Jokowi Tegaskan Darurat Sipil Disiapkan Bila Keadaan Abnormal!
Soal Lockdown, Jokowi: Kita Tak Meniru Negara Lain Begitu Saja!
Kabar Gembira! 4 Pasien Corona di Rumah Sakit Semarang Sembuh!



loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
 
18-02-2020 20:36:50 - Dibaca 523 Kali
 
 
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Serangan jantung lebih sering terjadi di pagi hari dibandingkan waktu lainnya. Seperti yang terjadi pada suami aktris Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair. Ashraf meninggal dunia karena serangan jantung pada pukul 04.51 WIB di Rumah Sakit MMC Kuningan.

Ashraf merupakan satu dari banyak orang yang meninggal dunia karena serangan jantung di pagi hari. Penelitian menunjukkan di pagi hari, risiko serangan jantung lebih tinggi 40 persen, risiko kematian karena jantung meningkat 29 persen, dan risiko terkena stroke 49 persen.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Sony Hilal menjelaskan terdapat dua kemungkinan penyakit yang dapat menyebabkan serangan jantung di pagi hari.


"Ada dua kemungkinan penyebab serangan jantung di pagi hari. Pertama, aritmia fibrilasi ventrikel dan sindrom koroner akut atau penyumbatan pembuluh darah koroner," kata Sony kepada CNNIndonesia.com, Selasa (18/2).

Sony menyebut penyakit yang menyebabkan serangan jantung ini muncul di pagi hari karena kecenderungan pada sejumlah orang mengalami tekanan darah yang cukup tinggi. Tekanan darah yang naik signifikan meningkatkan risiko terjadinya ruptur atau pecahnya plak aterosklerosis. Plak yang pecah akan menimbulkan pembekuan darah yang menyumbat pembuluh darah arteri.

"Penyumbatan pembuluh darah arteri menyebabkan darah yang membawa oksigen tidak sampai ke jantung. Inilah yang menyebabkan serangan jantung. Kalau pecahnya di kepala, maka menyebabkan stroke," kata Sony yang praktik di RS Universitas Indonesia.

loading...

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Damay juga menyebut tekanan darah di pagi hari cenderung mengalami kenaikan karena sejumlah alasan.

"Di pagi hari, tubuh dipersiapkan untuk bangun beraktivitas. Cenderung pada sebagian orang tekanan darahnya juga naik. Lalu di malam hari, ada hipotesis karena tertidur di malam hari tubuh "puasa", tidak minum jadi cenderung lebih dehidrasi sehingga pembekuan darah relatif lebih mudah terjadi," kata Vito yang praktik di RS Siloam Karawaci kepada CNNIndonesia.com.

Namun, menurut Vito, alasan itu kini menjadi rancu karena banyak orang yang juga aktif bekerja hingga larut malam. Alasan ini hanya merupakan alasan kecil yang menjadi faktor risiko serangan jantung.

Faktor risiko serangan jantung yang utama adalah pola hidup tidak sehat, tidak berolahraga, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, merokok dan diabetes.

"Yang terpenting adalah mencegah faktor risiko seperti merokok, diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan obesitas," ujar Vito.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
April 2020, Vaksin Virus Corona Siap Diuji Coba!

(02-03-2020 21:28:55 - Dibaca 575 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!

(02-03-2020 17:28:30 - Dibaca 497 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Ahli Jantung Ini Beri Saran Jika Ingin Coba CrossFit Seperti Ashraf Sinclair!

(18-02-2020 19:51:05 - Dibaca 371 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?

(29-01-2020 11:27:05 - Dibaca 290 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!

(28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 900 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 651 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 889 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 825 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 1.814 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 845 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 772 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 829 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Jokowi Tegaskan Darurat Sipil Disiapkan Bila Keadaan Abnormal!

(31-03-2020 16:49:57 - Dibaca 177 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Soal Lockdown, Jokowi: Kita Tak Meniru Negara Lain Begitu Saja!

(31-03-2020 16:46:09 - Dibaca 227 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Kabar Gembira! 4 Pasien Corona di Rumah Sakit Semarang Sembuh!

(31-03-2020 16:32:01 - Dibaca 135 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Update Corona 31 Maret: 1.528 Kasus, 81 Sembuh, 136 Meninggal!

(31-03-2020 16:17:13 - Dibaca 187 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!

(31-03-2020 09:49:25 - Dibaca 187 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Cegah Corona, Forum Putera Lamongan Minta Perantau Tak Mudik!

(31-03-2020 09:40:30 - Dibaca 63 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Istana Tolak Permintaan Anies Soal Karantina Wilayah Jakarta!

(31-03-2020 09:31:19 - Dibaca 1.303 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Update Corona 29 Maret: 1.285 Kasus, 64 Sembuh, 114 Meninggal!

(29-03-2020 15:48:25 - Dibaca 2.160 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Tutup Jalan Keluar-Masuk Jakarta, Polda Metro Siapkan Simulasi!

(29-03-2020 15:44:09 - Dibaca 503 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Kebijakan Lockdown India Berujung Kacau!

(29-03-2020 15:38:28 - Dibaca 5.875 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Jokowi Diminta MUI Segera Lockdown Total Indonesia?

(29-03-2020 13:33:25 - Dibaca 967 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Jalani Swab Test, SBY Negatif Corona!

(29-03-2020 13:26:07 - Dibaca 194 Kali)

Update Corona 31 Maret: 1.528 Kasus, 81 Sembuh, 136 Meninggal!
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Cegah Corona, Forum Putera Lamongan Minta Perantau Tak Mudik!

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia

3. Mendagri Tegaskan Pesan Jokowi ke Anies: Lockdown Jakarta Kewenangan Pusat!

4. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

5. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

6. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

7. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

8. Kebijakan Lockdown India Berujung Kacau!

9. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

10. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.