Gedung Bawaslu Berantakan Akibat Amukan Massa 22 Mei!
Massa di Jatibaru Lempar Petasan ke Helikopter Pemadam Api!
Ini Respons BPN Soal JK Sarankan yang Kalah Temui Pemenang!



loading...

Sarangberita.com > Hukum
 
Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
 
15-05-2019 13:11:54 - Dibaca 273 Kali
 
 
Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan penahanan terhadap tersangka kasus makar Eggi Sudjana berdasarkan alasan subjektivitas penyidik. Salah satunya adalah supaya Eggi tidak melarikan diri.

"Subjektivitas penyidik agar TSK (tersangka) tidak menghilangkan barang bukti, tidak melakukan perbuatan yang sama, dan tidak melarikan diri," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (15/5).

Eggi diketahui menolak untuk dilakukan penahanan karena berdasarkan pada pasal 16 UU 18 tahun 2003 tentang Advokat, advokat tidak dapat dipidana atau digugat baik di dalam ataupun di luar sidang. Dia juga menolak menandatangani surat penahanan yang diberikan oleh penyidik Polda Metro Jaya.


Diketahui, pasal 16 menyebutkan "Advokat tidak dapat dituntut baik secara perdata maupun pidana dalam menjalankan tugas profesinya dengan iktikad baik untuk kepentingan pembelaan klien dalam sidang pengadilan."

Sementara, Eggi ditetapkan tersangka berdasarkan pernyataannya saat berorasi soal 'people power' di depan rumah capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta selatan, beberapa waktu lalu.

Meski Eggi menolak, Argo menyebut penahanan tetap dapat dilakukan dengan menerbitkan surat berita acara penolakan.

"Kita buat berita acara penolakan," tutur Argo.

loading...

Penahanan terhadap Eggi berdasarkan pada Surat Perintah Penahanan Nomor: SP.HAN/587/V/2019/Ditreskrimum tanggal 14 Mei 2019. Eggi pun dimasukkan ke dalam tahanan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya pada Selasa (14/5) pukul 23.00 WIB.

Dalam tahap penyidikan, berdasarkan KUHAP, penahanan dapat dilakukan maksimal 20 hari dan dapat diperpanjang selama 40 hari. Syarat penahanannya terdiri dari syarat objektif dan subjektif.

Syarat objektif ialah berupa ancaman hukuman yang menjerat tersangka lima tahun atau lebih serta dijerat sejumlah pasal tertentu. Sementara, syarat subjektif terdiri dari kekhawatiran tersangka melarikan diri, menghilangkan barang bukti, mengulangi perbuatan pidananya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Eggi Ditahan karena Subjektivitas, Polisi Cegah Pelarian
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- HUKUM -
Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Lieus Sungkharisma Ditetapkan Polisi Jadi Tersangka Makar!

(20-05-2019 16:54:38 - Dibaca 517 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Terkait Video Ajakan Perlawanan, Polisi Tangkap Ketua GNPF-U Bogor!

(18-05-2019 10:49:00 - Dibaca 975 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Trio PEPES Diancam Jaksa 6 Tahun Bui, Ini Pembelaan BPN Prabowo!

(18-05-2019 10:44:14 - Dibaca 661 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Polisi Tetapkan Ina Perekam Video Ancam Jokowi Sebagai Tersangka Makar!

(15-05-2019 20:58:19 - Dibaca 372 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Eggi Sudjana Tolak Teken Surat Penahanan, Mengapa?

(15-05-2019 13:18:25 - Dibaca 216 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Haikal Hassan Mangkir Panggilan Bareskrim Karena Sedang Umrah?

(15-05-2019 13:07:55 - Dibaca 219 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Tompi Sebut Tahu Soal Kabar Ratna Dipukuli dari Twit Fadli Zon!

(23-04-2019 11:44:43 - Dibaca 457 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Diduga dari Caleg Gerindra Lamongan, Polisi Amankan Uang Rp1 Miliar!

(16-04-2019 19:02:52 - Dibaca 592 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Ini Fakta-fakta Baru Kasus Audrey, 3 Siswi SMA Sudah Jadi Tersangka!

(11-04-2019 08:11:51 - Dibaca 922 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
KPK Sebut Kepatuhan LHKPN Gerindra Terendah, Ini Kata Fadli Zon!

(09-04-2019 19:34:31 - Dibaca 453 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Hina Jokowi, Polisi Ciduk 2 Anggota FPI di Bogor!

(07-04-2019 15:13:26 - Dibaca 676 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
PA 212 Kaitkan Kasus Penipuan Buchari Muslim dengan Politik?

(05-04-2019 17:37:14 - Dibaca 261 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Gedung Bawaslu Berantakan Akibat Amukan Massa 22 Mei!

(23-05-2019 09:32:56 - Dibaca 274 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Massa di Jatibaru Lempar Petasan ke Helikopter Pemadam Api!

(22-05-2019 14:12:16 - Dibaca 54 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Ini Respons BPN Soal JK Sarankan yang Kalah Temui Pemenang!

(22-05-2019 09:07:40 - Dibaca 294 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Soal Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Fadli Zon Siap Jamin?

(21-05-2019 16:32:39 - Dibaca 359 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Menang, Ini Respon Bijak Dedi Mulyadi!

(21-05-2019 13:49:55 - Dibaca 464 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!

(21-05-2019 13:43:28 - Dibaca 321 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Polri Sebut Aksi 22 Mei Bukan Aksi Spontan!

(21-05-2019 13:38:11 - Dibaca 306 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019 Jadi Perhatian Media Asing!

(21-05-2019 10:15:40 - Dibaca 601 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Cuma Bawa Print Out Media Online, Bawaslu Tolak Laporan Kubu 02!

(20-05-2019 21:10:05 - Dibaca 546 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Polisi Gagalkan Warga Ikut Aksi 22 Mei, Ini Kata Sandiaga!

(20-05-2019 20:58:00 - Dibaca 720 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Lieus Sungkharisma Ditetapkan Polisi Jadi Tersangka Makar!

(20-05-2019 16:54:38 - Dibaca 517 Kali)

Cegah Pelarian, Polisi Langsung Tahan Eggi Sudjana!
Diremehkan BPN Prabowo Terkait Pilpres, Ini Respon Ketua MK!

(18-05-2019 11:02:23 - Dibaca 803 Kali)

Soal Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Fadli Zon Siap Jamin?
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Menang, Ini Respon Bijak Dedi Mulyadi!
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!

TERPOPULER

1. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

2. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

3. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

4. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

5. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

6. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

7. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

8. Fadli Zon Minta Pemerintah Tak Buru-buru Libatkan TNI Soal Terorisme, Mengapa?

9. Fadli Zon Minta Jokowi Tak Sebar Hoax RUU Terorisme, Apa maksudnya?

10. Sandiaga Minta JK Lepas Anies Untuk Dampingi Prabowo di Pilpres 2019




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.