Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!



loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
 
28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 212 Kali
 
 
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Musim hujan menjadi biang kerok timbulnya beragam penyakit, termasuk salah satunya demam berdarah dengue (DBD). Wilayah Jakarta bahkan ditetapkan telah memasuki fase waspada DBD sepanajang Januari hingga Maret 2019.

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Peningkatan curah hujan jadi waktu terbaik bagi nyamuk untuk berkembang biak. Kebersihan lingkungan jadi hal yang paling harus diperhatikan agar terhindar dari gigitan nyamuk DBD.

DBD bukan penyakit main-main. Jika tak segera diobati, penyakit ini bisa berujung kematian.

Beberapa gejala mengantarkan penderitanya pada diagnosis DBD. Gejala ini biasanya akan terasa pada 3 hingga 15 hari setelah gigitan nyamuk.


Gejala awal kerap disalahartikan sebagai gejala flu atau infeksi virus ringan pada umumnya seperti demam, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri sendi. Selain itu, ada pula gejala munculnya bintik-bintik merah pada bagian tubuh.

Namun, gejala DBD tak cuma demam dan munculnya bintik-bintik merah. Pada fase-fase berikutnya, gejala demam berdarah bisa bertambah parah.

Berikut merangkum berbagai sumber gejala-gejala DBD pada beberapa fase berkembangnya penyakit.

1. Fase demam
Fase ini merupakan awal dari DBD. Dalam fase ini, demam tinggi menjadi salah satu gejala utama.

Gejala-gejala dalam fase ini bakal muncul selama tujuh hari sejak penularan virus melalui gigitan nyamuk. Beberapa gejala yang perlu dicermati di antaranya:

- Nyeri otot dan sendi
- Ruam tubuh yang bisa hilang kemudian muncul kembali
- Demam tinggi
- Sakit kepala
- Rasa sakit di belakang mata
- Mual dan muntah

Gejala pada tahap ringan ini biasanya hilang dalam sepekan. Gejala jenis ini jarang melibatkan komplikasi serius yang fatal.

2. Fase demam berdarah
Awalnya, gejala DBD bisa jadi ringan. Namun, secara bertahap kondisi itu akan memburuk dalam beberapa hari. Dalam kondisi ini seseorang akan mengalami beberapa gejala, di antaranya:

- Pendarahan dari mulut, gusi, atau hidung
- Kulit lembap
- Kerusakan pada getah bening dan pembuluh darah
- Pendarahan internal yang dapat menyebabkan darah dalam kotoran
- Jumlah trombosit rendah
- Perut sensitif
- Bintik-bintik merah pada kulit
- Nadi melemah

Anda yang mengalami gejala ini harus sesegera mungkin mendapatkan perawatan medis. Jika tidak, gejala ini bisa berakibat fatal.

3. Dengue Shock Syndrome (DSS)
Dengue Shock Syndrome adalah bentuk demam berdarah terparah yang dapat berakibat fatal. Terlepas dari gejala yang telah disebutkan di atas, seseorang yang mencapai DSS akan mengalami beberapa hal, di antaranya:

- Sakit perut yang hebat
- Disorientasi
- Hipotensi mendadak atau penurunan tekanan darah secara mendadak
- Pendarahan berat
- Intensitas muntah yang lebih tinggi
- Bocornya pembuluh darah

Tanpa perawatan, nyawa pasien yang mencapai fase DSS bisa terancam. (asr/asr)
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Tanda-tanda Demam Berdarah Selain Demam dan Bintik Merah
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 77 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 283 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 294 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 442 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 316 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 480 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 577 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Jenis Teh Apa yang Paling Sehat?

(05-04-2018 08:08:44 - Dibaca 378 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Konsumsi 4 Makanan ini Secara Rutin Agar Tidak Cacingan!

(19-03-2018 13:28:55 - Dibaca 312 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Manakah yang Lebih Baik, Mandi Pagi atau Mandi Malam?

(04-02-2018 15:15:00 - Dibaca 654 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Akrabnya Sandi dan Lulung, Cukur Bareng hingga Tinjau PKL, Ada apa?

(27-12-2017 08:04:16 - Dibaca 3.579 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Kopi Luwak Lebih Sehat Dibandingkan Kopi Biasa, Benarkah?

(27-12-2017 07:58:15 - Dibaca 317 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!

(20-03-2019 09:19:40 - Dibaca 510 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?

(20-03-2019 08:33:19 - Dibaca 385 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(19-03-2019 09:16:55 - Dibaca 488 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela

(19-03-2019 09:02:17 - Dibaca 128 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!

(18-03-2019 15:20:54 - Dibaca 699 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

(18-03-2019 15:09:19 - Dibaca 257 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Habibburakhman Sindir Romi di Areal Debat Cawapres, Mengapa?

(17-03-2019 19:37:49 - Dibaca 152 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Penyebar Berita Skimming Kerabat Prabowo Bakal Dipolisikan BPN?

(17-03-2019 19:20:45 - Dibaca 515 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Survei SMRC Sebut Gap Elektabilitas 01 dan 02 Makin Lebar!

(17-03-2019 19:13:26 - Dibaca 400 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Survei SMRC Ungkap Mayoritas Responden Tak Percaya Hoaks soal Jokowi!

(17-03-2019 19:07:36 - Dibaca 429 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Kerabat Prabowo Kena Kasus Skimming, Ini Kata Gerindra!

(17-03-2019 16:49:39 - Dibaca 417 Kali)

Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!
Diduga Skimming BCA, Kerabat Prabowo Ditangkap Polisi!

(17-03-2019 16:43:35 - Dibaca 401 Kali)

Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

3. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

4. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

5. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

6. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

7. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?

8. Anies Sebut Desain Trotoar era Ahok Cuma Indah di Mata tapi Tak Indah di Hati, Apa maksudnya?

9. Mangkir Dari Panggilan Pertama, Bawaslu DKI Panggil Ulang Fadli Zon dan Neno Soal Munajat 212!

10. Anak Amien Rais ini Sebut Semua yang Dikatakan Ayahnya Berdasarkan Data, Data dari mana?




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.