Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?



loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
 
20-10-2017 18:38:23 - Dibaca 341 Kali
 
 
Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Setelah menggunakan toilet alias WC khususnya WC jongkok, hal paling lumrah yang harus dilakukan seseorang adalah menyiramnya. Entah itu buang air besar atau kecil. Akan tetapi, yang harus Anda perhatikan adalah tutup dulu toilet atau WC Anda sebelum menekan tombol flush.

Mengapa demikian?

Menurut lansiran Boldsky (17/10), alasan mengapa seseorang harus menutup toilet dengan penutupnya sebelum membilasnya adalah karena fenomena yang dikenal dengan toilet plume.

Ketika Anda menyiram toilet, air yang berputar dengan kecepatan tinggi di dalam cekungan toilet akan menyemburkan aerosol kotoran ke udara. Fakta mengejutkan lainnya adalah, aerosol ini bisa melambung ke udara hingga mencapai ketinggian 15 kaki atau setara dengan 35 meter!


Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk menutup toilet sebelum disiram, terutama jika kamar mandi tersebut digunakan berkali-kali.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Applied Microbilogy menemukan bahwa apapun yang Anda masukkan ke dalam toilet bisa tertinggal di sana lama bahkan setelah Anda menekan flush. Jika toilet sudha terinfeksi bakteri dan virus yang berpotensi berbahaya akibat hal tersebut, para periset menemukan fakta lain bahwa mikroba dapat menyebar hingga ke lantai, wastafel, bahkan sikat gigi Anda.

Meskipun telah diflush, mikroba akan tetap menempel di dinding toilet atau WC sampai beberapa kali flush. Jumlah mikroba menurun setelah diflush beberapa kali. Jumlah tersebut tidak akan hilang seluruhnya, kecuali Anda membersihkan toilet dengan cara digosok kuat.

Bakteri seperti salmonella dan shigella serta virus seperti norovirus serta hepatitis A dapat tertular ke tubuh manusia apabila semuanya berhasil masuk melalui mulut. Bisa lewat sikat gigi yang telah tercemar bakteri tadi.

Sebaiknya memang Anda harus menempatkan barang-barang yang berhubungan dengan mulut seperti sikat gigi di sebuah lemari penyimpanan kecil di dalam kamar mandi. Untuk menghindari hal-hal buruk yang disebabkan oleh sebuah kegiatan yang sepele.

Setelah Anda menyiram toilet, segera keluar dari kamar mandi karena kemungkinan terinfeksi kuman dan bakteri yang berada di udara sangat tinggi. Yang paling penting adalah hindari penggunaan pengering tangan di dalam toilet. Pengering yang mengeluarkan udara panas memiliki kemampuan untuk menyebarkan kuman yang ada di udara sekitar. Agar terhindar dari infeksi, Anda perlu mencucui tangan dengan benar dan gunakan handuk atau tissu kertas untuk mengeringkan tangan.

Semoga bermanfaat!
 
Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul: Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
 
Sumber : merdeka.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 33 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 238 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 245 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 332 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 267 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 442 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 547 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Jenis Teh Apa yang Paling Sehat?

(05-04-2018 08:08:44 - Dibaca 339 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Konsumsi 4 Makanan ini Secara Rutin Agar Tidak Cacingan!

(19-03-2018 13:28:55 - Dibaca 282 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Manakah yang Lebih Baik, Mandi Pagi atau Mandi Malam?

(04-02-2018 15:15:00 - Dibaca 622 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Akrabnya Sandi dan Lulung, Cukur Bareng hingga Tinjau PKL, Ada apa?

(27-12-2017 08:04:16 - Dibaca 3.380 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Kopi Luwak Lebih Sehat Dibandingkan Kopi Biasa, Benarkah?

(27-12-2017 07:58:15 - Dibaca 281 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 33 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 214 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?

(18-01-2019 09:45:09 - Dibaca 124 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!

(18-01-2019 09:38:20 - Dibaca 390 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!

(18-01-2019 08:54:08 - Dibaca 2.234 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

(18-01-2019 08:50:04 - Dibaca 427 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Ini Gaji Fantastis Pejabat Korup RI yang Prabowo Sebut Gajinya Rendah!

(18-01-2019 08:38:14 - Dibaca 1.330 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Pernyataan Tajam Prabowo ini Langsung Dijawab Tegas Jokowi!

(18-01-2019 08:19:20 - Dibaca 260 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
BPN Tak Percayai Hasil Survei Charta Politika yang Unggulkan Jokowi, Mengapa?

(17-01-2019 09:32:24 - Dibaca 314 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Jokowi Unggul Hampir 20% di Survei, Ini Respon Positif PDIP!

(17-01-2019 09:27:00 - Dibaca 354 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Jokowi Unggul Jauh di Survei Tebaru Charta Politika!

(17-01-2019 09:23:29 - Dibaca 1.186 Kali)

Jangan pernah menyiram toilet dengan keadaan terbuka!
Soal Kebijakan Pangan, Gerindra Sebut Jokowi Abai Undang-Undang?

(17-01-2019 05:37:23 - Dibaca 59 Kali)

Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

TERPOPULER