Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
 
29-01-2020 11:27:05 - Dibaca 541 Kali
 
 
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Legenda mengatakan, ketika Ratu Prancis yang tersohor Marie Antoinette ditangkap selama era revolusi, rambutnya memutih hanya dalam semalam. Benarkah itu bisa terjadi?

Tim peneliti dari Harvard University sekarang mengungkap proses memutihnya rambut, alias uban, dan dampak stres yang menyebabkan proses beruban. Stres bisa memunculkan reaksi di seluruh tubuh. Karena itu tim peneliti mula-mula mencari tahu, sistem saraf apa yang bertanggung jawab dan mempengaruhi warna pada rambut.

Mereka akhirnya sampai pada sistem saraf simpatis, yang merupakan bagian dari sistem saraf otonom. Sistem saraf ini sebenarnya bertugas mengatur reaksi tubuh untuk berjuang mengatasi bahaya, atau melarikan diri dan menjauh dari bahaya.
 
 


Sistem saraf simpatis dalam situasi stres melepaskan noradrenalin, yang kemudian diserap oleh sel-sel penghasil pigmen. Noradrenalin atau disebut juga norepinephrin adalah zat transmiter, atau penghubung, yang berfungsi sebagai hormon stres dan neurotransmiter.

Peran zat noradrenalin

Jika saraf melepaskan terlalu banyak zat noradrenalin, ini akan melemahkan sel-sel yang memproduksi pigmen. Kalau itu terus berlangsung, akan terjadi kerusakan pada sel-sel penghasil pigmen yang ada di folikel rambut, tempat bertumbuhnya rambut pada kulit.

"Stres yang akut, terutama yang menimbulkan reaksi untuk berjuang atau melarikan diri, secara tradisional sangat berguna bagi kelangsungan hidup spesies. Namun dalam kasus stres yang akut, akan mengakibatkan kerusakan pada sel-sel punca", kata Bing Zhang, peneliti utama di Harvard University. Hasil penelitian mereka baru-baru ini diterbitkan di majalah sains "Nature".

"Langkah pertama penanganan dampak negatif dari stres adalah, memahami bagaimana stres mengubah struktur organ. Di bidang ini, kita masih harus banyak belajar", kata anggota tim peneliti lainnya, Ya-Chieh Hsu.

Stres bukan satu-satunya penyebab uban

Rambut terdiri dari beberapa lapisan sel yang mengeras. Pada akar rambut ada sel-sel penghasil pigmen yang disebut malnocit, yang memproduksi pigmen melanin. Melanin yang kemudian memberi warna pada rambut.

Dengan bertambahnya usia, produksi melanin makin lama makin berkurang. Untuk produksi melanin, tubuh membutuhkan asam amino tirosin. Jika tidak tersedia cukup tirosin, sel-sel juga akan memproduksi lebih sedikit pigmen. Bagian-bagian tanpa pigmen lalu diisi dengan gelembung udara, yang dinamakan vakuolen. Dari sinilah tumbuh rambut yang berwarna putih, alias tanpa warna.

loading...

Apakah rambut yang sudah putih akan tetap putih selamanya? Tidak selalu. Kalau rambut putih disebabkan oleh ketuaan, hal itu tidak bisa direparasi lagi. Tetapi kalau rambut menjadi putih karena stres, penyakit, atau makanan yang tidak sehat, masih mungkin disembuhkan.

Jadi, legenda Ratu Prancis Marie Antoinette yang rambutnya memutih dalam semalam itu memang hanya mitos saja. Karena rambut tidak menjadi putih hanya dalam sekejap, sebab pigmen di rambut tidak hilang hanya dalam semalam.

Rambut manusia tumbuh sekitar satu sentimeter setiap bulan. Dan proses uban dimulai dari akar rambut, yang lambat laun merambat ke atas ketika rambut tumbuh makin panjang. Stres berat juga bisa menimbulkan proses kerontokan rambut. Namun setelah itu, rambut biasanya tumbuh lagi seperti biasa, tetapi sudah kehilangan pigmen. Rambut yang tumbuh akhirnya berwarna putih.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Penelitian Harvard Membuktikan Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban!
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Masker Scuba Dilarang Karena Bahan Tipis dan Rawan Longgar!

(18-09-2020 12:04:29 - Dibaca 140 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Ini Manfaat Menakjubkan Pisang untuk Rambut dan Kulit!

(27-07-2020 19:12:51 - Dibaca 265 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
April 2020, Vaksin Virus Corona Siap Diuji Coba!

(02-03-2020 21:28:55 - Dibaca 992 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!

(02-03-2020 17:28:30 - Dibaca 859 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari

(18-02-2020 20:36:50 - Dibaca 810 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Ahli Jantung Ini Beri Saran Jika Ingin Coba CrossFit Seperti Ashraf Sinclair!

(18-02-2020 19:51:05 - Dibaca 574 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!

(28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 1.156 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 757 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 1.038 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 1.032 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 3.809 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 978 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!

(18-09-2020 19:39:46 - Dibaca 187 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!

(18-09-2020 19:32:38 - Dibaca 62 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

(18-09-2020 19:22:40 - Dibaca 106 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!

(18-09-2020 19:12:19 - Dibaca 96 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!

(18-09-2020 15:09:21 - Dibaca 424 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

(18-09-2020 14:58:57 - Dibaca 121 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Satgas Covid-19 Minta Warga Berusia 45 Tahun Keatas Tak Keluar Rumah?

(18-09-2020 13:17:01 - Dibaca 272 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Ada Pertemuan Erick Thohir dengan Ahok, Ini Kata Stafsus BUMN!

(18-09-2020 13:03:38 - Dibaca 207 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Masker Scuba Dilarang Karena Bahan Tipis dan Rawan Longgar!

(18-09-2020 12:04:29 - Dibaca 140 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Uang dari Djoko Tjandra Dipakai Pinangki Buat Beli BMW dan Perawatan Kecantikan di AS?

(17-09-2020 20:34:36 - Dibaca 171 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Mahfud MD Diminta Demokrat Mundur Jika Tak Bisa Benahi Hukum?

(17-09-2020 19:37:01 - Dibaca 221 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Tuai Protes, Ini Pergub Anies yang Bikin Pemobil Tak Pakai Masker Didenda!

(17-09-2020 17:47:06 - Dibaca 200 Kali)

Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

TERPOPULER

1. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

2. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

3. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?