Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Staf Pusdokkes Polri Diperiksa Gegara Surat Tes Corona Djoko Tjandra?
RUU HIP Diubah Pemerintah dan DPR Jadi RUU BPIP

 
loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
 
28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 1.076 Kali
 
 
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Musim hujan menjadi biang kerok timbulnya beragam penyakit, termasuk salah satunya demam berdarah dengue (DBD). Wilayah Jakarta bahkan ditetapkan telah memasuki fase waspada DBD sepanajang Januari hingga Maret 2019.

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Peningkatan curah hujan jadi waktu terbaik bagi nyamuk untuk berkembang biak. Kebersihan lingkungan jadi hal yang paling harus diperhatikan agar terhindar dari gigitan nyamuk DBD.

DBD bukan penyakit main-main. Jika tak segera diobati, penyakit ini bisa berujung kematian.

Beberapa gejala mengantarkan penderitanya pada diagnosis DBD. Gejala ini biasanya akan terasa pada 3 hingga 15 hari setelah gigitan nyamuk.
 
 


Gejala awal kerap disalahartikan sebagai gejala flu atau infeksi virus ringan pada umumnya seperti demam, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri sendi. Selain itu, ada pula gejala munculnya bintik-bintik merah pada bagian tubuh.

Namun, gejala DBD tak cuma demam dan munculnya bintik-bintik merah. Pada fase-fase berikutnya, gejala demam berdarah bisa bertambah parah.

Berikut merangkum berbagai sumber gejala-gejala DBD pada beberapa fase berkembangnya penyakit.

1. Fase demam
Fase ini merupakan awal dari DBD. Dalam fase ini, demam tinggi menjadi salah satu gejala utama.

Gejala-gejala dalam fase ini bakal muncul selama tujuh hari sejak penularan virus melalui gigitan nyamuk. Beberapa gejala yang perlu dicermati di antaranya:

- Nyeri otot dan sendi
- Ruam tubuh yang bisa hilang kemudian muncul kembali
- Demam tinggi
- Sakit kepala
- Rasa sakit di belakang mata
- Mual dan muntah

Gejala pada tahap ringan ini biasanya hilang dalam sepekan. Gejala jenis ini jarang melibatkan komplikasi serius yang fatal.

2. Fase demam berdarah
Awalnya, gejala DBD bisa jadi ringan. Namun, secara bertahap kondisi itu akan memburuk dalam beberapa hari. Dalam kondisi ini seseorang akan mengalami beberapa gejala, di antaranya:

- Pendarahan dari mulut, gusi, atau hidung
- Kulit lembap
- Kerusakan pada getah bening dan pembuluh darah
- Pendarahan internal yang dapat menyebabkan darah dalam kotoran
- Jumlah trombosit rendah
- Perut sensitif
- Bintik-bintik merah pada kulit
- Nadi melemah

Anda yang mengalami gejala ini harus sesegera mungkin mendapatkan perawatan medis. Jika tidak, gejala ini bisa berakibat fatal.

3. Dengue Shock Syndrome (DSS)
Dengue Shock Syndrome adalah bentuk demam berdarah terparah yang dapat berakibat fatal. Terlepas dari gejala yang telah disebutkan di atas, seseorang yang mencapai DSS akan mengalami beberapa hal, di antaranya:

- Sakit perut yang hebat
- Disorientasi
- Hipotensi mendadak atau penurunan tekanan darah secara mendadak
- Pendarahan berat
- Intensitas muntah yang lebih tinggi
- Bocornya pembuluh darah

Tanpa perawatan, nyawa pasien yang mencapai fase DSS bisa terancam. (asr/asr)
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Tanda-tanda Demam Berdarah Selain Demam dan Bintik Merah
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
April 2020, Vaksin Virus Corona Siap Diuji Coba!

(02-03-2020 21:28:55 - Dibaca 901 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!

(02-03-2020 17:28:30 - Dibaca 741 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari

(18-02-2020 20:36:50 - Dibaca 751 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ahli Jantung Ini Beri Saran Jika Ingin Coba CrossFit Seperti Ashraf Sinclair!

(18-02-2020 19:51:05 - Dibaca 498 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?

(29-01-2020 11:27:05 - Dibaca 470 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 719 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 987 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 990 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 2.841 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 919 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 843 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 898 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!

(16-07-2020 15:04:36 - Dibaca 110 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Staf Pusdokkes Polri Diperiksa Gegara Surat Tes Corona Djoko Tjandra?

(16-07-2020 13:37:24 - Dibaca 143 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
RUU HIP Diubah Pemerintah dan DPR Jadi RUU BPIP

(16-07-2020 13:33:54 - Dibaca 162 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Massa Pedemo RUU HIP di DPR Salat Berjemaah Tanpa Jaga Jarak!

(16-07-2020 13:30:05 - Dibaca 181 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Keji! Ini Cerita Penyiksaan TKI di Arab Saudi oleh Majikan Perempuan

(15-07-2020 09:26:04 - Dibaca 355 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?

(15-07-2020 09:18:56 - Dibaca 393 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Kematian Bintang 'Glee' Naya Rivera Jadi Misteri, Apa Penyebabnya?

(15-07-2020 09:14:35 - Dibaca 111 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Perebutan Kekuasaan Pilwakot Tangsel dan Dinasti Politik!

(15-07-2020 09:10:08 - Dibaca 154 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Menurut Ekonom, Ini Lembaga Negara yang Bisa Dibubarkan Jokowi!

(15-07-2020 09:04:54 - Dibaca 400 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Untung Rugi RI atas Resesinya Singapura!

(14-07-2020 18:58:07 - Dibaca 251 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Punya Harta Rp 1.031 T, Pria Ini Jadi Orang Terkaya ke-6 di Dunia!

(14-07-2020 18:49:59 - Dibaca 219 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ini Dia Orang Terkaya Asia yang Hartanya Selangit!

(14-07-2020 17:00:12 - Dibaca 453 Kali)

Massa Pedemo RUU HIP di DPR Salat Berjemaah Tanpa Jaga Jarak!
Keji! Ini Cerita Penyiksaan TKI di Arab Saudi oleh Majikan Perempuan
Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. 18 Lembaga Negara Bakal Dibubarkan Jokowi!

10. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.