Gagal Bertemu Luhut, Hashim Sebut Prabowo Sedang Sakit?
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!



loading...

Sarangberita.com > Hukum
 
KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
 
09-04-2019 19:34:31 - Dibaca 369 Kali
 
 
KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon merespons data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyebut tingkat kepatuhan partainya terendah dalam hal Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). KPK menyatakan anggota DPR fraksi Gerindra terendah dalam aspek pelaporan LHKPN.

Fadli menampik ketua umumnya, Prabowo Subianto tidak mendukung upaya pencegahan korupsi ketika banyak kader yang belum melaporkan LHKPN.

"Ini masalah administratif saja," tutur Fadli di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (9/4).

Fadli menjelaskan bahwa sebagian besar anggota DPR fraksi Gerindra tengah berada di daerah pemilihannya masing-masing. Mereka sedang menyapa dan menyerap aspirasi masyarakat agar kembali terpilih pada Pemilu 2019.


Alasan tersebut membuat anggota DPR fraksi Gerindra terlambat melaporkan LHKPB meski imbauan sudah diberikan. Terlebih saat ini adalah masa kampanye.

"Saya tanya kepada kawan-kawan pada dasarnya itu pada banyak di dapil sedang berjuang. Mungkin terlambat mereka untuk mengisi laporan tersebut," kata Wakil Ketua DPR itu.

"Mungkin setelah ini banyak yang melaporkan. Setelah pilpres lah," ujarnya.

Dia meyakinkan bahwa Prabowo Subianto dan Partai Gerindra mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Buktinya, lanjut Fadli, tidak ada anggota DPR dari fraksi Gerindra yang diciduk KPK dalam lima tahun terakhir. "Dari 73 anggota kan tidak ada satu pun," ucapnya.

KPK menyebut Partai Gerindra memiliki tingkat kepatuhan terendah dalam hal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara tahun ini. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyampaikan kepatuhan melapor LHKPN menjadi salah satu indikator mengukur kejujuran penyelenggara negara.

loading...

"Ketika kita reformasi itu kan salah satu indikatornya itu kan LHKPN sampai hari ini. Ternyata seperti yang kita lihat, seperti apa sih kepatuhan penyelenggara negara," kata Saut Situmorang di Kantor KPK, Jakarta, Senin (8/4).

Dalam data yang dipaparkan, dari 550 politisi di DPR RI, baru 351 orang yang melapor LHKPN. Dengan kata lain, tingkat kepatuhannya 63,82 persen.

Dari data itu, Fraksi Partai Gerindra jadi partai paling rendah kepatuhannya dengan 39 persen. Disusul Fraksi Partai Hanura 47 persen, Fraksi Partai Demokrat 59 persen, Fraksi PAN 61 persen, dan Fraksi Partai Golkar 65 persen.

Fraksi PDIP 67 persen, Fraksi PKS 67 persen, Fraksi PKB 72 persen, Fraksi PPP 82 persen, dan Fraksi Partai Nasdem 89 persen.

Untuk meningkatkan tingkat kepatuhan lapor LHKPN, KPK dan KPU mempercepat pelaporan. Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan agar caleg cepat melapor LHKPN sesuai aturan perundang-undangan.

"Kalau ada waktu luang, lebih baik sekarang dilaporkan. Jadi nanti ketika dinyatakan KPU sebagai calon terpilih nanti tidak ada beban lagi seperti terburu-buru," ujar Arief.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Fadli Zon Jawab KPK soal Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- HUKUM -
KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Diduga dari Caleg Gerindra Lamongan, Polisi Amankan Uang Rp1 Miliar!

(16-04-2019 19:02:52 - Dibaca 515 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Ini Fakta-fakta Baru Kasus Audrey, 3 Siswi SMA Sudah Jadi Tersangka!

(11-04-2019 08:11:51 - Dibaca 879 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Hina Jokowi, Polisi Ciduk 2 Anggota FPI di Bogor!

(07-04-2019 15:13:26 - Dibaca 631 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
PA 212 Kaitkan Kasus Penipuan Buchari Muslim dengan Politik?

(05-04-2019 17:37:14 - Dibaca 237 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Amien Rais Duga Penyebab Ratna Berbohong Karena ada Kekuatan Spiritual?

(04-04-2019 15:17:40 - Dibaca 670 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Ratna Sarumpaet Menangis dan Mengaku Dipukuli Orang Setelah Pulang dari RS!

(02-04-2019 12:08:30 - Dibaca 235 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Eksepsi Bahar bin Smith Ditolak Hakim, Ini Kritik Pengacara!

(21-03-2019 15:34:55 - Dibaca 362 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela

(19-03-2019 09:02:17 - Dibaca 167 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!

(18-03-2019 15:20:54 - Dibaca 811 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Ketum PPP Terjaring OTT KPK, PDIP: Bukti Presiden Jokowi Tak Intervensi Hukum!

(15-03-2019 13:49:01 - Dibaca 509 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Terkait Kasus Korupsi BJB Syariah, Polisi Periksa Aher 6 Jam!

(13-03-2019 21:14:29 - Dibaca 190 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Ahmad Dhani Mohon Keringan Hakim dan Dikasihani, Mengapa?

(12-03-2019 20:58:45 - Dibaca 141 Kali)

 
- BERITA LAIN -
KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Gagal Bertemu Luhut, Hashim Sebut Prabowo Sedang Sakit?

(22-04-2019 21:24:05 - Dibaca 110 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?

(22-04-2019 21:15:08 - Dibaca 122 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!

(22-04-2019 21:10:13 - Dibaca 200 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?

(22-04-2019 06:53:40 - Dibaca 960 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!

(22-04-2019 06:45:08 - Dibaca 115 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

(22-04-2019 06:41:29 - Dibaca 66 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?

(21-04-2019 21:59:34 - Dibaca 781 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?

(21-04-2019 21:54:12 - Dibaca 197 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

(21-04-2019 21:48:39 - Dibaca 192 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Teror Bom di Perayaan Paskah, Sri Lanka Berduka!

(21-04-2019 21:39:17 - Dibaca 115 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Bambang Widjojanto Sebut Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi?

(21-04-2019 19:14:21 - Dibaca 652 Kali)

KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!
Soal Hasutan People Power, Moeldoko: Pemerintah Akan Tindak Tegas!

(20-04-2019 19:13:01 - Dibaca 746 Kali)

BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?