Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!



loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
 
29-01-2020 11:27:05 - Dibaca 431 Kali
 
 
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Legenda mengatakan, ketika Ratu Prancis yang tersohor Marie Antoinette ditangkap selama era revolusi, rambutnya memutih hanya dalam semalam. Benarkah itu bisa terjadi?

Tim peneliti dari Harvard University sekarang mengungkap proses memutihnya rambut, alias uban, dan dampak stres yang menyebabkan proses beruban. Stres bisa memunculkan reaksi di seluruh tubuh. Karena itu tim peneliti mula-mula mencari tahu, sistem saraf apa yang bertanggung jawab dan mempengaruhi warna pada rambut.

Mereka akhirnya sampai pada sistem saraf simpatis, yang merupakan bagian dari sistem saraf otonom. Sistem saraf ini sebenarnya bertugas mengatur reaksi tubuh untuk berjuang mengatasi bahaya, atau melarikan diri dan menjauh dari bahaya.


Sistem saraf simpatis dalam situasi stres melepaskan noradrenalin, yang kemudian diserap oleh sel-sel penghasil pigmen. Noradrenalin atau disebut juga norepinephrin adalah zat transmiter, atau penghubung, yang berfungsi sebagai hormon stres dan neurotransmiter.

Peran zat noradrenalin

Jika saraf melepaskan terlalu banyak zat noradrenalin, ini akan melemahkan sel-sel yang memproduksi pigmen. Kalau itu terus berlangsung, akan terjadi kerusakan pada sel-sel penghasil pigmen yang ada di folikel rambut, tempat bertumbuhnya rambut pada kulit.

"Stres yang akut, terutama yang menimbulkan reaksi untuk berjuang atau melarikan diri, secara tradisional sangat berguna bagi kelangsungan hidup spesies. Namun dalam kasus stres yang akut, akan mengakibatkan kerusakan pada sel-sel punca", kata Bing Zhang, peneliti utama di Harvard University. Hasil penelitian mereka baru-baru ini diterbitkan di majalah sains "Nature".

"Langkah pertama penanganan dampak negatif dari stres adalah, memahami bagaimana stres mengubah struktur organ. Di bidang ini, kita masih harus banyak belajar", kata anggota tim peneliti lainnya, Ya-Chieh Hsu.

Stres bukan satu-satunya penyebab uban

Rambut terdiri dari beberapa lapisan sel yang mengeras. Pada akar rambut ada sel-sel penghasil pigmen yang disebut malnocit, yang memproduksi pigmen melanin. Melanin yang kemudian memberi warna pada rambut.

Dengan bertambahnya usia, produksi melanin makin lama makin berkurang. Untuk produksi melanin, tubuh membutuhkan asam amino tirosin. Jika tidak tersedia cukup tirosin, sel-sel juga akan memproduksi lebih sedikit pigmen. Bagian-bagian tanpa pigmen lalu diisi dengan gelembung udara, yang dinamakan vakuolen. Dari sinilah tumbuh rambut yang berwarna putih, alias tanpa warna.

loading...

Apakah rambut yang sudah putih akan tetap putih selamanya? Tidak selalu. Kalau rambut putih disebabkan oleh ketuaan, hal itu tidak bisa direparasi lagi. Tetapi kalau rambut menjadi putih karena stres, penyakit, atau makanan yang tidak sehat, masih mungkin disembuhkan.

Jadi, legenda Ratu Prancis Marie Antoinette yang rambutnya memutih dalam semalam itu memang hanya mitos saja. Karena rambut tidak menjadi putih hanya dalam sekejap, sebab pigmen di rambut tidak hilang hanya dalam semalam.

Rambut manusia tumbuh sekitar satu sentimeter setiap bulan. Dan proses uban dimulai dari akar rambut, yang lambat laun merambat ke atas ketika rambut tumbuh makin panjang. Stres berat juga bisa menimbulkan proses kerontokan rambut. Namun setelah itu, rambut biasanya tumbuh lagi seperti biasa, tetapi sudah kehilangan pigmen. Rambut yang tumbuh akhirnya berwarna putih.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Penelitian Harvard Membuktikan Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban!
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
April 2020, Vaksin Virus Corona Siap Diuji Coba!

(02-03-2020 21:28:55 - Dibaca 794 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!

(02-03-2020 17:28:30 - Dibaca 666 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari

(18-02-2020 20:36:50 - Dibaca 712 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Ahli Jantung Ini Beri Saran Jika Ingin Coba CrossFit Seperti Ashraf Sinclair!

(18-02-2020 19:51:05 - Dibaca 449 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!

(28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 980 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 694 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 954 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 906 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 2.307 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 889 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 818 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 869 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?

(30-05-2020 11:30:42 - Dibaca 259 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona

(30-05-2020 10:41:30 - Dibaca 144 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!

(30-05-2020 08:03:54 - Dibaca 416 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!

(30-05-2020 07:50:39 - Dibaca 136 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!

(30-05-2020 07:46:27 - Dibaca 101 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

(29-05-2020 15:25:35 - Dibaca 545 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
AirAsia Rumahkan 873 Pegawai Karena Dihantam Corona!

(29-05-2020 15:21:35 - Dibaca 120 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
New Normal, Tangsel Bakal Buka Rumah Ibadah Awal Juni!

(29-05-2020 15:15:29 - Dibaca 162 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
New Normal, Ini yang Bakal Diterapkan Hotel-Hotel Dunia!

(29-05-2020 12:09:32 - Dibaca 146 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Perhatian! Sensus Penduduk Online Berakhir Besok

(28-05-2020 13:42:11 - Dibaca 380 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Agen Penjual Reksa Dana Diancam Pidana Oleh Sinarmas!

(28-05-2020 13:38:52 - Dibaca 282 Kali)

Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?
Video: Seekor Bayi Jerapah Diberi Nama Corona!

(28-05-2020 13:32:29 - Dibaca 145 Kali)

Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.