Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
 
18-02-2020 20:36:50 - Dibaca 810 Kali
 
 
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Serangan jantung lebih sering terjadi di pagi hari dibandingkan waktu lainnya. Seperti yang terjadi pada suami aktris Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair. Ashraf meninggal dunia karena serangan jantung pada pukul 04.51 WIB di Rumah Sakit MMC Kuningan.

Ashraf merupakan satu dari banyak orang yang meninggal dunia karena serangan jantung di pagi hari. Penelitian menunjukkan di pagi hari, risiko serangan jantung lebih tinggi 40 persen, risiko kematian karena jantung meningkat 29 persen, dan risiko terkena stroke 49 persen.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Sony Hilal menjelaskan terdapat dua kemungkinan penyakit yang dapat menyebabkan serangan jantung di pagi hari.
 
 


"Ada dua kemungkinan penyebab serangan jantung di pagi hari. Pertama, aritmia fibrilasi ventrikel dan sindrom koroner akut atau penyumbatan pembuluh darah koroner," kata Sony kepada CNNIndonesia.com, Selasa (18/2).

Sony menyebut penyakit yang menyebabkan serangan jantung ini muncul di pagi hari karena kecenderungan pada sejumlah orang mengalami tekanan darah yang cukup tinggi. Tekanan darah yang naik signifikan meningkatkan risiko terjadinya ruptur atau pecahnya plak aterosklerosis. Plak yang pecah akan menimbulkan pembekuan darah yang menyumbat pembuluh darah arteri.

"Penyumbatan pembuluh darah arteri menyebabkan darah yang membawa oksigen tidak sampai ke jantung. Inilah yang menyebabkan serangan jantung. Kalau pecahnya di kepala, maka menyebabkan stroke," kata Sony yang praktik di RS Universitas Indonesia.

loading...

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Damay juga menyebut tekanan darah di pagi hari cenderung mengalami kenaikan karena sejumlah alasan.

"Di pagi hari, tubuh dipersiapkan untuk bangun beraktivitas. Cenderung pada sebagian orang tekanan darahnya juga naik. Lalu di malam hari, ada hipotesis karena tertidur di malam hari tubuh "puasa", tidak minum jadi cenderung lebih dehidrasi sehingga pembekuan darah relatif lebih mudah terjadi," kata Vito yang praktik di RS Siloam Karawaci kepada CNNIndonesia.com.

Namun, menurut Vito, alasan itu kini menjadi rancu karena banyak orang yang juga aktif bekerja hingga larut malam. Alasan ini hanya merupakan alasan kecil yang menjadi faktor risiko serangan jantung.

Faktor risiko serangan jantung yang utama adalah pola hidup tidak sehat, tidak berolahraga, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, merokok dan diabetes.

"Yang terpenting adalah mencegah faktor risiko seperti merokok, diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan obesitas," ujar Vito.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Masker Scuba Dilarang Karena Bahan Tipis dan Rawan Longgar!

(18-09-2020 12:04:29 - Dibaca 140 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Ini Manfaat Menakjubkan Pisang untuk Rambut dan Kulit!

(27-07-2020 19:12:51 - Dibaca 265 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
April 2020, Vaksin Virus Corona Siap Diuji Coba!

(02-03-2020 21:28:55 - Dibaca 992 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!

(02-03-2020 17:28:30 - Dibaca 859 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Ahli Jantung Ini Beri Saran Jika Ingin Coba CrossFit Seperti Ashraf Sinclair!

(18-02-2020 19:51:05 - Dibaca 574 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?

(29-01-2020 11:27:05 - Dibaca 540 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!

(28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 1.156 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 757 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 1.038 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 1.032 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 3.809 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 978 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!

(18-09-2020 19:39:46 - Dibaca 184 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!

(18-09-2020 19:32:38 - Dibaca 62 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

(18-09-2020 19:22:40 - Dibaca 104 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!

(18-09-2020 19:12:19 - Dibaca 90 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!

(18-09-2020 15:09:21 - Dibaca 420 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

(18-09-2020 14:58:57 - Dibaca 121 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Satgas Covid-19 Minta Warga Berusia 45 Tahun Keatas Tak Keluar Rumah?

(18-09-2020 13:17:01 - Dibaca 270 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Ada Pertemuan Erick Thohir dengan Ahok, Ini Kata Stafsus BUMN!

(18-09-2020 13:03:38 - Dibaca 207 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Masker Scuba Dilarang Karena Bahan Tipis dan Rawan Longgar!

(18-09-2020 12:04:29 - Dibaca 140 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Uang dari Djoko Tjandra Dipakai Pinangki Buat Beli BMW dan Perawatan Kecantikan di AS?

(17-09-2020 20:34:36 - Dibaca 171 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Mahfud MD Diminta Demokrat Mundur Jika Tak Bisa Benahi Hukum?

(17-09-2020 19:37:01 - Dibaca 221 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Tuai Protes, Ini Pergub Anies yang Bikin Pemobil Tak Pakai Masker Didenda!

(17-09-2020 17:47:06 - Dibaca 200 Kali)

Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

TERPOPULER

1. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

2. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

3. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?