Presiden Jokowi Bagikan Sembako Rp 600.000 Untuk Keluarga Miskin di Jabodetabek!
Malam Ini Supermoon Terbesar di 2020 Bakal Terjadi!
Update Corona 7 April: 2.738 Kasus, 204 Sembuh, 221 Meninggal!



loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
 
28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 907 Kali
 
 
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Musim hujan menjadi biang kerok timbulnya beragam penyakit, termasuk salah satunya demam berdarah dengue (DBD). Wilayah Jakarta bahkan ditetapkan telah memasuki fase waspada DBD sepanajang Januari hingga Maret 2019.

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Peningkatan curah hujan jadi waktu terbaik bagi nyamuk untuk berkembang biak. Kebersihan lingkungan jadi hal yang paling harus diperhatikan agar terhindar dari gigitan nyamuk DBD.

DBD bukan penyakit main-main. Jika tak segera diobati, penyakit ini bisa berujung kematian.

Beberapa gejala mengantarkan penderitanya pada diagnosis DBD. Gejala ini biasanya akan terasa pada 3 hingga 15 hari setelah gigitan nyamuk.


Gejala awal kerap disalahartikan sebagai gejala flu atau infeksi virus ringan pada umumnya seperti demam, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri sendi. Selain itu, ada pula gejala munculnya bintik-bintik merah pada bagian tubuh.

Namun, gejala DBD tak cuma demam dan munculnya bintik-bintik merah. Pada fase-fase berikutnya, gejala demam berdarah bisa bertambah parah.

Berikut merangkum berbagai sumber gejala-gejala DBD pada beberapa fase berkembangnya penyakit.

1. Fase demam
Fase ini merupakan awal dari DBD. Dalam fase ini, demam tinggi menjadi salah satu gejala utama.

Gejala-gejala dalam fase ini bakal muncul selama tujuh hari sejak penularan virus melalui gigitan nyamuk. Beberapa gejala yang perlu dicermati di antaranya:

- Nyeri otot dan sendi
- Ruam tubuh yang bisa hilang kemudian muncul kembali
- Demam tinggi
- Sakit kepala
- Rasa sakit di belakang mata
- Mual dan muntah

Gejala pada tahap ringan ini biasanya hilang dalam sepekan. Gejala jenis ini jarang melibatkan komplikasi serius yang fatal.

2. Fase demam berdarah
Awalnya, gejala DBD bisa jadi ringan. Namun, secara bertahap kondisi itu akan memburuk dalam beberapa hari. Dalam kondisi ini seseorang akan mengalami beberapa gejala, di antaranya:

- Pendarahan dari mulut, gusi, atau hidung
- Kulit lembap
- Kerusakan pada getah bening dan pembuluh darah
- Pendarahan internal yang dapat menyebabkan darah dalam kotoran
- Jumlah trombosit rendah
- Perut sensitif
- Bintik-bintik merah pada kulit
- Nadi melemah

Anda yang mengalami gejala ini harus sesegera mungkin mendapatkan perawatan medis. Jika tidak, gejala ini bisa berakibat fatal.

3. Dengue Shock Syndrome (DSS)
Dengue Shock Syndrome adalah bentuk demam berdarah terparah yang dapat berakibat fatal. Terlepas dari gejala yang telah disebutkan di atas, seseorang yang mencapai DSS akan mengalami beberapa hal, di antaranya:

- Sakit perut yang hebat
- Disorientasi
- Hipotensi mendadak atau penurunan tekanan darah secara mendadak
- Pendarahan berat
- Intensitas muntah yang lebih tinggi
- Bocornya pembuluh darah

Tanpa perawatan, nyawa pasien yang mencapai fase DSS bisa terancam. (asr/asr)
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Tanda-tanda Demam Berdarah Selain Demam dan Bintik Merah
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
April 2020, Vaksin Virus Corona Siap Diuji Coba!

(02-03-2020 21:28:55 - Dibaca 607 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!

(02-03-2020 17:28:30 - Dibaca 522 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari

(18-02-2020 20:36:50 - Dibaca 544 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ahli Jantung Ini Beri Saran Jika Ingin Coba CrossFit Seperti Ashraf Sinclair!

(18-02-2020 19:51:05 - Dibaca 376 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?

(29-01-2020 11:27:05 - Dibaca 304 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 657 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 896 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 832 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 1.853 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 847 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 777 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 835 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Presiden Jokowi Bagikan Sembako Rp 600.000 Untuk Keluarga Miskin di Jabodetabek!

(07-04-2020 16:38:41 - Dibaca 1.220 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Malam Ini Supermoon Terbesar di 2020 Bakal Terjadi!

(07-04-2020 16:26:47 - Dibaca 977 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Update Corona 7 April: 2.738 Kasus, 204 Sembuh, 221 Meninggal!

(07-04-2020 16:22:27 - Dibaca 288 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Kabar Gembira! 8 Pasien Positif Corona Sembuh di RSUP Adam Malik Medan

(07-04-2020 16:20:14 - Dibaca 303 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Cegah Corona, Jakarta Resmi Berlakukan PSBB!

(07-04-2020 15:08:45 - Dibaca 357 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Imbas Corona, 150 Ribu Pekerja Hotel Telah Dirumahkan!

(07-04-2020 14:09:15 - Dibaca 78 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Imbas Corona, Tiga Ribu Pekerja di Sulsel Dirumahkan!

(07-04-2020 13:49:09 - Dibaca 185 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Update Corona 6 April: 2.491 Kasus, 192 Sembuh, 209 Meninggal!

(06-04-2020 16:30:57 - Dibaca 600 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Singapura Karantina 20 Ribu Pekerja Migran Utuk Cegah Corona!

(06-04-2020 11:50:50 - Dibaca 122 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Meski DKI Belum Berstatus PSBB, Polisi Sebut Bisa Tindak Warga!

(06-04-2020 11:44:23 - Dibaca 162 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Jaga Jarak Bukan Lagi Imbauan Tapi Sudah Perintah!

(06-04-2020 11:14:46 - Dibaca 203 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Kewalahan Hadapi Virus Corona, China Kirim Bantuan 1.000 Ventilator ke New York!

(06-04-2020 11:08:41 - Dibaca 479 Kali)

Kabar Gembira! 8 Pasien Positif Corona Sembuh di RSUP Adam Malik Medan
Cegah Corona, Jakarta Resmi Berlakukan PSBB!
Imbas Corona, 150 Ribu Pekerja Hotel Telah Dirumahkan!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?

3. Kejutan Di TPS Amien Rais, Jokowi Unggul Telak Dari Prabowo!