Gedung Bawaslu Berantakan Akibat Amukan Massa 22 Mei!
Massa di Jatibaru Lempar Petasan ke Helikopter Pemadam Api!
Ini Respons BPN Soal JK Sarankan yang Kalah Temui Pemenang!



loading...

Sarangberita.com > Hukum
 
Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
 
13-03-2019 21:14:29 - Dibaca 204 Kali
 
 
Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Polisi memeriksa mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) terkait kasus dugaan korupsi Bank Jabar Banten Syariah (BJBS). Kasus korupsi yang terjadi ketika Aher jadi orang nomor satu di Jawa Barat ini ditangani Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor).

"Pemeriksaan telah dimulai pukul 13.00 WIB di Gedung Bareskrim Polri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo, Rabu (12/3).

Kasus tersebut terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi pencairan kredit fiktif Bank BJB Syariah yang melibatkan PT Hastuka Sarana Karya (HSK) dan CV Dwi Manunggal Abadi. Kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 548 miliar.

Aher baru rampung diperiksa sekitar pukul 19.30 WIB. Aher mengaku dimintai klarifikasi karena selaku gubernur pada waktu itu merupakan pemegang saham BJB Syariah yang mewakili pemerintah. Ia pun berhak mengusulkan calon direksi.


Kaitannya dengan kasus ini. dua tahun lalu, polisi telah menetapkan YG (Yocie Gusman) selaku Plt Direktur Utama BJB Syariah sebagai tersangka.

"Pemegang sahamnya itu tentu saya sebagai pemenang. Saham pengendali ya, yang berhak mengusulkan calon komisaris, calon direksi kepada komisaris setelah ada proses asessmen kemudian komisaris melanjutkan ke OJK dan dari OJK hasilnya dibawa ke RUPS, lalu dipilihlah Dirut. Itu terkait Bank BJB," ujar Aher kepada para wartawan.

Namun ia pun mengaku tidak mengetahui apapun terkait proses pemberian kredit dan keuangan di BJB Syariah. Ia juga mengaku baru mengetahui tentang kredit macet setelah ada ada laporan dari BJB Syariah ke pihak BJB. Hal ini karena Dirut BJB merupakan pemegang saham di BJBS waktu itu.

"Saya tekankan bahwa saya tidak ada hubungan hukum apapun kepada BJB syariah, tidak ada hubungan kredit apalagi hubungan keuangan, tidak ada. Sehingga saya tidak banyak tau, bagaimana kegiatan di BJBS," ujarnya.

loading...

Diketahui, kasus ini telah ditangani pihak kepolisian sejak dua tahun lalu. Dugaan korupsi pemberian kredit BJBS dilakukan kepada PT Hastuka Sarana Karya (HSK) pada periode 2014-2016 untuk menjalankan proyek Garut Super Blok.

Sebelumnya, Dittipidkor Bareskrim Polri juga telah menyita aset sebesar Rp217 miliar terkait dugaan korupsi itu. Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Ahmad Wiyagus mengatakan penyitaan itu dalam rangka pengembalian keuangan negara akibat dugaan korupsi tersebut.

"Kita telah menyita beberapa aset terkait perkara pembiayaan PT Hastuka Sarana Karya (HSK) dan CV Dwi Manunggal Abadi oleh Bank Jabar Banten Syariah tahun 2014-2016," ujar dia, dalam keterangan tertulis yang diterima CNNndonesia.com, Januari 2018.

Diketahui, aset tersebut disita dari beberapa pihak, salah satunya seseorang bernama Andi Winarto (AW). Bentuknya tiga sertifikat dan tanah yang tersebar di tiga lokasi di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.

AW yang merupakan pimpinan PT HSK menerima kredit dari YG tanpa melalui prosedur yang sesuai dengan ketentuan. Dana itu digunakan PT HSK untuk membangun sejumlah ruko di Garut Super Block tersebut.

Penyaluran kredit itu kemudian baru diketahui dilakukan tanpa agunan. Debitur PT HSK, mengagunkan tanah dan bangunan ke bank lain. Hal ini pun menyebabkan kemacetan kredit sebesar Rp 548 miliar.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Polisi Periksa Aher 6 Jam Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- HUKUM -
Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Lieus Sungkharisma Ditetapkan Polisi Jadi Tersangka Makar!

(20-05-2019 16:54:38 - Dibaca 517 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Terkait Video Ajakan Perlawanan, Polisi Tangkap Ketua GNPF-U Bogor!

(18-05-2019 10:49:00 - Dibaca 975 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Trio PEPES Diancam Jaksa 6 Tahun Bui, Ini Pembelaan BPN Prabowo!

(18-05-2019 10:44:14 - Dibaca 661 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Polisi Tetapkan Ina Perekam Video Ancam Jokowi Sebagai Tersangka Makar!

(15-05-2019 20:58:19 - Dibaca 372 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Eggi Sudjana Tolak Teken Surat Penahanan, Mengapa?

(15-05-2019 13:18:25 - Dibaca 216 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!

(15-05-2019 13:11:54 - Dibaca 272 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Haikal Hassan Mangkir Panggilan Bareskrim Karena Sedang Umrah?

(15-05-2019 13:07:55 - Dibaca 218 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Tompi Sebut Tahu Soal Kabar Ratna Dipukuli dari Twit Fadli Zon!

(23-04-2019 11:44:43 - Dibaca 457 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Diduga dari Caleg Gerindra Lamongan, Polisi Amankan Uang Rp1 Miliar!

(16-04-2019 19:02:52 - Dibaca 592 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Ini Fakta-fakta Baru Kasus Audrey, 3 Siswi SMA Sudah Jadi Tersangka!

(11-04-2019 08:11:51 - Dibaca 922 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!

(09-04-2019 19:34:31 - Dibaca 453 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Hina Jokowi, Polisi Ciduk 2 Anggota FPI di Bogor!

(07-04-2019 15:13:26 - Dibaca 676 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Gedung Bawaslu Berantakan Akibat Amukan Massa 22 Mei!

(23-05-2019 09:32:56 - Dibaca 274 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Massa di Jatibaru Lempar Petasan ke Helikopter Pemadam Api!

(22-05-2019 14:12:16 - Dibaca 54 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Ini Respons BPN Soal JK Sarankan yang Kalah Temui Pemenang!

(22-05-2019 09:07:40 - Dibaca 294 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Soal Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Fadli Zon Siap Jamin?

(21-05-2019 16:32:39 - Dibaca 359 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Menang, Ini Respon Bijak Dedi Mulyadi!

(21-05-2019 13:49:55 - Dibaca 464 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!

(21-05-2019 13:43:28 - Dibaca 320 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Polri Sebut Aksi 22 Mei Bukan Aksi Spontan!

(21-05-2019 13:38:11 - Dibaca 306 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019 Jadi Perhatian Media Asing!

(21-05-2019 10:15:40 - Dibaca 600 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Cuma Bawa Print Out Media Online, Bawaslu Tolak Laporan Kubu 02!

(20-05-2019 21:10:05 - Dibaca 544 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Polisi Gagalkan Warga Ikut Aksi 22 Mei, Ini Kata Sandiaga!

(20-05-2019 20:58:00 - Dibaca 720 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Lieus Sungkharisma Ditetapkan Polisi Jadi Tersangka Makar!

(20-05-2019 16:54:38 - Dibaca 517 Kali)

Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!
Diremehkan BPN Prabowo Terkait Pilpres, Ini Respon Ketua MK!

(18-05-2019 11:02:23 - Dibaca 803 Kali)

Soal Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Fadli Zon Siap Jamin?
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Menang, Ini Respon Bijak Dedi Mulyadi!
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!

TERPOPULER

1. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

2. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

3. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

4. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

5. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

6. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

7. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

8. Fadli Zon Minta Pemerintah Tak Buru-buru Libatkan TNI Soal Terorisme, Mengapa?

9. Fadli Zon Minta Jokowi Tak Sebar Hoax RUU Terorisme, Apa maksudnya?

10. Sandiaga Minta JK Lepas Anies Untuk Dampingi Prabowo di Pilpres 2019




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.