58:25 - Dibaca 312 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Anies Tunda Sehari Kepulangannya dari Luar Negeri, Buat apa?

(18-07-2019 19:06:51 - Dibaca 136 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Gerindra DKI Bela Anies Soal Instalasi Bambu Rp550 Juta, Mengapa?

(18-07-2019 18:59:01 - Dibaca 281 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Deretan Aksi Begal Payudara di Yogya Makin Panjang!

(18-07-2019 08:22:55 - Dibaca 391 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Instalasi Bambu di Bundaran HI Dibongkar Petugas, Mengapa?

(18-07-2019 08:16:10 - Dibaca 263 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?

(17-07-2019 19:45:36 - Dibaca 176 Kali)

KPK Pelajari Hukuman Mati Untuk Kasus Suap Pejabat PUPR Terkait Proyek Daerah Bencana!
Ratna Sarumpaet Ajukan Banding Kasus Hoaks!

(17-07-2019 19:41:07 - Dibaca 116 Kali)

Amien Rais Minta Rekonsiliasi Porsi 55:45, Ini Respon Tegas PDIP!
Ketum PAN Klaim Amien Rais Dukung Jokowi, Ini Protes Hanafi Rais!
Soal Pemindahan Ibu Kota, Ahok: Mudah-mudahan Pak Jokowi Pilih Kaltim!

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?

10. Gerindra Klaim Kinerja DKI Tetap Baik Walau Anies-Sandi Sibuk Pilpres, Benarkah?




HUKUM & KRIMINAL EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.