Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
 
02-03-2020 17:28:30 - Dibaca 860 Kali
 
 
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menganjurkan warganya untuk minum jamu untuk tangkal virus corona. Jamu yang dimaksud Risma merupakan hasil penemuan dari professor dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Adalah Chaerul Anwar Nidom, seorang Guru Besar Biologi Molekuler Unair, yang memaparkan soal jamu penangkal virus COVID-2019 ini. Menurutnya, wabah corona ini bisa dicegah dengan mengonsumsi jahe hingga temulawak.

"Jadi sebetulnya untuk menghadapi saat ini (virus Corona) yang sederhana untuk menekan badai sitokin ada yang namanya kurkumin itu terdapat pada jahe, kunyit, temulawak yang buat bumbu masak dan minuman segar itu yang bisa menghambat badai sitokin," kata Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom, saat berkunjung ke kantor Transmedia di Surabaya, Kamis (6/2/2020).
 
 


Tentang badai sitokin adalah sebuah proses biologis di dalam paru. Hal ini terjadi karena ada infeksi virus Corona yang menempel pada paru. "Itu yang menyebabkan seseorang jadi fatal karena paru-parunya diserang begitu hebatnya bersama sitokin," ujar Nidom.

Nidom pun menyarankan masyarakat tak perlu khawatir. Ia mengusulkan pemerintah melalui holding perusahaan BUMN farmasi bisa mulai mempersiapkan penangkal corona dalam skala yang lebih besar.

"Bisa dipikirkan vaksin general yang bisa menangkal awal dari satu penyakit, ini bisa diberikan kepada tentara dan masyarakat yang di daerah tidak terjangkau, itu kita percayakan kepada Biofarma yang sudah jadi holding company. Jadi dirancang untuk seluruh komponen intelektual di seluruh Indonesia, rancangan vaksin apa, blocker apa," papar Nidom.

loading...

Jamu yang merupakan racikan antara jahe hingga temulawak ini kemudian disarankan oleh Walikota Surabaya Risma. Menurut Risma, jamu racikan tidak mahal dan tidak ada salahnya untuk dicoba.

"Jadi ayo kita gunakan itu. Tidak mahal juga. Meski kita tidak tahu itu betul atau tidak tapi yang paling penting adalah kita sudah berusaha. Jadi sudah berapa bulan ini saya minum itu. Kalau mau saya buatkan di kediaman ada banyak," kata Risma di halaman Taman Surya, Senin (2/3/2020).

Bahkan, ia menilai temuan soal zat kukurma untuk virus corona tersebut benar. Hal ini terbukti dengan adanya tujuh orang India di Kota Wuhan, China sampai hari ini mereka selamat dan tidak terjangkit virus.

"Orang India adalah konsumen dari rempah-rempah. Saya juga masih cek di Negara Turki seperti apa karena Turki pengguna rempah-rempah juga," pungkas Risma.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Soal Jamu Penangkal Virus Corona yang Disebut Risma
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Masker Scuba Dilarang Karena Bahan Tipis dan Rawan Longgar!

(18-09-2020 12:04:29 - Dibaca 140 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Ini Manfaat Menakjubkan Pisang untuk Rambut dan Kulit!

(27-07-2020 19:12:51 - Dibaca 265 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
April 2020, Vaksin Virus Corona Siap Diuji Coba!

(02-03-2020 21:28:55 - Dibaca 992 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari

(18-02-2020 20:36:50 - Dibaca 810 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Ahli Jantung Ini Beri Saran Jika Ingin Coba CrossFit Seperti Ashraf Sinclair!

(18-02-2020 19:51:05 - Dibaca 574 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?

(29-01-2020 11:27:05 - Dibaca 541 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!

(28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 1.156 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 757 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 1.038 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 1.032 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 3.809 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 978 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!

(18-09-2020 19:39:46 - Dibaca 196 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!

(18-09-2020 19:32:38 - Dibaca 69 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

(18-09-2020 19:22:40 - Dibaca 111 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!

(18-09-2020 19:12:19 - Dibaca 100 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!

(18-09-2020 15:09:21 - Dibaca 429 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

(18-09-2020 14:58:57 - Dibaca 121 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Satgas Covid-19 Minta Warga Berusia 45 Tahun Keatas Tak Keluar Rumah?

(18-09-2020 13:17:01 - Dibaca 276 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Ada Pertemuan Erick Thohir dengan Ahok, Ini Kata Stafsus BUMN!

(18-09-2020 13:03:38 - Dibaca 213 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Masker Scuba Dilarang Karena Bahan Tipis dan Rawan Longgar!

(18-09-2020 12:04:29 - Dibaca 140 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Uang dari Djoko Tjandra Dipakai Pinangki Buat Beli BMW dan Perawatan Kecantikan di AS?

(17-09-2020 20:34:36 - Dibaca 171 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Mahfud MD Diminta Demokrat Mundur Jika Tak Bisa Benahi Hukum?

(17-09-2020 19:37:01 - Dibaca 221 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Tuai Protes, Ini Pergub Anies yang Bikin Pemobil Tak Pakai Masker Didenda!

(17-09-2020 17:47:06 - Dibaca 200 Kali)

Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

TERPOPULER

1. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

2. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

3. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?