Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!



loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
 
18-02-2020 20:36:50 - Dibaca 712 Kali
 
 
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Serangan jantung lebih sering terjadi di pagi hari dibandingkan waktu lainnya. Seperti yang terjadi pada suami aktris Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair. Ashraf meninggal dunia karena serangan jantung pada pukul 04.51 WIB di Rumah Sakit MMC Kuningan.

Ashraf merupakan satu dari banyak orang yang meninggal dunia karena serangan jantung di pagi hari. Penelitian menunjukkan di pagi hari, risiko serangan jantung lebih tinggi 40 persen, risiko kematian karena jantung meningkat 29 persen, dan risiko terkena stroke 49 persen.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Sony Hilal menjelaskan terdapat dua kemungkinan penyakit yang dapat menyebabkan serangan jantung di pagi hari.


"Ada dua kemungkinan penyebab serangan jantung di pagi hari. Pertama, aritmia fibrilasi ventrikel dan sindrom koroner akut atau penyumbatan pembuluh darah koroner," kata Sony kepada CNNIndonesia.com, Selasa (18/2).

Sony menyebut penyakit yang menyebabkan serangan jantung ini muncul di pagi hari karena kecenderungan pada sejumlah orang mengalami tekanan darah yang cukup tinggi. Tekanan darah yang naik signifikan meningkatkan risiko terjadinya ruptur atau pecahnya plak aterosklerosis. Plak yang pecah akan menimbulkan pembekuan darah yang menyumbat pembuluh darah arteri.

"Penyumbatan pembuluh darah arteri menyebabkan darah yang membawa oksigen tidak sampai ke jantung. Inilah yang menyebabkan serangan jantung. Kalau pecahnya di kepala, maka menyebabkan stroke," kata Sony yang praktik di RS Universitas Indonesia.

loading...

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Damay juga menyebut tekanan darah di pagi hari cenderung mengalami kenaikan karena sejumlah alasan.

"Di pagi hari, tubuh dipersiapkan untuk bangun beraktivitas. Cenderung pada sebagian orang tekanan darahnya juga naik. Lalu di malam hari, ada hipotesis karena tertidur di malam hari tubuh "puasa", tidak minum jadi cenderung lebih dehidrasi sehingga pembekuan darah relatif lebih mudah terjadi," kata Vito yang praktik di RS Siloam Karawaci kepada CNNIndonesia.com.

Namun, menurut Vito, alasan itu kini menjadi rancu karena banyak orang yang juga aktif bekerja hingga larut malam. Alasan ini hanya merupakan alasan kecil yang menjadi faktor risiko serangan jantung.

Faktor risiko serangan jantung yang utama adalah pola hidup tidak sehat, tidak berolahraga, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, merokok dan diabetes.

"Yang terpenting adalah mencegah faktor risiko seperti merokok, diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan obesitas," ujar Vito.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
April 2020, Vaksin Virus Corona Siap Diuji Coba!

(02-03-2020 21:28:55 - Dibaca 794 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!

(02-03-2020 17:28:30 - Dibaca 666 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Ahli Jantung Ini Beri Saran Jika Ingin Coba CrossFit Seperti Ashraf Sinclair!

(18-02-2020 19:51:05 - Dibaca 449 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?

(29-01-2020 11:27:05 - Dibaca 430 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!

(28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 980 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 694 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 954 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 906 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 2.307 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 889 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 818 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 869 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?

(30-05-2020 11:30:42 - Dibaca 259 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona

(30-05-2020 10:41:30 - Dibaca 144 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!

(30-05-2020 08:03:54 - Dibaca 416 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!

(30-05-2020 07:50:39 - Dibaca 135 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!

(30-05-2020 07:46:27 - Dibaca 101 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

(29-05-2020 15:25:35 - Dibaca 545 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
AirAsia Rumahkan 873 Pegawai Karena Dihantam Corona!

(29-05-2020 15:21:35 - Dibaca 120 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
New Normal, Tangsel Bakal Buka Rumah Ibadah Awal Juni!

(29-05-2020 15:15:29 - Dibaca 162 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
New Normal, Ini yang Bakal Diterapkan Hotel-Hotel Dunia!

(29-05-2020 12:09:32 - Dibaca 146 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Perhatian! Sensus Penduduk Online Berakhir Besok

(28-05-2020 13:42:11 - Dibaca 379 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Agen Penjual Reksa Dana Diancam Pidana Oleh Sinarmas!

(28-05-2020 13:38:52 - Dibaca 282 Kali)

Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari
Video: Seekor Bayi Jerapah Diberi Nama Corona!

(28-05-2020 13:32:29 - Dibaca 145 Kali)

Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.