Dokter Anak Sarankan Untuk Tak Buka Sekolah Sampai Desember 2020!
Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona



loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
 
18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 695 Kali
 
 
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Masalah mental dan psikologis yang kamu hadapi ternyata dapat memiliki efek pada banyak bagian di tubuhmu. Sebelumnya telah umum diketahui bahwa stres dan tekanan mental dapat berpengaruh pasa kesehatan kulit dan pencernaan.

Tanpa kamu sadari, stres yang kamu miliki ternyata juga dapat merusak dan mengganggu kesehatan gigi dan mulutmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut masalah gigi dan mulut yang bakal kamu hadapi ketika mengalami stres

Gigi berlubang

Secara tidak sadar ketika sedang stres, kamu akan banyak mengonsumsi makanan manis untuk membuat suasana hatimu membaik. Kemudian stres juga akan melepaskan hormon yang membuat produksi air liur berkurang, begitu pula dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, gigi dan mulut akan rentan terkena infeksi yang bisa berujung dengan munculnya lubang di gigi.


Menggeretak gigi

Saat marah karena stres, terkadang kamu memiliki kebiasaan untuk menggeretak gigi atau yang disebut dengan grinding. Jika dilakukan terus-menerus maka kekuatan enamel gigi akan berkurang dan menyebabkan kerusakan di gusi.

Sariawan

Sariawan terjadi karena munculnya luka di mulut yang kemudian akan terasa menyakitkan ketika kamu sedang makan atau berbicara. Ketika stres datang, bisa saja usai mengunyah gorengan atau mengonsumsi makanan berkuah yang panas disusul dengan kehadiran sariawan.

Kondisi itu membuat lepasnya permukaan sel-sel di lapisan mukosa. Ketika lapisan tersebut lepas, saraf-saraf yang ada di dalamnya terbuka. Itu sebabnya sariawan menimbulkan rasa nyeri.

Nyeri pada rahang

Stres juga bisa memunculkan rasa nyeri di otot rahang. Jika hal ini terjadi secara berkepanjangan akan menyebabkan gangguan di persendian rahang yang menyebabkan kesulitan untuk menggigit, mengunyah, dan membuat atau menutup mulut.

Ketika stres, sistem imun tubuh akan menjadi lemah dan memungkinkan terjadinya berbagai masalah di gigi dan mulut tersebut. Oleh karena itu, penting agar kamu menjaga kesehatan mentalmu agar tetap gembira dan tak tertekan. [RWP]
 
Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul: Masalah Gigi dan Mulut yang Mungkin Muncul Akibat Stres
 
Sumber : merdeka.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
April 2020, Vaksin Virus Corona Siap Diuji Coba!

(02-03-2020 21:28:55 - Dibaca 794 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!

(02-03-2020 17:28:30 - Dibaca 667 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari

(18-02-2020 20:36:50 - Dibaca 712 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Ahli Jantung Ini Beri Saran Jika Ingin Coba CrossFit Seperti Ashraf Sinclair!

(18-02-2020 19:51:05 - Dibaca 450 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?

(29-01-2020 11:27:05 - Dibaca 431 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!

(28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 980 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 955 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 908 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 2.308 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 889 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 818 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 869 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Dokter Anak Sarankan Untuk Tak Buka Sekolah Sampai Desember 2020!

(31-05-2020 14:50:14 - Dibaca 23 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?

(30-05-2020 11:30:42 - Dibaca 264 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona

(30-05-2020 10:41:30 - Dibaca 144 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!

(30-05-2020 08:03:54 - Dibaca 424 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!

(30-05-2020 07:50:39 - Dibaca 136 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!

(30-05-2020 07:46:27 - Dibaca 106 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

(29-05-2020 15:25:35 - Dibaca 545 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
AirAsia Rumahkan 873 Pegawai Karena Dihantam Corona!

(29-05-2020 15:21:35 - Dibaca 120 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
New Normal, Tangsel Bakal Buka Rumah Ibadah Awal Juni!

(29-05-2020 15:15:29 - Dibaca 162 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
New Normal, Ini yang Bakal Diterapkan Hotel-Hotel Dunia!

(29-05-2020 12:09:32 - Dibaca 146 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Perhatian! Sensus Penduduk Online Berakhir Besok

(28-05-2020 13:42:11 - Dibaca 380 Kali)

Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Agen Penjual Reksa Dana Diancam Pidana Oleh Sinarmas!

(28-05-2020 13:38:52 - Dibaca 283 Kali)

Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!
Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.