Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Kesehatan
 
Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
 
05-09-2021 19:38:25 - Dibaca 776 Kali
 
 
Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Ilustrasi. (Foto : VSRao/Pixabay)
 
 
Stroke tidak bisa dianggap sepele. Sekali serangan, tanpa penanganan yang cepat dan tepat, pasien bakal berisiko mengalami cacat permanen hingga kematian. Oleh karenanya sangat penting mengenal gejala stroke dan penanganannya.

Menurut Mursyid Bustami, dokter spesialis saraf konsultan sekaligus Dirut RS PON, mengatakan gejala stroke paling banyak ada tiga.

"Wajah enggak simetris, ada salah satu atau sebelah anggota gerak turun kekuatannya, bicara terganggu," kata Mursyid dalam konferensi pers peluncuran aplikasi F.A.S.T Rescue, Jumat (27/8).

Gejala-gejala ini kemudian dirumuskan menjadi FAST dan berlaku secara internasional. FAST berarti:

F - Face, wajah tidak simetris.
A - Arms, sebelah anggota gerak kehilangan kekuatan.
S - Speech, kemampuan bicara terganggu.
T - Time, saat dua sampai tiga gejala muncul harus segera dilarikan ke fasilitas kesehatan untuk memperoleh pertolongan.

Mursyid menambahkan sebenarnya Indonesia melalui Kementerian Kesehatan merumuskan SeGeRa ke RS. Melansir dari situs resmi P2PTM Kemkes dijelaskan sebagai berikut.


Se - senyum tidak simetris, tersedak, sulit menelan air minum tiba-tiba.
Ge - gerak separuh anggota tubuh melemah.
Ra - bicara pelo, tiba-tiba tidak dapat bicara, tidak mengerti kata-kata, bicara tidak nyambung.
Ke - kebas, baal atau kesemutan separuh tubuh.
R - rabun, pandangan satu mata kabur.
S - sakit kepala hebat yang sebelumnya tidak pernah dirasakan, gangguan fungsi keseimbangan.

Kemudian apa yang harus dilakukan?

Mau tidak mau, pasien harus segera dibawa ke layanan kesehatan untuk memperoleh penanganan. Kurang dari 4,5 jam atau disebut golden period, sumbatan pada aliran darah ke otak harus segera ditangani. Mursyid berkata terlambat sedetik saja bisa mengakibatkan kematian sel saraf.






"Sebaiknya tidak dilakukan tindakan yang memperlambat penanganan seperti memijat, mengeluarkan darah, ini enggak tepat. Segera ke RS," imbuhnya.

Apa pasien bisa sembuh total dari stroke?

Sulit mengharapkan kesembuhan 100 persen dari pasien yang sudah terserang stroke. Namun Mursyid mengatakan ada riset yang menemukan dari 100 pasien stroke, sepertiganya bisa pulih seperti sedia kala.

"Dengan penanganan yang baik, kalau cepat diberikan obat, sumbatan dihancurkan di golden period, makin bagus hasilnya," katanya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- KESEHATAN -
Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 1.594 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 1.520 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Ketahui! Ini 3 Cara Turunkan Panas Pada Bayi Secara Mandiri

(10-09-2021 13:08:30 - Dibaca 889 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Ini 5 Bahan Alami Pereda Radang Tenggorokan!

(25-08-2021 09:08:56 - Dibaca 825 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Dokter Beberkan Bahaya Mandi Terlalu Sering seperti The Rock

(13-08-2021 12:33:38 - Dibaca 817 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Ini 5 Buah yang Bisa atasi Asam Lambung dengan Cepat!

(30-07-2021 10:37:48 - Dibaca 1.102 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Begini Cara Tentukan Waktu Berjemur yang Baik!

(30-07-2021 08:59:40 - Dibaca 733 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Singapura hingga China Beri Donasi Oksigen Buat Indonesia!

(10-07-2021 06:56:30 - Dibaca 810 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Kenali Gejala Covid Varian Kappa, Mirip Campak?

(01-07-2021 15:04:04 - Dibaca 751 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Perhatian! Ini Gejala Utama Jika Terpapar Varian Corona Delta

(26-06-2021 15:26:21 - Dibaca 867 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Ini 3 Minuman yang Bisa Ganggu Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh!

(24-06-2021 12:03:42 - Dibaca 400 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Ini Panduan Isolasi Mandiri yang Benar di Rumah!

(23-06-2021 12:22:02 - Dibaca 682 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 1.507 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 1.594 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 1.586 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 1.422 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 1.520 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 1.427 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 957 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 805 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 1.012 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.303 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 1.107 Kali)

Kenali Gejala Stroke dan Penanganannya!
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 1.182 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER

1. Semprot Neno Warisman yang Ajak Publik Boikot Indomaret, Inul: Hatinya Setan!

2. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

3. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

4. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

5. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

8. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.