Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!



loading...

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
 
02-03-2020 17:28:30 - Dibaca 667 Kali
 
 
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menganjurkan warganya untuk minum jamu untuk tangkal virus corona. Jamu yang dimaksud Risma merupakan hasil penemuan dari professor dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Adalah Chaerul Anwar Nidom, seorang Guru Besar Biologi Molekuler Unair, yang memaparkan soal jamu penangkal virus COVID-2019 ini. Menurutnya, wabah corona ini bisa dicegah dengan mengonsumsi jahe hingga temulawak.

"Jadi sebetulnya untuk menghadapi saat ini (virus Corona) yang sederhana untuk menekan badai sitokin ada yang namanya kurkumin itu terdapat pada jahe, kunyit, temulawak yang buat bumbu masak dan minuman segar itu yang bisa menghambat badai sitokin," kata Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom, saat berkunjung ke kantor Transmedia di Surabaya, Kamis (6/2/2020).


Tentang badai sitokin adalah sebuah proses biologis di dalam paru. Hal ini terjadi karena ada infeksi virus Corona yang menempel pada paru. "Itu yang menyebabkan seseorang jadi fatal karena paru-parunya diserang begitu hebatnya bersama sitokin," ujar Nidom.

Nidom pun menyarankan masyarakat tak perlu khawatir. Ia mengusulkan pemerintah melalui holding perusahaan BUMN farmasi bisa mulai mempersiapkan penangkal corona dalam skala yang lebih besar.

"Bisa dipikirkan vaksin general yang bisa menangkal awal dari satu penyakit, ini bisa diberikan kepada tentara dan masyarakat yang di daerah tidak terjangkau, itu kita percayakan kepada Biofarma yang sudah jadi holding company. Jadi dirancang untuk seluruh komponen intelektual di seluruh Indonesia, rancangan vaksin apa, blocker apa," papar Nidom.

loading...

Jamu yang merupakan racikan antara jahe hingga temulawak ini kemudian disarankan oleh Walikota Surabaya Risma. Menurut Risma, jamu racikan tidak mahal dan tidak ada salahnya untuk dicoba.

"Jadi ayo kita gunakan itu. Tidak mahal juga. Meski kita tidak tahu itu betul atau tidak tapi yang paling penting adalah kita sudah berusaha. Jadi sudah berapa bulan ini saya minum itu. Kalau mau saya buatkan di kediaman ada banyak," kata Risma di halaman Taman Surya, Senin (2/3/2020).

Bahkan, ia menilai temuan soal zat kukurma untuk virus corona tersebut benar. Hal ini terbukti dengan adanya tujuh orang India di Kota Wuhan, China sampai hari ini mereka selamat dan tidak terjangkit virus.

"Orang India adalah konsumen dari rempah-rempah. Saya juga masih cek di Negara Turki seperti apa karena Turki pengguna rempah-rempah juga," pungkas Risma.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Soal Jamu Penangkal Virus Corona yang Disebut Risma
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
April 2020, Vaksin Virus Corona Siap Diuji Coba!

(02-03-2020 21:28:55 - Dibaca 794 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Alasan Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari

(18-02-2020 20:36:50 - Dibaca 712 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Ahli Jantung Ini Beri Saran Jika Ingin Coba CrossFit Seperti Ashraf Sinclair!

(18-02-2020 19:51:05 - Dibaca 449 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Peneliti dari Harvard Sebut Stres Bisa Sebabkan Rambut Beruban?

(29-01-2020 11:27:05 - Dibaca 431 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Selain Demam dan Bintik Merah, Ini Tanda-tanda Lain Demam Berdarah!

(28-01-2019 13:28:40 - Dibaca 980 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 694 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Suka Tidur Mangap? Ini Bahayanya!

(25-08-2018 08:07:03 - Dibaca 954 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Susah Buang Air Besar? Mungkin Ini 6 Penyebabnya!

(18-08-2018 13:14:45 - Dibaca 908 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Anda Wanita Usia 40-an? Ini Tips Alami Agar Payudara Tetap Kencang!

(18-08-2018 13:01:41 - Dibaca 2.307 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Ini Cara Cek Kesehatan Dari Tiroid Hingga Anemia Lewat Tangan!

(15-08-2018 20:40:28 - Dibaca 889 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Hindari Minum Saat Makan, Ini Alasannya!

(30-04-2018 20:18:37 - Dibaca 818 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 869 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?

(30-05-2020 11:30:42 - Dibaca 260 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona

(30-05-2020 10:41:30 - Dibaca 144 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Potong 50% Tunjangan PNS DKI, Anies Sebut Rugi Rp 40 T Akibat Corona!

(30-05-2020 08:03:54 - Dibaca 416 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!

(30-05-2020 07:50:39 - Dibaca 136 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!

(30-05-2020 07:46:27 - Dibaca 103 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

(29-05-2020 15:25:35 - Dibaca 545 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
AirAsia Rumahkan 873 Pegawai Karena Dihantam Corona!

(29-05-2020 15:21:35 - Dibaca 120 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
New Normal, Tangsel Bakal Buka Rumah Ibadah Awal Juni!

(29-05-2020 15:15:29 - Dibaca 162 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
New Normal, Ini yang Bakal Diterapkan Hotel-Hotel Dunia!

(29-05-2020 12:09:32 - Dibaca 146 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Perhatian! Sensus Penduduk Online Berakhir Besok

(28-05-2020 13:42:11 - Dibaca 380 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Agen Penjual Reksa Dana Diancam Pidana Oleh Sinarmas!

(28-05-2020 13:38:52 - Dibaca 283 Kali)

Risma Bicara Soal Jamu Penangkal Virus Corona!
Video: Seekor Bayi Jerapah Diberi Nama Corona!

(28-05-2020 13:32:29 - Dibaca 145 Kali)

Mantan Satpam George Floyd yang Jadi Korban Rasial Polisi AS!
Mal Bakal Buka Juni 2020, Ini Kata Mendag Soal Persiapannya!
Lampaui China, India Kini Jadi Negara dengan Kasus Corona Tertinggi di Asia!

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.