Gedung Bawaslu Berantakan Akibat Amukan Massa 22 Mei!
Massa di Jatibaru Lempar Petasan ke Helikopter Pemadam Api!
Ini Respons BPN Soal JK Sarankan yang Kalah Temui Pemenang!



loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
 
28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 315 Kali
 
 
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Musim hujan menjadi biang kerok timbulnya beragam penyakit, termasuk salah satunya demam berdarah dengue (DBD). Wilayah Jakarta bahkan ditetapkan telah memasuki fase waspada DBD sepanajang Januari hingga Maret 2019.

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Peningkatan curah hujan jadi waktu terbaik bagi nyamuk untuk berkembang biak. Kebersihan lingkungan jadi hal yang paling harus diperhatikan agar terhindar dari gigitan nyamuk DBD.

DBD bukan penyakit main-main. Jika tak segera diobati, penyakit ini bisa berujung kematian.

Beberapa gejala mengantarkan penderitanya pada diagnosis DBD. Gejala ini biasanya akan terasa pada 3 hingga 15 hari setelah gigitan nyamuk.


Gejala awal kerap disalahartikan sebagai gejala flu atau infeksi virus ringan pada umumnya seperti demam, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri sendi. Selain itu, ada pula gejala munculnya bintik-bintik merah pada bagian tubuh.

Namun, gejala DBD tak cuma demam dan munculnya bintik-bintik merah. Pada fase-fase berikutnya, gejala demam berdarah bisa bertambah parah.

Berikut merangkum berbagai sumber gejala-gejala DBD pada beberapa fase berkembangnya penyakit.

1. Fase demam
Fase ini merupakan awal dari DBD. Dalam fase ini, demam tinggi menjadi salah satu gejala utama.

Gejala-gejala dalam fase ini bakal muncul selama tujuh hari sejak penularan virus melalui gigitan nyamuk. Beberapa gejala yang perlu dicermati di antaranya:

- Nyeri otot dan sendi
- Ruam tubuh yang bisa hilang kemudian muncul kembali
- Demam tinggi
- Sakit kepala
- Rasa sakit di belakang mata
- Mual dan muntah

Gejala pada tahap ringan ini biasanya hilang dalam sepekan. Gejala jenis ini jarang melibatkan komplikasi serius yang fatal.

2. Fase demam berdarah
Awalnya, gejala DBD bisa jadi ringan. Namun, secara bertahap kondisi itu akan memburuk dalam beberapa hari. Dalam kondisi ini seseorang akan mengalami beberapa gejala, di antaranya:

- Pendarahan dari mulut, gusi, atau hidung
- Kulit lembap
- Kerusakan pada getah bening dan pembuluh darah
- Pendarahan internal yang dapat menyebabkan darah dalam kotoran
- Jumlah trombosit rendah
- Perut sensitif
- Bintik-bintik merah pada kulit
- Nadi melemah

Anda yang mengalami gejala ini harus sesegera mungkin mendapatkan perawatan medis. Jika tidak, gejala ini bisa berakibat fatal.

3. Dengue Shock Syndrome (DSS)
Dengue Shock Syndrome adalah bentuk demam berdarah terparah yang dapat berakibat fatal. Terlepas dari gejala yang telah disebutkan di atas, seseorang yang mencapai DSS akan mengalami beberapa hal, di antaranya:

- Sakit perut yang hebat
- Disorientasi
- Hipotensi mendadak atau penurunan tekanan darah secara mendadak
- Pendarahan berat
- Intensitas muntah yang lebih tinggi
- Bocornya pembuluh darah

Tanpa perawatan, nyawa pasien yang mencapai fase DSS bisa terancam. (asr/asr)
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Tanda-tanda Demam Berdarah Selain Demam dan Bintik Merah
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 135 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 351 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 338 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 577 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 379 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 521 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 604 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Jenis Teh Apa yang Paling Sehat?

(05-04-2018 08:08:44 - Dibaca 413 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Konsumsi 4 Makanan ini Secara Rutin Agar Tidak Cacingan!

(19-03-2018 13:28:55 - Dibaca 347 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Manakah yang Lebih Baik, Mandi Pagi atau Mandi Malam?

(04-02-2018 15:15:00 - Dibaca 697 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Akrabnya Sandi dan Lulung, Cukur Bareng hingga Tinjau PKL, Ada apa?

(27-12-2017 08:04:16 - Dibaca 3.755 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Kopi Luwak Lebih Sehat Dibandingkan Kopi Biasa, Benarkah?

(27-12-2017 07:58:15 - Dibaca 363 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Gedung Bawaslu Berantakan Akibat Amukan Massa 22 Mei!

(23-05-2019 09:32:56 - Dibaca 274 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Massa di Jatibaru Lempar Petasan ke Helikopter Pemadam Api!

(22-05-2019 14:12:16 - Dibaca 54 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ini Respons BPN Soal JK Sarankan yang Kalah Temui Pemenang!

(22-05-2019 09:07:40 - Dibaca 294 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Soal Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Fadli Zon Siap Jamin?

(21-05-2019 16:32:39 - Dibaca 359 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Menang, Ini Respon Bijak Dedi Mulyadi!

(21-05-2019 13:49:55 - Dibaca 464 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!

(21-05-2019 13:43:28 - Dibaca 320 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Polri Sebut Aksi 22 Mei Bukan Aksi Spontan!

(21-05-2019 13:38:11 - Dibaca 306 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019 Jadi Perhatian Media Asing!

(21-05-2019 10:15:40 - Dibaca 600 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Cuma Bawa Print Out Media Online, Bawaslu Tolak Laporan Kubu 02!

(20-05-2019 21:10:05 - Dibaca 544 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Polisi Gagalkan Warga Ikut Aksi 22 Mei, Ini Kata Sandiaga!

(20-05-2019 20:58:00 - Dibaca 720 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Lieus Sungkharisma Ditetapkan Polisi Jadi Tersangka Makar!

(20-05-2019 16:54:38 - Dibaca 517 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Diremehkan BPN Prabowo Terkait Pilpres, Ini Respon Ketua MK!

(18-05-2019 11:02:23 - Dibaca 803 Kali)

Soal Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Fadli Zon Siap Jamin?
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Menang, Ini Respon Bijak Dedi Mulyadi!
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!

TERPOPULER

1. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

2. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

3. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

4. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

5. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

6. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

7. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

8. Fadli Zon Minta Pemerintah Tak Buru-buru Libatkan TNI Soal Terorisme, Mengapa?

9. Fadli Zon Minta Jokowi Tak Sebar Hoax RUU Terorisme, Apa maksudnya?

10. Sandiaga Minta JK Lepas Anies Untuk Dampingi Prabowo di Pilpres 2019




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.