Siswi SMA 'Mobil Bergoyang' Ini Sempat Diamankan Polisi Lalu Dipulangkan ke Keluarga!
KPK Sempat Cegah Kehadiran Abdul Somad, Mengapa?
Temui PKS, Tommy Soeharto Sebut Ingin Samakan Visi Untuk Suarakan Keinginan Rakyat?



loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
 
04-07-2019 20:12:29 - Dibaca 603 Kali
 
 
Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap seorang pria berinisial TFQ lantaran melakukan tindak pidana menyebarkan hoaks atau pencemaran nama baik terhadap Mahkamah Konstitusi (MK).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan TFQ ditangkap di Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (3/7) sekitar pukul 18.00 WIB.

"Tersangka diduga melakukan tindak pidana menyebarkan berita bohong dan atau menghina suatu penguasa atau badan umum, dan atau pencemaran nama baik terhadap Mahkamah Konstitusi," tutur Dedi dalam keterangannya, Kamis (4/7).

Penangkapan TFQ bermula setelah kepolisian mendapatkan informasi tentang penyebaran berita hoaks serta pencemaran nama baik MK yang disebarkan di lima grup WhatsApp.


Dedi menjelaskan pada 28 Juni sekitar pukul 15.25 WIB mengirimkan konten berisi kalimat, "Baru semalam diumumkan oleh MK, hari ini undangan syukuran JM sudah beredar, sampai di sini faham yah, bahwa sidang MK hanya permainan belaka yuk kita juga syukuran atas kemenangan kita yang tetap istiqomah berada dalam barisan pemegang kebenaran, dunia hanya permainan, akhirat lah kampung halaman kita yang harus diperjuangkan selama hayat di kandung badan".

Pesan tersebut, kata Dedi, dikirimkan TFQ ke lima grup WhatsApp. Kepada penyidik, TFQ mengaku merupakan pendukung salah satu pasangan calon di Pilpres 2019.

Selain itu, TFQ mengaku penyebaran konten berisi hoaks, menghina, mencemarkan dan mendiskreditkan MK didasari karena kecewa atas putusan MK yang menolak gugatan pasangan Prabowo-Sandi.

"Didasari atas ketidakpuasan terhadap putusan MK yang menolak gugatan dan tidak memenangkan Presiden-Wakil presiden pilihan tersangka," ujar Dedi.

loading...

Dalam penangkapan terhadap TFQ, polisi turut menyita barang bukti berupa satu buah handphone dan satu buah simcard yang digunakan tersangka untuk menyebarkan hoaks.

Atas perbuatannya, TFQ dijerat dengan pasal penghinaan dan atau pencemaran nama baik yakni Pasal 45 ayat 3 Jo Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dengan ancaman hukuman penjara empat tahun.

Selain itu, juga dijerat dengan pasal penghinaan terhadap penguasa atau badan umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 207 KUHP dan atau penghinaan Pasal 310 atau Pasal 311 KUHP.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Polisi Tangkap Pria Penghina Mahkamah Konstitusi
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Siswi SMA 'Mobil Bergoyang' Ini Sempat Diamankan Polisi Lalu Dipulangkan ke Keluarga!

(20-11-2019 16:37:14 - Dibaca 162 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Polri Kembali Ringkus 4 Terduga Teroris Terkait Bom Medan!

(19-11-2019 19:11:18 - Dibaca 92 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Negara Rampas Aset First Travel, Apa Kabar Kasus Pencucian Uang 1,2 T Abu Tours?

(19-11-2019 08:34:33 - Dibaca 64 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Soal Laporan Rekayasa Teror Novel, Ini Respons Tegas Kapolda Metro!

(18-11-2019 15:56:00 - Dibaca 234 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Begini Royalnya Anniesa Kucurkan Rp 24 M Beli Resto di London!

(18-11-2019 12:36:21 - Dibaca 254 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Teror Lempar Sperma di Tasikmalaya, Polisi Sudah Kantongi Identitas Pelaku!

(18-11-2019 09:23:16 - Dibaca 243 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Geledah Rumah di Cilacap, Densus 88 Tangkap 1 Orang!

(17-11-2019 19:44:50 - Dibaca 182 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Hari Ini, Novel Baswedan Laporkan Balik Dewi Tanjung?

(17-11-2019 14:56:21 - Dibaca 130 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Oknum Guru SD di Kabupaten Karo Sumut Ditangkap Karena Cabuli 9 Siswi

(17-11-2019 08:49:43 - Dibaca 108 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Diduga Perakit Bom Medan, Polisi Amankan Dua Kakak Beradik!

(15-11-2019 20:03:29 - Dibaca 185 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Kasus Sarang Burung Walet Novel, OC Kaligis Klaim Punya Bukti!

(14-11-2019 05:55:29 - Dibaca 252 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris di Banten Pasca Bom Medan!

(13-11-2019 20:07:17 - Dibaca 147 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Siswi SMA 'Mobil Bergoyang' Ini Sempat Diamankan Polisi Lalu Dipulangkan ke Keluarga!

(20-11-2019 16:37:14 - Dibaca 162 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
KPK Sempat Cegah Kehadiran Abdul Somad, Mengapa?

(20-11-2019 16:33:13 - Dibaca 50 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Temui PKS, Tommy Soeharto Sebut Ingin Samakan Visi Untuk Suarakan Keinginan Rakyat?

(19-11-2019 19:23:08 - Dibaca 112 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Polri Kembali Ringkus 4 Terduga Teroris Terkait Bom Medan!

(19-11-2019 19:11:18 - Dibaca 92 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
MUI Sepakat Pernyataan Sukmawati Mengusik Ranah Keyakinan Umat?

(19-11-2019 17:22:43 - Dibaca 100 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Ceramah di KPK, Abdul Somad Bicara Soal Integritas?

(19-11-2019 17:19:31 - Dibaca 139 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Negara Rampas Aset First Travel, Apa Kabar Kasus Pencucian Uang 1,2 T Abu Tours?

(19-11-2019 08:34:33 - Dibaca 64 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Belasan Satpol PP DKI Dinonaktifkan Karena Diduga Bobol Bank DKI Rp32 Miliar?

(19-11-2019 08:24:34 - Dibaca 197 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Buah Simalakama Anies Baswedan Soal Penggusuran Sunter!

(19-11-2019 08:18:44 - Dibaca 127 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Tolak Dipindah ke Rusun, Warga Korban Penggusuran di Sunter Bertahan!

(18-11-2019 18:25:21 - Dibaca 67 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Terkait Janji Anies Tak Akan Menggusur, Ini Kritik PDIP!

(18-11-2019 18:10:59 - Dibaca 132 Kali)

Pria Penghina Mahkamah Konstitusi Berhasil Diciduk Polisi!
Gerindra Sebut Anies Tak Pernah Janji Tak Ada Penggusuran?

(18-11-2019 18:06:13 - Dibaca 115 Kali)

Polri Kembali Ringkus 4 Terduga Teroris Terkait Bom Medan!
MUI Sepakat Pernyataan Sukmawati Mengusik Ranah Keyakinan Umat?
Ceramah di KPK, Abdul Somad Bicara Soal Integritas?

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

6. Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?

7. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

8. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

9. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

10. Dilaporkan Terkait Penistaan Agama, Ini Jawaban Brilian Grace Natalie!




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.