Anies Sebut Tiongkok Soal Anggaran Bambu, Ini Kritik Tegas Tsamara!
Ada Truk BBM Terbakar di Tol Cawang dan Dilaporkan ada yang Tewas!
Tak Sepakat Dengan Amien Rais, NasDem: Masa Menang Ikut Program yang Kalah?



loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
 
28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 441 Kali
 
 
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Musim hujan menjadi biang kerok timbulnya beragam penyakit, termasuk salah satunya demam berdarah dengue (DBD). Wilayah Jakarta bahkan ditetapkan telah memasuki fase waspada DBD sepanajang Januari hingga Maret 2019.

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Peningkatan curah hujan jadi waktu terbaik bagi nyamuk untuk berkembang biak. Kebersihan lingkungan jadi hal yang paling harus diperhatikan agar terhindar dari gigitan nyamuk DBD.

DBD bukan penyakit main-main. Jika tak segera diobati, penyakit ini bisa berujung kematian.

Beberapa gejala mengantarkan penderitanya pada diagnosis DBD. Gejala ini biasanya akan terasa pada 3 hingga 15 hari setelah gigitan nyamuk.


Gejala awal kerap disalahartikan sebagai gejala flu atau infeksi virus ringan pada umumnya seperti demam, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri sendi. Selain itu, ada pula gejala munculnya bintik-bintik merah pada bagian tubuh.

Namun, gejala DBD tak cuma demam dan munculnya bintik-bintik merah. Pada fase-fase berikutnya, gejala demam berdarah bisa bertambah parah.

Berikut merangkum berbagai sumber gejala-gejala DBD pada beberapa fase berkembangnya penyakit.

1. Fase demam
Fase ini merupakan awal dari DBD. Dalam fase ini, demam tinggi menjadi salah satu gejala utama.

Gejala-gejala dalam fase ini bakal muncul selama tujuh hari sejak penularan virus melalui gigitan nyamuk. Beberapa gejala yang perlu dicermati di antaranya:

- Nyeri otot dan sendi
- Ruam tubuh yang bisa hilang kemudian muncul kembali
- Demam tinggi
- Sakit kepala
- Rasa sakit di belakang mata
- Mual dan muntah

Gejala pada tahap ringan ini biasanya hilang dalam sepekan. Gejala jenis ini jarang melibatkan komplikasi serius yang fatal.

2. Fase demam berdarah
Awalnya, gejala DBD bisa jadi ringan. Namun, secara bertahap kondisi itu akan memburuk dalam beberapa hari. Dalam kondisi ini seseorang akan mengalami beberapa gejala, di antaranya:

- Pendarahan dari mulut, gusi, atau hidung
- Kulit lembap
- Kerusakan pada getah bening dan pembuluh darah
- Pendarahan internal yang dapat menyebabkan darah dalam kotoran
- Jumlah trombosit rendah
- Perut sensitif
- Bintik-bintik merah pada kulit
- Nadi melemah

Anda yang mengalami gejala ini harus sesegera mungkin mendapatkan perawatan medis. Jika tidak, gejala ini bisa berakibat fatal.

3. Dengue Shock Syndrome (DSS)
Dengue Shock Syndrome adalah bentuk demam berdarah terparah yang dapat berakibat fatal. Terlepas dari gejala yang telah disebutkan di atas, seseorang yang mencapai DSS akan mengalami beberapa hal, di antaranya:

- Sakit perut yang hebat
- Disorientasi
- Hipotensi mendadak atau penurunan tekanan darah secara mendadak
- Pendarahan berat
- Intensitas muntah yang lebih tinggi
- Bocornya pembuluh darah

Tanpa perawatan, nyawa pasien yang mencapai fase DSS bisa terancam. (asr/asr)
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Tanda-tanda Demam Berdarah Selain Demam dan Bintik Merah
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 214 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 469 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 403 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 733 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 484 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 575 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 646 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Jenis Teh Apa yang Paling Sehat?

(05-04-2018 08:08:44 - Dibaca 449 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Konsumsi 4 Makanan ini Secara Rutin Agar Tidak Cacingan!

(19-03-2018 13:28:55 - Dibaca 381 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Manakah yang Lebih Baik, Mandi Pagi atau Mandi Malam?

(04-02-2018 15:15:00 - Dibaca 739 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Akrabnya Sandi dan Lulung, Cukur Bareng hingga Tinjau PKL, Ada apa?

(27-12-2017 08:04:16 - Dibaca 3.919 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Kopi Luwak Lebih Sehat Dibandingkan Kopi Biasa, Benarkah?

(27-12-2017 07:58:15 - Dibaca 403 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Anies Sebut Tiongkok Soal Anggaran Bambu, Ini Kritik Tegas Tsamara!

(21-07-2019 10:12:24 - Dibaca 638 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ada Truk BBM Terbakar di Tol Cawang dan Dilaporkan ada yang Tewas!

(21-07-2019 10:04:44 - Dibaca 170 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Tak Sepakat Dengan Amien Rais, NasDem: Masa Menang Ikut Program yang Kalah?

(21-07-2019 08:48:13 - Dibaca 226 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Amien Rais Minta Rekonsiliasi Porsi 55:45, Ini Respon Tegas PDIP!

(21-07-2019 08:43:37 - Dibaca 522 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ketum PAN Klaim Amien Rais Dukung Jokowi, Ini Protes Hanafi Rais!

(20-07-2019 10:30:52 - Dibaca 186 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Soal Pemindahan Ibu Kota, Ahok: Mudah-mudahan Pak Jokowi Pilih Kaltim!

(19-07-2019 05:58:25 - Dibaca 312 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Anies Tunda Sehari Kepulangannya dari Luar Negeri, Buat apa?

(18-07-2019 19:06:51 - Dibaca 136 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Gerindra DKI Bela Anies Soal Instalasi Bambu Rp550 Juta, Mengapa?

(18-07-2019 18:59:01 - Dibaca 281 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Deretan Aksi Begal Payudara di Yogya Makin Panjang!

(18-07-2019 08:22:55 - Dibaca 391 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Instalasi Bambu di Bundaran HI Dibongkar Petugas, Mengapa?

(18-07-2019 08:16:10 - Dibaca 263 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?

(17-07-2019 19:45:36 - Dibaca 176 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ratna Sarumpaet Ajukan Banding Kasus Hoaks!

(17-07-2019 19:41:07 - Dibaca 116 Kali)

Amien Rais Minta Rekonsiliasi Porsi 55:45, Ini Respon Tegas PDIP!
Ketum PAN Klaim Amien Rais Dukung Jokowi, Ini Protes Hanafi Rais!
Soal Pemindahan Ibu Kota, Ahok: Mudah-mudahan Pak Jokowi Pilih Kaltim!

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?

10. Gerindra Klaim Kinerja DKI Tetap Baik Walau Anies-Sandi Sibuk Pilpres, Benarkah?




HUKUM & KRIMINAL EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.