Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!



loading...

Sarangberita.com > Hukum
 
Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
 
12-03-2019 12:45:20 - Dibaca 155 Kali
 
 
Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Jaksa Penuntut Umum (JPU) menanggapi nota keberatan pengacara terdakwa Ratna Sarumpaet atas kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (12/3).

Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum, Payaman menyatakan menolak nota keberatan pengacara terdakwa seluruhnya. Ia berpendapat, materi eksepsi melampaui batas ruang lingkup eksepsi atau dengan kata lain telah masuk ke dalam pokok materi perkara.

Karenanya, Payaman meminta Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memberikan putusan sela.

"Menyatakan surat Dakwaan Penuntut Umum register perkara Nomor: PDM-21/JKTSEL/Euh.2/02/2019 tanggal 21 Februari 2019 adalah sah. Dan menyatakan pemeriksaan terhadap perkara ini tetap dilanjutkan," pinta Jaksa.


Sebelumnya, salah satu materi eksepsi yang disampaikan pengacara terdakwa Ratna Sarumpaet, yakni tentang dakwaan JPU. Ia menilai JPU telah keliru menggunakan Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Selain itu, surat dakwaan jaksa tidak cermat, tidak jelas dan tidak lengkap sehingga tak memenuhi pasal 143 huruf b KUHAP.

Dalam tanggapan, JPU justru balik bertanya.

"Apakah surat dakwaan yang tidak cermat atau pengacara terdakwa yang tidak cermat memahami dakwaan," ucap Payaman.

Ia mengatakan, bahwa surat dakwaan yang telah dibacakan dihadapan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sudah diuraikan secara cermat, jelas dan lengkap yang disusun secara alternatif. Dakwaan kesatu Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua Pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Untuk itu kami meminta Majelis hakim menolak materi eksepsi terdakwa," ujar dia.

Persoalan lain yang ditanggapi JPU terkait dakwaan yang dianggap keliru oleh pengacara.

loading...

Saat itu, pengacara pasal menyatakan pasal yang menjerat Ratna Sarumpaet masuk dalam delik materil dan yang diperhatikan dalam hukum tersebut adalah akibat yang terjadi dari suatu perbuatan yakni keonaran. Sementara, pengacara mengatakan, keonaran tidak pernah terjadi.

Menjawab hal itu, Jaksa pun berpandangan, terlalu dini menyatakan perbuatan terdakwa tidak menimbulkan keonaran. Dia kembali bertanya.

"Apakah alasan-alasan yang dibangun masih dalam ruang lingkup keberatan terhadap dakwaan atau justru bentuk penggiringan opini yang sengaja diciptakan guna mempengaruhi proses persidangan yang sedang berlangsung," katanya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul: JPU Tolak Eksepsi Ratna Sarumpaet
 
Sumber : merdeka.com
 
 
 
 
- HUKUM -
Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela

(19-03-2019 09:02:17 - Dibaca 128 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!

(18-03-2019 15:20:54 - Dibaca 699 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Ketum PPP Terjaring OTT KPK, PDIP: Bukti Presiden Jokowi Tak Intervensi Hukum!

(15-03-2019 13:49:01 - Dibaca 473 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!

(13-03-2019 21:14:29 - Dibaca 166 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Ahmad Dhani Mohon Keringan Hakim dan Dikasihani, Mengapa?

(12-03-2019 20:58:45 - Dibaca 116 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Soal Prabowo Digugat Wanprestasi Rp 52 M, Ini Kata BPN!

(09-03-2019 16:18:05 - Dibaca 273 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Terkait Wanprestasi Saham Senilai Rp 52 M, Prabowo Digugat Perdata!

(09-03-2019 16:14:14 - Dibaca 189 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Jadi Tersangka, Dua Samurai Milik Ustaz Jafar Ikut Diamankan Polisi!

(07-03-2019 08:38:52 - Dibaca 795 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Perusakan Rumah Warga, Ustaz Jafar Umar Thalib Jadi Tersangka!

(06-03-2019 17:00:08 - Dibaca 1.200 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Andi Arief Ancam Cabut Gelar Profesornya, Ini Jawaban Brilian Mahfud MD!

(06-03-2019 16:38:40 - Dibaca 798 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Andi Arief Sebut Dirinya Bukan Seorang Kriminal?

(06-03-2019 16:28:49 - Dibaca 114 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Andi Arief Terjerat Narkoba, Keluarga Bakal Ajukan Rehabilitasi!

(05-03-2019 10:48:43 - Dibaca 108 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!

(20-03-2019 09:19:40 - Dibaca 510 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?

(20-03-2019 08:33:19 - Dibaca 385 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(19-03-2019 09:16:55 - Dibaca 488 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela

(19-03-2019 09:02:17 - Dibaca 128 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!

(18-03-2019 15:20:54 - Dibaca 699 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

(18-03-2019 15:09:19 - Dibaca 257 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Habibburakhman Sindir Romi di Areal Debat Cawapres, Mengapa?

(17-03-2019 19:37:49 - Dibaca 152 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Penyebar Berita Skimming Kerabat Prabowo Bakal Dipolisikan BPN?

(17-03-2019 19:20:45 - Dibaca 515 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Survei SMRC Sebut Gap Elektabilitas 01 dan 02 Makin Lebar!

(17-03-2019 19:13:26 - Dibaca 400 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Survei SMRC Ungkap Mayoritas Responden Tak Percaya Hoaks soal Jokowi!

(17-03-2019 19:07:36 - Dibaca 429 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Kerabat Prabowo Kena Kasus Skimming, Ini Kata Gerindra!

(17-03-2019 16:49:39 - Dibaca 417 Kali)

Seluruh Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak JPU!
Diduga Skimming BCA, Kerabat Prabowo Ditangkap Polisi!

(17-03-2019 16:43:35 - Dibaca 401 Kali)

Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

3. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

4. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

5. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

6. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

7. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?

8. Anies Sebut Desain Trotoar era Ahok Cuma Indah di Mata tapi Tak Indah di Hati, Apa maksudnya?

9. Mangkir Dari Panggilan Pertama, Bawaslu DKI Panggil Ulang Fadli Zon dan Neno Soal Munajat 212!

10. Anak Amien Rais ini Sebut Semua yang Dikatakan Ayahnya Berdasarkan Data, Data dari mana?




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.